Keunggulan Cloud Hosting Untuk Website Kamu

13 Mar 2021
Keunggulan Cloud Hosting Untuk Website Kamu campaign-unlimited

Teknologi bergerak cepat! Penggunanya pun memiliki kecenderungan untuk ingin segalanya serba cepat. Hal ini menjadikan kecepatan sebagai indikator penting dalam memasuki arena persaingan digital. Bagi kamu yang saat ini sedang membangun sebuah aplikasi atau website, tentu saja kamu membutuhkan kecepatan akses. Nah, hal ini kemudian dijawab dengan hadirnya cloud hosting. Apa saja sih keunggulan cloud hosting untuk website kamu?

Menjawab pertanyaan apa yang menjadi keunggulan cloud hosting, jawaban pertama tentu saja kemudahan dan kecepatan. Teknologi terdahulu, atau sebelum cloud hosting, ketika kamu ingin membuat sebuah website, kamu wajib memakai dedicated server yang mana hanya tersedia dalam satu tempat saja.  Kendala yang muncul dari dedicated server adalah menjadikan kecepatan website yang lambat.

Maka dalam perkembanganya kemudian lahir cloud hosting yang kini menjawab kebutuhan akan kecepatan. Siapa sih yang tidak suka instan dan kecepatan dalam akses digital hari ini? Semua maunya cepat dan mudah. Nah, cloud hosting menjadi layanan hosting yang terhubung dengan banyak server sehingga kamu tak perlu khawatir dengan masalah yang biasa menimpa server seperti lemot, tidak setabil dan kelebihan sumber daya.

Hadirnya teknologi cloud memberikan kemewahan dengan sumber daya yang tidak terbatas. Ini dapat dilakukan karena cloud terhubung dengan banyak server sehingga ketika terjadi penambahan server baru tidak akan mengganggu server lain yang sedang berjalan.

Bagaimana luar biasa bukan perkembangan teknologi hari ini? Selain keunggulan cloud yang telah kita bahas di atas, apa saja kelebihan dari Cloud Hosting untuk website kamu? Berikut adalah 5 keunggulan cloud hosting untuk website kamu:

1. Biaya Jauh Lebih Hemat dan Terjangkau

Biaya Cloud Hosting Jauh Lebih Hemat dan Terjangkau

Banyak orang yang mentok tidak mau Go-Digital karena alasan biaya yang mahal. Anggapan ini mungkin berlaku diawal-awal kemunculan internet dan pemanfaatan website dekade awal. Karena memang infrastruktur yang ada masih sangat sulit, sehingga berbagai layanan yang tersedia pun terbatas.

Nah, saat ini buat kamu yang sedang mengembangkan star-up, dengan membuat aplikasi atau website toko online, tentu saja kamu bisa memilih berbagai layanan yang kamu perlukan dengan harga yang terjangkau. apa lagi ketika bicara cloud hosting, maka kamu akan mendapatkan biaya yang jauh lebih murah.

Kenapa cloud hosting bisa lebih hemat biaya? Karena, dulu penggunaan server versi lama memakan biaya lebih besar utamanya pada bagian operasional komputer serta kebutuhan yang menyangkut hardware. Sedangkan pada cloud hosting, kamu tak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Dari segi biaya dan teknologi, sudah sangat jelas keunggulan cloud hosting yang jauh affordable. Bahkan biaya maintenance-mu juga bisa lebih efisien karena tidak adanya biaya pengadaan hardware/storage fisik, komputer, dan infrastruktur lainnya.

Jadi kamu tidak perlu memikirkan maintenance infrastruktur fisik, karena semua itu akan menjadi tanggung jawab provider penyedia layanan hosting yang kamu gunakan. Nah, kamu sebagai end user, tinggal menggunakan platform dan layanan yang disediakan. Kalau kamu pelanggan setia IDwebhost, kamu akan mendapatkan layanan pengelolaan oleh tim IT yang ahli selama 24/7 non stop. Luar biasa hemat bukan!

2. Kemudahan Akses Data

Kamu tentu membutuhkan kemudahan dalam akses data. Nah, salah satu keungulan yang dimiliki cloud hosting adalah kemudahan akses bahkan dari perangkat mobile. Dengan Cloud Hosting kamu bisa melakukan akses data kapan saja, dimana saja, serta melalui gadget apa saja yang kamu gunakan misalnya smartphone.

Sudah kebayangkan bagaimana kemudahan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan cloud hosting? Kamu tidak perlu harus membuka laptop atau menggunakan komputer untuk melakukan konfigurasi website. Kamu bisa langsung mengakses dashboard melalui telepon gengam kamu, bahkan sudah tersedia dalam bentuk aplikasi mobile yang mudah digunakan.

Menggunakan cloud hosting, bagi generasi yang memerlukan kecepatan seperti kamu akan menghemat banyak waktu dan biaya. Kamu bisa lebih mudah dalam mengakses data atau aplikasi. Ini akan memudahkan kamu dan tim kerja kamu dalam membangun aplikasi atau website dalam sistem kerja yang mobile.

