Apa Itu User Interface (UI) ?

17 Jan 2022
Apa Itu User Interface (UI) ?

Kalau ada dari Anda yang baru mulai membuat website, Anda mungkin pernah mendengar istilah UI/UX. Nah, kemarin IDwebhost sudah membahas tentang pentingnya user experience dalam website design. Kali ini, kami akan membahas mengenai user interface atau UI dan mengapa Anda perlu memperhatikan UI dalam proses desain website. Selain itu, kami juga akan membahas tentang karakteristik UI yang baik. Yuk kita lanjut baca!

Pengertian User Interface

User interface merupakan bagian visual dari website, aplikasi atau device hardware yang memastikan bagaimana cara seorang user berinteraksi dengan aplikasi atau website tersebut serta bagaimana caranya informasi ditampilan di layarnya. UI menggabungkan konsep desain visual, desain interasi, serta infrastruktur informasi. Tujuan dari UI adalah untuk meningkatkan usability dan tentunya user experience atau UX

Mengapa User Interface itu Penting?

User interface merupakan salah satu faktor yang menentukan peningkatan traffic website Anda. UI dapat menjadi faktor apakah user tertarik untuk mengunjungi dan meng-explore situs Anda. Jika user suka dengan tampilan tampilan antarmuka website Anda, maka kemungkinan user akan mengunjungi website Anda kembali semakin besar. Jadi Anda harus selalu memperhatikan UI situs Anda pada saat Anda mendesain website.

Satu hal yang mungkin jarang diketahui banyak orang adalah seberapa pentingnya desain untuk user interface. Bahkan terkadang bentuk sebuah tombol saja dapat menentukan apakah user mengerti bagaimana cara menavigasi website atau aplikasi tersebut.

 

Pengertian User Interface
IDwebhost

 

Desain UI memang sangat penting karena itu untuk menentukan bagaimana user berinteraksi dengan website dan aplikasi tersebut. UI juga untuk menentukan apakah pengunjung website atau pengguna aplikasi dapat mengerti cara menavigasi website atau aplikasi dengan mudah.

Saat user mengunjungi website Anda, UI harus menjadi prioritas Anda. Kalau orang mempunyai UX yang baik di website Anda, Anda akan mendapatkan conversion rate yang lebih tinggi. Selain itu, user juga akan mempromosikan website atau aplikasi Anda kepada orang lain. Jika user mengalami pengalaman buruk dengan website atau aplikasi Anda, pasti user tidak mau memakainya lagi. Jika Anda pebisnis online, ini tentunya penting. Untuk memiliki UX yang baik, Anda memerlukan UI yang mudah dinavigasi dan digunakan.

User interface akan menentukan customer base Anda. Selama UI Anda mudah dimengerti, UX pengunjung website atau pengguna aplikasi juga akan baik. Dengan begitu, kemungkinan user untuk tetap datang ke website Anda dan memakai website atau aplikasi Anda juga akan lebih tinggi. 

Karakteristik User Interface yang Baik

Di internet ada berbagai informasi yang menyarankan teknik serta pola desain interface yang dianggap baik. Intinya, ada banyak inspirasi. Namun Anda juga harus mengatahui karakteristik apa saja yang membuat sebuah UI dibilang bagus.

Jelas

Mempunyai UI yang jelas merupakan salah satu elemen penting dalam desain user interface. Tentunya tujuan dari desain UI yaitu supaya user bisa memakai dan berinteraksi dengan sistem Anda dengan mudah. User bisa saja tidak puas karena kebingungan dengan tampilan antarmuka aplikasi yang ribet dan merepotkan.

Singkat

Tentunya mempunyai UI yang jelas akan membuat UX Anda menjadi bagus, tetapi Anda juga harus berhati-hati supaya penjelasan Anda tidak terlalu panjang. Jika Anda meletakkan definisi dan penjelasan di setiap bagian website Anda, website Anda akan terlihat berantakan. Kemungkinan besar dengan berkembangnya website Anda, interface Anda juga akan berkembang. Jika Anda meletakkan terlalu banyak penjelasan, user Anda akan menghabiskan waktu membaca penjelasannya.

UI boleh jelas, tetapi juga harus singkat. Kalau memang perlu penjelasan, usahakan supaya Anda bisa menjelaskannya dalam satu kalimat. Jika Anda dapat memberi label hanya dengan satu kata itu akan lebih baik. Jangan membuang waktu user Anda. Mungkin dengan memastikan bahwa semuanya singkat tetapi jelas bisa menjadi tantangan. Tetapi kalau Anda dapat melakukan itu, UI website Anda akan menjadi optimal.

