Mengenal Para Pendiri Google

24 Feb 2021
Mengenal Para Pendiri Google campaign-unlimited

Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, di era perkembangan teknologi saat ini pasti mereka pernah mendengar istilah Google. Google memang lebih dikenal sebagai mesin telusur, dimana orang-orang dapat mencari informasi apapun dengan hanya mengetikkan kata kunci. Namun, tahukah Anda ada banyak produk Google yang sebenarnya canggih dan bermanfaat untuk hidup Anda? Tunggu sebentar, mari kenali terlebih dahulu siapa sosok jenius dibalik google, berikut adalah penjelasan mengenai para pendiri Google!

Siapa Pendiri Google?

Pendiri Google ada 2 orang yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya merupakan mahasiswa Pascasarjana progam Doktoral (di luar negeri bergelar PhD) di Stanford University di California, Amerika Serikat.

Awalnya, dua orang ini mempunyai cita-cita besar di masa itu untuk menciptakan sebuah mesin pencari dan alat indeks untuk semua website yang tersedia di seluruh dunia. Jadi, mereka mempunyai misi dengan Google yaitu untuk mengumpulkan segala informasi yang ada di seluruh dunia dan mengusahakannya sehingga dapat diakses atau juga dimanfaatkan oleh semua orang. Ide tersebut memang terkesan gila di saat itu tetapi sekarang anda sudah melihat bagaimana Google tak lagi asing bagi siapapun.

Siapa Pendiri Google
IDwebhost

Larry Page dan Sergey Brin ini diberi modal oleh investor dari perusahaan Sun Microsystems dengan pendanaan awal sebesar US$ 100 ribu, itu jika dirupiahkan sekitar 13 M. Pada awal masa pengembangan teknologinya, Page dan Brin hanya fokus kepada visi untuk menciptakan mesin pencari itu saja. Tetapi, memang seiring perkembangannya sudah ada banyak produk Google yang dapat kita gunakan sekarang, bahkan kebanyakan dapat dimanfaatkan secara gratis.

Mari kita ketahui sejarah perkembangannya lebih lanjut!

Sejarah Perkembangan Google

Seiring dengan berkembang pesatnya Google, ekspansi bisnis pun dilakukan dengan memproduksi berbagai macam layanan produk akuisisi serta mengadakan kerjasama pada mesin telusurnya (inti dari bisnis Google itu sendiri). Google mulai dengan menawarkan software online termasuk surat elektroni atau email, paket-paket aplikasi kantoran atau tugas semacam Google Drive dan Google Form. Ada juga satu lagi yaitu Google+, walaupun namanya kian meredup.

Selain itu memang masih banyak lagi produk-produk ternama lainnya semacam google Chrome untuk menjelajah website, ada Snapseed juga untuk menyunting atau mengedit foto. Google pun memprakarsai agar ada pengembangan sistem operasi (OS) seperti Android dan Google Chrome OS untuk netbook bernama Chromebook.

Google saat ini juga sudah memproduksi hardware komunikasi. Google melakukan kerjasama dengan berbagai macam produsen elektronik besar agar bisa meluncurkan perangkat Nexus dan juga melakukan akuisisi terhadap Motorola Mobility pada tahun 2012 lalu. Pada tahun itu, infrastruktur serat optik (fiber optik) dipasangi di Kansas untuk memfasilitasi layanan internet yang diberi nama Google Fiber. Semuanya ini dapat diwujudkan atas penghasilan profit dari adanya layanan produk Google AdWords yang sebelumnya telah dikembangkan juga oleh Google.

Hingga kini, si raksasa internet tersebut diperkirakan sudah berhasil melakukan operasi terhadap satu juta server aktif di beberapa pusat data besar (data center) yang ada di seluruh dunia. Google juga telah berhasil memproses lebih dari 1 Milyar penelusuran serta ada kurang lebih 24 PetaBita data buatan pengguna per hari.

sejarah perkembangan google
IDwebhost

Apa Kata Alexa Tentang Google ?

Sampai-sampai pada akhir bulan tahun 2012, Alexa menyebutkan bahwa Google.com merupakan situs yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia. Sementara situs-situs Google yang dalam bahasa lainnya juga masuk di peringkat 100 teratas. YouTube dan Blogger milik Google juga masuk ke 1000 peringkat teratas.

