Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting Untuk Bisnis

Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting Untuk Bisnis campaign-unlimited

Dalam membangun suatu bisnis, jika dilakukan dengan konsisten pasti akan ada suatu saat dimana website yang kamu miliki akan berkembang dengan pesat sehingga jadi banyak pengunjung, memiliki engagement yang tinggi serta angka konversi dan transaksi yang tinggi. Pada titik inilah, kamu harus melakukan upgrade pada layanan web hosting untuk memastikan website bisa tetap diakses dengan cepat.

Selain shared hosting yang harganya cukup terjangkau, ada opsi lain yaitu VPS dan cloud hosting. Namun di artikel ini kami akan lebih fokus pada pembahasan tentang cloud hosting. Karena layanan hosting jenis ini memiliki banyak keuntungan untuk bisnis, lebih mudah dan tidak terlalu teknis dibandingkan dengan VPS.

Dan di artikel ini kami akan membahas beberapa keuntungan menggunakan cloud hosting untuk bisnis. Namun sebelum menuju ke sana akan lebih baik jika kita mengerti tentang apa itu hosting dan cloud hosting secara lebih lanjut seperti pembahasannya berikut.

Apa itu Hosting?

Web Hosting adalah sebuah tempat yang disewa untuk menampung berbagai jenis data yang diperlukan untuk sebuah website dan agar bisa diakses lewat Internet. Data disini bisa berbagai macam mulai dari file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Pengertian Hosting ini bisa diibaratkan dengan ilustrasi berikut; yaitu sebuah website diibaratkan sama dengan kios atau ruangan di Mall. Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang dapat membuka usaha.

Setiap kios pengelolanya bisa berbeda, desain dekorasi yang berbeda dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 9m x 5m) dan maksimum adalah sebesar gedung Mall tersebut.

Baca Juga: Web hosting apa yang tepat untuk bisnis saya?

cloud hosting

Kini cukup banyak terdapat berbagai jenis layanan hosting terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan data website. Dan kamu bisa mendapatkannya dengan harga murah di IDwebhost. Tapi sebelum kamu memutuskan ingin menggunakan yang mana, coba pastikan untuk memahami kebutuhan seperti apa yang website kamu butuhkan.

Kebutuhan seperti apa yang dimaksud? Mulai dari kebutuhan bisnis, dana dan fitur yang disediakan oleh layanan hosting.

Salah satu jenis hosting paling populer adalah Shared hosting, yaitu jenis hosting yang dapat kamu temukan di hampir semua layanan hosting saat ini. Shared hosting dapat digunakan oleh banyak pengguna secara bersama-sama dalam satu server. Dan harga yang ditawarkan untuk paket shared hosting terbilang cukup murah. Tapi, karena digunakan oleh banyak pengguna, terdapat batasan mengenai resource yang tersedia, baik itu besarnya jumlah penyimpanan, bandwidth yang disediakan, atau lainnya.

Sedangkan cloud hosting yang akan kita bahas keuntungan-nya untuk bisnis dibawah, adalah versi lebih “lengkap” dari shared hosting. Cloud hosting menggunakan beberapa server sekaligus yang akan menyeimbangkan load website dan mampu memaksimalkan uptime server. Dengan cara kerja seperti ini, cloud hosting mampu menjaga websitemu untuk tetap online dan tidak akan down.

Setelah memahami pengertian hosting dan cloud hosting, tanpa basa basi lagi berikut akan segera kami beberkan beberapa keuntungan menggunakan shared hosting yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis seperti berikut:

Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting untuk Bisnis

1. Status website akan selalu Online dan bisa cepat diakses

Cloud hosting punya kemampuan yang kurang lebih sama dengan VPS. Ia bisa menggunakan beberapa server sekaligus untuk menampilkan website. Hal ini bisa membuat website tidak akan down walaupun diakses oleh pengguna dengan jumlah yang sangat banyak.

keunggulan cloud hosting

Dengan sistem yang sama, web hosting dalam bentuk cloud pada umumnya juga lebih cepat dibandingkan dengan layanan lainnya. Hal ini terjadi karena data hanya akan ditransfer dari server yang paling responsif. Jika ada satu atau beberapa gangguan di salah satu jaringan server, maka saat itu juga data akan ditransfer via server lainnya.

Sebagai contoh, cloud hosting ini memiliki cara kerja yang mirip seperti mobil pribadi di jalan tol. Kamu bisa dengan bebas ke jalan manapun dengan lengang dan lewat jalur apa pun. Dibandingkan dengan shared hosting yang diumpamakan sebagai mobil atau kendaraan umum, kamu harus menunggu kendaraan diisi oleh penumpang sampai penuh alias ngetem, lalu akan sering berhentu untuk menurunkan penumpang di tengah jalan.

Ditambah lagi ada risiko mogok kendaraan di jalan. Jadi singkatnya, layanan cloud hosting bisa dikatakan sebagai layanan yang eksklusif.

2. Kelola website dengan lebih mudah

Keuntungan cloud hosting yang kedua untuk bisnis adalah karena mudah dikelola. Ada berbagai opsi pengaturan serta pengelolaan website dimana opsi yang diberikan ini sekilas mirip dengan apa yang ditawarkan layanan shared hosting. Hal ini membuat pemilik website yang mau upgrade ke cloud hosting tidak perlu khawatir untuk mengelola websitenya

Selain itu layanan cloud hosting juga tetap memiliki cPanel atau kontrol panel yang bisa mengatur segala hal teknis pada websitemu. Ditambah lagi ada juga fitur wordpress management yang bisa digunakan utnuk konfigurasi auto update serta melakukan preview web sebelum website online ke netizen.

Bukan cuma itu saja, tapi layanan cloud juga cocok dengan web packages dan laravel. Dengan dua software ini, kamu bisa mengembangkan aplikasi berbasis web dengan PHP

3. Sangat aman dari malware dan hacker

Untuk masalah tentang keamanan, cloud hosting sudah tidak perlu diragukan lagi. Layanan hosting ini siap mengatasi berbagai celah keamanan yang ada di website. Karena layanan cloud dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang bisa menghalau malware dan hacker.

Saat ini ada lima fitur keamanan yang langsung tersedia di dalam cloud hosting Idwebhost. Pertama CloudLinux OS. Dengan fitur ini bisa menjagamu dari kebocoran data pribadi. Selain itu, CloudLinux OS juga melakukan update PHP dengan teratur untuk menjaga web dari celah keamanan yang tidak diinginkan.

Keuntungan menggunakan cloud hosting

Lalu, ada proteksi malware dan DDoS (Distributed Denial of Service). Proteksi malware ini diberikan dengan melakukan scan berkala supaya bisa memastikan tidak ada malware pada website. Sedangkan untuk perlindungan DDoS, menjaga website dari serangan hacker.

4. Memiliki Layanan Bantuan

Keuntungan lain dari cloud hosting yaitu memiliki layanan bantuan. Bagi kamu yang melakukan upgrade ke cloud hosting, tidak usah khawatir tentang konfigurasi web. Karena biasanya pihak support akan membantumu untuk melakukan migrasi website jadi tidak perlu memulai semuanya dari awal.

Selain membantumu soal migrasi website, kamu juga akan mendapat bantuan dari customer service selama 24/. Jadi berbagai macam dan segala kendala yang berkaitan dengan web hosting dan website yang kamu miliki bisa diselesaikan dengan cepat.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019