Peran Backlink Berkualitas Untuk Kesuksesan SEO Pada Website Anda
Blog SEO Peran Backlink Berkualitas Untuk Kesuksesan SEO Pada Website Anda

Peran Backlink Berkualitas Untuk Kesuksesan SEO Pada Website Anda

Backlink berkualitas menjadi strategi SEO yang baik untuk website Anda. Karena backlink berkualitas dinilai lebih banyak memberikan impact lebih untuk kesuksesan strategi SEO website Anda. Tapi sebenarnya, sejauh mana peran backlink ini? Apa manfaatnya ? dan bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Berikut penjelasannya.

Daftar Isi

1. Apa itu Backlink ?

2. Manfaat Backlink ?

3. Apakah Mendapatkan Ribuan Backlink Termasuk Spam?

4. Apakah Backlink Penting untuk SEO ?

5. Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas ?

5.1.  Bangun Kredibilitas
5.2.  Buat Konten yang Lengkap dan Solutif
5.3.  Buat Konten yang Unik
5.4.  Buat Infografik
5.5.  Pakai Tools Backlink
5.6.  Pakai Tools Sharing Platform
5.7.  Terapkan Guest Blogging

6. Kesimpulan

 

Backlink adalah sebuah tautan atau link dari website Anda yang dipasangkan suatu website/blog lain. Jadi, dengan menggunakan backlink, link website Anda secara otomatis akan terlihat di website atau blog tsb sehingga bisa sebagai sarana untuk menarik traffic atau pengunjung dari website/blog tsb ke website Anda. Lalu aktivitas membangun backlink tsb juga bisa disebut link building. Kemudian backlink ada 2 macam yaitu external link dan inbound link. Jadi, ada 2 peran dalam backlink ini yaitu penerima backlink dan pemberi backlink. Jika Anda memberikan backlink ke website atau blog orang lain, maka Anda sebagai pemberi backlink. Lalu, website atau blog orang lain yang memasang link website Anda adalah penerima backlink.

 

manfaat backlink
manfaat backlink

 

Dengan Anda menggunakan backlink maka akan berdampak pada menaikan kredibilitas website yang di nilai oleh search engine seperti Google. Mudahnya, backlink dapat memberitahukan kepada Google bahwa website Anda merupakan website yang dapat dipercaya dan memberikan informasi yang relevan dengan oleh pengunjung website. Backlink juga menjadi cara bagi Google dalam menemukan halaman website di hasil pencariannya. Secara kerjanya, Google akan selalu melakukan crawling atau perayapan pada halaman website untuk menemukan halaman mana yang paling relevan dengan disesuaikan kata kunci tertentu.

Selain itu, backlink juga berguna dalam menjaga reputasi website Anda di Google. Saat orang mencari sebuah kata kunci di pencarian Google, Google akan merekomendasikan hasil pencarian terbaik kepada orang tsb. Nah, disinilah peran backlink dalam menarik perhatian Google, karena backlink menjadi indikator seberapa popularitas website Anda. Jadi semakin banyak backlink dengan kualitas baik yang mengarah ke website Anda, maka reputasi website Anda juga akan dinilai semakin baik oleh Google.

Jawabannya, tergantung pada kondisi pada backlink Anda. Karena faktor penentu utamanya adalah apakah backlink dinilai alami, berbayar, atau mencoba meminta ijin untuk mendapatkan backlink dari website orang lain tersebut. Nah, bagaimana kondisi backlink di katakan backlink alami atau backlink tidak alami ? Berikut perbedaannya:

Backlink Alami

  • Perusahaan yang menghubungkan link website mereka ke website atau blog milik orang lain yang ditempatkan pada bagian footer atau navigasi utama website atau blog tsb.
  • Jika suatu blogger membuat tulisan atau konten yang bersumber dari referensi dari informasi website Anda lalu menghubungkannya dengan cara memasang backlink website Anda.
  • Anda memiliki sumber daya konten berupa foto yang menarik dan orang lain menggunakan foto Anda, memasang foto tsb ke website mereka serta memberikan sumber link yang berasal dari Anda.
  • Ketika Anda melakukan sesuatu yang layak untuk diberitakan lalu perusahaan media, blogger dan media publikasi menyebutkan sumber informasinya dengan menaruh sumber link website Anda.