3. Stabilitas Data Tinggi Menjadi Keunggulan Cloud Hosting

Stabilitas Data Tinggi Menjadi Keunggulan Cloud Hosting

Teknologi cloud memiliki ciri utama yaitu high availability. Hal ini akan menjamin data yang dapat terus diakses selama 24/7 penuh. Jadi tidak ada lagi kekawatrian website down! Terlebih bagi kamu yang berlangganan IDwebhost, yang memiliki data center sesuai standar yang didesain supaya tidak terjadi down dan tetap stabil.

IDwebhost telah menerapkan faktor pendukung yang mempengaruhi performa data center seperti ketersediaan dan kestabilan pasokan listrik, fasilitas pendingin ruangan, serta jaminan keamanan selama 24/7. Ini akan menjadi keunggulan luar biasa bagi kamu pengguna cloud hosting IDwebhost.

Bagi kamu yang kini mengembangkan aplikasi atau website dengan traffic tinggi, tidak usah khawatir lagi bakal down karen trafik penuh. Ingat trafik website biasanya menjadi masalah utama mengapa sebuah website sulit diakses. Dengan kamu menggunakan cloud hosting murah IDwebhost, maka website kamu tidak akan down meskipun ada lonjakan traffic.

Jangan sampai lonjakan trafik yang memang menjadi tujuan kamu membangun website justru menimbulkan masalah. Sudah saatnya kamu mulai memikirkan penyedia layanan hosting terbaik Indonesia yang memberikan keamanan akses data secara 24/7 penuh untuk website kamu tetap stabil.

4. Kemudahan Dalam Manajemen Server

Kemudahan Dalam Manajemen Server

Kesulitan dalam melakukan manajemen server? Buat kamu yang masih mengalami kendala dalam manajemen server, maka sudah seharusnya kamu melakukan evaluasi. Mengapa? karena manajemen server yang sulit atau berbelit akan menyita banyak sumber daya, waktu dan tentu saja tenaga kamu.

Nah, dengan cloud hosting  manajemen server tentunya akan lebih mudah dilakukan karena semua bisa dipantau secara langsung melalui website. Kamu hanya perlu menuju dashboard cPanel, maka kamu sudah bisa mengetahui banyak hal terkait website kamu, mulai dari melakukan upgrade, perubahan, status server global, bahkan menambah software baru karena sudah ada tools yang tersedia.

Kemudahan ini tentu saja akan sangat membantu kamu dalam mengembangkan website kamu. Bagi kamu yang awam atau masih pemula dalam membuat sebuah website pun, akan dengan cepat memahami bagaimana seluk beluk infrastruktur atau server webiste kamu dengan memanfaatkan kemudahan dari cloud hosting.

5. Keunggulan Cloud Hosting yang Jauh Lebih Aman untuk Website

Keunggulan Cloud Hosting yang Jauh Lebih Aman untuk Website

Ada orang yang beranggapan bahwa cloud computing tidak dapat menjamin keamanan data / high risk karena berada dalam jaringan. Padahal justru sebaliknya, pada dasarnya keamanan menjadi perhatian utama dalam clloud hosting. Jadi bukan fokus pada faktor hacking dan pencurian data lainnya, namun lebih dari sisi penyedia layanan cloud itu sendiri.

Buat kamu yang akan menggunakan layanan cloud hosting, maka menjadi penting untuk memastikan terlebih dahulu penyedia layanan kamu apakah memenuhi standar keamanan cloud hosting? Setidaknya memenuhi hal-hal berikut ini:

  • Mekanisme log-in yang dimiliki penyedia cloud hosting memiliki standar keamanan tinggi seperti yang dimiliki IDwebhost.
  • Apakah penyedia layanan adalah multi-tenant cloud? Jika multi-tenant maka pastikan terlebih dahulu mengenai bagaimana tentang standar keamanan data konsumen yang dijadikan acuan dalam provider tersebut, cari tahu bagaimana provider memisahkan login kamu dengan pengguna lainnya.
  • Kamu harus tahu apakah penyedia layanan cloud hosting menyimpan backup data-data website kamu untuk keperluan disaster recovery.

Sekarang kamu sudah mengetahui beberapa keunggulan dari cloud hosting yang dapat menjadikan performa website kamu dalam ranah memenangkan persaingan digital semakin unggul. Nah, buat kamu IDwebhost memberikan berbagai layanan pendukung webiste, mulai dari domain murah, berbagai paket hosting murah terbaik, yang akan menyempurnakan website kamu.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai keunggulan cloud hosting untuk website kamu.  Ingat, layanan yang tepat akan memudahkan kamu dalam  meraih sukses di ranah digital. Dapatkan berbagai penawaran dan diskon menarik produk cloud hosting hanya di IDwebhost. Terima kasih telah membaca. Salam Ari IDwebhost.

Penulis
Member since 2 Jul 2013