idwebhost Bikin Website Sekarang

Bikin Tulisan Jadi Makin Keren dengan 5 Aplikasi Editing Terbaik

20 Agu 2024
Bikin Tulisan Jadi Makin Keren dengan 5 Aplikasi Editing Terbaik campaign-unlimited

Ingin meningkatkan kualitas tulisan kamu? 5 software editing tulisan ini bisa membuat tulisan kamu jadi lebih baik, lebih cepat, dan lebih efektif.

Pendahuluan

Bukan rahasia lagi bahwa editing dan revisi merupakan langkah penting dalam proses menulis. Hal ini berlaku tidak hanya untuk penulis pemula, tapi juga untuk penulis berpengalaman sekalipun. ChatGPTngnya, editing dan revisi dianggap sebagai tugas yang paling membosankan dalam menulis, padahal proses ini tak boleh diabaikan manfaatnya. 

Tidak meluangkan waktu untuk editing dan revisi tulisan atau bisa self-editing bisa menghasilkan karya tulis yang kurang menarik, penuh kesalahan tata bahasa dan ketidakkonsistenan. Misalnya, kesalahan tata bahasa dapat menghasilkan tulisan yang disalahpahami oleh pembaca jika tidak diedit. 

Tak heran, memoles tulisan butuh perhatian yang cermat sehingga pembaca bisa memahami dengan tepat apa yang disampaikan dalam tulisan tersebut. Namun, banyak penulis terutama yang diburu oleh deadline dan target kuantitas tidak punya banyak waktu untuk proses editing.

Itulah mengapa kita perlu memanfaatkan aplikasi editing tulisan online untuk menemukan kesalahan yang kita lewatkan. 

Rekomendasi 5 Alat Editing Online

Rekomendasi 5 Aplikasi Editing Tulisan Terbaik

Untuk memudahkan proses penyuntingan, banyak software editing online yang telah dikembangkan dengan berbagai fitur canggih. Dengan menggunakan alat-alat ini, kamu bisa dengan mudah memperbaiki kesalahan tata bahasa, mengecek plagiarisme, serta meningkatkan kualitas tulisan secara keseluruhan.

Berikut ini kamu merangkum lima alat editing online terbaik yang bisa membantu memperbaiki kualitas tulisanmu agar bisa dengan mudah dibaca oleh para pembaca. 

Claude AI

Boleh dibilang, Claude Ai adalah salah satu pesaing ChatGPT dalam hal teknologi yang membantu editing tulisan. Claude dikembangkan oleh Anthropic AI, adalah chatbot AI sekaligus nama untuk Large Language Models (LLM). 

Nah, salah satu kelebihan chatbot Claude Ai ini adalah kemampuannya dalam menghasilkan lebih banyak kata dibandingkan versi gratis ChatGPT. Diibaratkan seperti robot, Claude dilatih untuk melakukan percakapan alami berbasis teks, mampu melakukan tugas seperti meringkas, mengedit, tanya jawab, pengambilan keputusan, penulisan kode, dan banyak lagi.

Apakah Claude AI berbayar? Anthropic sendiri mengeklaim bahwa Claude AI tersedia gratis hanya untuk wilayah yang didukung. Kabar baiknya, Indonesia termasuk wilayah yang didukung untuk mengakses Claude.ai secara gratis. Selain versi gratis, Anthtopic juga menyediakan versi Claude Pro, yakni paket berbayar untuk mengakses fasilitas editing Claude.ai. 

Cara Menggunakan Claude AI

Berikut ini cara menggunakan Claude AI:

  1. Mulailah dengan membuat akun di alat claude.ai Setelah itu kamu akan melihat kontak input di halaman depan. 
  2. Pada kotak ini kamu bisa mengetikkan pertanyaan atau pesan, atau mengunggah dokumen PDF atau teks yang ingin Claude baca bersamaan dengan perintah kamu. 
  3. Setelah itu, kamu dan Claude bisa memulai obrolan. 
  4. Kamu bisa menyalin respons yang diberikan Claude, mengajukan pertanyaan lagi untuk mencari jawaban lain atau memberikan umpan balik.

ChatGPT

Rekomendasi 5 Aplikasi Editing Tulisan Terbaik

ChatGPT adalah aplikasi editing tulisan yang paling populer saat ini. Chatbot satu ini membantu kamu meningkatkan kejelasan pada tulisanmu dengan cara memberi saran menulis ulang kalimat kompleks sehingga tulisan mudah dipahami. 

