idwebhost Bikin Website Sekarang

Rahasia Bisnis Tetap Eksis: Coba 5 Alternatif Google Profil Bisnis Ini

12 Agu 2024
Rahasia Bisnis Tetap Eksis: Coba 5 Alternatif Google Profil Bisnis Ini campaign-unlimited

Ditutupnya website Google Profil Bisnis membuat para pelaku bisnis kelabakan. Sebagai alternatifnya, sobat IDwebhost perlu mencoba lima aplikasi berikut ini agar penjualan bisnis kamu semakin meningkat. 

Pendahuluan

Tak bisa dipungkiri, pelaku bisnis di seluruh dunia selama ini menggantungkan usahanya dengan Google My Business. Fitur ini sangat penting karena membantu usaha kamu berkembang dan menarik pelanggan baru. Sayangnya, Google menyatakan layanan Google Business Profile  resmi ditutup per 1 Juli 2024 lalu. Google akan menghapus dukungan untuk domain yang diakhiri dengan *.business.site dan *.negocio.site di kolom website pada Google Business Profile. Alhasil, pelaku bisnis tidak bisa lagi mengakses atau mengelola website yang dibuat melalui platform ini dan akan diarahkan secara otomatis ke Google Profil Bisnis masing-masing. 

Nggak usah khawatir! Google Bisnis Profil bukan satu-satunya cara agar bisnis kamu dikenal secara online. Di era sekarang, bisnis kamu juga bisa diperkenalkan ke platform lain untuk meningkatkan peluang sukses. 

Alternatif Google Profil Bisnis

Bicara tentang alternatif Google Profil Bisnis, pikiran kita bakal mengarah ke sebuah platform atau layanan online yang memiliki fungsi mirip dengan Google My Business, tetapi memuat fitur, kelebihan dan jangkauan audiens yang berbeda. 

Ibaratnya, Google Profil Bisnis ini sebuah toko di pusat perbelanjaan terbesar di kota, maka alternatifnya toko-toko serupa yang berada di pusat perbelanjaan lain atau juga di pasar tradisional. 

Lantas, mengapa kita perlu alternatif Google Profil Bisnis? Rupanya, ada beberapa alasan menarik lho terlepas dari ditutupnya platform bisnis terbesar di dunia tersebut. 

Tips Memilih Alternatif Google Profil Bisnis

Rahasia Bisnis Tetap Akses Pakai Alternatif Google Profil Bisnis

Ketika kamu mencari platform alternatif untuk Google Business Profile, kamu perlu memperhatikan beberapa faktor:

Kemudahan Penggunaan

Platform alternatif Google Business kamu harus menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dalam membuat dan mengelola website. Penting untuk memilih website builder yang mudah digunakan dan mudah dinavigasi. Pilih website builder yang memungkinkan kamu fokus pada tujuan bisnis daripada mempelajari manajemen teknis website, seperti SiteJet AI yang tersedia di cPanel IDwebhost. 

Skalabilitas

Platform yang kamu pilih juga harus menunjukkan fleksibilitas yang mampu berkembang bersama bisnis lokal (UMKM). Faktor ini perlu melibatkan dukungan halaman, konten, dan fungsi tambahan seiring bisnis berkembang, tanpa mengorbankan performa dan pengalaman pengguna. Oleh karena itu, pilih opsi yang menawarkan opsi skalabilitas. 

Kemampuan SEO

Karena website dibuat karena Google Profil Bisnis ditutup, maka kamu harus menjadi platform alternatif yang menawarkan fitur dan pengoptimalan SEO yang lebih canggih. Search Engine Optimization (SEO) membantu meningkatkan peringkat website bisnis kamu membantu website muncul di mesin pencarian. Semakin baik SEO Anda, semakin tinggi website kamu  muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP).  

Keamanan

Saat beralih dari Google Profil Bisnis, kamu perlu memilih platform yang memiliki keamanan yang kuat. Platform yang aman bisa melindungi website kamu dari hacker atau penyusup dan menjaga data kamu dan pelanggan tetap aman. 

Cari platform yang menyertakan secure socket layer (SSL)  dalam paketnya, seperti yang ditawarkan dalam paket Domain dan Hosting IDwebhost/ 

Dukungan Pelanggan

Dengan tidak adanya lagi Google My Business, dukungan pelanggan yang baik di platform website kamu bisa menjadi andalan. Dukungan pelanggan yang baik menunjukkan kamu memiliki seseorang yang membantu kamu menjawab pertanyaan kamu, dan memperbaiki masalah agar usahamu lancar.  

