idwebhost Bikin Website Sekarang

Cara Membuat Blog dan Optimasinya

Cara Membuat Blog dan Optimasinya campaign-unlimited

Saat ini membuat blog atau website bukan lagi menjadi monopoli orang-orang yang ahli di bidang computer semata. Berkat majunya teknologi digital, kini, orang yang bahkan tak memahami dunia pemrograman. Kamu bisa mengkomunikasikan banyak hal. Bisa sekedar isi pikiran, atau mungkin memasarkan produk dan membuat pengikut selalu update dengan apa yang menjadi konten utama.  

Blog dapat membantumu untuk memberikan informasi, mengdukasi, dan mempromosikan serta menjual. Beberapa alasan mengapa banyak orang membuat website antara lain: untuk meningkatkan keterampilan menulis, membangun keahlian, membangun jaringan, dan bukan tidak mungkin menghasilkan uang dari blogging. Sahabat IDwebhost, artikel ini akan membahas secara mendalam cara membuat blog dan mengoptimasinya.  

Cara Membuat Blog 

cara membuat blog

Setidaknya terdapat enam langkah yang dibutuhkan sebagai cara membuat blog. Mulai dari menentukan niche blog, pemilihan platform blog, memilih hosting, menentukan nama domain dan bagaimana cara mengoptimasinya. Berikut ini adalah cara membuat blog untuk pemula:  

Langkah 1: Memilih Niche yang Tepat Untuk Blog 

Sebelum mempelajari cara memulai blog yang sukses, terlebih dahulu kamu harus menentukan niche atau kategori blog. Kamu harus mengetahui cara bagaimana membuat blog yang menguntungkan, dan mencari tahu siapa yang akan menjadi pembaca ideal. Singkatnya, niche adalah topik yang paling sering ditulis di blog.  

Cara Memilih Niche Untuk Blog 

Agar blog sukses dan memiliki banyak pengunjung, kamu harus memilih niche yang tepat untuk menjadi yang nomor satu di niche tersebut. Dalam usaha memilih niche yang tepat, harus bisa memposisikan blog berbeda dengan blog competitor. Ada banyak topik atau niche yang bisa diangkat. Mulai dari traveling, kuliner, parenting, pemasaran, gadget, teknologi, dan masih banyak lagi lainnya.  

Langkah 2: Memilih platform blog  

Setelah menentukan tema apa yang dipilih, selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih platform blog terbaik. Platform blog akan menjadi media yang akan kamu gunakan untuk mengelola blog. Mulai dari cara mengelola blog, hingga cara mengoptimasinya. Saat mulai memilih platform blogging, kamu bisa memilih dua jenis: platform gratis dan self hosted.  

Free Platform 

Bagi banyak blogger pemula, ketersediaan platform blogger gratisan seperti WordPress.com. Blogger, atau Tumblr merupakan hal yang sangat menggoda. Memang, kamu bisa tetap menyertakan namamu pada platform blog gratisan tersebut.

Hanya, akan ada banyak batasan dan peraturan yang dapatkan. Bisa saja kamu bisa menghasilkan uang dari blog. Namun, mereka dapat membatasi atau melarang iklan di blog. Bahkan penyedia blog gratisan tersebut dapat menempatkan iklan mereka sendiri di blog. Jika kamu memang serius untuk blogging, kamu bisa berpindah dari penyedia blog gratisan.  

Self Hosted 

Platform self host memungkinkanmu untuk menjalankan blog menggunakan domainmu sendiri. Selain mendaftarkan domain pada registrar domain dan hosting, kamu bisa dengan leluasa menjalankan blog.  

Ada beberapa pilihan self hosting atau content management system yang bisa jadikan opsi. CMS yang paling populer adalah WordPress.org. Opsi self hosting karena menggunakan nama domain dan hosting kamu sendiri.  

