7-Zip vs. WinRAR: Bagus yang Mana? Yuk Bandingkan!

2 Jul 2024
7-Zip vs. WinRAR: Bagus yang Mana? Yuk Bandingkan! campaign-unlimited

Sering kali kita harus mengirimkan file berukuran besar melalui email atau aplikasi chat. Walaupun bisa-bisa saja, tapi hal ini bisa menyebabkan file rusak atau bahkan tidak lengkap. Inilah mengapa kita membutuhkan software berupa alat kompresi.

File kompresi ini biasanya memiliki format RAR atau ZIP, pasti kamu sudah pernah melihatnya kan? Nah, pada dasarnya ada dua tools yang cukup umum untuk digunakan mengkompresi, yaitu 7-Zip dan WinRAR. Bagi beberapa orang yang belum pernah menggunakan dan ingin menginstalnya, mungkin ada sedikit kebingungan.

7-Zip vs. WinRAR, bagus mana sih? Di artikel ini kami akan ajak kamu untuk memecahkan kebingunganmu. Kita akan membandingkan kedua tools ini agar kamu bisa menentukan pilihan yang tepat. Yuk, kita langsung menuju ke pembahasannya di bawah ini!

Apa Itu 7-Zip dan WinRAR?

7-Zip dan WinRAR

7-Zip dan WinRAR merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai alat kompresi file. Metode kompresi file dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi ukuran file secara efisien. File yang telah dikompresi akan memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga lebih mudah diorganisir dan dibagikan via internet.

Walaupun berbeda, 7-Zip dan WinRAR pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Keduanya cukup umum digunakan, hanya saja memiliki beberapa perbedaan pada kemampuannya. 7-Zip adalah alat kompresi yang bisa kamu gunakan tanpa perlu membayar karena gratis dan bersifat open-source. Alat ini pertama kali dirilis pada tahun 1999.

Kamu bisa menggunakannya baik di Windows maupun MacOS. 7-Zip memiliki format arsipnya sendiri yang disebut 7z, yang juga merupakan format defaultnya.

7-Zip bisa mengkompres file dengan berbagai format, seperti GZIP, XZ, BZIP2, WIM, ZIP, dan TAR. Selain itu, alat ini juga membuka file kompresi dari berbagai jenis arsip, termasuk NTFS, CramFS, VHD, DMG, VMDK, dan lainnya.

7-Zip menawarkan tingkat keamanan file yang tinggi dengan menggunakan enkripsi kata sandi. Tidak hanya itu, 7-Zip juga menggunakan metode kompresi khusus untuk mempercepat proses kompresi secara keseluruhan.

Sementara itu, WinRAR adalah program kompresi yang umumnya digunakan sebagai alat kompresi utama di sistem Windows. Berbeda dengan 7-Zip, WinRAR hanya menawarkan uji coba gratis selama 40 hari saja. WinRAR juga tersedia untuk versi macOS dan Linux yang disebut RAR.

Secara umum, WinRAR dapat membuka kompresi file dalam format seperti RAR, ZIP, 7-ZIP, UUE, ISO, dan lainnya. Program ini akan secara otomatis memilih metode kompresi yang sesuai dengan file kamu, baik itu RAR atau ZIP.

Fitur-Fitur pada 7-Zip dan WinRAR

Kini kita akan membandingkan fitur antara 7-Zip vs WinRAR. Setiap alat kompresi ini memiliki fitur keunggulannya masing-masing lho.

1. Fitur 7-Zip

Secara garis besar, 7-Zip memiliki keunggulan utama pada dukungan format default-nya, yaitu 7z. Dengan menggunakan 7-Zip, kamu dapat mengoperasikan fitur-fitur, seperti:

  • Bisa mengompresi file ke format seperti 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP, dan WIM.
  • Menawarkan tingkat kompresi tinggi khususnya dalam format 7z.
  • Mampu membuat file self-extracting untuk format 7z.
  • Memiliki sistem manajer file yang lengkap.

