idwebhost Bikin Website Sekarang

Cara Mudah Mengatasi WordPress Tidak Bisa Mengirim Email

26 Agu 2024
Cara Mudah Mengatasi Wordpress Tidak Bisa Mengirim Email campaign-unlimited

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi pengguna hosting WordPress adalah kegagalan platform website untuk mengirim email. Tentu saja hal ini jadi masalah besar, terutama jika jenis email yang dikirim adalah email bisnis. 

Kegagalan WordPress mengirim email bisnis dapat berpengaruh pada operasional bisnis kamu, misalnya komunikasi dengan klien tertunda, kehilangan pelanggan baru dan sebagainya. 

Untuk mengatasinya, kami bisa ikuti cara mudah konfigurasi email dengan plugin WP Mail SMTP di artikel ini. Dalam artikel ini, kita akan menelusuri kemungkinan penyebab WordPress tidak bisa mengirimkan email, beserta solusi step-by-step untuk mengatasinya. 

Penyebab WordPress Tidak Bisa Kirim Email

Sebelum masuk ke panduan konfigurasi email pada WordPress, kamu perlu memahami alasan utama mengapa platform tersebut tidak bisa mengirimkan email dengan benar, atau bahkan tidak mengirimkannya sama sekali. 

1. Konfigurasi Server Salah

Salah satu penyebab WordPress tidak mengirim email adalah kesalahan konfigurasi server. Kecuali jika kamu menggunakan paket hosting WordPress dari IDwebhost, sebagian besar server web tidak diatur untuk mengirim email secara default. Artinya, kamu mungkin harus mengkonfigurasi fungsi PHP mail() secara manual. 

2. Email Masuk ke Folder Spam Penerima

WordPress mungkin memang berhasil mengirimkan email, tetapi email tersebut langsung masuk ke folder spam si penerima. Sayangnya, banyak klien menandai email dari WordPress sebagai spam secara default . Jadi sebelum melakukan perbaikan, minta penerima memeriksa folder spam mereka. 

3. Ada Masalah dengan Plugin

Masalah lainnya tidak terkait dengan kesalahan konfigurasi server, tetapi oleh plugin yang mengirim email yang biasanya berupa plugin Contact Forms. Banyak klien email menandai email dari plugin WP sebagai email “palsu” sehingga ditandai sebagai email mencurigakan. Email mungkin dikirim dari server WordPress, tetapi plugin mungkin dikonfigurasi untuk menggunakan alamat email kamu saat meneruskan pengiriman Contact Forms. 

Memperbaiki Masalah WordPress Tidak Bisa Kirim Email

Mengatasi Masalah Email WordPress dengan Plugin Mail SMTP

Solusi 1: Periksa Pengaturan Konfigurasi Server

Cara terbaik untuk menguji apakah ada kesalahan pada konfigurasi server adalah dengan menggunakan plugin email gratis seperti WP Test Email. Plugin ini membantu kamu menguji apakah website WordPress kamu diatur untuk mengirim email. 

Setelah plugin terpasang, navigasikan ke bagian “Tools” di menu samping dasbor WordPress Anda, lalu klik “Test Email.”

Di layar berikutnya, masukkan alamat email yang ingin Anda kirimi email uji, lalu klik “Send.”

Setelah terkirim, periksa kotak masuk Anda untuk melihat apakah email uji telah diterima, termasuk folder spam.

Jika email tidak muncul di kotak masuk utama atau kotak masuk spam Anda setelah beberapa saat, server Anda kemungkinan telah dikonfigurasi secara tidak benar. 

Solusi 2: Sesuaikan Pengaturan Pengiriman Email

Jika pengujian menunjukkan adanya kesalahan konfigurasi server, kamu mungkin perlu plugin Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) dan menautkannya ke website WordPress kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

SMTP memungkinkan email dikirim melalui jaringan; tanpa SMTP, pengiriman email tidak mungkin dilakukan. Salah satu plugin gratis adalah WP Mail SMTP. 

Instal dan aktifkan plugin WP Mail SMTP jika Anda belum melakukannya.

Navigasi ke Pengaturan > WP Mail SMTP.

Pilih opsi SMTP mailer (misalnya, Gmail, SendGrid). Mailer pada dasarnya menjadi perantara antara situs web Anda dan penyedia layanan email.

