Cara Instal Open Journal System Menggunakan Softaculous
Blog Hosting Guru Cara Instal Open Journal System Menggunakan Softaculous

Cara Instal Open Journal System Menggunakan Softaculous

Open Journal System adalah aplikasi yang berfungsi untuk pengelolaan jurnal secara online. Software yang bersifat open source ini dibuat dan dikembangkan oleh Publlic Knowledge Project. Sedangkan pada saat perilisannya dilakukan berada di bawah lisensi dari GNU Public License. Dan seiring kebutuhan akan pengelolaan jurnal yang semakin tinggi, maka banyak yang ingin tahu cara instal Open Journal System menggunakan Softaculuous.

Definisi Open Journal System

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara instal OJS di Softaculuous, alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu Open Journal System. Di bagian awal artikel ini telah dijelaskan secara singkat definisi Open Journal System. Sistem manajeman jurnal dan penerbitan ilmiah yang dikembangkan oleh Public Knowledge Project.

Proyek ini adalah kolaborasi dari beberapa kampus. Antara lain Faculty of Education di University of British Columbia, The Simon Fraser University Librabry, dan Studies in Publishing at Simon Fraser University. Dan karena sifatnya yang open source, OJS dapat digunakan secara bebas di seluruh dunia.

Baca Juga: Mengubah Tampilan Dasbor cPanel

Tujuan dari penciptaan OJS ini tak lain untuk meningkatkan pembaca sebuah jurnal. Juga kehadiran OJS diharapkan dapat meningkatkan kontribusinya terhadap kepentingan publik dalam skala global.

Open Journal System sendiri dirancang untuk memfasilitasi pengembangan open access, peer review publishing, dan menyediakan infrasturktur teknis. Tidak hanya untuk presentasi jrnal online, namun juga terkait seluruh alur kerja editorial: pengiriman artikel dan indexing.

Fitur canggih lain yang dimiliki oleh OJS adalah kemampuannya untuk membagi peran pada orang lain. Misalnya ada yang bertindak sebagai supervisor jurnal, reviewer, penulis dan pembaca. OJS juga menyediakan modul yang mendukung jurnal berlangganan.

Cara Instal Open Journal System Menggunakan Softaculous di cPanel

Setelah mengetahui definisi singkat dari Open Journal System, sekarang saatnya Anda mengetahui cara instal Open Journal System menggunakan Softaculuous. Lantas, mengapa harus melalui Softaculous? Ya, tak lain karena Softaculous adalah app installer yang dapat digunakan di hampir semua panel kontrol dan mendukung banyak system operasi.

Dan karena IDwebhost menggunakan cPanel dalam paket layanannya, maka artikel ini aka membahas cara instal Open Journal System di Softacoulus menggunakan cPanel.

Berikut langkah-langkah cara instal OJS melalui cPanel:

Langkah pertama: Login ke dasbor cPanel

Untuk menginstal Open Journal System menggunakan Softaculous di cPanel, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah login ke dasbor cPanel Anda. Silakan masukkan username dan password pada kolom yang telah disediakan. Seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 2: Masuk ke Softaculous App Installer

Setelah berhasil login ke dasbor  cPanel, Anda bisa segera masuk ke Softaculous App Installer. Dari dasbor cPanel Anda, letaknya berada di menu Software. Silakan scroll down hingga Anda menemukan men Software.Silakan klik Softaculous App Installer.  Tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Cara instal Open Journal System

Langkah 3: Cari Open Journal System di kotak pencarian

Setelah masuk ke halama utama Softaculous App Installer, Anda dapat menemukan Open Journal System pada kotak pencarian, yang berada di sebelah kiri atas layar Anda. Jika Open Journal System telah Anda temukan, silakan klik. Seperti pada gambar di bawah ini.

cara instal open journal system

Langkah 4: Instal Open Journal System

Setelah masuk ke halaman utama Open Journal System, Anda bisa langsung klik “Install Now”. Versi Open Journal System yang digunakan pada artikel kali adalah versi 3.2.1.1 yang dirilis pada bulan Juni 2020. Contohnya seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.

cara instal open journal system

Langkah 5: Mengisi field

Setelah klik tombol “Install Now”, Anda akan diarahkan pada halaman software setup. Anda bisa memasukkan username dan password pada field yang tersedia. Pada field password, terdapat indikator yang mengukur seberapa kuat password yang Anda buat.

