11 Niche Blog Terbaik Paling Populer Hingga Saat Ini
Blog Tips Keren 11 Niche Blog Terbaik Paling Populer Hingga Saat Ini

11 Niche Blog Terbaik Paling Populer Hingga Saat Ini

Halo apa kabar sahabat IDwebhost sudahkah kalian memiliki website hari ini, tentu sudah kan?. Saat ini penting sekali loh memiliki website sendiri ada banyak sekali manfaatnya dari menampilkan portofolio kalian saat ingin melamar kerja, buat jualan online, menawarkan produk atau jasa, dan menghasilkan uang dari website tersebut. Jika belum silahkan bikin dulu karena sangat mudah dan bahkan gratis. Ada banyak platform yang bisa kailan gunakan dari Blogger, WordPress dan lain sebagainya. Caranya mudah cukup mendaftar dan langsung jadi blog kalian. Nah jika sudah pasti bingung nih mau di isi apa blog kalian. Pas sekali pada artikel ini saya akan membahas 11 niche blog yang terbaik terpopuler paling rame pengunjung.

Saat kita membuat blog sebenarnya bebas mau mengisi konten seperti apa tentunya sesuai dengan keinginan kita. Namun ada baiknya jika kalian lebih berfokus pada niche tertentu. Niche disini bisa dikatakan topik blog yang akan kita buat. Dengan fokus pada satu pembahasan tentu target pengunjung nantinya akan lebih jelas dengan pengunjung yang stabil. Langsung saja pada pembahasan kali ini yaitu rekomendasi 11 niche blog terbaik.

Pengertian Niche Blog?

Di atas sudah saya singgung tentang niche blog. Bagi yang belum tahu niche blog adalah tema atau topik pembahasan blog. Sebagai blogger kita bebas mengisi konten sesuka hati namun demikian dengan berfokus pada satu niche blog kalian akan mendapatkan nilai tambah dibandingkan dengan blogger yang mengisi dengan konten campuran.

Pada dasarnya tidaklah ada aturan dan keharusan untuk blogger mengisi konten mereka dengan topik khusus. Namun coba bayangkan jika kita memiliki blog lalu kita isi dengan konten yang tidak konsisten. Misalnya kita membahas tentang kuliner kemudian kita campur dengan otomotif pasti blog kita kurang menarik.

Apa itu Niche Blog

Berikut adalah manfaat dan keuntungan jika kalian menerapkan niche blog yang terfokus:

  • VIsitor yang loyal – dari niche blog yang berfokus membahas satu topik akan membantu blog kalian untuk mendapatkan visitor yang tertarget dan spesifik sehingga visitor akan lebih betah berkunjung ke blog kalian.
  • Visitor mengenal kalian sebagai ahli – dengan menulis artikel berkualitas dengan fokus niche tertentu maka orang akan menganggap kalian ahli di bidang tersebut, kemudian blog kalian akan menjadi lebih profesional.
  • Monetisasi blog lebih mudah – monetisasi adalah salah satu alasan banyak orang membuat blog, kalian bisa mendapatkan uang dari iklan yang tayang dari blog tersebut dengan cara bergabung dengan Google AdSense dan lain sebagainya. Dengan niche blog yang fokus maka Google akan memandang blog kalian kayak untuk menampilkan iklan.
  • Meningkatkan SEO blog  dengan blog saying berfokus pada niche tertentu mesin pencari akan lebih mudah memberikan peringkat blog kalian. Dengan bigitu ada kemungkinan mendapatkan peringkat pertama pencarian.

Top 11 Niche Blog Paling Populer dan Terbaik

Bagaimana sudah ada gambaran tentang niche blog ini kan? Baiklah selanjutnya kita akan membahas tentang niche blog terbaik yang bisa kalian pilih untuk blog kalian nantinya. Penasaran rekomendasinya apa saja? Berikut 11 niche blog menguntungkan versi IDwebhost:

Niche blog Kesehatan

1. Kesehatan

Niche blog terbaik yang pertama adalah tentang kesehatan saat ini dunia sedang mengalami pandemi yang memang semua diharuskan selalu menjaga daya tahan tubuh. Memang dari waktu ke waktu selalu saja ada isu seputar kesehatan apalagi saat seperti ini. Dari sini meningkatnya para pencari informasi di internet terkait kesehatan terus bertambah. Nice kesehatan sebelum adanya pandemi Covid-19 memang sudah melimpah namun setelah adanya pandemi pencarian tentang kesehatan mengalami lonjakan. Banyak blogger saat ini telah memulai blog dengan mengisi konten seputar kesehatan.

Walaupun niche ini sangat populer dengan potensi pengunjung yang besar kita perlu ingat pembahasan yang kita buat berkaitan dengan kesehatan orang lain. Jadi kita tidak boleh membuat artikel kesehatan yang tidak bermanfaat atau asal-asalan yang tidak sesuai dengan diagnosa para pembaca. Niche kesehatan bisa kalian pilih karena ada banyak pembahasan yang bisa kalian tulis seperti cara meningkatkan daya tahan tubuh, kiat menjalani hidup sehat atau bisa saja kalian mengulas tentang hoax kesehatan saat ini.

Niche blog Finance

2. Finance

Kita sudah tahu jika berurusan dengan masalah keuangan pasti tidak bisa dianggap remeh salah perhitungan saja akibatnya ada hal yang tidak menyenangkan. Dari sini kita tahu pasti banyak orang yang akan mencari informasi terkait dunia finance seperti Inspirasi, tips, dan advice. Biasanya orang juga akan mencari informasi tentang investasi, e-money, manajemen keuangan, bisnis dan lain sebagainya. Terbukti dari pencarian Google yang berkaitan tentang “investasi” ataupun “peluang usaha dan bisnis” masih stabil hingga saat ini.

