idwebhost Bikin Website Sekarang

Google Merchant Center: Pengertian, Fitur, dan Tutorial Bikin Akun Ada di Sini!

10 Sep 2024
Google Merchant Center: Pengertian, Fitur, dan Tutorial Bikin Akun Ada di Sini! campaign-unlimited

Google Merchant Center adalah satu satu strategi marketing populer yang membantu produk tampil di hasil pencarian Google Shopping. Artikel ini akan memandu Anda secara lengkap mulai dari pengertian, cara kerja, fitur hingga cara buat akun Google Merchant Center gratis. 

Apa Itu Google Merchant Center?

Google Merchant Center, umumnya dikenal sebagai GMC, adalah platform pemasaran gratis yang berfungsi sebagai jembatan antara toko online Anda dan Google. Platform ini memungkinkan Anda meng-upload informasi produk secara terperinci. 

Selain menghubungkan produk Anda dengan calon pelanggan yang mencari secara online, GMC juga membantu dalam meningkatkan visibilitas, kesadaran merek, dan jangkauan produk Anda. 

Google Merchant Center sering disamakan dengan Google Shopping. Meski sama-sama berguna untuk bisnis online, tetapi GMC dan GS memiliki fungsi yang berbeda. 

Google Merchant Center ibarat gudang data produk. Anda perlu memasukan semua informasi tentang produk-produk yang Anda jual, seperti nama produk, harga, gambar, ukuran. Jadi, GMC ini seperti katalog online untuk semua produk anda. 

Sedangkan Google Shopping seperti etalase toko online yang mejeng di Google. Ketika seseorang mencari produk Anda di Google, iklan produk Anda yang diambil datanya dari GMC bisa muncul di hasil pencarian. Jadi, Google Shopping ini tempat calon pembeli melihat produk Anda sebelum memutuskan membeli. 

Cara Kerja Google Merchant Center

Buat Akun Google Merchant Center

Google Merchant Center (GMC) memudahkan Anda untuk memajang produk Anda di Google sehingga dapat memperluas jangkauan bisnis ecommerce Anda. Cukup unggah detail produk Anda, dan GMC dapat membantu produk tersebut muncul di Google Shopping, YouTube, Penelusuran, Foto, dan bahkan Gambar .

Bayangkan, ketika seseorang mencari produk yang Anda jual, iklan produk Anda bisa muncul di hasil pencarian Google. Jika mereka klik, mereka akan langsung diarahkan ke toko online Anda. Bahkan, Anda juga bisa arahkan mereka ke toko fisik jika punya. 

Fitur-Fitur pada Google Merchant Center

Berikut ini fitur-fitur yang terdapat pada Google Merchant Center yang dapat Anda manfaatkan untuk strategi bisnis e-commerce Anda. 

1. Product Data Management

Produk Data Management adalah pondasi utama GMC Fitur ini bertugas mengatur data dan informasi produk agar dapat disajikan secara akurat dan efisien saat diakses calon pembeli. 

2. Pembuatan dan Optimasi Feed

Umpan produk adalah berkas terstruktur berisi informasi terperinci tentang produk yang ingin Anda iklankan secara online. Nah, GMC memungkinkan Anda membuat dan mengoptimalkan umpan produk ini dengan mudah serta menampilkan produk di berbagai saluran. 

3. Diagnostik Umpan Produk

File umpan produk yang tidak lengkap atau rusak dapat dengan mudah merusak kampanye digital marketing Anda. Fitur ini bertugas seperti penjaga yang memindai feed data produk untuk menemukan kesalahan dan ketidakkonsistenan. 

4. Distribusi Multichannel

Tujuan utama GMC adalah menampilkan produk Anda di Google Shopping. Namun lebih dari itu, produk Anda bisa tampil di berbagai saluran seperti Google Search, Google Image, hingga Youtube setelah Anda mengunggah data produk ke GMC. 

5. Label & Atribut Kustom

Fitur ini memungkinkan Anda membuat label dan atribut yang dipersonalisasi sesuai dengan karakteristik produk Anda. Ini akan membantu Anda menjangkau calon pelanggan yang secara khusus tertarik pada produk-produk Anda karena berbagai alasan. 

6. Daftar Pencarian Organik

GMC berfokus pada peningkatan visibilitas produk Anda , dan meskipun fokus utamanya adalah pada Google Shopping, ada fitur bonus yang potensial: Daftar Penelusuran Organik. Ini seperti mengamankan tempat iklan gratis di etalase digital internet! 

7. Dynamic Remarketing

Dynamic Remarketing atau pemasaran ulang dinamis meningkatkan kemungkinan mengonversi pengunjung ini menjadi pelanggan yang membayar. Ini seperti memiliki asisten pribadi yang menjaga produk Anda tetap berada di hadapan pelanggan yang berminat, bahkan setelah mereka meninggalkan website nda. 

8. Laporan Kinerja

Laporan kinerja di GMC seperti memiliki jendela transparan untuk melihat seberapa efektif upaya pemasaran online Anda. Laporan kinerja tidak hanya memberikan angka kepada Anda. GMC menyediakan diagram dan grafik yang membantu Anda memvisualisasikan tren dan membuat keputusan yang tepat.

9. Local Inventory Ads

Local Inventory Ads (LIA) berperan sebagai jembatan digital, menghubungkan penelusuran online dengan toko fisik Anda, yang berpotensi meningkatkan lalu lintas dan pembelian produk di dalam toko. 

