Fungsi File Manager cPanel beserta Panduan Cara Menggunakannya

7 Jan 2023
Fungsi File Manager cPanel beserta Panduan Cara Menggunakannya campaign-unlimited

Untuk mengelola sebuah website kamu memerlukan web hosting yang menyediakan fitur pengelolaan berkas terpadu. Adanya fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan dan mengelola semua file website. Inilah yang disebut dengan file manager cPanel.

Mirip seperti file manager pada perangkat komputer, tols manager yang ada di kontrol panel yang satu ini juga menyediakan ruang penyimpanan yang dapat digunakan untuk mengelola seluruh berkas sistem website. Jika kamu sedang mulai mengelola website maka ulasan ini wajib kamu ikuti sampai akhir. Mari simak selengkapnya berikut!

File Manager Adalah

Apa itu file manager cPanel? File manager adalah sebuah perangkat lunak yang menyediakan antarmuka untuk bekerja dengan sistem berkas. Kerja software ini meliputi berbagai kegiatan pengelolaan berkas seperti membuat file, menyalin, menghapus, menyunting, mengubah nama file, mengatur permission  file, dan sebagainya.

File manager adalahsalah satu fitur yang disediakan oleh cPanel layanan hosting. Fitur file manager ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengelola berkas yang ingin diunggah atau diedit untuk keperluan website maupun aplikasi yang dikelola.

Fungsi File Manager cPanel

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, file manager merupakan sebuah fitur dari cPanel yang menyediakan antarmuka untuk bekerja dengan sistem berkas. Dalam melakukan pekerjaannya, file manager mempunyai beberapa fungsi utama. Adapun beberapa fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membantu Mengelola Berkas Website

File manager dapat membantumu untuk mengelola berbagai berkas website. Biasanya, website membutuhkan banyak file yang berukuran besar. Misalnya seperti file gambar. Dengan adanya file manager cPanel, kamu dapat menyimpan semua kebutuhan konten website dengan lebih teratur.

Dengan mengakses file manager yang terdapat pada platform cPanel, kamu dapat menghapus, mengedit, atau menyalin file website yang tersimpan pada hosting. Ini tentunya memudahkan pengelolaan website milikmu. Kini kamu bahkan dapat meminimalisir waktu tunggu website.

2. Memudahkan Pengelolaan Web Hosting

Kamu dapat mengelola web hosting dengan lebih mudah menggunakan file manager. Fitur file manager dapat diakses dan digunakan dengan mudah oleh semua pengguna, baik yang sudah berpengalaman maupun awam. Hal ini dikarenakan tersedianya kontrol berkas yang mudah dioperasikan.

3. Meningkatkan Keamanan Data-data Website

Selain dapat membantumu dalam mengelola berkas dan web hosting, file manager cPanel juga dapat meningkatkan keamanan data-data website milikmu. Dengan adanya file manager, penyimpanan seluruh berkas pada layanan hostingmu akan terpusat di sini.

Untuk mengaksesnya, kamu dapat mengunjungi cPanel dengan melakukan login akun. Login akun ini memerlukan informasi nama pengguna dan password. Ini dapat meminimalisir peluang data hilang atau dicuri. Di samping itu, file manager juga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai informasi vital.

Kamu dapat memanfaatkan informasi-informasi ini pada saat-saat yang mendesak. Sebagai contoh terjadi gangguan yang membuatmu tidak dapat mengakses dashboard website. Untuk mengunduh file, melakukan pengeditan halaman, dan sebagainya kamu tetap bisa melakukannya melalui file manager pada cPanel.

Panduan Cara Menggunakan File Manager cPanel

file manager cpanel

Kamu tentu penasaran dengan cara menggunakannya, kan? Pada ulasan berikut ini, kamu akan dijelaskan beberapa cara untuk menggunakan file manager pada platform cPanel. Pastikan untuk tidak melewatkan penjelasannya, ikuti langkah-langkahnya dengan seksama, ya!