Terakhir, kabar besar yang terdengar adalah Google sukses IPO di Agustus 2004. Lalu media meliput bagaimana kedua orang pendiri Google tersebut memohon untuk gajinya dipotong menjadi US$ 1 saja.

Ya, meskipun sebagai penemu dan pendiri, keduanya sudah mempunyai royalti yang tak kecil nilainya. Di tahun 2007 Forbes juga telah melaporkan bahwa Sergey Brin dan Larry Page ini menempati posisi ke-5 orang terkaya didunia dengan total kekayaan sebesar US$ 18,5 Milyar per orang.

Produk Google

Seiring dengan perkembangan Google yang terus meningkat tersebut, jenis produk yang ditawarkan google juga semakin beragam. Berikut ini beberapa diantaranya!

  • Gmail
  • YouTube
  • Google Drive
  • Google Hangouts
  • Chrome Browser.
  • Google Maps.
  • Google Photos.
  • Google Play
  • Android OS
  • Cloud Search

Ketahui salah satu produk google yang sangat bergunal ainnya dengan membaca artikel berikut:

Mengenal Tentang Google Webmaster Tools

Fakta Unik Salah Satu Pendiri Google

Pada saat Google sudah mencapat kejayaannya dan tentunya menghasilkan profit yang sangat banyak, wajar saja jika salah satu pendiri Google mempunyai semacam ambisi unik yang besar . Sergey Brin mempunyai ambisi untuk menemukan cara untuk menghentikan proses penuaan pada manusia dan dapat hidup selama-lamanya.

Ia memang dikenal di lingkungan Sillicon Valley sebagai bos yang memiliki obsesi itu. Walaupun begitu, Brin juga telah mengakui kalau tidak dapat hidup selamanya setidaknya perpanjangan usia dapat menjadi pencapaian yang bagus untuknya.

Tak cuma basa-basi, pria ini memang memberikan dukungannya pada gerakan dari National Academy of Medicine. Gerakan tersebut berfokus pada perlakuan riset yang mempunyai visi menghentikan penuaan pada manusia.

Informasi ini kami tulis ulang dari pemberitaan Amerika yaitu Daily Mail. gerakan tersebut juga mendapatkan dukungan dari aktor serta musisi terkenal dunia yaitu Goldie Hawn dan Moby. Demi melakukan riset mengenai pemberhentian penuaan itu, anggaran yang diajukan oleh gerakan itu berjumlah US$ 25 Juta, jika di-Rupiahkan sekitar 360 Milyar.

fakta unik salah satu pendiri google
IDwebhost

Perusahaan Anak Google

Nah, pada tahun 2013, Google akhirnya merilis anak perusahaannya terbaru yang bernama California Life Company disingkat Calico. Calico merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, fokusnya adalah pada isu serupa diatas seperti penuaan serta penyakit terkait proses penuaan yang terjadi pada manusia. Google telah mendanai Calico di awal sebesar US$ 1 Milyar, jika di-Rupiahkan sebesar 14 Triliun.

Rilis yang dilakukan Google diliput oleh media internasional ternama seperti majalah Times dan bahkan dengan judul yang provokatif yaitu, “Can Google Solve Death?”.

Memang Calico ini belum pernah mengembangkan produk kesehatan tertentu dan produk bioteknologi tertentu. Tetapi, riset yang mereka sudah lakukan cukup bagus dengan topik “pengaruh asupan kalori terhadap kesehatan” sebagai permulaannya. Calico tentu mendapatkan kritik karena dianggap tidak membuat terobosan yang berarti dengan menguji coba banyak tikus, tepatnya berjumlah 750 ekor tikus.

Hal ini membuat seorang penulis ternama bernama Yuval Noah Harahai menyindir salah satu pendiri Google dalam bukunya yang berjudul, “Homo Deus”. Harahai menganggap Google tidak akan mungkin bisa menyelesaikan pertanyaan besar mengenai kematian seperti yang diambisikannya. Sementara Brin sendiri membalas sindiran yang beredar itu dengan yang jawaban sederhana serta singkat, “ Saya memang tidak berencana untuk mati”.

Kesimpulan

Dengan membaca artikel diatas, Anda menjadi bisa mengenal siapa para pendiri Google dan bagaimana mereka mengembangkan Google sehingga sesukses sekarang. Bacalah juga berbagai macam artikel menarik dari IDwebhost yang lainnya terkait pengembangan website terbaru dan bisnis di tengah pesatnya kemajuan teknologi saat ini.