2. Fitur WinRAR

Berbeda dengan 7-Zip, WinRAR justru menawarkan fleksibilitas mengelola file hasil kompresi dari berbagai format. Dengan alat kompresi ini, kamu bisa menggunakan fitur-fitur, seperti:

  • Dapat membuka format RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, TAR, GZIP, UUE, ISO, BZIP2, Z, dan 7-Zip.
  • Mendukung pemisahan arsip ke volume terpisah.
  • Memiliki antarmuka yang mudah dipahami dan sederhana.
  • Menyediakan kecepatan kompresi yang lebih cepat.

Perbandingan 7-Zip dan WinRAR

7-Zip dan WinRAR

Setelah melihat fitur dari kedua alat ini, sekarang kita akan membandingkannya langsung dari beberapa aspek. Mari simak perbandingannya sebagai berikut:

1. Enkripsi 7-Zip vs. WinRAR

Kedua program ini menggunakan enkripsi kata sandi AES-256 untuk melindungi data file pengguna. Akan tetapi, 7-Zip hanya menyediakan enkripsi ini dalam format ZIP dan 7z.

Pada dasarnya enkripsi kata sandi AES-256 merupakan ukuran enkripsi arsip yang cukup kuat. Namun, tentu saja dalam praktiknya tergantung pada kata sandi yang kamu gunakan. Dalam hal ini, 7-Zip dan WinRAR bisa dibilang memiliki keunggulan yang sama.

2. Kecepatan 7-Zip vs. WinRAR

7-Zip menggunakan metode LZMA atau LZMA2 untuk mempercepat kompresi, sementara WinRAR memiliki wizard bawaan. Dalam sebuah uji coba, 7-Zip membutuhkan sekitar 20 detik untuk mengkompres file yang berukuran 1GB. Di sisi lain, dengan menggunakan WinRAR setidaknya hanya dibutuhkan 8 detik. 

3. Kompresi WinRAR vs. 7-Zip

WinRAR hanya mendukung kompresi file ke format ZIP dan RAR, serta bisa memilih format keluaran yang paling sesuai secara otomatis. Biasanya, WinRAR mampu mengkompres file hingga 40% dari ukuran aslinya.

Sementara itu, 7-Zip memungkinkan pengguna untuk mengompres file ke format 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP, dan WIM. Program ini terkenal dengan tingkat kompresi tinggi untuk format 7z-nya. Ukuran file yang dihasilkan biasanya sekitar 40% dari ukuran asli.

4. Kinerja WinRAR vs. 7-Zip

Secara keseluruhan, 7-Zip adalah program kompresi yang menawarkan banyak pilihan dukungan format dan fungsionalitas yang optimal. Sekalipun alat ini gratis, kamu tidak perlu khawatir 7-Zip akan memakan banyak sumber daya sistem. Sayangnya, kekurangannya adalah kecepatan kompresi yang lebih lambat.

WinRAR, di sisi lain, adalah alat pengarsip file profesional berbasis Windows. Untuk bisa menggunakannya, kamu perlu menggunakan versi trialnya selama 40 hari. Setelah itu, kamu dapat berlangganan mulai dari 29 Dollar, atau setara dengan sekitar Rp 465.929.

Jika kamu menggunakan WinRAR, kamu bisa mendapatkan pengalaman kompresi file yang lebih cepat. Terbukti dari uji coba kompresi file yang sebelumnya kita sebutkan, WinRAR lebih unggul daripada 7-Zip. Akan tetapi, WinRAR juga memiliki kelemahan, khususnya pada format outputnya.

Kesimpulan

Jadi, 7-Zip vs WinRAR bagus mana? Masing-masing alat kompresi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk menentukan mana yang lebih bagus, tentunya tergantung pada kebutuhan dan preferensi kamu.

Jika kamu menginginkan alat kompresi yang cepat namun berbayar dan menggunakan format output terbatas, maka kamu bisa menggunakan WinRAR. Namun, jika kamu lebih memilih untuk tidak membayar dan mau lebih bersabar menunggu proses kompresi, maka gunakanlah 7-Zip.

Dari aspek keamanan, dua-duanya sama-sama aman dan sudah menggunakan teknologi enkripsi yang bagus kok. Sesuaikan saja pilihanmu sesuai dengan kebutuhan ya.

Demikian pembahasan dari kami di artikel ini, semoga bisa bermanfaat ya. Ikuti update artikel kami lainnya di blog IDwebhost yuk! Jangan lupa subscribe newsletter kami juga!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022