Memahami Apa Itu SEO dengan Baik

1 Des 2017
Memahami Apa Itu SEO dengan Baik campaign-unlimited

Sebagian besar blogger pasti sudah mengetahui apa itu SEO (Search Engine Optimization). Pengertian SEO  adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking bagus di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus-menerus secara gratis.

Sejarah Mengenai SEO

Istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi. Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Dasar-Dasar dalam SEO

Dasar SEO merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus diterapkan jika ingin menjadi ahli SEO untuk membuat situs berada pada halaman/posisi di mesin pencari dengan kata kunci yang ditargetkan. Dasar dari SEO pada umumnya ada dua jenis yaitu:

What-is-On-Page-SEO-Techniques

On Page SEO

Mendengar kata diatas pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pakar SEO, namun akan asing sekali untuk para pemula. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page SEO ini yaitu situs akan lebih dinilai relevan oleh Google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah mendapat ranking #1 Google. Beberapa dasar yang harus diterapkan dalam On page SEO antara lain:

  1. Tittle Tag

Title Tag sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut.

  1. Meta Description

Meta description adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan. Agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafic maka Anda perlu memodifikasinya dengan menggunakan plugin yang banyak tersedia.

  1. URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

off-page-seo-techniques-1

Off Page SEO

Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink), Apa itu backlink? Backlink adalah link dari halaman situs yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) tinggi. Search Engine seperti Google sangat menyukai backlink yang berkualitas yang artinya backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.

Oleh karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh Google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs tersebut ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang ber-PR tinggi.

Memahami mengenai SEO adalah hal penting bagi Anda yang baru memulai membuat website. Selain itu, memiliki hosting dan domain yang tepat juga menjadi faktor kesuksesan dalam sebuah website. Kini, Anda dapat menggunakan layanan dari Idwebhost untuk mendapatkan hosting dan domain dengan harga yang murah namun memiliki kualitas yang tinggi. Jadi tunggu apalagi? Temukan berbagai fitur menarik lainnya hanya di Idwebhost.

Penulis
Member since 2 Jul 2013