Anda juga bisa memilih bahasa apa yang ingin digunakan. Di tutorial ini, Kami memilih untuk menggunakan Bahasa Indonesia. Jika semua dirasa sudah lengkap, silakan klik “Install”.

Tunggulah beberapa saat, hingga instalasai telah selesai. Berikut ini adalah contoh jika instalasi berhasil.

cara instal open journal system

Role (Peran) Dalam Open Journal System

Dalam Open Journal System, terdapat pembagian role atau user. Berikut ini adalah peran-peran dalam Open Journal System:

1. Site Administrator

Role pertama adalah site administrator. Site administrator bertanggung jawab terhadap seluruh instalasi E – Journal, memastikan setting server bekerja dengan baik, dan melakukan instalasi baru ke E – Journal. Akun site administrator dibuat pada saat instalasi E – Journal pertama kali.

2. Journal manager

Role yang kedua adalah journal manager. Journal manager bertanggung jawab untuk menyiapkan situs website jurnal, mengkonfigurasi pemilihan sistem, dan mengelola akun pengguna. Selain itu, peran lain seorang jurnal manajer adalah mendaftar editor, section editor, copyeditor, editor layout, proofreader, penulis, dan reviewer.

3. Author

Penulis atau author adalah orang yang mengirimkan naskah ke jurnal secara langsung lewat website jurnal. Penulis diminta untuk mengunggah file pengiriman dan memberikan metadata untuk kepentingan pengindeksan.

Mereka dapat mengunggah banyak file, dalam bentuk kumpulan data, instrument penelitian, atau teks sumber yang akan memperkaya konten jurnal. Jurnal juga dapat meningkatkan peluang meraih beasiswa menjadi lebih besar.

Penulis juga dapat melacak progress pengajuan melalui proses review dan editorial. Serta berpartisipasi dalam copyediting dan proofreading kiriman yang diterima untuk publikasi.

4. Editor

Editor bertanggung jawab mengawasi seluruh proses review, editing, dan penerbitan. Seorang editor bekerja dengan manajer jurnal, umumnya untuk menetapkan kebijakan dan prosedur untuk jurnla.

Dalam proses editorial, editor melimpahkan section editor untuk mereview melalui submission review dan submission editing. Ia mengawasi progress dan submisi tersebut dan memberikan bantuan apapun kesulitannya. Setelah review selesai, editor akan melihat submisi lewat proses editing.

5. Section editor

Seorang section editor bertugas memberikan ulasan dan mengedit kiriman jurnal yang telah ditugaskan pada mereka. Dalam beberapa kasus, section editor juga ditugaskan untuk mereview kiriman naskah.

Namun seringkali section editor hanya bekerja pada proses review dan editor malah bertindak seperti section editor.

6. Reviewer

Umumnya, reviewer dipilih oleh section editor untuk mereview kiriman jurnal. Reviewer diminta untuk mengirimkan ulasan ke website jurnal dan mengunggah lampiran untuk penggunaan editor dan author.

7. Copy editor

Seorang copyeditor bertugas untuk mengedit kiriman naskah, tetapi lebih fokus untuk meningkatkan tata Bahasa. Ia secara langsung berinteraksi dengan author untuk memastikan semuanya tetap ada pada jalurnya. Memastikan tetap taat pada aturan kepenulisan dan menghasilkan copy yang jelas, yang selanjutnya akan diedit oleh layout editor. Beberapa jurnal memiliki editor atau section editor yang memainkan peran ini.

8. Layout editor

Layout editor memiliki tugas mengubah kiriman yang telah melalui proses pengeditan oleh editor menjadi sebuah jurnal yang siap untuk dipublikasikan.

9. Proofreader

Proofreader harus membaca dengan cermat naskah yang masuk. Ia mencatat kesalahan tipografi dan pemformatan apapun untuk diperbaiki oleh editor.

10. Reader

Pembaca atau reader adalah roele yang paling simple di OJS. Pembaca menerima email notifikasi dengan publikasi setiap masalah, mencakup daftar isi, untuk beberapa kasus.

Kesimpulan

Cara instal Open Journal System menggunakan Softaculous di cPanel cukup mudah dilakukan. Hanya perlu beberapa langkah saja dan Anda sudah bisa menggunakannya. Rolenya pun cukup jelas, sehingga dapat mengoptimalkan proses manajemen jurnal.

Ingin memiliki website untuk institusi pendidikan yang support Open Journal System? IDwebhost punya banyak paket domain dan hosting hanya untuk Anda. Untuk informasi pembelian, klik disini!

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis