idwebhost Bikin Website Sekarang

Tips Pilih Template Landing Page WordPress untuk Bisnis Online

30 Agu 2024
Tips Pilih Template Landing Page WordPress untuk Bisnis Online campaign-unlimited

Landing page adalah halaman penting dalam strategi marketing digital. Dengan landing page yang baik, kamu bisa meningkatkan jumlah pengunjung yang melakukan konversi, baik itu membeli produk, mendaftar newsletter, atau menghubungi tim penjualan. 

Untungnya, kamu tidak perlu menjadi seorang desainer web untuk membuat landing page yang profesional. Dengan menggunakan template landing page bertema bisnis, kamu bisa dengan mudah membuat landing page yang menarik dan efektif.

Kenapa Landing Page Penting Buat Bisnis?

Seperti yang kita tahu, landing page adalah halaman website yang memungkinkan kita menangkap informasi pengunjung melalui formulir penangkapan prospek (alias formulir konversi). 

Landing page yang baik akan menargetkan audiens tertentu, seperti traffic dari kampanye email yang mempromosikan produk tertentu, atau pengunjung yang mengklik iklan pay per click yang mempromosikan layanan kamu. 

Lantas, bagaimana Landing Page bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis? Berikut ini adalah 6 alasan kamu perlu mengandalkan landing page bisnis:

Mudah Menghasilkan Prospek

Landing page menyediakan cara yang mudah untuk menghasilkan prospek bagi tim penjualan bisnis kamu yang kemudian bisa kamu segmentasikan, kembangkan atau distribusikan dengan mudah ke tim penjualan kamu.

Berikan Penawaran Tempat untuk Dituju

Penawaran marketing digital dan landing page berjalan beriringan. Artinya, tanpa dibatasi landing pagi, penawaran kamu tidak akan mendukung upaya perolehan prospek bisnis kamu. 

Kumpulkan Informasi Demografis Prospek Kamu

Setiap kali prospek melengkapi formulir konversi di landing page, tim pemasaran dan penjualan kamu mengumpulkan informasi berharga tentang prospek kamu. Dengan informasi ini, tim pemasaran dapat memahami jenis pengunjung atau persona marketing yang berkonversi. 

Template Landing Page Bisnis

Melihat Prospek Mana yang Lebih Menonjol

Landing page tidak hanya memungkinkan kamu menghasilkan prospek baru, tetapi juga memungkinkan kamu melacak konversi ulang prospek yang sudah ada, dan kemudian bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi prospek mana yang lebih menonjol dengan bisnis kamu. 

Bahan Bakar untuk Strategi Marketing Digital Lainnya

Landing page merupakan tambahan yang bagus untuk gudang konten pemasar mana pun karena dapat dibagikan di media sosial, dikirim lewat email marketing, dan ditautkan dalam illan PPC, dan ditemukan dalan pencarian organik. 

Contoh Template Landing Page Bisnis 

Berikut ini kita akan membahas lima contoh template landing page yang cocok dijadikan website bisnis kamu. Beberapa contoh ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti berikut ini:

1. Triablo

Contoh Template Landing Page Bisnis 1 - IDwebhost

Triablo adalah contoh template website e-commerce landing page dengan fitur yang menarik. Fitur-fiturnya meliputi: enam jenis pembukaan, enam warna pilihan, bisa kostumisasi warna tanpa batas, dan souce code sangat terorganisasi. 

Tema landing page pada Triablo ini sangat menonjolkan aspek fungsionalitas yang ramah pengguna. Fitur desainnya memiliki banyak materi, terdapat menu drag & drop yang bisa digeser, preloading yang luar biasa, dan ada fitur animasinya. 

Bagi para pelaku bisnis online atau pemilik website e-commerce, Triablo sangat bisa diandalkan karena memiliki fitur-fitur yang memanjakan pengguna. Di antaranya, bisa melakukan pembayaran dengan berbagai jenis kartu, memiliki sistem pre-order, memiliki formulir kontak, terdapa dokumentasi yang rapi dan kostumisasinya mudah dilakukan. 

2. Jupiter Landing Page

Contoh Template Landing Page Bisnis 2 - IDwebhost

Template Landing Page Jupiter ini memiliki desain kontemporer dan stylish yang dibuat untuk memasarkan bisnis produk elektronik secara efisien. Jupiter menawarkan platform interaktif untuk menampilkan dan menyajikan segala jenis produk bisnis kamu. 

Dengan desain yang bersih dan modern, template ini terintegrasi dengan framework  Bootstrap 3x yang populer dan menggunakan sistem grid terbaru, sehingga kostumisasinya mudah dilakukan. Selain itu, kode HTML, CSS, dan JavaScript diatur sebaik mungkin untuk memfasilitasi modifikasi yang mudah tanpa error apa pun. 

3. Appium

Contoh Template Landing Page Bisnis 3 - IDwebhost

Appium adalah template landing page yang memiliki nuansa bersih dan modern. Template satu ini berbasis HTML dan dirancang sangat cocok untuk landing page aplikasi. Layout Appium ini juga terlihat cantik saat diakses dengan perangkat apapun, baik itu layar laptop, iPad, iPhone, ponsel Android, atau tablet. 