Konfigurasikan pengaturan mailer dengan kredensial yang sesuai (nama pengguna dan kata sandi) untuk penyedia layanan SMTP yang Anda pilih.

Uji pengaturan email dengan mengirimkan email percobaan melalui plugin.

Solusi 3: Perbaiki Plugin SMTP WP Mail

Solusi ini hanya bisa kamu gunakan jika kamu sudah menginstal plugin SMTP WP Mail sebelumnya. Dengan WordPress tidak bisa mengirim email, maka berarti plugin SMTP WP Mail tersebut tidak berfungsi dengan baik. Ikuti langkah perbaikan berikut ini:

  1. Nonaktifkan semua plugin yang terinstal pada situs WordPress Anda.
  2. Uji apakah masalah email masih berlanjut. Jika email berhasil dikirim, masalahnya mungkin disebabkan oleh konflik plugin.
  3. Aktifkan kembali plugin satu per satu dan uji setelah setiap aktivasi untuk mengidentifikasi plugin yang bentrok. Anda juga dapat mencoba menonaktifkan plugin secara berkelompok untuk mempersempit penyebab konflik dengan lebih cepat.
  4. Jika masalah berlanjut setelah menonaktifkan plugin, beralihlah ke tema WordPress default.
  5. Uji fungsionalitas email dengan tema default untuk menentukan apakah masalahnya terkait dengan tema aktif.

Solusi 4: Hubungi Penyedia Hosting

Solusi lainnya, kamu bisa menghubungi tim dukungan penyedia hosting WordPress, misalnya IDwebhost yang memiliki layanan Managed Services terbaik. 

Tanyakan tentang pembatasan atau batasan pada email keluar. Kamu juga bisa minta bantuan dalam konfigurasi pengaturan email pada hosting WordPress atau menyelesaikan masalah sisi server. 

Tanyakan apakah mereka dapat memasukkan domain website kamu ke dalam daftar putih untuk memastikan pengiriman email. Dengan memasukkan domain Anda ke dalam daftar putih, penyedia email akan mengenali email kamu sebagai email yang sah dan bukan spam.

Cara Mencegah Email Ditandai Sebagai Spam

Mengatasi Masalah Email WordPress dengan Plugin Mail SMTP

Selain ketiga cara di atas, kamu juga perlu tahu cara menghentikan email-email yang kamu kirim ditandai sebagai spam oleh klien atau penerima. Berikut ini cara mencegah email ditandai sebagai spam:

  1. Tambahkan Email ke Daftar Putih

Kamu perlu meminta klien atau penerima menambahkan alamat email WordPress kamu ke daftar kontak mereka. Ini akan memasukkan email kamu ke daftar putih sehingga dapat diterima di kemudian hari. 

  1. Pertimbangkan Alamat Email yang Digunakan

Kamu juga perlu meninjau alamat email yang kamu gunakan untuk mengirim email. Biasanya, ini adalah alamat email admin, tetapi banyak yang klien menandai email yang tampak tidak asli sebagai spam secara default. 

Untuk mencegah hal ini, kamu harus membuat alamat email yang terlihat lebih profesional atau email bisnis. Kamu bisa memanfaatkan layanan server hosting IDwebhost untuk layanan email bisnis kamu dengan biaya murah. Dengan email bisnis ini, setiap email yang kamu kirim akan terkesan profesional dan citra positif perusahaan pun meningkat. 

  1. Autentikasi Email

Untuk menghindari email  kamu ditandai sebagai spam adalah memastikan nama domain kamu  telah diautentikasi untuk mengirim email. 

Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan alat-alat seperti:

  • Verification via DomainKeys Identified Mail (DKIM)
  • Sender Policy Framework (SPF)
  • Microsoft Sender ID
  • Brand Indicators for Message Identification (BIMI)
  • Domain Message Authentication Reporting and Conformance (DMARC)

Kesimpulan

Setelah kamu membaca artikel ini secara keseluruhan, kamu pasti akan paham bagaimana cara memperbaiki WordPress tidak bisa mengirim email. Untungnya, masing-masing masalah ini dapat diperbaiki dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini.

Namun, perlu dicatat bahwa mengkonfigurasi SMTP lebih memakan waktu daripada mengkonfigurasi plugin formulir kontak dan mungkin memerlukan pengetahuan teknis yang lebih banyak. Tidak usah khawatir, kamu bisa meminta bantuan tim support IDwebhost. 

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024