11 Niche Blog Terbaik Paling Populer Hingga Saat Ini

15 Mei 2022
11 Niche Blog Terbaik Paling Populer Hingga Saat Ini campaign-unlimited

Halo apa kabar sahabat IDwebhost, sudahkah kalian memiliki website hari ini? Saat ini, penting sekali loh memiliki website sendiri. Ada banyak dari memiliki website.

Manfaatnya mulai dari menampilkan portofolio, buat jualan online, menawarkan produk atau jasa, dan menghasilkan uang dari website tersebut. Jika belum, kamu bisa membuat website dulu karena sangat mudah dan bahkan gratis. Ada banyak platform yang bisa kailan gunakan dari Blogger, WordPress dan lain sebagainya.

Caranya mudah cukup mendaftar dan langsung jadi blog kalian. Nah jika sudah pasti bingung nih, mau diisi apa blog kalian. Pada artikel kali ini, kami akan membahas 11 niche blog yang terbaik terpopuler paling rame pengunjung.

Saat membuat blog, sebenarnya bebas mau mengisi konten seperti yang sesuai dengan keinginan. Namun ada baiknya jika Anda lebih berfokus pada niche tertentu.

Niche adalah topik blog yang akan Anda buat. Dengan fokus pada satu pembahasan, nantinya dapat mendatangkan pengunjung yang stabil. Langsung saja pada pembahasan kali ini yaitu rekomendasi 11 niche blog terbaik.

Pengertian Niche Blog?

Di atas sudah saya singgung tentang niche blog. Bagi yang belum tahu niche blog adalah tema atau topik pembahasan blog. Sebagai blogger kita bebas mengisi konten sesuka hati namun demikian dengan berfokus pada satu niche blog kalian akan mendapatkan nilai tambah dibandingkan dengan blogger yang mengisi dengan konten campuran.

Pada dasarnya, tidak ada aturan bagi seorang blogger untuk mengisi konten mereka dengan topik khusus. Namun coba bayangkan jika kita memiliki blog, lalu kita isi dengan konten yang tidak konsisten. Misalnya kita membahas tentang kuliner kemudian kita campur dengan otomotif pasti blog kita kurang menarik.

Apa itu Niche Blog

Berikut adalah manfaat dan keuntungan jika kalian menerapkan niche blog yang terfokus:

  • Visitor yang loyal – dari niche blog yang fokus membahas satu topik akan membantu blog kalian untuk mendapatkan visitor yang tertarget dan spesifik. Sehingga visitor akan lebih betah berkunjung ke blog kalian.
  • Visitor mengenal kalian sebagai ahli – dengan menulis artikel berkualitas dengan fokus niche tertentu, maka orang akan menganggap kalian ahli di bidang tersebut, kemudian blog kalian akan menjadi lebih profesional.
  • Monetisasi blog lebih mudah – monetisasi adalah salah satu alasan banyak orang membuat blog, kalian bisa mendapatkan uang dari iklan yang tayang dari blog tersebut dengan cara bergabung dengan Google AdSense dan lain sebagainya. Dengan niche blog yang fokus maka Google akan memandang blog kalian layak untuk menampilkan iklan.
  • Meningkatkan SEO blog – dengan blog yang berfokus pada niche tertentu, mesin pencari akan lebih mudah memberikan peringkat blog kalian. Dengan begitu ada kemungkinan mendapatkan peringkat pertama pencarian.

Top 11 Niche Blog Paling Populer dan Terbaik

Apakah sudah ada gambaran tentang niche blog? Berikut 11 niche blog menguntungkan versi IDwebhost:

Niche blog Kesehatan

1. Kesehatan

Niche blog terbaik yang pertama adalah tentang kesehatan. Saat ini dunia sedang mengalami pandemi yang memang semua diharuskan selalu menjaga daya tahan tubuh. Memang, dari waktu ke waktu selalu saja ada isu seputar kesehatan apalagi saat seperti ini.

Pencari informasi di internet terkait kesehatan terus bertambah. Nice kesehatan sebelum adanya pandemi Covid-19 memang sudah sangat ramai. Namun, setelah adanya pandemi, pencarian tentang kesehatan mengalami lonjakan. Banyak blogger saat ini telah memulai blog dengan mengisi konten seputar kesehatan.

Walaupun niche ini sangat populer dengan potensi pengunjung yang besar, kita perlu ingat pembahasan yang kita buat berkaitan dengan kesehatan orang lain. Jadi kita tidak boleh membuat artikel kesehatan yang tidak bermanfaat atau asal-asalan yang tidak sesuai dengan diagnosa para pembaca.

Niche kesehatan bisa Anda pilih karena ada banyak pembahasan yang bisa ditulis. Seperti cara meningkatkan daya tahan tubuh, kiat menjalani hidup sehat atau bisa saja Anda mengulas tentang hoax kesehatan saat ini.

Niche blog Finance

2. Finance

Isu keuangan bukanlah hal yang bisa disepelekan. Dari sini, kita tahu pasti banyak orang yang akan mencari informasi terkait dunia finance seperti Inspirasi, tips, dan advice. Biasanya orang juga akan mencari informasi tentang investasi, e-money, manajemen keuangan, bisnis dan lain sebagainya. Terbukti dari pencarian Google yang berkaitan tentang “investasi” ataupun “peluang usaha dan bisnis” masih stabil hingga saat ini.

Niche blog Kuliner

3. Kuliner

Tema kuliner adalah salah satu niche blog yang cukup banyak penggemar. Jauh sebelum era food vlogger, warganet telah jatuh cinta pada orang-orang yang aktif menulis tentang makanan dan segala tetek bengeknya. Mereka biasa disebut sebagai food blogger.

