Memanfaatkan WhatsApp Business Untuk Bisnis Anda
Blog Tips Keren Memanfaatkan WhatsApp Business Untuk Bisnis Anda

Memanfaatkan WhatsApp Business Untuk Bisnis Anda

Sudahkah Anda familiar dengan WhatsApp Business? Yang merupakan sebuah aplikasi chat yang memang dikhususkan untuk para pemilik bisnis. Pada tahun 2018 lalu, WhatsApp sudah berhasil merilis aplikasi tersebut dan kemudian mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat. Dengan adanya WhatsApp ini nantinya akan menjadi sebuah alternative chat yang memang khusus untuk bisnis, sehingga akan sangat bermanfaat untuk para pemilik bisnis, apalagi pebisnis online. Aplikasi ini memang sangat bisa membantu banyak calon pembeli agar bertujuan untuk bisa berkomunikasi langsung dengan penjual. Contohnya, mereka akan bisa bertanya terlebih dahulu sebelum benar-benar membeli suatu barang yang diinginkan. Dengan memanfaatkan WhatsApp Business bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Apalagi di Indonesia sudah banyak orang yang menggunakan aplikasi whatsApp. Sehingga para pebisnis tidak perlu lagi meminta calon pembeli untuk menginstall WhatsApp terlebih dahulu agar bisa digunakan sebagai sarana komunikasi.

memanfaatkan whatsapp business

Memanfaatkan WhatsApp Business dengan Mengenalnya Terlebih Dahulu

WhatsApp Business merupakan sebuah aplikasi yang sudah didesain khusus agar bisa digunakan untuk pemilik bisnis, dan bisa diunduh secara gratis. WhatsApp juga dibuat secara khusus untuk pemilik bisnis kecil, contohnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM). WhatsApp Bussiness juga sudah mengeluarkan fitur yang bisa memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Anda juga dapat membalas pesan secara otomatis, menyortir pesan, dan juga menjawab pertanyaan pelanggan secara cepat.

Tidak hanya itu, Anda juga mengunduh WhatsApp Business pada sistem operasi baik Android ataupun iOS. Sejak pertama kali di luncurkan, Indonesia adalah negara Asia pertama yang dapat menggunakan aplikasi ini. Baru kemudian, di susul oleh negera lain seperti Italia, Mexico, Britania Raya, dan Amerika Serikat.

memanfaatkan whatsapp business

Cara Membuat Akun WhatsApp Business

Sebelum Anda mengetahui lebih lengkap apa saja fitur dan juga manfaat dari WhatsApp Business, berikut ini merupakan cara membuat akun whatsApp business.

  1. Download WhatsApp Business

Anda sangat diharuskan untuk mengunduh aplikasi WhatsApp Business yang ada di play store (android) atau App Store (iOS).

  1. Memanfaatkan WhatsApp Business dengan Memasukkan Nomor Telepon

Setelah aplikasi tersebut berhasil Anda install, maka Anda harus mendaftarkan diri dengan menggunakan nomor ponsel milik Anda. Sebaiknya menggunakan nomor ponsel yang sudah disediakan khusus bisnis sehigga nantinya akan dapat memudahkan proses verifikasi. Selain itu juga, nomor khusus memang nantinya akan menghindarkan urusan pribadi dan juga urusan bisnis Anda agar tidak bercampur.

  1. Mulai Lengkapi Profil Bisnis Anda

Selanjutnya, hal yang tidak boleh terlewatkan adalah melengkapi profil bisnis yang Anda jalankan. Caranya cukup mudah dengan cara klik pada menu Settings > Business Settings > Profile. Anda juga harus memastikan jika informasi yang Anda cantumkan sudah akurat dan juga sesuai dengan detail informasi bisnis Anda. Contohnya nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email dan juga website.

