idwebhost Bikin Website Sekarang

Creality Cloud: Platform Khusus 3D Printing, Jelajahi Fitur-fitur Canggihnya

14 Agu 2024
Creality Cloud: Platform Khusus 3D Printing, Jelajahi Fitur-fitur Canggihnya campaign-unlimited

Tahukah kamu yang membuat Creality Cloud begitu istimewa? Bukan hanya sekadar website 3D printing, tetapi juga sebuah ekosistem yang lengkap untuk para penggemar 3D printing.

Pendahuluan

Creality Cloud adalah platform 3D printing atau percetakan 3D yang diluncurkan oleh Creality pada tahun 2020. Platform ini menawarkan pengalaman yang kaya fitur bagi penggunanya, dan dapat diakses melalui berbagai media, termasuk website khusus, aplikasi dan halaman seluler. 

Sejak diluncurkan, Creality Cloud berhasil menarik 3 juta penggemar dan desainer 3D printing di seluruh dunia. Hal ini membuat alat ini menempati posisi teratas di dunia sebagai aplikasi percetakan 3D. 

Platform ini pun menjadi pilihan populer di komunitas 3D printing karena tersedia dalam dua model yakni Aplikasi dan Website. Dengan menggunakan website 3D printing, kamu bisa merasakan fitur-fitur canggih pada Creality, termasuk pustaka model 3D yang luas, kemampuan pemotongan tingkat lanjut, deteksi AI, streaming webcam untuk pemantauan real-time, kontrol langsung atas proses pencetakan, dan kemampuan untuk mengelola beberapa printer secara bersamaan.

Artikel ini akan membahas mengenai fitur-fitur pada Creality Cloud, serta kelebihan dan kekurangannya. 

Fitur Utama Creality Cloud Website

Creality Cloud, Platform Khusus 3D Printing

Menyediakan fitur yang sama dengan di Aplikasi, Creality Cloud juga menawarkan fleksibilitas yang luar bisa dalam cara pengguna berinteraksi dengan platform tersebut dan menyelesaikan pekerjaan. Berikut ini fitur-fitur yang tersedia pada Creality Cloud Website:

3D Model Marketplace

3D Model Library sifatnya adalah lintas platform. Kamu tidak hanya dapat menemukan model dari aplikasi, tetapi juga dapat menelusuri lebih dari 100.000 file yang dapat dicetak 3D dan menyimpannya di desktop dari website. 

Website ini juga secara teratur mengumpulkan file STL terbaru dan menyusunnya ke dalam koleksi tematik menurut berbagai kategori model untuk memudahkan pencarian file model. 

Kamu dapat menelusuri desainer ikonik di bidangnya, menemukan bakat baru yang sedang naik daun, dan bahkan membeli model dari koleksi mereka. Menariknya, website 3D printing ini juga menyediakan platform bagi para kreator untuk menjual desain 3D asli mereka dan memperoleh komisi hingga 90% dari penjualan yang dilakukan!

Built-in Slicer

Sama seperti aplikasinya, versi web pencetakan 3D canggih ini juga memberi kamu akses ke slicer berbasis browser untuk memotong berkas di komputer tanpa instalasi apa pun. Perlu diketahui, 

Selain itu, platform ini memiliki alat pemotong terintegrasi yang canggih dengan pengaturan pemotong khusus untuk kontrol granular. 

Hal ini memungkinkan pengguna memotong model 3D dan menghasilkan kode-G yang diperlukan untuk printer dengan cepat dan efisien. Jadi, bida dikatakan, alat ini sangat berguna untuk mereka yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman pencetakan 3D mereka.

Maker’s Tools

Website 3D printing ini juga menyediakan akses ke dua alat pembuat yang unik. Yang pertama adalah konverter Picture to the 3D, yang mengubah foto objek fisik menjadi model yang dapat dicetak 3D, dan yang kedua adalah Lamp Lithophane Maker, yang mengubah gambar menjadi file STL tiga dimensi. Kedua alat ini mudah digunakan dan memberikan hasil yang luar biasa.

Live Control

Creality Cloud, Platform Khusus 3D Printing

Aplikasi ini juga menawarkan kendali jarak jauh untuk printer 3D. Kamu dapat memulai, menunda, dan menghentikan pencetakan dari jarak jauh atau memeriksa hasil cetak kamu secara langsung melalui kamera. 

Cara ini sangat berguna untuk memantau seberapa jauh progress proyek 3D printing kamu dan memastikan semuanya berjalan lancar. Misalnya, kamu dapat menyesuaikan suhu, kecepatan filamen, dan banyak lagi dari rumah kamu sendiri.

Berikut cara mengatur alat ini agar bisa digunakan dari jarak jauh (Sebagian besar printer Creality mempunyai Wi-Fi internal, sementara yang lain memerlukan penggunaan Creality Wi-Fi Box):

Langkah 1. Unduh aplikasi ke ponsel kamu.