Dengan menjadi food blogger, selain memberikan informasi yang bermanfaat tentang kuliner, juga dapat membuka peluang lain. Mulai dari berkolaborasi dengan restoran, sampai dengan membukan bisnis kuliner sendiri.

Niche Wisata & Travel

4. Wisata & Travel

Wisata dan berlibur menjadi salah satu kebutuhan semua orang. Terlebih untuk melepas penat setelah bekerja. Biasanya untuk berwisata, orang mencari informasi terkait destinasi wisata, biaya masuk/tiket, harga transportasi dan lain sebagainya.

Saat ini memang tempat-tempat wisata banyak yang ditutup oleh karenanya wisatawan mencari informasi tempat wisata yang masih dibuka untuk umum. Nah jika kalian suka traveling, tidak ada salahnya membagikan pengalaman kalian di blog Anda.

Niche blog Teknologi

5. Teknologi

Saat ini perkembangan teknologi yang semakin pesat dari waktu ke waktu yang memunculkan produk-produk terbaru. Dari sini kita tahu pencarian terkait niche teknologi memiliki peluang yang besar juga. Kalian juga tak perlu khawatir dengan topik yang akan dibahas karena teknologi yang selalu update dan selalu terbarui. Ada banyak pembahasan yang bisa kalian tulis di blog kalian seperti seputar gadget, laptop, aplikasi, gaming dan masih banyak lagi.

Niche blog Beauty (Kecantikan)

6. Beauty (Kecantikan)

Tahukah Anda, bahwa tema kencantikan selalu dicari orang. Tren ini terjadi karena telah banyak profesi beauty influencer. Anda bisa memanfaatkan tren ini dengan menulis artikel dengan niche kecantikan. Pembahasan yang bisa Anda tulis juga cukup banyak. Seperti review produk kecantikan, produk skincare, dan lain sebagainya.

Niche blog Game Online

7. Game Online

Game online memang menjadi salah satu niche blog yang juga terus mengalami peningkatan. Apalagi saat ini game sudah merambah ke pengguna ponsel. Mobile gaming menjadi tren yang tinggi, mengingat para gamer lebih memilih mobile gaming seperti Mobile Legends, PUBG, dan lain sebagainya.

Semakin meningkatnya tren niche blog game online, Anda bisa membuat blog seputar gaming tersebut. Anda juga bisa membahas terkait review perangkat gaming sering di pakai para gamer.

Niche Game Online

8. Edukasi

Saat ini kita tahu semua informasi yang ingin kita cari sudah tersedia di internet. Salah satunya terkait dunia pendidikan. Mengingat saat ini sebagian besar pelajar melakukan pembelajaran melalui daring sehingga mereka banyak mencari artikel edukasi melalui internet.

Niche ini pastinya akan sangat bermanfaat untuk pelajar baik istu siswa maupun mahasiswa yang sedang melakukan pembelajaran melalui daring.

Niche blog Olah Raga

9. Olah Raga

Niche yang satu ini juga memiliki peminat yang banyak. Karena dinilai populer dan memiliki bahasan yang luas, banyak blogger yang menulis artikel nice blog mereka dengan pembahasan olahraga. Anda pun tidak akan kehabisan ide untuk membahas niche blog olahraga ini karena ada banyak sub pembahasan terkait olahraga.

Niche Parenting

10. Parenting

Siapa sangka isu terkait parenting ini terus mengalami peningkatan. Pastinya sebagai orang tua akan berupaya memberikan berbagai hal yang terbaik untuk anaknya. Tak sedikit mereka mencari informasi berkaitan dengan parenting yang baik. Mulai dari mencari artikel inspiratif maupun motivasi.

Jika kalian terjun di niche blog parenting ini audience yang merasa puas mendapatkan informasi yang bermanfaat mereka akan selalu loyal pada blog kalian.

11. Otomotif

Dari niche blog otomotif ini kalian tidak hanya mendapatkan pengunjung namun akan mendapatkan peluang penghasilan tambahan dari berbagai endorse otomotif. Selain itu, kata kunci otomotif masih memiliki tren populer hingga saat ini.

Cara Memilih Niche Blog

Baca juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Cara Memilih Niche Blog Terbaik

Setelah kita tahu list nice blog di atas, tentu sudah paham peluang dan potensi dari setiap niche yang telah disebutkan diatas. Selain itu, tentunya Anda sudah tahu alternatif niche blog yang akan dipilih. Kemudian tentukan sekarang juga dan mulailah untuk menulis artikel blog Anda.

Untuk memilih niche blog ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan seperti:

  • Menggunakan Google Trends atau tool lainya untuk memastikan tingkat potensi dan peluang pasarnya.
  • Pilih topik yang Anda sukai dan jangan memaksakan menulis tema yang belum Anda ketahui.
  • Jika suatu niche memiliki jangkauan pembahasan, targetkan sub-topik pembahasan dengan kompetisi yang rendah.
  • Ketahui prospek jangka panjang dari niche blog yang Anda pilih.

Sekarang kalian sudah tahu niche mana yang akan dipilih dan memiliki potensi prospek menguntungkan. Selanjutnya jangan lupa untuk membuat konten berkualitas dengan menerapkan optimasi SEO yang akan meningkatkan pengunjung blog Anda. Dengan niche blog yang tepat dan optimasi yang baik maka bersiaplah mendapatkan keuntungan dari blog Anda jauh lebih besar.

Kesimpulan

Itulah tadi deretan niche blog terbaik yang bisa Anda gunakan. Nah, sebelum mulai membuat website, pastikan Anda memilih penyedia hosting dan domain terbaik hanya di IDwebhost. Dapatkan juga berbagai promo menarik dengan klik banner di bawah ini!

Promo IDwebhost
Penulis
Member since 2 Jul 2013