idwebhost Bikin Website Sekarang

Masa Depan Internet of Things: Peran dan Perkembangannya dalam Lingkup Bisnis

28 Jun 2024
Masa Depan Internet of Things: Peran dan Perkembangannya dalam Lingkup Bisnis campaign-unlimited

Kini semua benda di sekitar kita terhubung dengan internet. Di dalam rumah saja, kamu bisa mengatur bukaan tirai melalui aplikasi mobile. Faktanya, kondisi ini masih dalam masa transformasional lho. Masa depan Internet of Things diprediksikan mempunyai perjalanan yang masih panjang.

Internet of Things adalah jaringan perangkat fisik yang saling terhubung melalui internet. Teknologi ini memungkinkan kita untuk menghubungkan objek dengan perangkat di sekitar dengan internet. Di masa sekarang ini, kehadiran IoT tentu sangat diperlukan terlebih lagi, di sektor bisnis.

Mengapa demikian? Nah, kami akan menjelaskan alasan selengkapnya di artikel ini. Di sini kami juga akan membahas tentang pengembangan Internet of Thing di masa mendatang. Selengkapnya, mari ikuti pembahasannya di bawah ini!

Apa Itu Internet of Things?

masa depan internet of things

Internet of Things adalah jaringan perangkat fisik yang memungkinkan adanya pertukaran data dan informasi. Contohnya, kini perangkat rumah tangga dapat dikendalikan melalui smartphone. Berkaca dari perkembangannya di saat ini, dapat dilihat bahwa masa depan Internet of Things dapat membawa perubahan yang lebih masif.

Sedikit melihat ke belakang, hidup dalam sepuluh tahun kebelakang tentu sangat berbeda dengan saat ini. Jika dulu kita hanya menonton film-film tentang sains dan teknologi, kini kita sudah bisa memiliki kendali terhadap berbagai perangkat dengan IoT.

Pada dasarnya, konsep IoT sudah muncul sejak tahun 1980an. Saat itu, seorang insinyur bernama Mark Weiser dari Xerox PARC mengembangkan Ubiquitous Computer. Ini merupakan sebuah konsep di mana komputer akan tersedia di sekitar kita dalam bentuk perangkat yang terkoneksi dan dapat saling berkomunikasi.

Pengembangan Internet of Things kemudian terus berlanjut hingga tahun 1990an, di mana protokol komunikasi seperti Bluetooth dan Wifi mulai umum digunakan. Istilahnya sendiri baru pertama kali digunakan di tahun 1999 oleh Kevin Ashton: direktur Auto IDCentre dari MIT.

Pada awal tahun 2000an, pertumbuhan IoT didorong oleh pengembangan sensor dan RFID (teknologi identifikasi radio frekuensi). Teknologi ini memungkinkan penggunaan sensor-sensor kecil untuk mendeteksi tekanan, kelembaban, suhu, dan parameter lainnya dengan aplikasi.

Setelah satu dekade berlangsung, IoT pun semakin masif mengikuti perkembangan berbagai jenis perangkat yang terhubung dan pertumbuhan internet. Adopsi teknologi Internet of Things mulai dikembangkan untuk berbagai perangkat, seperti wearable devices, sistem otomasi, hingga smart home devices.

Mengapa IoT Diperlukan di Era Sekarang dan Masa Mendatang?

Masa depan Internet of Things dimulai dari perubahan jangkauan konektivitas di kehidupan pribadi. Perangkat yang bisa saling terhubung memudahkan berbagai kegiatan sehari-hari. Hal ini tentu juga berdampak pada lanskap bisnis dan industri. Singkatnya, keberadaannya menjadi penting di era saat ini, karena:

1. Meningkatkan Produktivitas

Di dunia industri dan bisnis, IoT memungkinkan pemantauan mesin dan proses produksi secara real time. Hal ini dapat memberikan dampak positif berupa meningkatnya produktivitas, berkat kerusakan mesin yang bisa dicegah dan rantai pasokan yang dioptimalkan.

2. Membantu Efisiensi dan Otomatisasi Tugas

Masa depan Internet of Things menawarkan efisiensi dan otomatisasi tugas yang lebih optimal. Dalam masa transformasional saat ini, berbagai proses belum sepenuhnya dilakukan secara otomatis. Beberapa tahapan masih melibatkan campur tangan manusia untuk melakukan pekerjaan secara manual.

