Website Terbaik untuk Cek Plagiat Konten dan Artikel
Blog Tips Keren Website Terbaik untuk Cek Plagiat Konten dan Artikel

Website Terbaik untuk Cek Plagiat Konten dan Artikel

Kamu seorang blogger? Atau pemilik website? Baik untuk kebutuhan bisnis atau personal, tentu kamu tidak akan terlepas dari kebutuhan membuat konten, dalam hal ini berupa tulisan berupa artikel. Nah, karena banyaknya penulis konten, bisa jadi tulisan kamu itu memiliki kemiripan dengan artikel yang lain. Sehingga kamu perlu banget untuk cek plagiasi atau melakukan pengecekan apakah tulisan kamu plagiat atau tidak.

Nah, kamu bisa melakukan cek plagiat supaya konten/tulisanmu bebas plagiarisme dengan langkah mudah sebenarnya. Bagi kamu pengguna CMS WordPress misalnya, kamu bisa secara langsung menggunakan plugin cek plagiat untuk mengetahui apakah artikel kamu plagiat atau tidak sebelum kamu publikasikan.

Mengapa artikel orisinal alias bebas plagiat menjadi penting? Karena ini menjadi salah satu penilaian yang dilakukan oleh mesin pencari seperti halnya Google. Ketika artikel kamu bebas plagiat, kemudian berkualitas tinggi. Maka akan mesin pencari rekomendasikan untuk user mereka. Ini akan sangat menguntungkan. Selain itu, bebas plagiat juga menjadikan website atau blog kamu menjadi profesional.

Apa lagi bagi kamu yang menggunakan jasa penulis. Kamu perlu banget memastikan apa yang mereka tulis bukan plagiat. Ini untuk menghindari reputasi buruk kamu. Terlebih jika kamu membayar jasa atau mempekerjakan karyawan untuk sebuah perusahaan. Tulisan yang orisinal adalah kunci penting, yang mana akan menjadi ciri dari pada perusahaan kamu.

Nah, untuk kamu mengetahui apakah konten artikel yang kamu buat atau penulis kamu buat memang benar-benar orisinal, kamu bisa menggunakan bantuan website untuk cek plagiasi. Ada banyak website yang menyediakan tols ini. Namun dalam kesempatan kali ini, ada 5 website terbaik untuk cek plagiasi konten artikel. Berikut ulasannya:

1. Cek Plagiat Dengan Plagiarisma

Cek Plagiat Dengan Plagiarisma

Pertama adalah Plagiarisma, kamu bisa melakukan cek apakah artikel kamu orisinal atau bebas plagiat secara online dengan sangat mudah menggunakan tols Plagiarisma berbasis website ini. Kamu bisa melakukan pengecekan dalam bentuk file jadi, sehingga tidak perlu menuliskan ulang / copy paste ke website ini untuk melakukan pengecekan.

Format dokumen yang bisa kamu lakukan pengecekan di Plagiarisma seperti: DOC, DOCX, TXT, HTML, RTF, PPTX, XLS, PDF, dan lainnya. Nah, bagi kamu yang sudah mengunggah tulisan kamu, maka kamu bisa mengecek tulisan kamu dengan memasukkan URL Link artikel kamu. Selain itu, jika kamu sudah mengunggah dokumen, kamu juga bisa mengecek dokumen kamu dengan cara yang sama.

Bagi kamu yang menulis untuk banyak bahasa, jangan khawatir, karena Plagiarisma bisa melakukan pengecekan plagiat untuk berbagai bahasa.  Lebih menarik lagi aplikasi ini juga mampu melakukan pengecekan grammar dan fitur article rewriter untuk dokumen berbahasa Inggris.

Kamu bisa secara langsung menggunakan dalam bentuk web  atau mengunduh aplikasi ini. Plagiarisma bisa kamu unduh ke perangkat berbasis software Windows 7 ke atas, kemudian untuk kebutuhan mobile berbasis Android, dan berbagai perangkat pendukung lainnya.

2. DupliChecker

DupliChecker

Selanjutnya cara cek plagiarisme online bisa kamu lakukan dengan menggunakan DupliChecker. Ini menjadi solusi bagi kamu yang menginginkan pengecekan plagiat secara gratis. DupliCheker ini dapat kamu gunakan secara gratis, dan tanpa perlu registrasi. Ini yang menjadikan tols ini banyak sekali peminatnya, karena mudah dan bisa digunakan secara penuh.

DupliChecker juga mendapat julukan sebagai ‘all in one’ tool untuk urusan plagiat, karena memang sangat lengkap fitur yang mereka tawarkan. Salah satu fitur yang laris manis dari DupliCheker selain pengecekan plagiat adalah pengecekan grammar, pengecekan paraphrasing tool, reverse image search hingga kemampuannya dalam melakukan website management tools.

