Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Meski jarang Posting

17 Mar 2022
Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Meski jarang Posting

Sudah sering posting konten di blog, tapi pengunjung masih sepi juga? Sebetulnya, membuat konten setiap hari adalah cara yang tepat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada banyak blogger yang tetap ramai pengunjung meski hanya posting 1 minggu sekali? Yup, hal ini bisa saja terjadi pada blog Anda jika menerapkan cara meningkatkan pengunjung blog yang tepat.

Sebagai seorang blogger, memiliki pengunjung blog yang ramai adalah impian Anda, bukan? Membuat konten setiap hari memang salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan blog. Akan tetapi, Anda juga harus melakukan cara lain untuk meningkatkan pengunjung blog secara organik. Nah, bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog Anda?

Cara Buat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update

Hal yang Membuat Pengunjung Blog Betah

Nah, sebelum mempelajari dan menerapkan cara untuk meningkatkan pengunjung blog dalam artikel ini, ada hal yang harus Anda pahami lebih sebagai pembaca. Hal tersebut adalah memahami apa yang membuat pembaca betah di blog Anda. Jika Anda tidak memahami hal ini, maka akan sulit untuk menerapkan cara untuk meningkatkan pengunjung pada blog Anda.

Dalam salah satu platform tanya jawab, beberapa pembaca mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang membuat mereka betah membaca sebuah blog. Bahkan, ada pembaca yang tetap akan betah “nangkring” di blog tersebut meski memiliki tulisan yang panjang hingga beribu-ribu kata. Apa saja sih hal-hal yang membuat pengunjung blog betah?

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Traffic Website Terbukti Paling Ampuh

Meningkatkan Promosi Blog

  • Niche blog yang relevan, seorang pembaca pasti akan betah berlama-lama di blog Anda salah satunya adalah karena konten Anda memenuhi kebutuhan dan minat pembaca. Sebagian besar pengguna internet akan berselancar di mesin pencari untuk mendapatkan informasi tertentu baik itu yang sifatnya edukatif maupun berita.
  • Kalimat yang mudah dimengerti, tidak semua pembaca blog memiliki bidang yang sama dengan Anda. Sebagian pembaca mungkin bekerja atau memahami bidang blog Anda dengan sangat baik. Tetapi, sebagian pembaca lagi mungkin orang awam yang membutuhkan informasi yang tidak akan mengerti bahasa teknis yang Anda gunakan.
  • Enak untuk dibaca, menulis blog yang panjang adalah hal yang bagus. Dan akan lebih bagus jika Anda mengatur setiap paragraf dengan sangat baik agar mata pembaca nyaman untuk melihat tulisan yang panjang itu. Artikel dengan paragraf yang panjang hingga berbaris-baris akan membuat mata pembaca cepat lelah dan malas untuk membaca.

Banyak Pengunjung dengan Konten Evergreen (tidak lekang oleh waktu)

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Jika telah memahami apa yang membuat pembaca betah berlama-lama di blog, maka Anda telah siap untuk mempelajari dan menerapkan cara untuk meningkatkan pengunjung. Sebetulnya, ada banyak sekali cara agar Anda dapat meningkatkan traffic blog. Mulai dari mengoptimasi dari segi konten hingga optimasi website.

Akan tetapi, Anda dapat memulai cara meningkatkan traffic blog dari segi konten terlebih dahulu. Dapat dikatakan, jika ingin memperbanyak jumlah pengunjung dan betah untuk berlama-lama di blog Anda maka Anda harus membuat konten yang baik dan tepat lebih dulu. Nah, berikut ini 9 cara untuk meningkatkan pengunjung pada blog Anda.

1.  Artikel Relevan dengan Niche Blog

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog adalah membuat artikel relevan dengan niche. Maksudnya seperti apa? Maksudnya adalah Anda harus membuat artikel sesuai dengan niche blog Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembaca akan betah jika niche blog dan konten relate dengan kebutuhan serta minat mereka.