Fitur-fitur yang ada pada Appium yaitu: template landing page, desain responsif, Based on Bootstrap 4, dilengkapi Mailchimp siap pakai, desain modern, kode komentar yang ramah bagi pengembang, plugin lightbox yang responsif, kompatibel untuk semua browser, memiliki 900+ ikon font, didukung Google Font, dan dokumendasi yang mudah dipahami. 

4. HeroBiz – Bootstrap

Contoh Template Landing Page Bisnis 4  - IDwebhost

HeroBiz adalah template website bisnis dari Bootstrap dengan desain modern, bening dan ringan. Template ini paling cocok untuk website perusahaan software, agensi digital, perusahaan konsultan, penasihat keuangan, akuntan, perusahaan investasi dan lain-lain. 

Keunggulan HerroBiz ini adalah penggunaan variabel CSS. Variabel terpisah .css juga disertakan dalam templat ini yang memungkinkan kamu menyesuaikan warna, tipografi, dan properti lainnya yang digunakan dalam fime stylesheet utama template main.css tanpa harus menyentuh fil main.css. 

Menariknya lagi, HeroBiz memiliki struktur yang bersih, bagian yang terorganisir dengan cermat, serta kode sumber yang ramah SEO dan terdokumentasi, sehingga membuat search engine menyukai website dengan template ini. 

5. Imagine – Colorlib

Contoh Template Landing Page Bisnis 5 - IDwebhost

Template Landing Page Imagine ini cocok untuk pelaku bisnis karena tampilannya menciptakan kesan yang kuat dan berkesan. Template HTML ini mudah digunakan berkat strukturnya yang rapi. tampilan Imagine berfungsi dengan sangat baik secara default, tetapi kamu juga dapat mengubahnya sesuai kebutuhan. 

Berkat template landing page Imagine, kamu bisa menyajikan semua hal tentang bisnis atau agensi kamu hanya dengan beberapa kali gulir. Imagine juga dilengkapi menu embed untuk navigasi dengan nyaman. Beberapa fitur lainnya termasuk menu up & down bertingkat, efek hover, pemuatan konten saat scrolling, dan formulir kontak yang fungsional. 

Tips Membuat Landing Page Bisnis yang Baik

Template Landing Page Bisnis

Landing page yang efektif memungkinkan bisnis untuk menargetkan audiens yang menjelajahi website bisnis kamu dan mengubah mereka menjadi prospek. Landing page yang paling persuasif dirancang dengan baik dan dioptimalkan untuk pengalaman pengguna, sehingga memudahkan pengumpulan semua informasi. 

Berikut ini cara membuat landing page bisnis yang akan membantu meningkatkan rasio konversi:

Tentukan Tujuan Bisnis Kamu

Ada banyak alasan untuk membuat dan meluncurkan landing page, dan langkah pertama untuk membuat landing page yang efektif adalah menentukan tujuan bisnis kamu. Apakah kamu mencoba mencari alamat email sebanyak mungkin? Menjangkau audiens baru? Mempelajari lebih lanjut tentang demografi pengguna? Setelah itu, akan lebih mudah untuk fokus pada pembuatan konten landing page yang konsisten untuk mencapai tujuan tersebut.

Pilih Pembuat Landing Page

Ada banyak pembuat landing page yang tersedia dan harganya bervariasi dari yang gratis hingga yang mahal. Saat memilih pembuat landing page, kamu perlu mempertimbangkan anggaran, tingkat fleksibilitas, layanan lain yang ditawarkan penyedia, dan seberapa mudah alat itu digunakan. 

Membuat Mock-Up

Visual sangat penting untuk halaman landing page, karena kontennya lebih sedikit dan lebih ramping daripada halaman web biasa. Mulailah dengan menetapkan CTA untuk halaman tersebut, lalu buat desain tiruan yang berpusat pada hal tersebut. Kamu ingin halaman tersebut menarik secara visual sekaligus menyampaikan pesan dengan jelas, jadi pilihlah teks yang ringkas dan jumlah gambar yang minimal.

Bagikan Nilainya

Pengguna yang membuka landing page perlu segera mengetahui apa manfaatnya bagi mereka, jadi pastikan nilai yang kamu tawarkan menjadi pusat perhatian. Apa yang terjadi saat mereka mengeklik CTA tersebut? Jangan biarkan pesan ini hilang di halaman, tetapi soroti dan buat agar menonjol.

Dorong Penjualan

Inti dari penyempurnaan landing page ini adalah untuk menghasilkan penjualan akhir, jadi jangan takut untuk sedikit memaksa. Audiens kamu akan menghargai konten yang membagikan apa yang perlu mereka ketahui, manfaatnya bagi mereka, dan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan pembelian.

Kesimpulan

Landing page merupakan alat yang sangat serbaguna untuk digunakan dalam strategi marketing digital bisnis kamu. Landing page yang baik tentunya bisa meningkatkan koversi. Jika bisnis kamu membutuhkan landing page, IDWebhost adalah solusi yang tepat. 

Sebagai penyedia hosting terpercaya, kami memahami pentingnya landing page dalam meningkatkan penjualan.Dengan tim desainer yang berpengalaman, kami akan membantu Anda menciptakan landing page yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dapatkan hosting yang andal dan landing page yang menarik dalam satu paket lengkap dari IDWebhost.

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024