Selain itu, DupliChecker juga memiliki SEO tools seperti keyword research, domain authority checker, SEO backlink tools, dan  berbagai fasilitas yang akan memudahkan kamu dalam mengelola website agar ramah SEO. Dan semua ini bisa kamu gunakan secara gratis.

3. Cek Plagiat Dengan Quetext

Cek Plagiat Dengan Quetext

Nah buat kamu yang tidak suka ribet dalam melakukan pengecekan plagiat, maka kamu wajib banget untuk menggunakan yang namanya Quoetext. Website pengecekan plagiat ini menawarkan berbagai fungsi menarik dengan tampilan website yang simpel, sehingga kamu akan sangat mudah dalam menggunakan.

Walau simpel, Quetext memberikan layanan pengecekan plagiasi yang lengkap dan akurat. Menjadi nilai lebih dari website ini adalah bagaimana pengguna bisa melakukan kebutuhan pengecekan dengan mudah, bahkan bagi pemula dan mereka yang awam aplikasi ini akan sangat mudah digunakan.

Selain itu, pengecekan bisa dilakukan secara gratis, akan tetapi Quetext masih membatasi untuk melakukan pengecekan terhadap 500 kata saja. Ini yang menjadi persoalan jika kamu memiliki artikel dengan kata yang panjang. Solusinya memecah menjadi dua bagian.

Jika memang kamu membutuhkan pengecekan artikel utuh,  maka kamu bisa menggunakan versi berbayar. Dengan versi berbayar ini kamu bisa melakukan cek plagiasi dengan jumlah kata hingga 100.000 setara dengan 200 halaman dokumen. Semua tentu menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

4. Grammarly

Grammarly

Grammarly memang sudah sangat terkenal sebagai website yang mampu melakukan pengecekan grammar dalam bahasa Inggris. Namun ternyata, tidak hanya bisa untuk pengecekan grammar saja loh, kamu juga bisa menggunakan  Grammarly untuk mengetahui apakah artikel kamu plagiat atau tidak.

Keberadaan Grammarly yang memiliki database sangat lengkap dan akurat untuk melakukan pengecekan, baik itu grammar atau plagiat. Menjadikan Grammaly salah satu dari sekian banyak penyedia layanan pengecekan plagiat yang laris manis digunakan. Bahkan tidak hanya oleh pembuat konten artikel blog saja.

Karena kemampuannya dalam memberikan keakuratan, maka kamu perlu registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakan Grammarly. Dan kabar baiknya, fitur pengecekan plagiarisme dari Grammarly tidak dibatasi dalam dokumen berbahasa Inggris saja. Sehingga kamu yang menulis dalam bahasa lain seperti bahasa Indonesia bisa menggunakan layanan ini.

5. Copyscape

Copyscape

Terakhir adalah Copyscape! Pengecekan plagiat ini menawarkan layanan pemeriksa plagiarisme secara online. Copyscape menjadi berbeda dari yang lainnya, karena kamu dapat melakukan pengecekan berdasarkan URL halaman website kamu. Misalnya kamu pemilik website bisnis atau website toko online yang sudah memiliki banyak artikel di Blog, kamu bisa melakukan pengecekan secara langsung mana yang plagiat dan tidak.

Selain itu, situs menjadi solusi tepat untuk mencegah adanya plagiasi / pencurian konten dari sebuah website. Karena sering kali ada saja orang tidak bertanggung jawab yang melakukan pencurian atas karya tulisan atau artikel orang lain.

Untuk menggunakan Copyscape sangat mudah. Kamu hanya perlu masukkan URL dari konten yang ingin kamu cek.  Kemudian kamu hanya perlu menunggu beberapa saat, situs akan melakukan pengecekan tingkat kesamaan konten yang ada di URL tersebut. Kabar baiknya, ini bisa kamu gunakan secara gratis.

Demikian pembahasan kali ini mengenai website terbaik untuk cek plagiat konten dan artikel. Semoga dengan kamu mengetahui website tersebut, konten atau artikel kamu akan semakin baik lagi. Juga kamu bisa melakukan pengecekan secara berkala, siapa tahu ada yang melakukan duplikasi dari artikel kamu.

Oh iya, buat kamu yang ingin serius menjadi seorang blogger, sudah saatnya kamu menggunakan domain TLD, nah jangan khawatir domain TLD ini bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau karena ada Domain Murah khusus buat kamu. So, cek domain kamu sekarang.

Selain itu kamu juga bisa banget menggunakan hosting sendiri agar lebih leluasa dalam membuat website dan mengupdate konten-konten kamu. Tenang, karena di IDwebhost ada berbagai paket hosting murah yang bisa menjadi jalan keluar kebutuhan hosting website kamu.

Untuk kamu yang sedang belajar seputar website, optimasi website, SEO kamu bisa banget membaca berbagai tutorial menarik di Blog IDwebhost. Ada banyak artikel yang akan membantu kamu dalam memahami bagaimana seluk beluk website dan optimasinya. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Salam. Ari IDWebhost.