1. Cara Login di cPanel

Untuk menggunakan file manager di cPanel pertama-tama kamu wajib mengetahui cara login cPanel. Perhatikan kamu hanya dapat masuk ke cPanel jika sudah membeli layanan hosting, ya. Jika kamu belum mempunyainya, kamu bisa beli layanan hosting IDwebhost mulai dari Rp 10 ribuan saja.

  • Pertama-tama, buka web browser terlebih dahulu.
  • Kemudian, ketikkan alamat domain diikuti dengan cPanel. Tulisannya sebagai berikut ini: http://domainkamu/Cpanel atau http://domainkamu/Comcpanel.
  • Selanjutnya tunggu hingga halaman login dimuat.
  • Jika sudah masuk ke halaman login, masukkan kredensial berupa username dan kata sandi akun.

2. Cara Mengelola Data di File Manager

Jika sudah berhasil masuk ke halaman cPanel, kamu bisa mulai menggunakan file manager. Untuk mulai menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada halaman utama cPanel, temukan file section.
  • Kemudian, klik opsi File Manager.
  • Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke menu file manager. Pada halaman ini kamu akan melihat beberapa folder penyimpanan.
  • Untuk masuk ke ruang penyimpanan root web untuk nama domainmu, kamu dapat masuk ke folder public_html.
  • Jika ingin menambahkan folder baru atau menghapus file, kamu dapat menggunakan toolbar file manager pada bagian atas. Select folder atau file sebelum memilih aksi yang akan dilakukan pada toolbar.

3. Cara Mengunggah File

Sudah tahu cara upload file menggunakan file manager di cPanel, belum? Cari tahu selengkapnya dnegan menyimak langkah-langkah berikut ini, ya!

  • Temukan bagian toolbar pada menu file manager.
  • Pilih opsi Upload.
  • Berikutnya, kamu akan dibukakan File Explorer pada perangkatmu.
  • Pilihlah file yang akan diunggah ke file manager pada cPanel.
  • Kemudian tekan Upload. Cara lainnya kamu juga dapat melakukan drag file dan drop langsung ke halaman file manager.
  • File yang sudah dipilih dan diletakkan pada file manager di cPanel akan melalui proses unggah terlebih dahulu,
  • Apabila indikator loading sudah menampilkan warna hijau artinya file sudah berhasil terunggah dan tersimpan pada manajemen berkas cPanel.

Kesimpulan

Jadi, sudah tahu apa itu file manager cPanel lengkap dengan fungsi dan cara menggunakannya, kan? File manager adalah fitur antarmuka yang menyediakan berbagai akses pengelolaan berkas seperti membuat file, memindah, menghapus, menyunting, menyalin, mengubah nama file, atau mengatur permission  file.

File manager sangat penting khususnya untuk pengguna yang mengelola website. Kegunaan file manager dapat memudahkan pengelolaan berkas, mengatur web hosting, serta meningkatkan keamanan data-data hosting. Meskipun kamu mengelola beberapa website dan aplikasi, semua file dapat dikelola secara terpadu pada file manager.

Kegunaan file manager juga diperuntukkan meringankan akses website. Beberapa website membutuhkan waktu terlalu lama untuk dimuat. Beberapa pengguna bahkan harus menunggu lama untuk dapat memuat sebuah konten gambar pada website. Kamu dapat memanfaatkan file manager untuk mengelola berbagai media kebutuhan website.

Dengan demikian website bisa lebih mudah diakses tanpa memerlukan waktu tunggu yang lama. Jika kamu tertarik untuk mengelola berbagai data-data website dan aplikasimu di file manager cPanel, kamu dapat menggunakan layanan hosting IDwebhost dengan harga terjangkau dan kualitas yang pasti terjamin.

Jasa hosting IDwebhost telah dipercaya oleh lebih dari 100 ribu pelanggan di seluruh dunia, lho. IDwebhost menyediakan banyak pilihan paket menarik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bahkan bisa mendapatkan panel cPanel dan domain gratis selama 1 tahun!

Pastinya, setiap paket ini lengkap dengan dukungan SSL Tier 1 yang dapat membantumu meningkatkan proteksi website. Tanpa perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan layanan hosting siap pakai dengan bantuan tim support IT! Ayo tunggu apalagi? Cek dan tentukan pilihan paket hostingmu sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022