Backlink Tidak Alami

  • Seseorang yang menyediakan database untuk menjual produk dari website lain yang di link-kan ke website Anda.
  • Seseorang yang membuat website tanpa atribut “bersponsor” atau “nofollow” di link mereka.
  • Banner ads yang di tempatkan pada bagian space suatu halaman website yang merupakan space berbayar.
  • Widgets, feeds, dan badges yang terdapat pada halaman website dengan kata kunci yang memiliki banyak backlink.
  • Website PBN (Private Blog Network) baik Anda memilikinya sendiri atau memperoleh backlink dari website PBN tsb.
  • Meninggalkan komentar di blog, forum atau website komunitas.
  • Dan, backlink apapun yang didapatkan dengan cara tidak jelas karena backlink tsb di pasang bukan berdasar konten Anda yang menarik.

 

apakah backlink penting untuk seo
apakah backlink penting untuk seo

 

Absolutely YES, tapi penilaian backlink bukan banyak-banyakan jumlahnya, melainkan seberapa besar backlink tersebut berkualitas bagi website. Backlink yang berkualitas dinilai dari peringkat berdasarkan struktur website, kualitas konten, cara halaman dirender, dan struktu website sebelum mendapatkan backlink pertama kali. Backlink sebenarnya salah satu sinyal yang di gunakan mesin pencari untuk mengetahui kualitas dari website. Mesin pencari bekerja untuk menunjukan kepada seseorang yang melakukan pencarian tertentu dan mesin pencari merekomendasikan sesuai permintaan pencarian tsb.

 

cara mendapatkan backlink berkualitas
cara mendapatkan backlink berkualitas

Anda sudah mengetahui bahwa backlink dikatakan baik bukan berdasarkan jumlahnya melainkan kualitasnya. Nah sekarang, bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas ? berikut solusinya :

1.  Bangun Kredibilitas

Bangunlah website Anda dengan membangun kredibilitas. Caranya adalah buatlah konten yang benar-benar Anda pahami layaknya seorang pakar atau ahli. Selain itu, sesuaikan juga dari segi konten, struktur website, tema website sehingga website Anda layak untuk mendapat kepercayaan orang untuk memasang link website Anda ke website mereka.

2.  Buat Konten yang Lengkap dan Solutif

Konten yang dapat memecahkan permasalahan orang saat ingin mencari suatu topik tertentu yang relevan dengan tema yang Anda sajikan serta lengkap akan lebih menarik untuk dibaca.Untuk itu, buatlah konten lengkap dan mampu memecahkan masalah pembaca,

3.  Buat Konten yang Unik

Jika sudah lengkap dan solutif, kini Anda perlu memikirkan bagaimana membuat konten yang unik dan berbeda dari kebanyakan website lain. Tipsnya Anda bisa memberikan suatu sudut pandang dari konten yang Anda buat dengan ciri khas Anda tersendiri.

4.  Buat Infografik

Infografik dapat membantu orang untuk lebih memahami isi konten website Anda dengan konten visual yang menarik. Selain itu, konten infografik juga bisa berfungsi sebagai ringkasan dari konten website Anda

Tools backlink berguna untuk analisa backlink baik website sendiri atau website kompetitor. Anda dapat menggunakan tools backlink sepert Ahrefs atau Moz.

6.  Pakai Tools Sharing Platform

Tools sharing platform yang dimaksud adalah media online yang menyediakan bantuan untuk berbagai konten di media online tsb. Contohnya medium, kompasiana, hipwee, viva blog, kaskus, reddit, dan slideshare.

7.  Terapkan Guest Blogging

Guest Blogging adalah Saat Anda menulis artikel yang diterbitkan ke suatu blog atau website lain (bukan website utama Anda). Ketika Anda menulis suatu artikel di website tsb, Anda dapat memasang link website Anda. Lalu pastikan blog atau website tersebut memiliki traffik yang tinggi agar guest blogging lebih terasa manfaatnya.

Kesimpulan

Backlink bisa menjadi suatu strategi SEO yang baik untuk mendukung konten pada website Anda. Lalu sebelum melakukan backlink, pastikan Anda mendapatkan backlink yang berkualitas seperti cara mendapatkan backlink berkualitas yang telah di bahas di artikel ini. Lalu tidak lupa juga, Anda dapat update informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost agar mendapatkan insight baru.

Sebagai tambahan, jika Anda membutuhkan hosting untuk kebutuhan dalam pembuatan website yang berisi informasi atau kegiatan marketing online, Anda dapat menggunakan jasa layanan hosting dan domain dari IDwebhost karena ada potongan diskon di beberapa paket hosting murah yang bisa Anda coba. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/idweb01/public_html/blog/wp-includes/functions.php on line 4609