  1. Mengatur Menu Balas Pesan Otomatis

Jangan lupa Anda juga perlu untuk mengatur dan juga menulis pesan balasan yang digunakan untuk fitur balas pesan otomatis. Fitur ini nantinya akan memudahkan Anda dalam membales pesan pelanggan ketika berada di luar jam kerja. Langkah-langkahnya cukup mudah dengan cara klik Settings > Business Settings > pilih pada opsi Away Message/Greeting Mesaage / Quick Replies. Selanjutnya Anda bisa mengatur isi pesan balasan secara otomatis, baik pada segala waktu ataupun pada waktu tertentu saja.

memanfaatkan whatsapp business

Memanfaatkan WhatsApp Business dengan Fitur Istimewa

Walaupun sama-sama digunakan sebagai aplikasi chat, nyatanya WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger merupakan dua aplikasi yang berbeda. Ada beberapa fitur WhatsApp Business yang tidak akan bisa Anda temukan pada WhatsApp Messenger. Fitur yang ada dalam WhatsApp Business memang dikhususkan untuk lebih memudahkan dalam melakukan interaksi terhadap pelanggan dengan jumlah yang banyak.

Berikut ini merupakan fitur khusus yang bisa Anda manfaatkan:

  1. Nama Akun Pengguna

Hal teknis yang membedakan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger merupakan pengaturan ubah nama akun. Contohnya, pada WhatsApp Messenger Anda bisa mengganti nama akun kapan saja. Anda juga dapat memasukkan emoji ataupun karakter apa saja pada nama akun WhatsApp messenger Anda. Bedanya dengan WhatsApp Business adalah akan ada beberapa ketentuan dalam membuat nama akun bisnis secara resmi yang harus di patuhi. Ketentuan yang ada juga harus Anda patuhi agar akun bisnis milik Anda bisa terdaftar sebagai “Akun Bisnis Resmi”. Jika Anda nantinya mengubah nama bisnis, Anda akan sangat memungkinkan akan menghilangan status “akun bisnis resmi”.

  1. Profil

Profil yang terdapat dalam WhatsApp bisnis akan memuat tentang informasi bisnis Anda. Dimulai dari nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email dan juga situs website. Menu informasi tersebut memang tidak disediakan di profil WhatsApp Messenger. Pelanggan nantinya dapat melihat dengan mudah beberapa informasi apabila sudah mengunjungi profil bisnis Anda. Pada halaman profil ini, Anda juga bisa menambahkan halaman facebook dan juga akun instagram milik Anda. Cukup dengan mencantumkan URL pada salah satu form atau kolom situs web yang ada.

  1. Pesan Otomatis

WhatsApp bisnis memang menyediakan tiga fitur balas otomatis yang memang tidak ada di WhatsApp Messenger. Fitur tersebut terdiri dari Away Message yang merupakan fitur balas pesan otomatis ketika ada pesan yang masuk dari pelanggan ketika diluar jam kerja atau ketika bisnis Anda sedang tidak beroperasi. Greeting Message merupakan sebuah fitur balas pesan otomasti yang dapat Anda kirimkan ketika pelanggan menghubungi Anda pertama kali. Quick Replies adalah fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah teks balasan untuk hal yang biasanya sering ditanyakan oleh para pelanggan.

  1. Memanfaatkan WhatsApp Business dengan Katalog

WhatsApp Business juga menghadirkan fitur katalog yang digunakan untuk menampilkan produk yang ada di profil WhatsApp bisnis Anda. Fitur ini sangat berfungsi untuk digunakan sebagai etalase produk yang dapat dilihat oleh konsumen ketika melihat profil Anda. Dalam fitur katalog, nantinya calon pelanggan tidak hanya melihat foto produk, tetapi juga melihat detail keterangan dan harga produk.

  1. Statistik Pesan

Pada whatsApp business, Anda juga bisa meninjau jumlah statistic pesan mulai dari yang terkirim, diterima dan juga di baca. Fitur ini akan sangat membantu Anda dalam meninjau pesan mana saja yang bisa dikatakan efektif. Agar dapat memeriksa statistik Anda, bisa dengan membuka WhatsApp bisnis > Menu > Setelan > Setelan Bisnis > Statistik.

memanfaatkan whatsapp business

WhatsApp bisnis merupakan sebuah aplikasi yang diciptakan secara khusus untuk para pemilik bisnis. Apalagi untuk Anda yang ingin memulai sebuah bisnis, aplikasi sangat wajib untuk dijadikan sebagai salah satu yang harus di miliki. Dengan adanya fitur yang dimiliki, Anda nantinya akan mudah dalam mengontrol bisnis, mulai dari menjaga komunikasi dengan fitur balas pesan otomatis, meninjau statstik pesan, mengelompokkan pesan yang sesuai dengan kriteria tertentu dan juga mempromosikan produk.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.