10. Integrasi Google My Business

Bayangkan toko online Anda dan toko fisik (jika ada) bekerja sama dengan lancar untuk menarik pelanggan. Itulah keajaiban mengintegrasikan Google Merchant Center (GMC) dengan Google My Business (GMB). 

Menghubungkan GMB dengan GMC akan menyinkronkan informasi penting seperti lokasi toko, jam buka, dan detail kontak.

Cara Membuat Akun Google Merchant Center

Buat Akun Google Merchant Center

Dengan manfaat yang sangat berguna untuk strategi bisnis ecommerce, Google Merchant Google dapat digunakan oleh siapa pun. Anda dapat membuat akun Google Merchant Center dan menggunakannya secara gratis

Ikuti langkah-langkah berikut ini tentang cara membuat akun Google Merchant Center:

Langkah 1: Pastikan Anda sudah memiliki akun Google sebelum memulai. 

Prasyarat membuat akun GMC adalah memiliki akun Google Standar. Jika sudah memilikinya, verifikasi bahwa Anda sudah sign in.

Langkah 2: Buat akun Google Merchant Center

Buka akun GMC dengan mengklik di sini dan mengklik Daftar Gratis. Google akan meminda Anda memasukkan detail, termasuk nama dan informasi kontak Anda. Anda perlu menunjukkan apakah bisnis Anda online, konvensional atau keduanya. Selain itu, Anda harus menyetujui persyaratan layanan Google. 

Langkah 3: Tambahkan Informasi Bisnis Anda

Rincian bisnis yang akan diminta untuk Anda masukkan akan bergantung pada jenis bisnis yang Anda dirikan, termasuk nama dan alamat bisnis, situs web, dan rincian kontak, serta nomor telepon untuk verifikasi.

Langkah 4: Verifikasi Website Bisnis Anda

Google akan meminta Anda memverifikasi kepemilikan dan mengklaim URL website Anda dengan menambahkan tag HTML atau mengunggah file HTML ke situs Anda. Anda juga dapat memilih untuk memverifikasi melalui Google Analytics jika Anda sudah menggunakannya di situs Anda. 

Langkah 5: Siapkan Pengiriman

Langkah selanjutnya, Anda diminta memilih negara tujuan pengiriman, serta memiliki mata uang dan lokasi pengiriman. 

Langkah 6: Mengatur Pajak Penjualan

Google akan menyarankan pengaturan pajak untuk Anda berdasarkan lokasi bisnis Anda. Anda dapat memilih untuk membiarkan Google menentukan jumlah pajak penjualan yang akan dipungut atau memilih untuk mengaturnya secara manual. Anda juga dapat memilih apakah biaya pengiriman dan penanganan dikenakan pajak atau tidak. 

Langkah 7: Tambahkan produk

Google memberi Anda opsi untuk menambahkan produk langsung dari situs web Anda atau menambahkannya secara manual satu per satu atau secara berkelompok melalui file atau Content API. 

Kiat Optimasi Data Produk di Google Merchant Center

Berikut ini beberapa kiat untuk mengoptimalkan data produk Anda untuk Google Merchant Center:

  1. Gunakan gambar berkualitas tinggi: Google Shopping adalah platform visual, jadi gambar yang jelas dan berkualitas tinggi itu penting. Pastikan gambar Anda memiliki pencahayaan yang baik, menonjolkan produk dengan jelas, dan menggunakan latar belakang yang bersih, sebaiknya berwarna putih.
  2. Optimalkan judul produk Anda: Judul produk Anda harus jelas dan deskriptif. Sertakan informasi penting seperti merek, jenis produk, dan atribut seperti warna atau ukuran. Beberapa kata pertama dari judul sangat penting karena kemungkinan besar akan menarik perhatian pembeli.
  3. Tulis deskripsi produk yang akurat dan terperinci: Sertakan keunggulan dan fitur penting produk. Google menggunakan informasi dalam deskripsi Anda untuk memahami apa yang Anda jual dan mencocokkan produk Anda dengan penelusuran yang relevan.
  4. Sertakan semua atribut yang diwajibkan: Google Merchant Center mewajibkan atribut tertentu untuk setiap produk, seperti ‘id’, ‘title’, ‘description’, ‘link’, ‘image_link’, ‘price’, ‘availability’, dll. Pastikan untuk menyertakan semua atribut yang diwajibkan, dan sebanyak mungkin atribut opsional yang relevan, guna memberikan gambaran lengkap tentang apa yang Anda jual.
  5. Gunakan kategori produk Google: Google memiliki serangkaian kategori produk standarnya sendiri. Jika memungkinkan, petakan produk Anda ke dalam kategori ini. Ini dapat membantu Google memahami apa yang Anda jual dan menampilkan produk Anda dalam penelusuran yang relevan.

Penutup

Bagi pemilik toko yang menjual produk mereka langsung ke pelanggan, Google Shopping merupakan platform yang penting. Platform ini dapat meningkatkan upaya digital marketing Anda dan membawa toko atau bisnis ecommerce Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Dan kunci untuk mengguncang dunia Google Shopping adalah melalui Google Merchant Center.

Google Merchant Center menawarkan peluang besar yang memudahkan Anda memasarkan bisnis eCommerce Anda, dengan cara mengoptimalkan feed produk, memanfaatkan wawasan berbasis data, serta memanfaatkan fitur-fitur canggih seperti dynamic remarketing, local inventory ads, dan promosi. 

Membangun Google Merchant Center tentunya tidak akan lengkap jika Anda tidak membuat website untuk merek produk Anda. Untuk urusan web hosting yang tepat untuk bisnis online, serahkan kepada ahlinya, IDwebhost!

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024