idwebhost Bikin Website Sekarang

Adu Pintar Gemini dan ChatGPT sebagai Large Language Model

9 Okt 2024
Adu Pintar Gemini dan ChatGPT sebagai Large Language Model campaign-unlimited

Large Language Model (LLM) adalah teknologi yang sedang naik daun di dunia kecerdasan buatan. Saat ini, dua LLM yang paling sering diperdebatkan adalah Gemini dari Google dan ChatGPT dari OpenAI.

Keduanya menawarkan kemampuan yang luar biasa, namun dengan pendekatan yang berbeda. Misalnya, menghasilkan teks yang sangat mirip dengan tulisan manusia, dari puisi hingga kode program. 

Artikel ini akan membandingkan secara mendalam kedua model LLM ini, sehingga kamu bisa lebih memahami mana yang lebih pintar antara Gemini dan ChatGPT. 

Adu Pintar Gemini dan ChatGPT

#1 Arsitektur Model

Arsitektur antara Gemini dan ChatGPT yang berbeda mencerminkan pendekatan LLM yang berbeda dalam hal memenuhi kebutuhan pengguna. 

ChatGPT fokus pada kemampuan bahasanya, yang didasarkan pada GPT (Generative Pre-trained Transformer), khususnya GPT-3.5 atau GPT-4. Model ini sangat jago menghasilkan teks yang koheren dan natural, mulai dari menulis email, membuat puisi, sampai menjawab pertanyaan kompleks.

Gemini menghadirkan integrasi pencarian atau akses ke informasi yang lebih terkini nggak hanya teks tapi juga gambar dan kode. Ini artinya, Gemini bisa diajak ngobrol tentang puisi, menganalisis grafik, atau bahkan membantu kamu membuat aplikasi. 

Kesimpulannya, arsitektur model keduanya sama-sama kuat. Namun, Gemini unggul dalam kemampuan multi-modalnya, sementara ChatGPT lebih jago dalam hal bahasa.

#2 Data Pelatihan

Secara umum, baik Gemini maupun ChatGPT dilatih dengan menggunakan data dalam jumlah yang sangat besar. Namun, keduanya menggunakan sumber beda untuk pelatihan data. 

Gemini dilatih dengan menggunakan data yang sangat beragam, baik itu teks, gambar, video dan kode program. Data pelatihan yang beragam memungkinkan Gemini untuk memahami hubungan antara berbagai jenis informasi. Hal ini membuat Gemini lebih unggul dalam tugas-tugas yang membutuhkan pemahaman konteks yang kompleks. 

ChatGPT lebih fokus pada satu jenis media, yaitu teks. Ini membuat ChatGPT lebih unggul dalam menghasilkan teks yang kreatif dan koheren.

Perbedaan Gemini dan ChatGPT

#3 Kemampuan dan Fitur

Gemini memiliki tampilan yang lebih interaktif. Kamu bisa memberi tanda suka atau tidak suka pada jawaban yang diberikan, atau bisa meminta Gemini mencari alternatif jawaban lainnya. 

Gemini juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi Google, jadi kamu bisa langsung mengirim hasil obrolanmu ke Google Docs atau Gmail. Ini membuat pekerjaanmu lebih efisien. 

ChatGPT memang punya API yang memudahkan pengembang menambahkan kecerdasan AI ini ke aplikasi mereka. Namun, ChatGPT juga punya keterbatasan. Kamu tidak bisa langsung menyimpan jawaban, melainkan harus copy-paste sendiri. 

Kesimpulan soal perbedaan kemampuan dan fitur antara Gemini dan ChatGPT sebagai Large Language Model:

  • Akses: ChatGPT lebih mudah diakses, sementara Gemini punya fitur yang lebih banyak.
  • Fitur: Gemini punya fitur yang lebih lengkap, seperti kemampuan mengolah gambar dan integrasi dengan Google Workspace.
  • Kustomisasi: Gemini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan jawaban AI sesuai dengan preferensi kamu.
  • Keterbatasan: ChatGPT tidak bisa menampilkan visual dan tidak terhubung ke internet secara langsung.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Membuat Website dengan ChatGPT

#4 Fitur dan Penggunaan

Berikut ini perbedaan contoh fitur dan penggunaan antara Gemini dan ChatGPT:

Fitur Gemini

Sebagai LLM yang intuitif dan canggih, Gemini memiliki sejumlah fitur yang bisa kamu gunakan, di antaranya lima fitur berikut ini:

  • Ekstensi Gemini yang Bisa Dikustom: Ekstensi Gemini ini terintegrasi dengan sejumlah layanan Google, seperti Google Flights, Google Maps, Google Hotels, YouTube, dan Google Workspace (terdiri dari Gmail, Docs, dan Drive). 
  • Integrasi Google Workspace: Kamu bisa mengakses akun Google Workspace kamu melalui Gemini, khususnya Google Drive dan Gmail. Ini dapat membantu kamu dalam hal meringkas email dan mendapatkan informasi dari dokumen Google Docs. 
  • Analisis Video Youtube: Fitur ini adalah kelebihan Gemini dibandingkan ChatGPT. Kamu bisa meringkas konten video YouTube dengan memasukkan URL dan memberikan prompt yang sesuai. 
  • Travel Planning: Gemini juga dapat membantu kamu mengatur rencana perjalanan atau itinerary. Tugas-tugas yang bisa dilakukan seperti mencari penerbangan murah, memeriksa cuaca, petunjuk arah, dan mencari aktivitas menarik di destinasi wisata. 
  • Location Awareness: Dengan kemampuan multimodalnya, Gemini dapat memproses dan memahami berbagai jenis data terkait ekstraksi rambu jalan dan navigasi. 

