Pengertian Keyword dan Contohnya

Pengertian Keyword dan Contohnya campaign-unlimited

Sudah sering upload artikel atau konten lain di website, tapi traffic tidak naik? Mungkin kamu belum mengenal yang namanya Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan upaya optimasi website dalam mesin pencarian. Umumnya, blogger menggunakan teknik ini untuk menaikkan konten agar berada di halaman pertama mesin pencarian. Salah satu poin yang paling penting dalam Search Engine Optimization adalah penggunaan keyword.

Agar penggunaan Search Engine Optimization dalam website lebih maksimal, maka salah satu yang harus dioptimalkan adalah keyword atau kata kunci. Mengapa penting? Ya, karena orang yang ingin mencari sesuatu di mesin pencari akan mengetikkan keyword.

Misalnya, kamu ingin mencari lemari kayu, maka akan mengetik “lemari kayu” pada mesin pencarian. Lalu, apa itu keyword dan bagaimana cara mengetahuinya?

Apa yang dimaksud dengan Keyword?

keyword adalah

Ada dua pengertian keyword yang diketahui selama ini. Pertama, pengertian keyword bagi pengguna. Kedua, pengertian keyword bagi sebuah konten.

Pengertian pertama, keyword adalah sebuah kata atau susunan kata yang dituliskan pengguna pada mesin pencari untuk menemukan informasi yang relevan. Sementara, pengertian kedua,  keyword adalah sebuah kata atau susunan kata yang mendeskripsikan isi dari sebuah konten.

Artinya, secara keseluruhan keyword adalah sebuah kata atau susunan kata yang digunakan dalam konten agar tampil sebagai informasi atau konten yang paling relevan.

Misalnya, ingin mencari informasi dengan kata kunci “hosting domain”. Nantinya, mesin pencarian akan menampilkan sejumlah konten dari website yang membahas soal hosting domain yang paling relevan.

Apabila pengguna banyak yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut, maka mesin pencari akan menyimpan keyword tersebut sebagai yang paling dicari pengguna. Keyword yang tersimpan inilah yang nantinya menjadi topik dari kontenmu. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari keyword?

Fungsi Keyword

Keyword memiliki peranan yang penting dalam Search Engine Optimization. Agar konten atau websitemu bisa muncul pada halaman pertama mesin pencari, maka keyword yang tepat adalah kuncinya. Fungsi keyword sendiri bisa kita lihat dari berbagai sudut pandang. Baik itu dari sisi pengguna, mesin pencari, perusahaan atau blogger, dan juga konten itu sendiri

  • Memberikan Sejumlah Informasi bagi Pengguna

Ada dua tujuan mengapa orang berselancar di internet. Pertama, langsung menuju pada  situs tertentu. Sementara, yang kedua adalah mereka yang mencari sejumlah informasi dari berbagai sumber di internet. Nah, keyword berfungsi untuk membantu pengguna yang bertujuan mencari sejumlah informasi.

Dengan mengetikkan keyword pada mesin pencari, pengguna dapat menemukan sejumlah informasi dari berbagai sumber dan memilih yang paling sesuai. Misalnya, pengguna ingin mencari informasi apartemen di Yogyakarta. Maka, pengguna akan mengetikkan “apartemen di Jogja” pada mesin pencari yang akan menampilkan sejumlah informasi terkait.

  • Memungkinkan Konten Muncul pada Halaman Pertama

Saat mengetikkan sebuah keyword pada mesin pencari, akan tampil sejumlah informasi terkait. Pengguna akan memilih informasi yang menurutnya paling sesuai. Yang mana yang paling sesuai? Tentu saja yang tampil pada halaman pertama karena itulah yang paling sesuai. Konten yang mengandung keyword tersebut adalah konten yang paling lengkap menurut Google.

Semakin banyak jumlah keyword yang disertakan dalam konten atau artikel, maka semakin besar kemungkinan konten berada di halaman pertama. Mesin pencarian seperti Google akan mendeteksi bahwa kontenmu adalah yang paling relevan dengan keyword yang dicari.

Semakin sedikit jumlah keyword yang disertakan, maka kontenmu akan sulit terdeteksi oleh Google.

  • Meningkatkan Traffic

Yoast SEO

Fungsi utama dari penggunaan dan pemilihan keyword yang tepat adalah untuk meningkatkan traffic secara organik. Penggunaan keyword yang tepat adalah dengan memilih keyword yang memang banyak dicari oleh pengguna lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Paid Traffic? Ini Pengertiannya!

Ketika bisa menggunakan keyword secara tepat dengan menyertakannya dalam konten secara merata, maka kontenmu bisa saja berada di halaman pertama.

Bila konten sudah berada di halaman pertama, maka besar kemungkinan banyak pengunjung yang melihat, membaca, dan menonton kontenmu. Semakin banyak pengunjung, maka traffic dari website akan semakin meningkat.

Bayangkan jika tidak menggunakan keyword dengan tepat, yang ada kontenmu akan berada pada halaman paling akhir di mesin pencari.

  • Memudahkan Mesin Pencari

Keyword juga bermanfaat bagi mesin pencari itu sendiri. Penggunaan keyword akan memudahkan mesin pencari untuk mengetahui apa yang pengguna ingin cari. Melalui keyword yang dituliskan pengguna, mesin pencari akan mengumpulkan seluruh informasi yang relevan.

