Cara Install NodeJs di cPanel Yang Wajib Diketahui

Cara Install NodeJs di cPanel Yang Wajib Diketahui campaign-unlimited

Node.js memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan web dari sisi server. Dengan Node.js, kamu bisa membuat aplikasi server dan berbagai jenis aplikasi lain menggunakan JavaScript. Untuk itu, kamu harus tahu cara install Node.js. Jadi, simak artikel sampai selesai, ya. 

Apa Itu Node.js? 

Node.js adalah sebuah runtime environment yang memungkinkan eksekusi kode JavaScript di luar lingkungan browser. 

Artinya, kamu bisa menggunakan Node.js untuk menjalankan kode JavaScript di sisi server, bukan hanya di sisi klien (browser) seperti yang umumnya terjadi. 

Node.js memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi server, backend web, dan berbagai jenis aplikasi lainnya menggunakan JavaScript.

Baca Juga: Cara Setup Custom Domain Email Gratis di Yandex

Node.js dirancang sebagai tools yang ringan, efisien, dan mendukung model pemrograman asinkron. 

Sehingga Node.js sangat cocok untuk mengatasi tugas-tugas yang memerlukan operasi I/O yang berkepanjangan, seperti mengambil data dari database, berkomunikasi dengan API eksternal, atau menangani permintaan HTTP dalam aplikasi web. 

Node.js juga memiliki ekosistem paket yang kaya yang dikelola oleh NPM (Node Package Manager), yang memungkinkan pengembang untuk dengan mudah mengintegrasikan pustaka-pustaka dan modul JavaScript yang tersedia secara bebas dalam proyek mereka.

Syarat Install Node.js

Karena pada tutorial kali ini menggunakan Linux, berikut adalah syarat instalasi Node.js di Linux: 

Sistem operasi: 

Ubuntu, CentOS, Fedora

Processor: 

32-bit dan 64-bit

Compiler Tools: 

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin perlu menginstal perangkat lunak pengembangan (seperti GCC) dan utilitas build (seperti make) untuk mengkompilasi modul Node.js tertentu.

Akses Root: 

Untuk beberapa hal, kamu perlu akses root untuk melakukan banyak hal. 

Cara Install Node.js Melalui cPanel: 

1. Login ke cPanel

Langkah pertama, silakan login ke akun cPanel milikmu. Masukkan username, password, dan kode captcha pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik Login. 

2. Cari menu Setup Node JS APP

Dari halaman utama cPanel, silakan masuk ke menu Setup Node.js App

cara install node.js

3. Pilih CREATE APPLICATION

Dari menu Setup Node App, silakan klik CREATE APPLICATION. 

cara install node.js

4. Lakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan

cara install node.js
  • Node.js Version: Pilih versi Node.js sesuai yang kamu inginkan, di IDwebhost sendiri sudah tersedia versi 12.x hingga 20.x
  • Application Mode: Pengaturan konfigurasi untuk Environment, tersedia Development dan Production, secara default menampilkan Development.
  • Application Root: Pilih directory yang akan dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan file-file aplikasi.
  • Application URL: Memilih URL untuk dijadikan sebagai alamat agar dapat diakses melalui browser.
  • Application Startup File: File yang dipilih sebagai file awalan, default-nya dinamakan dengan app.js.

5. Jika sudah mengisi, silakan klik create

Jika semua pengaturan sudah terisi, silakan klik CREATE

node.js adalah

6. Setup Node.js Berhasil Dibuat

Selaman, Setup Node.js berhasil dibuat. Selanjutnya, jangan lupa untuk menyalin atau mengcopy path yang ada. Path tersebut nantinya digunakan agar bisa masuk ke node_env atau virtual environment.

NPM node.js

7. Konfigurasi NPM

Untuk bisa menjalankan konfigurasi NPM dan JS script, kamu perlu melakukan konfigurasi melalui login SSH.

Di IDwebhost, login SSH tersedia pada Paket SSD Hosting paket Awesome ke atas, semua paket WordPress Hosting, Unlimited Hosting paket Tera ke atas.