Dengan IoT, otomatisasi tugas bisa dilakukan dengan melibatkan sensor perangkat. Ini memungkinkan perangkat untuk melakukan tugas secara otomatis tanpa membutuhkan campur tangan manusia lebih dalam. Sebagai contoh seperti mengontrol sistem kunci otomatis di jam tertentu.

3. Membantu Analisis Data yang Lebih Baik

Analisis data yang lebih baik merupakan salah satu manfaat dari adanya Internet of Things bagi aktivitas bisnis. Perangkat IoT dapat menghasilkan analisis yang mendalam melalui identifikasi pola dari data. Ini dapat memberikan keuntungan bagi bisnis dan organisasi untuk membuat keputusan yang akurat dan lebih cepat.

4. Menawarkan Konektivitas yang Lebih Luas

Internet of Things menawarkan jangkauan konektivitas yang lebih luas pada berbagai bidang dan lokasi. Sebagai contoh, Internet of Things memungkinkan realisasi dari konsep smart city. Dalam konsep kota pintar, IoT dapat digunakan untuk mengadopsi teknologi berbasis sensor dalam jarak yang lebih luas.

Misalnya, untuk mengatur dan memantau lalu lintas. Adapun contoh implementasi lainnya juga dapat berupa pemantauan kualitas udara, tingkat permukaan air, hingga manajemen limbah.

Pengembangan Internet of Things di Masa Mendatang

Masa depan Internet of Things akan sangat dipengaruhi oleh perkembangan dari unsur-unsur pembentuknya. Berikut ini adalah bagaimana unsur-unsur tersebut dapat berperan dalam evolusi IoT di masa mendatang:

1. Artificial Intelligence (AI)

AI memiliki peran penting dalam pengembangan IoT. Kemampuan teknologi AI untuk memproses dan menganalisis data memungkinkan sistem IoT untuk memberikan layanan yang akurat dan adaptif. Di masa depan, AI akan terus dikembangkan untuk mendukung IoT, khususnya dalam kemampuannya memberikan analisis dan prediksi yang lebih akurat.

2. Teknologi Sensor

Teknologi sensor adalah salah satu unsur pembeda yang membuat IoT lebih spesial dibandingkan dengan mesin lainnya. Sensor mendefinisikan instrumen jaringan standar dalam perangkat yang cenderung pasif menjadi sistem aktif yang mampu terintegrasikan ke dunia nyata.

Ke depannya, sensor akan mengalami perkembangan untuk menjadi lebih kecil, lebih hemat energi, dan lebih canggih. Ini akan memungkinkan sensor untuk ditanamkan di berbagai perangkat, bahkan pada objek yang sebelumnya tidak bisa dijangkau.

3. Konektivitas Internet

Perkembangan jaringan internet juga memengaruhi evolusi Internet of Things di masa depan. Jaringan 5G maupun selanjutnya akan menawarkan dukungan konektivitas yang lebih cepat dan stabil. Dengan begitu, perangkat IoT bisa mendapatkan konektivitas yang lebih andal dan hemat energi.

4. Active Engagement

Pengembangan antarmuka yang lebih interaktif dan intuitif akan menjadi fokus utama di masa depan IoT. Ini akan melibatkan penggunaan teknologi yang memungkinkan user terlibat secara aktif dengan perangkat Internet of Things. Sebagai contoh, seperti voice assistant, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan sebagainya.

5. Portable Devices

Perkembangan Internet of Things di masa mendatang akan didorong oleh integrasi yang lebih kuat dari berbagai perangkat mudah alih (portable). Akan ada semakin banyak jenis wearable devices yang dikembangkan dan terintegrasi dengan IoT. Dengan begitu, user dapat terhubung dengan lingkungan sekitar secara real time.

Sekian pembahasan tentang masa depan Internet of Things di artikel ini. Dengan dukungan pengembangan berbagai unsur mulai dari AI, sensor, hingga portable devices, IoT dapat menjadi lebih cerdas dan lebih terjangkau bagi banyak pengguna.

Selanjutnya, hal ini tentu juga akan membuka pintu bagi inovasi dalam berbagai bidang industri dan bisnis. Sebagai dampaknya, manusia dan lingkungan sekitar akan memiliki cara berinteraksi yang berbeda. Siapkah kamu untuk menghadapinya?

Ayo, persiapkan bisnis kamu agar lebih andal dan siap bersaing! Gunakan dukungan Unlimited Hosting IDwebhost untuk ciptakan website yang berperforma tinggi. Cek pilihan paketmu sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022