Tidak masalah jika Anda membuat artikel dengan berbagai tema seperti kesehatan, bisnis, dan olahraga jika niche blog Anda memang seperti itu. Tetapi, pastikan untuk selalu konsisten membuat konten sesuai dengan niche blog Anda. Pembaca akan lebih mempercayai blog Anda yang konsisten membahas tema tertentu sesuai dengan niche blog Anda sebagai sumber informasi.

cara meningkatkan pengunjung blog

2.  Memperbanyak Pengunjung Blog dengan Konten Evergreen

Selain membuat artikel yang relevan dengan niche blog, cara selanjutnya Anda juga dapat membuat konten atau artikel evergreen untuk meningkatkan pengunjung blog. Apa itu konten evergreen? Singkatnya, konten evergreen adalah konten atau artikel yang sifatnya timeless atau tidak terbatas oleh waktu.

Berbeda dengan konten tren yang membahas mengenai berita atau topik terhangat, konten evergreen akan membahas mengenai hal-hal yang akan selalu dicari oleh pembaca. Umumnya, topik konten evergreen memuat artikel mengenai tips, definisi, tutorial, dan lain-lain. Pembaca akan tetap membaca artikel Anda meskipun tahun telah berganti karena mereka membutuhkannya.

3.  Membuat Artikel yang sedang Tren dengan Newsjacking

Membuat artikel yang sedang tren memang cara yang dapat meningkatkan traffic blog. Akan tetapi, bayangkan jika semua blog membahas topik yang sedang hangat ini. Sudah pasti blog Anda akan tenggelam di tengah-tengah berbagai blog yang muncul. Untuk mengatasi hal tersebut, ada cara lain untuk meningkatkan pengunjung blog melalui artikel yang sedang tren.

Anda dapat menerapkan cara newsjacking pada artikel untuk meningkatkan pengunjung blog. Apa itu newsjacking? Newsjacking adalah membahas topik yang sedang tren dari sisi yang berbeda. Mudahnya, Anda menggabungkan konten tren dan evergreen dalam satu artikel. Selain membahas topik yang sedang tren, Anda juga dapat menambahkan tutorial atau tips yang relevan dengan topik tersebut.

cara meningkatkan pengunjung blog

4.  Isi Artikel Blog yang Lengkap

Selanjutnya, cara untuk meningkatkan pengunjung pada blog yang dapat Anda lakukan adalah membuat artikel dengan isi yang lengkap. Pembaca akan lebih senang membaca artikel dengan informasi atau penjelasan yang lengkap. Bukan hanya itu, hal yang paling penting dari membuat artikel dengan isi yang lengkap adalah disukai oleh Google.

Artikel yang lengkap dan kaya akan informasi serta penjelasan dapat dianggap oleh Google sebagai artikel yang bagus. Sehingga, artikel Anda nantinya bisa naik ke halaman pertama hasil pencarian. Untuk mewujudkan hal ini, cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan riset serta membuat kerangka artikel lebih dahulu mulai dari pembuka, isi, dan kesimpulan.

5.  Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Judul Menarik

Nah, setelah membuat artikel dengan topik yang tepat, cara untuk meningkatkan traffic blog selanjutnya adalah membuat judul yang menarik. Judul merupakan komponen penting dalam sebuah konten karena hal pertama yang terlihat oleh pembaca di Google adalah judul artikel. Oleh sebab itu, tanpa judul yang menarik kecil kemungkinan pembaca akan datang.

Buatlah judul yang menjawab secara singkat kebutuhan dan keinginan dari pembaca. Misalnya, Anda membahas mengenai makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Maka, Anda dapat membuat judul seperti “Jerawat Hilang dalam Semalam Berkat Makanan Ini!”. Tetapi, ada hal yang harus Anda perhatikan yaitu jangan membuat judul yang tidak relevan dengan isi konten.

cara meningkatkan pengunjung blog

6.  Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Promosi

Kesalahan utama para blogger yang sepi pengunjung adalah tidak melakukan promosi. Padahal, salah satu cara meningkatkan pengunjung blog yang ampuh adalah dengan melakukan promosi. Tanpa promosi, orang tidak akan tahu jika Anda membuat sebuah konten di blog Anda. Istilahnya, pembeli tidak akan tahu Anda berjualan apa jika Anda tidak memberi tahu.