Platform Alternatif untuk Google Profil Bisnis

Rahasia Bisnis Tetap Akses Pakai Alternatif Google Profil Bisnis

Sekarang, kamu pasti ingin mencari platform web yang menyediakan fitur yang sama, atau setidak hampir mirip dengan yang disediakan Google Business.Site. Untuk membantu kamu, kami sudah menemukan tiga platform alternatif teratas Google Profile Bisnis yang dapat mendongkrak penjualan di bisnis kamu:

  1. Shopify

Shopify sejatinya dibuat untuk toko online. Platform ini dirancang khusus untuk para pelaku e-commerce. Meskipun bukan alternatif langsung Google Profil Bisnis dalam hal visibilitas pencarian lokal, shopify menawarkan beberapa keuntungan unik bagi bisnis yang ingin membangun kehadiran online. Ada beberapa fitur bermanfaat yang bisa kamu dapat dari Shopify, yaitu:

  • Toko Online: Shopify membantu kamu menjual produk secara langsung kepada pelanggan, menghasilkan pendapatan, dan membangun brand awareness.
  • SEO Lokal: Meskipun tidak berfokus pada SEO lokal seperti Google Profil Bisnis, Shopify menyediakan beberapa tools untuk mengoptimalkan toko online kamu di pencarian lokal.
  • Keterlibatan Pelanggan: Shopify menyediakan fitur seperti ulasan pelanggan dan pemasaran email, yang membantu kamu membangun hubungan dengan pelanggan.
  • Integrasi: Shopify terintegrasi dengan berbagai alat pemasaran dan penjualan, termasuk platform media sosial, yang dapat membantu memperluas jangkauan bisnis kamu. 
  1. TripAdvisor

Meskipun sering diasosiasikan dengan ulasan tentang hotel, restoran, dan tempat wisata, TripAdvisor sebenarnya sangat berpotensi sebagai Google Profile Bisnis bagi UMKM, terutama di sektor pariwisata dan kuliner. Mengapa demikian?

  • TripAdvisor memiliki jangkauan yang lebih luas, karena memiliki jutaan pengguna aktif setiap bulannya. 
  • Ulasan di TripAdvisor cenderung lebih panjang dan detail dibandingkan dengan platform lain, memberikan informasi yang lebih komprehensif kepada calon pelanggan.
  • Sama seperti Google Profil Bisnis, TripAdvisor memungkinkan bisnis untuk membuat profil yang lengkap, termasuk informasi kontak, jam buka, dan galeri foto.
  1. WordPress IDWebhost

Kamu juga bisa menautkan bisnis kamu dengan website bisnis kamu sendiri melalui WordPress. WordPress.org (WordPress) adalah  sistem manajemen konten (CMS) gratis dan open source yang berbasis pada PHP dan MySQL. 

Kamu harus memiliki nama domain dan akun hosting untuk menggunakan WordPress. Meskipun penggunaannya fleksibel, mungkin agak sulit bagi kamu untuk mempelajarinya pada awalnya, terutama dengan semua plugin yang tersedia. Nah, IDwebhost punya solusi buat kamu yang ingin merasakan keandalan website berbasis WordPress. WordPress Hosting adalah jawabannya! 

WordPress Hosting IDwebhost merupakan layanan hosting khusus untuk para pengguna website WordPress. Layanan ini memiliki beberapa keunggulan untuk meningkatkan performa dan keamanan website WordPress: 

Fitur Unggulan WordPress Hosting IDwebhost:

  • LiteSpeed Web Server: 

LiteSpeed Web Server adalah web server yang memiliki keunggulan lebih cepat dan efisien dibandingkan Apache. LiteSpeed Web Server terbukti mempercepat 40 persen loading website WordPress dibandingkan Apache. 

  • Imunify360

Imunify360 adalah fitur keamanan yang canggih untuk melindungi website dari serangan hacker. Imunify360 sudah disenjatai teknologi AI untuk mendeteksi dan memblokir serangan berbahaya.

  • WordPress Manage

WordPress Hosting IDwebhost sudah dibekali dengan WordPress Manager. Ini adalah fitur untuk mengelola website WordPress, yang memungkinkan pengguna untuk menginstal, memperbarui, dan mengelola plugin dan tema WordPress dengan mudah.

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024