Mengenal Lebih Dekat Affiliate Marketing
Blog Tips Keren Mengenal Lebih Dekat Affiliate Marketing

Mengenal Lebih Dekat Affiliate Marketing

Dari banyaknya model bisnis yang berbasis internet marketing, yang paling populer saat ini adalah affiliate marketing. Sesuai dengan prinsip kerjanya, affiliate merupakan penjualan dengan berbasis komisi. Misalnya, ketika Anda sudah berhasil menjual sebuah produk entah itu barang atau jasa. Maka Anda akan mendapatkan komisi atau uang atas penjualan produk atau jasa tersebut.

Affiliate Marketing, Itu Apa?

Jadi, affiliate marketing adalah sebuah sistem bisnis yang dilakukan dengan membayar jasa seseorang yang ketika berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant atau perusahaan yang notabene mempunyai produk atau jasa yang biasanya dipasarkan dengan bantuan internet dan juga membutuhkan orang lain yang dapat membantu dalam menjual produk atau jasanya. Untuk lebih mudahnya, Anda adalah sebagai orang yang tidak mempunyai produk atau jasa yang bisa Anda jual. Maka, Anda tentu saja dapat membantu seorang merchant untuk dapat memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Tentu saja Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan yang Anda lakukan.

Cara kerja Affiliate Marketing

Kali ini, jika Anda ingin mencoba menjadi seorang affiliate marketer, yang harus Anda lakukan adalah dengan mendaftarkan diri ke sebuah perusahaan yang menyediakan web afiliasi dan Anda akan mendapatkan sebuah link afliasi yang bisa Anda akses. Selanjutnya, Anda dapat mempromosikan link yang didapatkan melalui website, blog ataupun sosial media yang bisa diakses oleh orang banyak. Sehingga ketika Anda berhasil menjual produk atau jasa, Anda akan mendapatkan komisi. Tentunya, komisi yang Anda dapatkan sangat bervariasi, bergantung pada produk atau jasa yang Anda jual. Affiliate Marketing ini termasuk model bisnis yang dapat mendatangkan beberapa penghasilan yang bersifat pasif dan akan relatif lebih mudah bagi yang baru memulai walaupun tidak mempunyai website sendiri.

affiliate marketing

Membedakan Affiliate dan Reseller

Berikut beberapa penjelasan yang membedakan antara affiliate dan reseller, diantaranya:

  1. Sistem affiliate merupakan sebuah sistem bisnis online dengan sistem menjualkan produk atau bisa juga jasa kepunyaan orang lain dengan tanpa syarat apapun. Anda cukup dengan membayar tanpa harus membeli dan juga mempunyai produk atau jasa yang nantinya akan ditawarkan. Tentunya untuk besaran komisi antara affiliate dengan reseller berbeda, karena hanya berkisar antara 20 sampai 40%.
  2. Sistem reseller merupakan sebuah sistem yang bisa dijalankan untuk beberapa bisnis online dengan cara menjual produk atau jasa milik orang lain dengan persyaratan harus membeli atau mempunyai produk yang akan dijual. Berbeda dengan affiliate, komisi yang didapatkan oleh reseller sangat bervariasi tetapi tentu saja lebih besar didapatkan oleh affiliate yaitu berkisar antara 30 sampai 80%.