Untuk mendapatkan akses ke SSH silakan menghubungi customer service IDwebhost:

  • Login SSH

Jika sudah mendapatkan akses SSH silakan login menggunakan user dan password cPanel

  • Menjalankan path directory

Setelah berhasil login silakan jalankan path directory sesuai pada aplikasi Node.js yang sudah dibuat pada nodejs cPanel sebelumnya. Contoh :

source /home/tutoridweb/nodevenv/nodejs/12/bin/activate && cd /home/tutoridweb/folderxx

NPM
  • Menjalankan package manager NPM

Kemudian jalankan perintah berikut untuk menginstal NPM manager :

NODE_ENV=production npm install

NPM adalah
  • Kemudian tuliskan perintah berikut

npm init

Perintah ini berfungsi untuk membuat file package.json. Tunggu sebentar hingga proses selesai, biasanya kita memerlukan menekan enter hingga akhir.

pengertian NPM
cPanel
  • Setup node.js

Setelah itu silakan kembali pada halaman Setup NodeJS App di cPanel Hosting. Dan sekarang kamu bisa melanjutkan proses setup dengan cara:

Klik Run NPM Install. Setelah itu klik Restart.

Node.js

8. Tes Akses

Tes akses directory node js yang sudah disetting sebelumnya. Ini berguna untuk melihat apakah Node.js sudah berjalan atau belum. 

Upload file node.js

9. Mengupload File Node.js

Jika sudah, silakan kamu bisa melakukan upload file Node.js yang sudah kamu miliki pada directory Node.js yang sudah dibuat tadi.

Mengapa Node.js Begitu Penting: 

Node.js memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan web dan server-side, dan berikut adalah beberapa alasan mengapa Node.js menjadi begitu penting:

  • Kemampuan untuk Menjalankan JavaScript di Sisi Server: Node.js memungkinkan pengembang untuk menggunakan JavaScript di lingkungan server, yang sebelumnya terbatas pada penggunaan di sisi klien (browser).
  • Asynchronous Programming: Node.js menggunakan model pemrograman asinkron, yang berarti dapat menangani banyak permintaan secara bersamaan tanpa harus menunggu operasi I/O selesai. Hal ini membuatnya sangat efisien dalam melakukan pekerjaan yang memerlukan I/O, seperti mengambil data dari database, berkomunikasi dengan API eksternal, atau menangani permintaan HTTP. Ini mendukung pembuatan aplikasi web real-time yang cepat dan responsif.
  • Skalabilitas dan Kinerja Tinggi: Karena aspek asinkronnya, Node.js sangat cocok untuk aplikasi dengan beban tinggi dan permintaan bersamaan yang banyak. Ini dapat dengan mudah diukur secara horizontal dengan menambahkan lebih banyak instance Node.js ke dalam kluster.
  • Ekosistem NPM yang Kaya: Node.js disertai dengan manajer paket Node.js (npm) yang sangat kuat. Ini adalah repositori paket open source yang sangat besar yang berisi ribuan pustaka dan modul yang dapat digunakan untuk mengakselerasi pengembangan. Kamu bisa dengan mudah mengintegrasikan pustaka-pustaka ini ke dalam proyek. 
  • Mendukung Aplikasi Real-Time: Node.js sangat cocok untuk mengembangkan aplikasi real-time seperti aplikasi pesan instan, aplikasi game online, dan aplikasi kolaborasi. Kemampuan asinkron dan event-driven Node.js memungkinkan pengembangan aplikasi yang sangat responsif dalam hal pengiriman pesan dan pembaruan data real-time.

Penutup

Node.js dirancang sebagai runtime environment yang ringan dan cepat. Dengan waktu startup yang cepat dan konsumsi memori yang rendah, Node.js dapat dengan mudah digunakan dalam berbagai situasi dan dan kondisi. Semoga cara install Node.js ini bisa memberikan pemahaman padamu, ya.  

Seperti layanan IDwebhost yang siap menjawab apapun kebutuhan websitemu. Dapatkan fitur hosting terbaik untuk keamanan dan kenyamanan websitemu. Jangan lupa gunakan kode promo idweb10 setiap order hosting IDwebhost!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019