idwebhost Bikin Website Sekarang

7++ Alat Backlink Generator yang Wajib Anda Coba

22 Sep 2024
7++ Alat Backlink Generator yang Wajib Anda Coba campaign-unlimited

Mendapatkan backlink website berkualitas tinggi adalah salah satu tantangan terbesar dalam strategi SEO. Namun, dengan bantuan alat backlink generator yang tepat, proses ini bisa menjadi lebih mudah dan efisien.

Tidak perlu menjadi ahli SEO untuk memulai membangun backlink.  Berikut adalah 5 alat gratis terbaik yang dapat Anda coba untuk meningkatkan visibilitas website Anda tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

#1 Ahrefs Webmaster Tools

Meskipun versi gratisnya memiliki keterbatasan, Ahrefs Webmaster Tools tetap menjadi pilihan populer untuk memeriksa backlink dan menganalisis kinerja website. 

Berikut ini cara menggunakan alat backlink generator tersebut: 

  1. Anda harus mendaftar akun Ahrefs Webmaster Tools melalui link ahrefs.com/webmaster-tools. Gratis.
  2. Untuk mendapatkan backlink gratis, Anda bisa menggunakan menu Site Explorer. Beberapa fitur Site Explorer yang bisa Anda gunakan secara gratis, yakni:
    • Menu backlink profile: Dapat mengakses menu backlink, referring domains, Anchors, Referring IPs)
    • Internal Backlinks: Tetapi khusus menu Link Intersect tidak bisa diakses gratis. 
    • Menu Organic Search: Dapat mengakses menu organic keyword, top pages, top subdomain, competing pages, content gap dan lain-lain
    • Menu Pages: Dapat mengakses menu best by links, best by link growth, dan top content)
    • Menu Outgoing Links: bisa mengakses semua menu di bagian ini. 

#2 Google Search Console

Alat gratis dari Google ini memungkinkan Anda melihat backlink yang menuju ke website Anda, memantau kinerja SEO, dan menerima pemberitahuan tentang masalah teknis.

Untuk mendapatkan backlink dengan alat ini, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih properti situs web yang ingin Anda periksa backlinknya.
  2. Pilih opsi “Links” dari bilah sisi.
  3. Navigasi ke laporan “Top linking sites” dan klik “MORE”.
  4. Di sini Anda dapat menemukan jumlah total tautan eksternal yang mengarah ke situs Anda.
  5. Anda juga dapat memeriksa daftar domain yang tertaut.
  6. Klik “EXPORT” untuk mengunduh data backlink, dalam format pilihan Anda.

Alat Backlink generator ini memberikan informasi terperinci tentang backlink, termasuk domain yang merujuk, jenis backlink, dan metrik relevan lainnya. 

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan menu Link Explorer pada platform Moz. Namun, pastikan Anda sudah memiliki akun Moz, yang bisa dibuat secara gratis. 

Contoh, berikut panduan jika Anda ingin menemukan inbound link lewat Moz Link Explorer:

  1. Gunakan drop-down untuk memilih cakupan pencarian Anda dan melihat data untuk domain root, subdomain, atau halaman yang tepat
  2. Masukkan situs yang ingin Anda teliti ke dalam kotak pencarian dan klik Analyze
  3. Pilih Followed di sisi kanan untuk memfilter berdasarkan tautan yang diikuti
  4. Anda akan melihat daftar backlink yang diurutkan berdasarkan Domain Authority (DA) yang menurun. 

Anda juga dapat mengekspor data link ke CSV menggunakan tombol Export CSV. Jika Anda telah menerapkan filter, alat tersebut akan mengekspor hasil yang difilter. Setelah laporan Anda siap, Anda dapat mengunduhnya dari tanda Export Notification.

#4 SEMrush

Meskipun versi gratisnya terbatas, SEMrush menawarkan fitur-fitur berguna untuk menghasilkan backlink, seperti analisis backlink, penelitian kata kunci, dan pemantauan peringkat.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas, Anda bisa memanfaatkan menu Backlink Analysis di SEMrush, dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masukkan domain Anda (atau salah satu pesaing Anda) dan klik Analyze
  2. Kemudian, Anda akan melihat ikhtisar dari profil tautan domain tersebut. Untuk melihat secara terperinci masing-masing backlink, buka tab “Backlinks”. 
  3. Anda akan melihat gambaran backlink tertentu, skor Page Authority yang ditautkan, dan Anchor Text untuk tautan tersebut. 
  4. Gunakan laporan ini untuk mengevaluasi relevansi dan kualitas tautan yang mengarah ke suatu situs.
  5. Anda juga dapat memfilter dan mengurutkan backlink berdasarkan berbagai kriteria, seperti Authority Score, status backlink saat ini (aktif, baru, dan hilang), periode waktu saat backlink diperoleh, dan jenis backlink.
  6. Untuk hanya menampilkan backlink aktif yang melewati otoritas, klik tab “Active” dan “Follow” di bagian atas tabel.
  7. Anda juga dapat melihat halaman mana di website yang memiliki backlink terbanyak, cukup dengan buka tab “Indexed Pages”. 
Alat Generator Backlink

#1 Ahrefs

Salah satu alat SEO paling lengkap, Ahrefs menawarkan fitur-fitur canggih seperti analisis backlink, penelitian kata kunci, pemantauan kompetitor, dan audit SEO.