Selain itu, ChatGPT juga membantu kamu dalam hal koreksi kesalahan tata bahasa dan ejaan dan memastikan tulisan kamu sempurna. Alat ini juga membantu menyesuaikan tone dan gaya menulis kamu dengan gaya yang diinginkan, seperti formal, informal, persuasif dan naratif. 

Cara Menggunakan ChatGPT

Berikut ini lima langkah mudah menggunakan ChatGPT untuk mengedit tulisan kamu:

  1. Memberikan Umpan Balik
  • Mengoreksi Jawaban: Jika kamu menemukan kesalahan dalam jawaban yang diberikan, kamu bisa memberikan koreksi. Contohnya, kamu bisa mengatakan, “Itu tidak benar,” atau “Jawaban yang benar adalah…”
  • Meminta Penjelasan Lebih Lanjut: Jika ada sesuatu yang kurang jelas, kamu bisa meminta penjelasan lebih detail atau dengan cara yang berbeda.
  • Memperbaiki Jawaban: Jika kamu ingin jawaban lebih ringkas, lebih detail, atau dalam format berbeda, beri tahu ChatGPT bagaimana kamu ingin jawaban tersebut diubah.
  1. Menambahkan atau Memperbarui Informasi
  • Informasi Kontekstual: Jika ada konteks berkelanjutan (seperti cerita atau proyek yang sedang kamu kerjakan), kamu dapat meminta ChatGPT untuk menyimpan detail tertentu sehingga respons selanjutnya lebih sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Personalisasi: kamu dapat memberikan informasi tentang preferensi, gaya, atau kebutuhan khusus kamu, dan ChatGPT dapat mengingat detail tersebut untuk meningkatkan interaksi di masa depan.
  1. Meminta Alat yang Berbeda
  • DALL·E: kamu dapat meminta ChatGPT untuk membuat gambar berdasarkan deskripsi yang detail.
  • Python: Untuk perhitungan atau analisis data, kamu bisa meminta ChatGPT menjalankan kode Python.
  • Browser: Jika kamu memerlukan informasi terbaru atau real-time, ChatGPT bisa menelusuri web untuk mendapatkan data terkini.
  1. Menangani Tugas Spesifik
  • Mengedit Konten Tertulis: Jika kamu memiliki teks yang perlu diedit, kamu bisa mengirimkannya, dan ChatGPT dapat membantu dengan tata bahasa, gaya, atau penulisan ulang.
  • Menghasilkan Ide atau Konten: kamu bisa meminta jenis konten tertentu, seperti cerita, ringkasan, atau penjelasan, dan ChatGPT bisa menyelesaikannya berdasarkan umpan balik kamu.

AuthoredUp

AuthoredUP adalah salah satu alat terbaik untuk para content creator berbasis teks, terutama yang ingin membuat konten di LinkedIn. Kamu bisa menambahkan aplikasi ini pada ekstensi Google Chrome untuk merasakan manfaatnya. 

Aplikasi editing satu ini memungkinkan penulisan, penjadwalan, preview, dan perolehan analitik dari postingan langsung dari platform. Awalnya, aplikasi ini hanya ditujukan untuk para pembuat konten LinkedIn untuk menyempurnakan strategi, tetapi kini aplikasi tersebut sering dikamulkan oleh para content creator selain di platform LinkedIn. Hal ini dikarenakan AuthoredUP memiliki fitur editor yang memudahkan kamu membuat draft posting dengan mudah

Cara Menggunakan AuthoredUP

  1. Buka situs web AuthorEdUp dan login menggunakan akun kamu.
  2. Setelah login, kamu akan diarahkan ke dashboad utama di mana kamu bisa mengakses berbagai fitur dan proyek yang sedang kamu kerjakan. 
  3. Kamu bisa memulai membuat dokumen baru langsung di platform. Caranya: “Create New Document” atau “Start a New Project.”
  4. Jika kamu sudah memiliki teks yang ingin diedit, kamu bisa mengunggahnya ke platform. Caranya: “Upload Document” dan pilih file dari komputer kamu.
  5. Gunakan fitur editing, seperti: Gammar and Spell Check, Style Suggestion, Revisions and Comments, dan Plagiarism Check. 
  6. Jika kamu bekerja dalam tim, kamu bisa mengundang kolaborator untuk mengedit dokumen yang sama. Kamu juga bisa berbagai dokumen dengan orang lain melalui link atau unduh versi final setelah selesai diedit. 
  7. Pastikan kamu menyimpan semua perubahan secara berkala. Kamu juga bisa mengunduh dokumen final dalam format yang diinginkan. 

