idwebhost Bikin Website Sekarang

Cari Tahu Disini! 10 Top Platform SaaS eCommerce Agar Bisnis Online Melejit

6 Sep 2024
Cari Tahu Disini! 10 Top Platform SaaS eCommerce Agar Bisnis Online Melejit campaign-unlimited

Bingung memilih platform eCommerce yang tepat untuk bisnis Anda? Artikel ini akan membantu Anda! Kami akan mengulas 10 platform SaaS E-commerce terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis online. 

Apa Itu Saas eCommerce?

Peningkatan angka penjualan dari bisnis online membuat para pelaku bisnis kini mulai mencari platform eCommerce yang memudahkan penjualan online. Kebutuhan sebuah platform eCommerce berbasis cloud melahirkan istilah SaaS (Software as a Service) E-commerce. Apa itu SaaS eCommerce?

SaaS eCommerce adalah sejenis model bisnis online di mana perusahaan menyediakan aplikasi perangkat lunak eCommerce melalui cloud. Dengan aplikasi ini, bisnis dapat menyiapkan dan mengelola toko online tanpa perlu memasang dan memelihara perangkat lunak tersebut di server mereka sendiri. 

Dengan menggunakan platform SaaS eCommerce, bisnis dapat dengan cepat dan mudah menyiapkan toko daring dan mulai menjual produk atau layanan secara daring.

Cara Kerja Platform SaaS eCommerce

Karena hanya tersedia di cloud, platform SaaS eCommerce hanya dapat diakses tanpa membeli perangkat lunak secara langsung melainkan berlangganan melalui internet. 

Berikut ini cara kerja platform SaaS eCommerce:

  • Langganan: Daripada membeli perangkat lunak, Anda membayar biaya rutin, biasanya bulanan atau tahunan, untuk menggunakan platform SaaS eCommerce. Biaya ini mencakup hal-hal seperti hosting, keamanan, pembaruan, dan dukungan.
  • Siap Pakai: Platform ini biasanya  dilengkapi dengan semua alat dan fitur yang Anda perlukan untuk menyiapkan dan menjalankan toko online. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membuat kode atau mendesain semuanya dari awal.
  • Kustomisasi: Meskipun platform menyediakan templat dan fitur yang telah dibuat sebelumnya, Anda tetap dapat menyesuaikan toko Anda agar sesuai dengan merek dan kebutuhan bisnis Anda, seperti perubahan warna, font, tata letak, dan penambahan atau penghapusan fitur.
  • Hosting: Platform ini menghosting website Anda dan menangani semua hal teknis seperti manajemen server, keamanan, dan pengoptimalan kinerja. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot mengurus semua hal ini sendiri.
  • Update & Maintenance: Penyedia platform menangani pembaruan perangkat lunak, perbaikan bug, dan tugas pemeliharaan. Anda tidak usah khawatir situs eCommerce Anda kadaluarsa atau ada masalah teknis.
  • Skalabilitas: Platform SaaS eCommerce biasanya dirancang agar dapat disesuaikan dengan skala bisnis Anda, baik yang baru merintis atau yang sudah berkembang pesat. 
  • Dukungan: Sebagian besar platform SaaS menawarkan dukungan pelanggan untuk membantu Anda mengatasi masalah dan memanfaatkan platform secara maksimal. Dukungan ini dapat berupa obrolan langsung, dukungan email, artikel bantuan, dan forum komunitas.

10 Contoh Platform SaaS eCommerce Terbaik

Contoh Platform SaaS eCommerce

Saat ini, ada banyak platform SaaS eCommerce yang tersedia untuk mendukung bisnis online. Hampir semuanya menawarkan fitur-fitur terbaik dan menjanjikan penjualan bisnis makin melejit. Berikut ini ada 10 contoh platform SaaS eCommerce yang kami rekomendasikan untuk kamu coba:

1. Shopify

Shopify adalah salah satu platform SaaS  eCommerce terbesar di dunia yang sudah mendukung lebih dari empat juga toko online. Platform ini menawarkan content management system, dukungan pelanggan 24/7,  headless functionality, dan terintegrasi dengan 6.000 aplikasi lebih di Shopify App Store.