Fitur-fiturnya sama dengan Ahrefs Webmaster Tool yang gratisan, tetapi Ahrefs berbayar ini memiliki fitur premium yang bisa Anda gunakan sebagai backlink generator. 

Berikut fitur-fitur yang hanya tersedia pada Ahrefs berbayar:

  • Top 10 Competitor di Site Explorer. Namun masih bisa dilihat via menu Competing Domains.
  • Keyword Explorer
  • Rank Tracker
  • Content Explorer
  • Domain Comparison
  • Batch Analysis
  • Link Intersect
  • Ahrefs API
  • Barter Data dan Privasi Website?

#2 SEMrush

Yang membuat SEMrush unik dibandingkan alat generator backlink lainnya adalah kualitas data backlink yang ditampilkan. Selain backlink, SEMrush juga memiliki banyak fitur lain, tetapi hanya bisa dinikmati lewat paket premium atau berbayar:

  • Alat penelitian kata kunci yang solid
  • Pemeriksa SEO pada halaman
  • Pelacakan posisi
  • Alat pengoptimalan konten

#3 Majestic

Alat ini fokus pada analisis backlink dan menawarkan fitur-fitur seperti Citation Flow dan Trust Flow. Majestic bisa digunakan sebagai ekstensi Google Chrome, meski Anda tetap harus membeli paket premiumnya. 

Majestic SEO menggunakan beberapa metrik untuk menilai kualitas dan kuantitas backlink ke situs web. Diantaranya:

  • Trust Flow: ini adalah skor yang didasarkan pada kualitas backlink ke situs web. 
  • Citation Flow: skor ini tidak mencerminkan kualitas, tetapi kuantitas backlink ke situs web. 
  • Topical Trust Flow: inovasi dari Majestic ini membagi Trust Flow ke dalam beberapa kategori berdasarkan topik situs web. 
  • Riwayat Backlink: ini menunjukkan jumlah backlink ke situs web dari waktu ke waktu. 
  • Domain Rujukan: ini menunjukkan jumlah domain unik yang tertaut ke situs web. 
  • IP Rujukan: metrik ini merujuk pada jumlah alamat IP unik yang terhubung ke situs web. 

#4 BuzzSumo

Meskipun bukan khusus untuk backlink, BuzzSumo dapat membantu Anda menemukan konten populer yang dapat Anda hubungi untuk mendapatkan backlink.

Dengan BuzzSumo, Anda dapat mencari topik atau kata kunci apa pun dan melihat artikel yang paling banyak dibagikan di seluruh platform media sosial. Gunakan tab Backlink untuk melihat siapa saja yang saat ini menautkan ke artikel tersebut.

Alat Generator Backlink

Memilih alat backlink generator yang tepat sangat penting untuk meningkatkan SEO website Anda dan mendorong traffic secara organik. Berikut ini beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat memilihnya:

1. Kualitas lebih penting daripada kuantitas

Fokus pada alat yang menghasilkan backlink dari situs web berotoritas tinggi. Ini memastikan tautan tersebut berharga dan dapat meningkatkan peringkat situs Anda secara signifikan.

Backlink harus berasal dari situs yang relevan dengan niche Anda. Backlink  yang tidak relevan mungkin tidak hanya tidak efektif tetapi juga dapat merusak SEO Anda.

2. Profil Tautan yang Beragam

Backlink generator yang baik harus menyediakan tautan dari berbagai sumber termasuk blog, situs berita, forum, dan direktori. Ini menciptakan profil tautan yang alami.

Pastikan alat tersebut memungkinkan teks jangkar yang bervariasi, yang membantu menghindari penjejalan kata kunci dan terlihat lebih alami bagi mesin pencari.

3. Kustomisasi dan Kontrol

Alat ini akan memungkinkan Anda menentukan kriteria seperti kata kunci target, lokasi geografis, dan situs atau domain tertentu.

Beberapa alat menawarkan pembuatan backlink otomatis, sementara yang lain menyediakan opsi manual. Pilih berdasarkan preferensi Anda untuk kontrol dan kustomisasi.

4. Transparansi dan Pelaporan

Pilih pembuat backlink yang menyediakan laporan komprehensif tentang tautan yang dihasilkan, termasuk sumbernya dan teks jangkar yang digunakan.

Pastikan alat tersebut transparan tentang proses dan sumber pembuatan backlink untuk menghindari taktik SEO backhat

5. Ulasan dan Reputasi Pengguna

Cari ulasan dan testimoni dari pengguna lain untuk mengukur efektivitas dan keandalan pembuat backlink.

Pilih alat dari perusahaan bereputasi baik dengan rekam jejak yang terbukti dalam industri SEO.

Penutup

Demikian alat-alat backlink generator yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengoptimalkan SEO website Anda, Salah satunya, Ahref Webmaster Tool pada menut Backlink Profile.

Dengan alat-alat tersebut, Anda bisa berupaya meningkatkan traffic organik dan mendatangkan pengunjung yang berubah jadi pelanggan. 

IDWebhost percaya pada pertumbuhan organik yang berkelanjutan. Dengan layanan hosting yang mumpuni, Anda dapat fokus pada menciptakan konten yang menarik dan bermanfaat bagi audiens. 

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024