Niche blog Kuliner

3. Kuliner

Walaupun di masa pandemi yang mengharuskan berkegiatan di rumah namun bisnis kuliner masih bisa bertahan. Para penikmat kuliner pastinya membutuhkan informasi terkait kuliner di internet sehingga kata kunci tersebut masih memiliki volume pencarian yang tinggi. Untuk cakupan pembahasannya juga banyak dari harga masakan, resep masakan, rekomendasi tempat kuliner dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan kalian juga bisa bekerjasama dengan pemilik warung makan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Niche Wisata & Travel

4. Wisata & Travel

Wisata dan berlibur menjadi salah satu kebutuhan semua orang terlebih untuk melepas penat setelah bekerja. Biasanya untuk berwisata mereka mencari informasi terkait destinasi wisata, biaya masuk/tiket, harga transportasi dan lain sebagainya. Saat ini memang tempat-tempat wisata banyak yang ditutup oleh karenanya wisatawan mencari informasi tempat wisata yang masih dibuka untuk umum. Nah jika kalian suka traveling tidak ada salahnya membagikan pengalaman kalian di blog klaian.

Niche blog Teknologi

5. Teknologi

Saat ini perkembangan teknologi yang semakin pesat dari waktu ke waktu yang memunculkan produk-produk terbaru. Dari sini kita tahu pencarian terkait niche teknologi memiliki peluang yang besar juga. Kalian juga tak perlu khawatir dengan topik yang akan dibahas karena teknologi yang selalu update dan selalu terbarui. Ada banyak pembahasan yang bisa kalian tulis di blog kalian seperti seputar gadget, laptop, aplikasi, gaming dan masih banyak lagi.

Niche blog Beauty (Kecantikan)

6. Beauty (Kecantikan)

Tahukah kalian topik pembahasan tentang kecantikan saat ini mengalami kenaikan? Tren ini terjadi karena telah banyak profesi beauty influencer. Kalian bisa memanfaatkan tren ini dengan menulis artikel dengan niche kecantikan, pembahasan yang bisa kalian tulis seperti produk kecantikan, produk skincare, review produk kecantikan dan lain sebagainya.

Niche blog Game Online

7. Game Online

Game online memang menjadi salah satu niche blog yang juga terus mengalami peningkatan. Apalagi saat ini game sudah merambah ke pengguna ponsel. Mobile gaming masih menjadi tren yang tertinggi mengingat para gamer lebih memilih mobile gaming seperti Mobile Legends, PUBG, dan lain sebagainya. Semakin meningkatnya tren nice blog game online, kalian bisa membuat blog seputar gaming tersebut. Kalian juga bisa membahas terkait review perangkat gaming sering di pakai para gamer.

Niche blog Edukasi

8. Edukasi

Saat ini kita tahu semua informasi yang ingin kita cari sudah tersedia di internet salah satunya terkait dunia pendidikan. Mengingat saat ini sebagian besar pelajar melakukan pembelajaran melalui daring sehingga mereka banyak mencari artikel edukasi melalui internet. Niche ini pastinya akan sangat bermanfaat untuk pelajar baik istu siswa maupun mahasiswa yang sedang melakukan pembelajaran melalui daring.

Niche blog Olah Raga

9. Olah Raga

Niche yang satu ini juga memiliki peminat yang melimpah. Karena dinilai populer dan memiliki bahasan yang luas, banyak blogger yang menulis artikel nice blog mereka dengan pembahasan olah raga. Klaina pun tidak akan kehabisan ide untuk membahas niche blog olahraga ini karena ada banyak sub pembahasan terkait olahraga.

Niche blog Parenting

10. Parenting

Siapa sangka pencarian terkait parenting ini terus mengalami peningkatan. Patinya sebagai orang tua akan berupaya memberikan berbagai hal yang terbaik untuk anaknya. Tak sedikit mereka mencari informasi berkaitan dengan parenting yang baik dari mencari artikel inspiratif maupun motivasi. Jika kalian terjun di niche blog parenting ini audience yang merasa puas mendapatkan informasi yang bermanfaat mereka akan selalu loyal pada blog kalian.

11. Otomotif

Dari niche blog otomotif ini kalian tidak hanya mendapatkan pengunjung namun akan mendapatkan penghasilan tambahan dari berbagai endorse otomotif. Selain itu kata kunci otomotif masih memiliki tren populer hingga saat ini.

Cara Memilih Niche Blog

Baca juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Cara Memilih Niche Blog Terbaik

Setelah kita tahu list nice blog diatas tentu sudah paham peluang dan potensi dari setiap niche yang telah disebutkan diatas. Selain itu tentunya kalian sudah tahu alternatif niche blog yang akan dipilih kemudian tentukan sekarang juga dan mulailah untuk menulis artikel blog kalian.

Untuk memilih niche blog ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan seperti:

  • Menggunakan Google Trends atau tool lainya untuk memastikan tingkat potensi dan peluang pasarnya.
  • Pilih topik yang kalian sukai dan jangan memaksakan yang belum kita ketahui.
  • Jika suatu niche memiliki jangkauan pembahasan, target kaulah sub-topik pembahasan dengan kompetisi yang rendah.
  • Ketahui prospek jangka panjang dari niche blog yang kalian pilih.

Sekarang kalian sudah tahu niche mana yang akan dipilih dan memiliki potensi prospek menguntungkan. Selanjutnya jangan lupa untuk membuat konten berkualitas dengan menerapkan optimasi SEO yang akan meningkatkan pengunjung blog kalian. Dengan niche blog yang tepat dan optimasi yang baik maka bersiaplah mendapatkan keuntungan dari blog kalian jauh lebih besar.