Langkah 2. Pindai kode QR pada Creality Box dan klik “Ya” untuk melanjutkan koneksi.

Langkah 3. Pilih jaringan rumah kamu, masukkan kata sandi Wi-Fi dua kali, dan buat nama untuk Reality Box.

Langkah 4. Buka aplikasi di ponsel kamu.

Langkah 5. Cari dan pilih model yang kamu suka dalam kategori Model.

Langkah 6. Klik Unduhan batch, setelah mengunduh, pilih Slice untuk memulai.

Langkah 7. File pemotongan kamu akan disimpan di pemotong Cloud dan kamu dapat memilih untuk mencetaknya.

Langkah 8. Selama proses pencetakan, kamu dapat menjeda atau menghentikan pencetakan kapan saja.

Pantau cetakan kamu secara real-time dengan kamera dan mulai, jeda, atau hentikan cetakan dari jarak jauh.

Komunitas Buat Penggemar 3D Printing

Creality Cloud adalah komunitas bagi penggemar printing 3D yang masih aktif sampai sekarang. Platform berbentuk website dan aplikasi ini dianggap jejaring sosial bagi mereka yang tertarik dengan segala hal tentang 3D printing, dengan kesempatan untuk mengikuti dan tetap berhubungan dengan para desainer favorit, serta mengikuti perkembangan tren 3D printing dan mendiskusikan topik yang menarik.

Kelebihan Creality Cloud

Creality Cloud, Platform Khusus 3D Printing

Model website alat ini memiliki keunggulan dibandingkan platform 3D printing lainnya, yaitu:

  • Kemudahan penggunaan: Platform ini bersifat antarmuka yang sangat intuitif dan mudah dipelajari oleh para desainer 3D pemula hingga profesional. 
  • Fleksibilitas: Platform ini memiliki fitur-fitur canggih yang dapat digunakan oleh semua desainer 3D baik pemula dan profesional
  • Integrasi: Creality Cloud Website dan Aplikasi sangat kompatibel dengan berbagai jenis printer 3D dan sistem operasi apa pun baik Windows, macOs dan Android. 
  • Komunitas yang Aktif: Bagi pemula, website ini menyediakan dukungan dari komunitas dan membantu mendapatkan inspirasi dari pengguna lain. 

Kekurangan Creality Cloud

Meski dianggap sebagai platform 3D yang sangat populer, Creality Cloud juga memiliki beberapa kekurangan, yakni:

  • Model Library Masih Terbatas: Meskipun platform ini menawarkan koleksi model 3D, tetapi koleksinya mungkin tidak seluas pasar model khusus lainnya.
  • Hanya untuk Perangkat Keras Creality: Meskipun dioptimalkan untuk printer merek yang sama, pengguna merek lain mungkin tidak bisa kompatibel dengan platform ini.
  • Potensi Masalah Konektivitas: Pencetakan dan kontrol jarak jauh dapat terpengaruh oleh konektivitas internet, yang berpotensi menimbulkan gangguan.
  • Ketergantungan pada Cloud: Pengguna bergantung pada koneksi internet yang stabil untuk kinerja yang optimal.

Cara Menjual Desain 3D di Creality Cloud Website

Menjadi desainer di platform pencetakan 3 dimensi ini artinya kamu juga punya kesempatan untuk mengunggah dan berbagi desain 3D kamu kepada dunia, serta menghasilkan yang dari kegiatan ini. Bagaimana caranya?

  • Daftar untuk akun desainer di Creality Cloud.
  • Unggah desain 3D kamu dan isi informasi termasuk nama, jenis model, harga, dan deskripsi.
  • Masukkan tag yang sesuai untuk memudahkan pencarian dan pilih kategori untuk klasifikasi.
  • Kirimkan model kamu ke tim Creality agar mereka dapat meninjaunya.
  • Setelah model kamu disetujui, model tersebut akan ditambahkan ke pasar tempat pelanggan dapat menemukan dan membelinya.
  • Dapatkan komisi hingga 90% dari setiap penjualan model kamu.
  • Lacak keberhasilan desain 3D kamu dengan analitik tentang berapa kali desain tersebut dilihat dan dibeli.
  • Tarik hasil penjualan kamu dengan aplikasi tersebut.
  • Bagikan desain 3D kamu di media sosial untuk membangun audiens dan meningkatkan peluang penjualan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Creality Cloud adalah aplikasi yang sangat bagus untuk penggemar 3D printing. Dengan antarmuka yang mudah digunakan dan banyak fitur, kamu dapat mengakses dan berbagi model 3D, memantau printer kamu secara real time, dan melakukan pembayaran yang aman dengan mudah.

Nah, buat kamu para pelaku bisnis 3D printing, kamu jangan hanya mengandalkan platform desain dan printing 3D untuk menghasilkan uang dari karya kamu, tapi juga harus branding bisnis kamu dengan membuat website sendiri lewat layanan hosting & domain murah di IDwebhost. 

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024