Cara Membuat Landing Page yang Mudah dan Efektif
Blog Tips Keren Cara Membuat Landing Page yang Mudah dan Efektif

Cara Membuat Landing Page yang Mudah dan Efektif

Pernahkah Anda mendengar kata landing page sebelumnya? Bagi sebagian orang, landing page adalah sebuah istilah yang cukup asing didengar. Namun, secara sadar atau tidak sadar Anda pasti sudah pernah mengunjungi satu halaman website yang isinya adalah konten semua. Website tersebut hanya berisi tentang konten dan juga penjelasan tentang suatu jasa atau produk yang disertai dengan tombol untuk menuju halaman lain. Itulah yang dikenal dengan landing page. Biasanya, landing page dipakai untuk suatu keperluan tertentu, contohnya kebutuhan SEO, campaign atau yang lain. Nah Anda juga bisa membuatnya dengan mudah, karena sudah ada berbagai cara membuat landing page yang dikenal mudah dan juga efektif.

cara membuat landing page

Cara Membuat Landing Page, Apa itu Landing Page?

Landing page merupakan sebuah halaman website yang memang secara sengaja di desain agar bisa meningkatkan penjualan atau bisa juga digunakan untuk mengumpulkan leads untuk keperluan bisnis. Jika nantinya membuat sebuah iklan PPC, mengirim promosi melalui email marketing atau di posting di media sosial, Anda bisa mengarahkan target audiens menuju halaman website tersebut atau yang biasa dikenal dengan landing page.

Perbedaan Homepage dan Landing Page

Homepage merupakan halaman depan pada sebuah website Anda dan juga apa yang nantinya pengunjung lihat ketika nantinya mereka mengetikkan nama domain Anda pada browser internet. Sedangkan untuk Landing page sendiri merupakan salah satu halaman pada website Anda atau bisa menjadi halaman website yang sifatnya berdiri sendiri. Yang nantinya menjadi halaman pertama yang dituju oleh pengujung dari pihak ketiga, bisa berasal dari iklan PPC, media sosial, email marketing, dan lain-lain. Sebuah homepage memang didesain untuk para pengunjung agar dapat memahami bisnis Anda secara keseluruhan. Mereka akan bisa menjelajahi website Anda dan juga mengeksplor halaman seperti About Us, Contact Us, Our Product, Sign Up, hingga pada halaman Career.

Bedanya dengan landing page adalah sebuah halaman yang didesain agar bisa menghasilkan konversi atau conversion. Link pada landing page jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan homepage yang memang didesain untuk para pengunjung agar bisa memberikan keputusan untuk melakukan pembelian, sign up atau melakukan subscribe newsletter.

cara membuat landing page

Cara Membuat Landing Page di WordPress Menggunakan Plugin

WordPress memang menyediakan plugin yang sangat memungkinkan untuk Anda dalam membuat, mengedit atau melakukan kustomisasi tata letak website tanpa menggunakan coding. Yang Anda perlukan hanya menarik elemen tertentu, contohnya baris, kolom, gambar tombola atau tulisan menjadi pada posisi yang Anda inginkan. Sebenarnya, ada beberapa plugin yang dapat Anda gunakan dalam membuat sebuah landing page, salah satunya adalah Beaver Builder. Berikut ini merupakan cara membuat landing page gratis pada wordpress dengan menggunakan Beaver Builder:

  1. Anda harus memasang dan juga mengaktivasi plugin beaver builder. Setelah berhasil melakukan aktivasi plugin Beaver Builder, Anda bisa membuka menu Setting Beaver Builder agar bisa melakukan konfigurasi.
  2. Masukan licence key dengan cara mengklik tombol “Enter Licence Key”. Anda juga bisa mendapatkan kode lisensi tersebut yang berasal dari akun yang sudah Anda buat pada Beaver Builder.
  3. Buka pada menu Pages dan Add New agar bisa membuat landing page pertama Anda. Banyak sekali tema wordpress yang memang sudah menyediakan template page buider atau template full width. Template tersebut nantinya memang kompatibel dengan plugin landing page Anda. Jika tema wordpress yang Anda gunakan memang belum mempunyai template full width, Anda dapat langsung membuatnya di Beaver Builder.
  4. Pilihlah page builder yang kosong atau template full width pada kolom Page Attributes yang ada di sebelah kanan. Selanjutnya, Anda dapat menulis judul landing page Anda yang ada di kolom judul dan selanjutnya klik Save. Kemudian, klik pada tab Beaver Builder yang berada di atas post editir agar bisa membuka editor Beaver Builder tersebut.