Tanpa keyword, tentu saja mesin pencari tidak dapat menampilkan informasi paling relevan. Mesin pencari hanya akan memberikan sejumlah informasi yang menurut algoritmanya adalah yang paling sesuai berdasarkan keyword tersebut. Misalnya, pengguna mengetik keyword “investasi emas”, maka yang keluar adalah seputar investasi emas.

Jenis-Jenis Keyword

Secara umum, terdapat dua jenis keyword. Pertama adalah short-tail keyword. Sementara, yang kedua adalah long-tail keyword. Agar lebih memahami, simak penjelasan berikut ini mengenai kedua jenis keyword tersebut.

  • Short-Tail Keyword

Jenis pertama adalah short-tail keyword. Seperti namanya yang mengandung unsur “short“, keyword  ini menggunakan  jumlah kata yang pendek. Biasanya, keyword jenis ini hanya terdiri dari satu hingga dua kata saja. Contohnya, furniture, mebel rotan, cara diet, dan lain-lain.

Penggunaan keyword jenis ini biasanya ada pada keyword yang memiliki jumlah pencarian yang tinggi. Misalnya seperti furniture, tentu saja banyak orang yang akan mencari furniture karena mereka ingin membeli. Akan tetapi, meski jenis ini memiliki jumlah pencarian yang besar, jumlah saingan konten juga akan semakin banyak.

  • Long-Tail Keyword

Yang kedua adalah long-tail keyword. Kebalikan dari jenis pertama, long-tail keyword memiliki jumlah kata yang lebih banyak atau bisa berupa kalimat. Yang pasti, jenis ini memiliki jumlah kata lebih dari dua.

Jika kamu mencari di Google dan muncul juga “People Also Ask“, kemungkinan itu adalah kata kunci dalam bentuk kalimat. Banyak juga pengguna yang mencari informasi dengan menuliskan pertanyaan pada mesin pencari.

Baca Juga: Long Tail Keyword vs Buying Keyword, Apa Itu? 

Keyword Jenis ini dapat mencakup sejumlah kata lain yang relevan. Selain itu, biasanya keyword ini dituliskan pengguna untuk mencari sesuatu yang lebih spesifik. Misalnya, pengguna ingin mencari keluaran gadget dengan merek dan seri tertentu, maka mesin pencari akan menampilkan sesuai yang pengguna minta.

4 Hal Penting dalam Riset Keyword

keyword adalah

Riset keyword adalah hal yang harus dilakukan sebagai salah satu strategi mengoptimasi mesin pencarian. Agar dapat memaksimalkan penggunaan keyword dalam Search Engine Optimization, maka kamu harus melakukan riset keyword dengan tepat yang dapat dibantu dengan keyword tool.

  • Search Volume

Hal pertama yang penting dalam riset keyword adalah search volume. Kata kunci yang memiliki search volume yang tinggi artinya dicari oleh banyak pengguna. Pemilihan keyword yang pencariannya banyak, memungkinkan kontenmu menjangkau pengguna yang lebih luas.

  • Keyword Difficulty

Keyword yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi adalah kata kunci yang sulit untuk naik pada halaman pertama mesin pencari. Semakin tinggi angka dari keyword difficulty, semakin tinggi pula kesulitan konten dapat naik ke halaman pertama. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikannya.

  • Keyword Suggestion

Hal ketiga yang harus diperhatikan dalam memilih keyword adalah keyword suggestion. Biasanya bagian dari keyword tool ini akan menampilkan kata kunci lain yang juga pengguna cari dalam topik yang sama. Kamu dapat menggunakan ini untuk semakin melengkapi isi artikel atau konten.

  • Search Engine Result Page

Saat menuliskan sebuah kata kunci, maka mesin pencari akan menampilkan konten-konten yang paling relevan dan lengkap. Kamu bisa melihat performa dari setiap konten tersebut, apakah banyak dikunjungi dan sebagainya. Melalui Search Engine Result Page, kamu dapat memaksimalkan kualitas konten.

Kesimpulan

Penting sekali bagimu untuk mencari dan memilih kata kunci yang tepat. Apabila kamu menggunakan kata kunci yang salah, hasilnya adalah traffic yang tidak meningkat.

Kamu dapat memaksimalkan keyword dalam setiap konten dengan bantuan dari keyword tool. Dengan bantuan dari keyword tool, kamu dapat memaksimalkan pemilihan keyword yang paling dicari.

Sehingga, konten dapat dijangkau oleh pengguna yang lebih luas dan traffic website semakin meningkat. Maksimalkan juga kualitas konten agar tidak kalah saing dengan konten lainnya. Semakin berkualitas dan lengkap, semakin banyak pula audiens yang menyukai kontenmu.

Menerapkan SEO yang paling tepat adalah dengan menggunakan website sendiri. Untuk kamu yang sedang bingung di mana tempat mencari hosting terbaik, membeli domain murah, atau pembuatan website, IDwebhost siap menjawab semua kebutuhan.

Buktikan sendiri kualitas layanan IDwebhost. Web hosting, ya, IDwebhost!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019