Baca Juga: Cara Menggunakan Tiktok untuk Bisnis 

Anda dapat mempromosikan blog di berbagai media, contohnya  adalah media sosial. Hampir seluruh orang di dunia ini menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Tentu saja Anda akan mendapatkan lebih banyak pembaca jika mempromosikannya melalui media sosial. Nah, untuk itu Anda harus memahami cara tepat promosi lewat media sosial.

7.  Update Konten Lama

Anda tidak harus selalu membuat konten setiap hari untuk meningkatkan traffic blog. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog adalah dengan meng-update konten lama pada blog Anda. Cara ini juga dapat dilakukan jika Anda sedang kehabisan ide untuk konten blog Anda.

Cukup lakukan update atau pembaruan terhadap konten lama Anda dengan menambahkan beberapa informasi untuk melengkapi konten tersebut. Selain itu, Anda juga dapat memperbarui judul konten agar lebih menarik dan terbaca oleh Google. Untuk itu, Anda harus melakukan riset lebih dulu dari berbagai sumber atau blog lain.

Baca juga: Apa Itu Organic Traffic? Pengertian, Manfaat, Cara Mendapatkannya

cara meningkatkan pengunjung blog

8.  Menerapkan SEO pada setiap Konten

Cara kedelapan untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada blog adalah menerapkan teknik SEO pada setiap konten yang ada di blog Anda. SEO atau Search Engine Optimization adalah cara paling ampuh untuk memperbanyak jumlah pengunjung dari internet. Secara teknis, SEO adalah upaya untuk menaikkan peringkat website guna meningkatkan traffic website.

Baca Juga: Strategi Visual Marketing yang Harus Kamu Tahu

Untuk menerapkan cara ini, Anda harus melakukan riset kata kunci relevan yang sering dicari oleh pembaca untuk digunakan dalam judul dan isi artikel. Dengan menerapkan teknik SEO pada setiap konten Anda, Google atau mesin pencari lainnya akan melihat bahwa konten Anda relevan dengan yang pembaca cari.

9.  Cara Meningkatkan Pengunjung Blog melalui Gambar

Terakhir, cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog adalah dengan memasukkan gambar dalam setiap konten. Seperti yang kita ketahui, pengguna internet tidak selalu mencari artikel di Google atau mesin pencari lainnya. Banyak juga pengguna internet yang mencari gambar pada mesin pencari.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memasukkan gambar agar konten Anda tidak hanya muncul di bagian berita atau blog saja, tetapi juga di bagian pencarian gambar. Selain itu, jika ingin mempromosikan konten melalui media sosial maka penting untuk menggunakan gambar yang pengunjungnya lebih menyukai gambar daripada hanya tulisan.

Kesimpulan

Tidak selalu rutin membuat konten setiap hari dapat meningkatkan traffic blog. Jika Anda melihat blog lain, tidak sedikit yang meng-upload konten hanya satu atau dua minggu sekali tetapi tetap ramai pengunjung. Untuk itu, Anda bisa mencoba cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, pahami juga apa yang membuat pembaca betah membaca sebuah blog.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui cara mana yang tepat untuk meningkatkan pengunjung pada blog Anda. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan pengunjung blog dengan cara menggunakan layanan web hosting dari IDwebhost. Dengan membeli domain murah dari IDwebhost, membuat website blog Anda lebih profesional dan terpercaya.

Dan jangan ketinggalan berbagai promo menarik lainnya dengan klik gambar di bawah ini! 

Promo IDwebhost

Web hosting ya, IDwebhost!

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022