Grammarly Pro

Grammarly adalah asisten pengetikan daring yang juga berfungsi sebagai aplikasi editing tulisan. Aplikasi ini menyarankan koreksi untuk berbagai aspek tulisan kamu, mulai dari ejaan, tata bahasa, dan kamu baca di Gmail, Facebook, Google Docs, LinkedIn, pesan teks dan banyak layanan lainnya. 

Grammarly bekerja dengan dua cara yang sederhana dan dapat diandalkan, yakni: in-line checker dan new document. 

  • In-line Checker: Jika kamu membuat dokumen, seperti dengan Google Docs, kamu akan menemukan ikon kecil di kanan bawah jendela. Klik ikon tersebut, dan kamu akan melihat hasil pemeriksaan langsung.
  • New Document: Dari bilah alat peramban web kamu, kamu dapat mengeklik ikon Grammarly untuk membuat dokumen baru dalam Grammarly yang akan diperiksa secara real-time.

Grammarly menyediakan versi gratis dan versi Premium dengan beberapa fitur unggulan. Kedua versi ini bisa kamu gunakan lewat berbagai cara:

  • Di aplikasi desktop Grammarly untuk Windows dan Mac
  • Ekstensi Browser Grammarly untuk Chrome, Firefox, Safari, Edge dan Google Docs
  • Di Microsoft Word
  • Keyboard Grammarly untuk iOS di Iphone dan untuk Android
  • Grammarly untuk iPad

Hemingway

Rekomendasi 5 Aplikasi Editing Tulisan Terbaik

Aplikasi Hemingway adalah alat yang membantu kamu dalam proses self-editing, seperti mengidentifikasi kesalahan dan hal-hal yang perlu direvisi dalam tulisan, dengan menyoroti dan memperbaiki kesalahan umum dan struktur kalimat.

Dikenal juga sebagai Hemingway Editor, editing software ini juga bisa menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam ejaan, sintaksis, alur, dan struktur kalimat melalui penyorotan kode warna. 

Menariknya, kamu tidak memerlukan internet untuk menggunakan Hemingway Editor versi desktop sehingga aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat apapun. 

Terdapat dua cara untuk menggunakan Hemingway Editor, yaitu:

  • Hemingway Editor, layanan editing online secara gratis, tidak memerlukan akun
  • Hemingway Application, versi Hemingway yang dapat diunduh, pembayaran hanya satu kali. 

Cara Menggunakan Hemingway Editor Gratis

Langkah #1 – Kunjungi situs web Aplikasi Hemingway untuk memulai.

Langkah #2 – Tulis langsung ke aplikasi, atau tempel beberapa teks. Saat kamu memasukkan teks ke Hemingway editor, aplikasi tersebut akan menyorot bagian-bagian berbeda dengan warna berbeda berdasarkan area perbaikan yang sudah diidentifikasi. 

Langkah #3 – Tinjau bagian teks yang disorot. Sekilas, kamu dapat mengidentifikasi dan mereview area perbaikan dan kesalahan yang disarankan menggunakan blok berkode warna.\

Langkah #4 – Putuskan apa yang akan direvisi berdasarkan saran Editor Hemingway. Arahkan mouse Anda ke bagian teks yang disorot, dan jika revisi yang disarankan tersedia, Anda dapat mengkliknya untuk langsung menerima perubahan. 

Kesimpulannya, berbagai aplikasi editor seperti Claude, ChatGPT, Grammarly, Hemingway, dan AuthorEdUP menawarkan solusi yang efektif untuk memperbaiki dan memperbagus tulisan kamu. Dengan memanfaatkan fitur-fitur dari aplikasi-aplikasi ini, penulis tidak perlu repot saat melakukan self-editing demi mendapatkan tulisan berkualias, jelas, koheren dan menarik bagi pembaca. 

Terakhir, untuk urusan hosting dan domain website, kamu bisa memanfaatkan layanan IDwebhost yang menyediakan berbagai layanan aman, terlengkap dan teraman.

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024