2. Dokan Cloud

Dokan Cloud adalah salah satu contoh platform SaaS eCommerce untuk membuat pasar multi-vendor secara online dengan mudah. Platform ini menawarkan berbagai manfaat bagi bisnis yang ingin membangun atau meningkatkan kehadiran online mereka. Salah satu keuntungan utamanya adalah kemudahan penggunaannya.

Meskipun ini merupakan platform SaaS baru, versi plugin WordPress dari Dokan Cloud  ini sudah ada sejak lama. Platform ini memiliki fitur antarmuka yang intuitif, dan sistem laporan siap pakai, dan peningkatan SEO marketplace dan toko. 

3. BigCommerce

BigCommerce adalah penyedia SaaS besar yang mendukung bisnis kecil dan menengah. BigCommerce menawarkan empat opsi paket: Standard, Plus, Pro, dan Enterprise. 

Platform ini menggabungkan keunggulan SaaS dengan fleksibilitas penyesuaian melalui API terbuka. Hal ini memungkinkan bisnis untuk terintegrasi dengan lancar dengan aplikasi eksternal dan menyesuaikan toko online mereka dengan kebutuhan unik.

4. Wix

Wix adalah platform SaaS serbaguna yang dikenal dengan alat website builder yang mudah digunakan dan kostumisasi yang luas. Dengan Wix, bisnis Anda bisa membuat toko online yang menarik dengan fungsionalitas drag-and-drop dan berbagai macam template profesional. 

Hosting Wix ini diklaim gratis dan aman. Selain itu, platform SaaS ini menawarkan fitur-fitur eCommerce, seperti manajemen produk, pelacakan inventaris, dan pembayaran aman.

5. Adobe Commerce (Magento)

Adobe Commerce adalah nama baru dari Magento, yakni platform e Commerce berbasis SaaS yang dihosting sendiri untuk perusahaan besar dan bisnis yang butuh kostumisasi dan skalabilitas luas. 

Adobe Commerce mendukung Aplikasi Web Progresif (PWA), dengan menekankan keamanan, kinerja, dan fleksibilitas, sehingga cocok untuk bisnis bervolume tinggi dengan kebutuhan unik.

6. Volusion

Volusion adalah platform SaaS eCommerce yang memiliki layanan lengkap, ditujukan untuk pelaku bisnis kecil dan menengah. Volusion menekankan kemudahan penggunaan, fitur bawaan, dan berbagai alat pemasaran untuk membantu para pebisnis meluncurkan dan mengembangkan bisnis online mereka.

Semua paket yang ditawarkan Volusion sudah memiliki Content Management System berbagai tema, dan alat manajemen pelanggan, seperti sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM). 

7. Shift4Shop

Shift4Shop, sebelumnya dikenal sebagai 3dcart, adalah platform SaaS yang mudah digunakan dan dirancang untuk bisnis dalam berbagai skala. Platform ini menawarkan serangkaian fitur lengkap untuk membangun toko online, mengelola produk, memproses pembayaran, dan memenuhi pesanan.

8. Squarespace

Squarespace adalah website builder populer yang terintegrasi dengan platform eCommerce. Hal ini menjadikannya pilihan menarik bagi para pengusaha, terutama mereka yang baru mengenal dunia penjualan online.

Squarespace dikenal dengan antarmuka yang ramah pengguna dan desain yang menarik secara visual. Selain itu, Fungsionalitas e Commerce terintegrasi dengan dukungan untuk daftar produk, manajemen inventaris, dan pembayaran aman

9. BigCartel

BigCartel menawarkan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan untuk menyiapkan toko online, dan mencakup fitur-fitur seperti manajemen inventaris, pelacakan pesanan, dan kustomisasi produk.