Langkah 3: Memilih Hosting Terbaik  

cara membuat blog

Untuk mendapatkan semua potensi dari blog, pemilihan hosting menjadi sangat penting. Ada banyak opsi diluar sana yang bisa dipilih. Berikut ini adalah tips untuk memilih hosting terbaik:  

  • Memiliki Reputasi yang bagus.  
  • Berani Menggaransi Uptime 99%.  
  • Pilihan paket yang variative 
  • Memiliki tim support yang bagus 
  • Harga yang kompetitif 
  • Memiliki opsi keamanan yang memadai 

Langkah 4: Memilih Nama Domain yang Tepat 

Selain hosting, memilih nama domain menjadi bagian integral untuk membangun blog terbaik. Domain berfungsi sebagai alamat websitemu agar orang banyak bisa dengan mudah mengakses website di browser. Berikut ini adalah tips untuk memilih nama domain terbaik:  

  • Pilih nama domain yang singkat 
  • Hindari penggunaan angka dan tanda hubung 
  • Buat nama domain yang mudah dieja 

Langkah 5: Install WordPress.org 

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menginstal WordPress.org. Jika kamu membeli hosting di IDwebhost, tidak perlu untuk menginstal WordPress secara manual. Kamu bisa menggunakan fitur Softaculous Installer. Dengan fitur ini, Kamu bisa dengan mudah mlakukan instalasi menggunakan pakert script dari softaculous.  

Cara Optimasi Blog 

cara membuat blog

Langkah membuat blog belum selesai sampai disini. Langkah yang kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan optimasi dan menjadikan blog bisa berada di peringkat teratas halaman pencarian.  

Mempelajari SEO 

Blog dan SEO tidak dapat dipisahkan. Saat memutuskan untuk membuat website blog, mau tak mau kamu harus mempelajari SEO atau Search Engine Optimization.

SEO berperan untuk membantu menghasilkan konten berkualitas untuk bisa duduk di peringkat teratas hasil pencarian. Dengan rangking yang semakin bagus, blog akan semakin dikenal dan mudah dipercaya.  

Meningkatkan Kecepatan Blog 

Loading time memegang peranan penting untuk meningkatkan traffic. Pengunjung blog tidak suka dengan blog yang memiliki loading time lambat. Semakin cepat blogmu, semakin bagus penilaian Google terhadap blog.  

Optimasi Mobile Friendly 

Sahabat IDwebhost, tahukah kamu bahwa Google sangat menyukai blog yang mobile friendly? Optimasi untuk mobile ini bergitu penting karena di masa kini mayoritas orang mengakses internet menggunakan perangkat mobile.  

Riset kata kunci  

Mengapa riset kata kunci sangat penting? Riset kata kunci dapat membantumu untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk blog. Kamu bisa membuat konten berdasarkan kata kunci yang banyak dicari oleh calon pembaca. Untuk membantu memahami perilaku pembaca, bisa menggunan Google Analytics.  

Sedangkan untuk memonitor performa blog di ranah pencarian organik, kamu bisa menggunakan Google Search Console. Dan kedua tols tersebut bisa digunakan secara gratis.  

Salah satu unsur penting dari blog adalah backlink. Backlink adalah tautan yang terpasang di sebuah web atau blog yang mengarah ke blog. Membangun backlink penting dilakukan untuk menjaga reputasi blog di Google.  

Mempromosikan Blog

Mempromosikan blog adalah langkah penting yang harus lakukan untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung. Salah satu cara jitu untuk mempromosikan blog adalah membagikan setiap postingan ke media social. Ya, media social adalah platform terbaik saat ini. Tapi tak hanya melalui media social, ada beberapa cara lain promosi yang bisa dilakukan untuk mempromosikan blog.  

Sudah punya konsep blog yang keren? Yuk, upgrade hostingmu ke IDwebhost sekarang dan rasakan perbedaannya! Dengan fitur lengkap dan harga terjangkau, IDwebhost siap bantu kamu wujudkan blog impian

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019