cara membuat landing page

Cara Membuat Landing Page Selanjutnya

  1. Beaver Builder nantinya akan menampilkan template halaman yang sudah Anda pilih sebelumnya. Anda juga harus mengklik tombol Add yang berada di pojok kanan atas dan mengubahnya ke dalam tab template. Beaver Builder juga menyediakan beberapa template yang sudah siap Anda pakai. Pilihlah salah satu template yang memang menurut Anda paling cocok untuk digunakan pada toko online milik Anda. Jika sudah memilih satu template, nantinya Beaver Builder akan menampilkankan jendela preview.
  2. Kemudian, tugas Anda adalah untuk menentukan topik atau poin apa saja yang ada ditemplate tersebut. Kemduian, edit yang menurut Anda perlu untuk dilakukan editing. Anda juga dapat menambahkan atau juga mengurangi item pada kolom yang ada ditemplate Tab Row (Baris). Caranya sangat mudah, dengan mengklik pada tombol Add dan juga bisa menambah satu kolom atau beberapa kolom secara sekaligus.
  3. Ketika sudah menambahkan atau mengurangi kolom. Anda bisa berpindah ke tab module. Tab Module Beaver Builder akan memungkinkan Anda dalam mengganti teks, warna background, gambar, heading, tombol, video, audio, countdown timer sampai dengan menyesuaikan lebar dan juga tinggi kolom.
  4. Terakhir, setelah sudah menambahkan konten yang memang diperlukan untuk kebutuhan landing page, dan Anda juga sudah puas dengan desain, Anda dapat mengklik tombol Done yang berada di pojok atas. Sehingga langsung menyimpan atau bisa langsung menerbitkan landing page yang Anda miliki.

Cara Membuat Landing Page Yang Efektif

Setelah Anda tahu tentang tutorial atau cara membuat landing page pada wordpress. Anda juga harus mengetahui beberapa tips agar bisa membuat landing page yang baik dan juga menarik.

cara membuat landing page

  1. Desain yang rapi dan bersih

Tampilan dan juga struktur pada sebuah halaman website secara keseluruhan mempunyai pengaruh besar terhadap efektivitas sebuah landing page dalam membantu menaikkan konversi. Tujuan utama dari sebuah landing page yang sudah Anda buat adalah untuk memudahkan dalam konversi pengunjung menjadi pelanggan. Landing page yang dinilai ekeftif merupakan sebuah halaman website yang bisa memanfaatkan warna dan juga gambar yang lebih menarik dengan baik. Anda juga dapat menggunakan perpaduan warna yang kreatif dan tentu saja enak dilihat.

  1. Minimalis

Landing page yang dinilai baik merupakan sebuah halaman yang memang menyediakan informasi yang sangat cukup digunakan untuk memotivasi pengujungi untuk menjadi konversi. Karena terlalu banyak informasi yang disediakan juga menyebabkan tidak efektif untuk konversi Anda. Sehingga, berikan informasi yang singkat, padat dan tepat, tujuannya agar pengjungu tertarik untuk menjadi konversi.

Cara membuat landing page di wordpress memang mudah. Tentunya dengan bantuan plugin seperti Beaver Buolder, Anda sudah dapat membuat landing page dalam waktu yag singkat tanpa harus mempunyai pengetahuan tentang coding. Tentunya dalam membuat sebuah landing page juga tidak bisa sembarang karena ada beberapa elemen dan juga konten harus Anda masukkan ke dalam landing page agar lebih menarik pelanggan.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.