Sukses Menjadi Affiliate Marketer

  1. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih bisnis affiliate dari sebuah produk, biasakan untuk mempelajari beberapa informasi terkait tentang produk atupun jasa yang nantinya akan Anda promosikan.
  2. Anda juga harus memilih produk yang diminati banyak pasar atau bisa juga produk yang Anda sukai, sehingga Anda tidak hanya akan memasarkan saja tetapi Anda juga akan mendapatkan kesenangan dari adanya kegiatan jual beli tersebut.
  3. Anda juga tidak boleh lupa bahwa yang paling penting dalam menjalankan affiliate marketing ini adalah dengan membuat sebuah website atau blog. Sangat disarankan Anda harus membuat website dengan membeli sebuah hosting dan juga domain sehingga tidak menggunakan hosting dan domain yang gratis.
  4. Anda juga harus tahu, bahwa pelanggan saat ini sudah cukup pintar dalam menilai keaslian dan kebenaran dari sebuah produk. Ada baiknya jika Anda mencoba terlebih dahulu produk yang akan Anda jual nantinya. Sehingga Anda juga dapat memberikan testimony sesuai dengan apa yang Anda rasakan. Apalagi dengan pengalaman pribadi yang Anda dapatkan tentu pelanggan akan percaya dengan produk afiliasi yang akan Anda tawarkan.
  5. Jika Anda memilih memasarkan produk afiliasi menggunakan website ataupun blog, maka Anda harus mengusahakan dalam blog ataupun website tersebut mempunyai content yang sifatnya bermanfaat tidak hanya untuk tempat mengiklan produk Anda. Keuntungan memberikan konten website yang bermanfaat, Anda juga secara tidak langsung mengedukasi konsumen terkait produk dan juga Anda akan mendapatkan loyalitas dari konsumen untuk sering mengunjungi website Anda dan melakukan pembelian.
  6. Syarat sukses menjalankan bisnis Affiliate adalah dapat mengatur keuangan dengan sangat baik. Karena nantinya Anda tidak hanya akan berakhir sebagai tenaga penjualan afiliasi yang dilakukan secara online saja tetapi juga bisa meningkat menjadi seorang reseller yang mempunyai stok barang sehingga Anda akan dengan cepat merespon permintaan konsumen tanpa harus menunggu kabar dari supplier.

Kelebihan Affiliate Marketing

affiliate marketing

Beberapa kelebihan atau keunggulan dalam melakukan affiliate marketing jika dibandingkan dengan usaha konvensional atau jenis bisnis usaha yang lain. Diantaranya:

  1. Tidak adanya biaya produksi pada Affiliate Marketing.

Hal ini dikarenakan tingginya biaya dalam mengembangkan dan juga membuat produk baru sehingga menyebabkan orang untuk membuat produknya sendiri. Dengan adanya affiliate marketing ini, besaran biaya produksi bukan menjadi suatu masalah karena produk sudah jadi dan sudah dikembangkan pemilik merchant.

  1. Biaya awal dipastikan rendah.

Jika dibandngkan dengan membangun sebuah toko atau kios yang berada dipinggir jalan, memilih jalan menjadi seorang affiliate marketer adalah sebuah pilihan terbaik. Karena hanya bermodalkan meja, computer yang sudah terkoneksi dengan internet dan juga beberapa software bantu.

  1. Tidak adanya lisensi tertentu.

Menjadi seorang distributor di dunia nyata sudah pasti harus membayar besaran biaya lisensi agar bisa memasarkan produk atau jasanya di sebuah area tertentu. Hal tersebut sangat berkebalikan dengan affiliate marketing yang umumnya gratis jika memilih untuk bergabung dan juga untuk wilayah pemasaran yang tidak terbatas.

  1. Sangat bisa menjual apa saja.

Dibeberapa negara modern atau negara maju, hampir semua barang bisa dijual-belikan dengan sistem online. Sampai saat ini, masyarakat negara berkembang juga sudah mulai membiasakan membeli barang secara online seperti buku atau barang lainnya. Sehingga ada berbagai pilihan program affiliate yang dapat Anda pilih untuk dipromosikan ke banyak orang.

  1. Tidak butuh pengalaman sales.

Ketika Anda memulai affiliate marketing, Anda tidak perlu pengalaman menjadi sales. Pada umumnya, merchant sudah menyediakan beberapa materi marketing yang sudah sangat bagus tentunya dapat Anda gunakan pada website yang sudah Anda buat.

  1. Tidak perlu karyawan.

Untuk orang yang sudah pernah membuat bisnis tentu tahu bagaimana mempunyai karyawan. Menjadi seorang affiliate marketer sangat memungkinkan jika Anda belum ingin mempunyai karyawan untuk kelancaran bisnis Anda.

  1. Resiko yang kecil.

Apabila Anda tidak dapat menghasilkan income dari produk yang Anda iklankan, Anda dapat mengganti dengan produk lain yang tersedia di link website Anda. Inilah kemudahan affiliate marketing, tidak ada kontrak yang mengharuskan Anda untuk menjual produk tertentu.

Ada beberapa puluhan ribu merchant yang mempunyai program affiliate. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan produk atas jasa yang akan Anda tawarkan. Oleh karena itu, Anda juga harus selektif dalam memilih merchant yang akan Anda promosikan. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.