Fitur ChatGPT

Khususnya pada versi ChatGPT-4, kamu bisa merasakan sejumlah fitur-fitur tersembunyi untuk meningkatkan user experience penggunaan jenis Large Language Model ini. 

  • Pintar Mengingat: ChatGPT memiliki ingatan yang bagus sekali. Dia bisa mengingat obrolan kamu sebelumnya, sehingga obrolan jadi lebih nyambung dan natural. 
  • Membuat Prompt Kreatif: ChatGPT mampu memberikan jawaban yang super spesifik. Kamu tinggal memberikan perintah yang jelas dan detail, dia akan melakukannya. 
  • Penerjemah Andal: ChatGPT siap membantu menerjemahkan bahasa asing dengan akurat, bahkan dia bisa tahu nuansa bahasa yang berbeda-beda. 
  • Asisten Programmer: Bagi para programmer, ChatGPT bisa jadi asisten yang sangat berguna. Dia bisa bantu bikin kode, mengecek kesalahan dalam kode, bahkan mengajarkan konsep pemrograman.
  • Analis Data Pintar: ChatGPT bisa bantu kamu menganalisis data dan menemukan pola-pola yang menarik. Kamu bisa tanya apa aja tentang data yang kamu punya.
Perbedaan Gemini dan ChatGPT

#5 Kelebihan dan Kekurangan

Tabel ini memudahkan kamu melihat perbedaan antara Gemini dan ChatGPT, serta kekurangan dan kelebihannya:

FiturGeminiChatGPT
Kemampuan MultimodalDapat memproses berbagai jenis data (teks, gambar, kode)Terutama fokus pada teks
Pemahaman KonteksSangat baik dalam memahami konteks yang kompleksBaik dalam memahami konteks, terutama dalam percakapan
Pembuatan Konten KreatifUnggul dalam menghasilkan berbagai jenis konten kreatif (puisi, skrip, dll.)Kuat dalam menghasilkan teks kreatif, seperti cerita atau artikel
Pengembangan KodeDapat membantu dalam pembuatan dan debugging kodeJuga dapat membantu dalam pengembangan kode, namun mungkin tidak sekuat Gemini
Integrasi dengan Produk GoogleTerintegrasi erat dengan produk Google seperti Google Docs dan GmailTidak memiliki integrasi khusus dengan produk tertentu
KustomisasiDapat dikustomisasi melalui fine-tuningJuga dapat dikustomisasi, namun opsi mungkin lebih terbatas
AksesibilitasAksesibilitas yang baik, terutama bagi pengguna produk GoogleAksesibilitas yang baik, mudah digunakan

Kelebihan Gemini

  • Lebih serbaguna: Karena kemampuan multimodalnya, Gemini dapat digunakan untuk berbagai tugas yang lebih luas.
  • Integrasi dengan ekosistem Google: Bagi pengguna Google, integrasi ini sangat memudahkan.

Kekurangan Gemini

  • Masih dalam pengembangan: Beberapa fitur mungkin belum sematang ChatGPT.
  • Ketergantungan pada ekosistem Google: Bagi pengguna yang tidak menggunakan produk Google, integrasi ini mungkin kurang relevan.

Kelebihan ChatGPT

  • Fokus pada teks: Sangat baik dalam tugas yang berkaitan dengan bahasa, seperti terjemahan dan pembuatan konten.
  • Komunitas pengguna yang besar: Terdapat banyak sumber daya dan dukungan dari komunitas pengguna.

Kekurangan ChatGPT

  • Kurang serbaguna: Terbatas pada tugas yang berkaitan dengan teks.
  • Tidak memiliki kemampuan multimodal: Tidak dapat memproses gambar atau data lainnya selain teks.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, baik Gemini maupun ChatGPT merupakan Large Language Model (LLM) yang sangat kuat, namun memiliki keunggulan masing-masing. 

Kamu bisa memilih Gemini jika membutuhkan LLM yang kuat dalam memberikan informasi faktual dan menjawab pertanyaan yang kompleks. Selain itu, kamu butuh kemampuan LLM yang memberikan alasan logis serta akses publik yang mudah lewat integrasi ke Google Workspace. 

Sebaliknya, kamu bisa memilih ChatGPT kalau kamu membutuhkan LLM untuk tugas-tugas yang kreatif seperti menulis puisi, cerita atau skrip. Selain itu kamu tidak keberatan dengan akses publik yang terbatas. 

Nah, baik Gemini dan ChatGPT juga bisa membantu kamu dalam pengembangan web lho. Tapi, pertama-tama kamu harus membeli hosting web dulu. IDwebhost menyediakan hosting murah sudah gratis domain dan SSL. 

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024