Antarmuka yang mudah digunakan untuk pengaturan dan pengelolaan toko dengan cepat. Platform ini ideal digunakan untuk seniman dan UMKM yang masih memiliki penawaran produk terbatas. 

10. Square

Dulunya dikenal sebagai Weebly, platform SaaS eCommerce satu ini memiliki fitur utama yakni sistem point-of-sale-nya. Platform ini melayani bisnis yang mencari solusi mudah digunakan untuk melengkapi keberadaan fisik mereka atau membuat toko online baru dengan cepat.

Tips Memilih Platform SaaS eCommerce yang Tepat

Contoh Platform SaaS eCommerce

Platform SaaS eCommerce memiliki sejumlah manfaat yang sangat berguna untuk mengembangkan bisnis online. Salah satu keunggulan platform SaaS eCommerce adalah Anda tidak perlu memasang atau merawat toko online berbasis web sendiri, yang biasanya memakan banyak waktu. 

Namun demikian, memiliki platform SaaS yang tepat untuk bisnis anda  seperti memilih pakaian yang pas. Pakaian itu harus pas dan membantu Anda mencapai tujuan. 

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih platform SaaS Ecommerce yang tepat:

1. Kebutuhan Bisnis

  • Apa yang Anda jual?  Produk fisik, unduhan digital, atau layanan? Platform yang berbeda menyediakan jenis barang yang berbeda.
  • Seberapa besar bisnis Anda?  Apakah Anda baru memulai atau memiliki modal besar dan basis pelanggan yang mapan? Pilih platform yang dapat disesuaikan dengan skala bisnis Anda.
  • Fitur apa yang penting bagi Anda?  Apakah Anda memerlukan hal-hal seperti alat pemasaran, pemulihan keranjang belanja yang terbengkalai, atau opsi pengiriman lanjutan? Pastikan platform tersebut menawarkan fitur yang Anda butuhkan.

2. Kemudahan Penggunaan

  • Seberapa nyaman Anda dengan teknologi?  Beberapa platform mudah digunakan dengan cara drag-and-drop, sementara yang lain memerlukan pengetahuan teknis yang lebih.
  • Berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk mengelola toko Anda?  Pilih platform yang intuitif dan mudah dipelajari, sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus pada bisnis Anda.

3. Biaya

  • Berapa anggaran Anda?  Platform SaaS biasanya memiliki biaya bulanan yang bervariasi tergantung pada fitur dan ukuran toko. Bandingkan paket harga dan cari uji coba gratis untuk mengujinya.
  • Apakah ada biaya tersembunyi?  Beberapa platform mengenakan biaya transaksi atau biaya untuk fitur tambahan. Pastikan untuk memperhitungkan semua biaya sebelum mengambil keputusan.

4. Desain dan Kustomisasi

  • Apakah Anda menginginkan toko yang unik dan bermerek?  Carilah platform yang menawarkan berbagai tema dan opsi penyesuaian.
  • Apakah responsivitas seluler penting?  Pastikan platform pilihan Anda menciptakan toko yang tampak bagus dan berfungsi dengan baik di semua perangkat.

5. Keamanan dan Keandalan

  • Seberapa penting keamanan data bagi bisnis Anda?  Pilih platform dengan fitur keamanan yang kuat untuk melindungi informasi pelanggan Anda.
  • Apakah platform tersebut memiliki catatan uptime yang baik?  Anda menginginkan platform yang andal dan tidak akan sering mengalami pemadaman.

Itulah pengertian dan contoh-contoh platform SaaS eCommerce. Jika Anda lebih menyukai membangun website eCommerce sendiri daripada menggunakan platform, serahkan urusan ini kepada kami. IDWebhost siap membantu meng-hosting dan membangun website bisnis online Anda dalam sekejap. 

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024