idwebhost Bikin Website Sekarang

Mengapa DOI Jurnal Itu Penting? Cara Mudah Install Plugin DOI di OJS

26 Agu 2024
Mengapa DOI Jurnal Itu Penting? Cara Mudah Install Plugin DOI di OJS campaign-unlimited

Pernah penasaran kenapa artikel ilmiah punya kode unik yang panjang banget? Itu dia yang namanya DOI! Singkatnya, DOI itu semacam KTP untuk artikel ilmiah. 

Tanpa DOI, artikelmu bakalan susah banget ditemukan dan dikutip orang lain. Penasaran gimana caranya kasih DOI ke artikel di jurnal OJS kamu? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Apa itu DOI?

Digital Object Identifier (DOI) adalah sebuah tanda pengenal unik, permanen, dan dapat dipecahkan untuk objek digital, seperti artikel penelitian, kumpulan data atau jenis konten lainnya. 

DOI dikelola oleh International DOI Foundation (IDF) dan ditetapkan oleh lembaga pendaftaran DOI, seperti Crossref dan DataCite. 

Representasi DOI adalah serangkaian karakter yang diawali dengan awal DOI, diikuti oleh pengenal. Misalnya: “doi:10.1145/2669485.2669486”. Pengenal ini dikaitkan dengan metadata tentang objek digital, seperti judul, penulis, tanggal publikasi dan informasi lainnya. 

Dalam lanskap digital, DOI kini menjadi alat penting untuk memastikan aksesibilitas, visibilitas, dan dampak penelitian akademis. Baik jurnal ilmiah maupun artikel individu bisa merasakan manfaat besar dari penerapan DOI. 

Untuk mendapatkan DOI pada jurnal, kamu harus mendaftar atau menjadi anggota salah satu penyedia DOI, seperti Crossref, DataCite, mEDRA, dan J-STAGE. 

DOI Dapat Digunakan dalam OJS

Cara Instal dan Setup Plugin DOI pada OJS

Open Journal System (OJS) adalah platform open-source untuk mengelola dan menerbitkan jurnal akademik. OJS menyediakan berbagai alat dan fitur untuk mengelola proses peer review, menerbitkan artikel, dan menyebarluaskan penelitian. Platform ini banyak digunakan oleh lembaga akademik, perkumpulan ilmiah, dan organisasi lain yang menerbitkan jurnal.

Karena OJS digunakan sebagai platform untuk menerbitkan artikel ilmiah, platform ini juga mendukung penerbitan jurnal ilmiah yang terdaftar dengan URL DOI. Bayangkan OJS itu seperti pabrik pembuat identitas untuk artikel ilmiah.

Fitur khususnya untuk mengelola DOI itu seperti mesin cetak yang otomatis menerbitkan  nomor identitas unik ke setiap artikel yang baru selesai diproduksi. Jadi, setiap kali ada artikel baru yang diterima dan lolos review, OJS langsung memberi DOI.

Cara Install dan Setup Plugin DOI pada OJS

Proses mendapatkan DOI melalui OJS dapat dilakukan dengan menginstal plugin DOI. Berikut panduan teknis mengenai cara instalasi dan konfigurasinya menurut laman resmi Open Journal System.

Namun sebelum mengikuti tutorial install plugin DOI, pastikan kamu sudah mendaftar ke salah satu penyedia DOI untuk menambahkan konfigurasi username dan password

  1. Aktifkan plugin DOI pada OJS kamu dengan cara mencentang ini:

Silakan masuk ke menu setting → website → plugin → Public Identifier Plugin → Plugin DOI

  1. Klik tkamu panah biru di sebelah kiri entri DOI dan pilih Settings untuk mengkonfigurasi plugin DOI. 
  1. Silakan pilih jenis objek OJS yang ingin kamu beri DOI. Opsi ini memastikan semua objek dari jenis yang kamu pilih harus diberi DOI. Memilih jenis objek membuat bidang konfigurasi DOI akan tersedia di halaman entri metadata khusus objek yang sesuai. 

Berikut ini tiga halaman metadata untuk berbagai jenis objek adalah:

  • Isu: Halaman data isu yang dapat diakses melalui daftar isu yang tersedia untuk peran editor.
  • Artikel: Halaman metadata artikel tersedia untuk semua peran editorial melalui antarmuka editorial (dasbor).
  • Galley dan Berkas Tambahan: Halaman metadata galley tersedia untuk semua peran editorial melalui antarmuka editorial (dasbor)
  1. Selain itu, kamu juga perlu menentukan Sufiks DOI yang kamu inginkan, tetapi harus unik di antara semua objek publikasi dengan awal DOI yang sama. 
  1. Menurut Open Journal System, terdapat beberapa strategi pembuatan Sufiks yang tersedia. Apa pun strateginya, kamu bisa melihat pratinjau DOI pada halaman metadata objek tanpa menetapkan DOI asalkan objek belum dipublikasikan. 
  • Metode Berbasis Pola Default: Jika menggunakan metode ini, maka DOI akan dibuat untuk semua objek. Kamu tidak perlu melakukan hal khusus apa pun agar objek mendapatkan DOI yang ditetapkan.
  • Sufiks DOI Individual: Opsi ini memungkinkan kamu memasukkan sufiks secara independen dari URL OJS objek. Gunakan opsi ini jika tidak ada cara pembuatan sufiks lain yang memenuhi kebutuhan kamu. 
  • Pola Kustom: saat kamu memasukkan pola kustom untuk sufiks DOI, kamu harus  membuat pola yang menghasilkan sufiks DOI unik untuk awalan kamu. Masukkan kombinasi pengenal jurnal, isu, dan objek tertentu untuk memastikan bahwa DOI tidak dapat diduplikasi. 
  1. Setelah selesai dan menyimpan konfigurasi DOI, selanjutnya silahkan klik edit lagi hingga muncul 2 fitur menu seperti di bawah ini:

Tetapkan Ulang DOI : Menu ini digunakan jika kamu telah membuat perubahan pada konfigurasi DOI, dan kamu juga ingin menerapkannya ke semua artikel yang diterbitkan. 

Tetapkan DOI , menu ini digunakan jika kamu ingin menambahkan nomor DOI secara otomatis ke semua artikel yang diterbitkan.

  1. Setelah semua konfigurasi selesai, simpan konfigurasinya.

Cara Menetapkan DOI pada Artikel di OJS

Cara Instal dan Setup Plugin DOI pada OJS

Setelah menyiapkan plugin DOI pada Open Journal System, kamu bisa menambahkan dan menetapkan DOI ke setiap artikel yang kamu miliki menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke bagian metadata pengiriman artikel, dan pastikan artikel dalam status belum dipublikasikan
  1. Jika pada tahap pengaturan Plugin DOI sebelumnya kamu memilih konfigurasi “Use default pattern”, maka kamu hanya perlu menetapkannya pada menu Identifiers (seperti pada gambar di atas). Maka nomor DOI akan dibuat secara otomatis.
  2. Setelah mendapatkan nomor DOI, klik simpan, dan terbitkan ulang artikel kamu.

Cara Integrasi DOI dengan Plugin Ekspor XML CrossRef

Setelah proses pemberian DOI selesai, langkah krusial berikutnya adalah mengintegrasikan DOI tersebut dengan basis data Crossref melalui ekspor metadata artikel dalam format XML.

Panduan ini akan menjelaskan secara rinci cara menggunakan plugin CrossRef untuk melakukan proses tersebut.

  1. Silakan masuk ke menu Setting → Website → Plugin → Plugin Terinstal → Plugin Ekspor XML CrossRef
  2. Klik Impor/Ekspor Data plugin Ekspor XML CrossRef dengan mencentang ini:
  1. Silakan isi informasi nama deposit untuk setiap jurnal pada kolom kotak 1, dan isi username dan password akun penyedia DOI pada kotak 2. 
  2. Jika kamu ingin DOI didaftarkan secara otomatis saat kamu menerbitkan artikel, pastikan kamu mencentang kotak. 

Nah, jika kamu melakukan pengaturan dan mengisi informasi dengan benar, maka setiap artikel yang diterbitkan akan secara otomatis mendapatkan DOI aktif, tanpa perlu melakukan penyetoran secara manual.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda kini telah berhasil menginstall plugin DOI melalui Open Journal System. Penerapan plugin DOI ini akan memberikan sejumlah manfaat signifikan, seperti meningkatkan visibilitas artikel secara global, mempermudah proses sitasi, serta menjaga integritas dan keaslian jurnal penelitian

Selain itu, dengan memanfaatkan layanan Open Journal System melalui Softaculous di cPanel IDwebhost, Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengembangkan jurnal Anda secara efisien. Konsultasikan website publikasi ilmiah kamu di tempat kami!

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024