 

Mengapa User Interface itu Penting
IDwebhost

Familiar

Ketika belajar desain, apapun itu, Anda akan sering mendengar istilah intuitif. Apa sebenarnya arti intuitif? intuitif artinya layout Anda dapat dimengerti dengan mudah secara natural dan hanya dengan memakai instinc. Tetapi bagaimana caranya untuk membuat layout website Anda intuitif? Anda perlu memakai desain web yang familiar.

Familiar, artinya  sesuatu yang sudah pernah dilihat sebelumnya. Misalnya, jika Anda sudah familiar dengan sesuatu, Anda pasti akan tahu apa yang harus dilakukan? Coba anda ingat-ingat hal-hal apa yang sudah pasti familiar bagi pengguna website Anda lalu masukkan hal-hal ini ke desain web Anda.

Responsif

Untuk Anda yang mempelajari web design dan SEO, mungkin sudah mengetahui dengan istilah responsive. Untuk UI sendiri, responsive yang memiliki beberapa arti yang berbeda. Salah satunya, responsive yang berarti cepat. Interface website Anda harus dapat bekerja dengan cepat. Kalau Anda perlu menunggu loading lama pada sebuah website pasti Anda juga akan malas kan. Jika interface Anda dapat loading dengan cepat tentunya UX Anda juga akan semakin baik.

Konsisten

Salah satu aspek penting dalam desain user interface adalah konsistensi. Konsistensi pada desain interface dapat memudahkan pengguna untuk mengerti pola.

Nantinya, pengguna diharapkan bisa mempelajari fungsi tombol, ikon, dan berbagai elemen desain lainnya. Jika suatu saat menemukan interface yang mirip, mereka akan dengan mudah mengerti apa fungsi dari elemen-elemen yang ada.

Salah satu perusahaan yang sering melakukan ini adalah Microsoft dengan aplikai Microsoft Officenya. Jika Anda perhatikan dari dahulu, meskipun microsoft selalu mengupdate rutin program-program Microsoft Office nya, elemen-elemen yang ada pada aplikasi mircosoft office tersebut tetap konsisten. Meskipun interfacenya berubah, Anda mengetahui bahwa untuk menyimpan file, Anda bisa klik di icon disket dan untuk menge-print Anda hanya klik pada icon printer.

 

Karakteristik User Interface yang Baik
IDwebhost

Menarik

Hal ini mungkin bisa dibilang subjektif tetapi interface akan lebih baik jika interface memiliki tampilan menarik. Yang dimaksudkan menarik disini adalah interface Anda menarik untuk dipakai. Memang kalau Anda dapat membuat UI Anda simple, mudah dipakai, efisien, dan responsive, Anda sudah mempunyai UI yang baik. Tetapi kalau Anda juga dapat membuatnya menarik, tentunya akan lebih nyaman untuk digunakan, bukan? Anda juga akan membuat pelanggan Anda lebih senang memakai website Anda.

Efisien

User interface yang bagus harus memastikan bahwa website serta aplikasinya bisa dipakai dengan efisien.Untuk membuat desain UI yang efisien, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang diinginkan user dan biarkan mereka menggunakan aplikasi dengan mudah.

Anda harus mengidentifikasi bagaimana cara website atau aplikasi bekerja. Apa saja fungsi dan kegunaannya. Buatlah desesain interface yang dapat memudahkan user untuk mencapai tujuan mereka.

Forgiving

Anda mungkin juga pernah melakukan kesalahan saat sedang mengakses website. Misalnya, Anda salah menghapus suatu informasi, UI yang baik akan membantu Anda untuk mengembalikannya dengan cepat. Selain itu, kalau misalnya user Anda mengakses ke halaman website yang error, apakah Anda akan menyarankan mereka untuk mencoba mengarahkan ke halaman lain di website? Tanpa Anda sadari, hal-hal ini dapat membantu meningkatkan UX Anda.

Kesimpulan

Di artikel kali ini IDwebhost sudah membahas tentang UI. Selain konten yang menarik, pengguna aplikasi dan website hari ini sangat menyukai tampilan user interface yang memudahkan mereka.

Peluang kerja menjadi desainer UI juga terbuka lebar. Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk belajar. Anda membutuhkan website untuk memajang hasil karya desain. Maka dari itu, jangan sampai salah pilih penyedia domain hosting, ya.

IDwebhost punya banyak paket hosting dan domain murah yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Dapatkan juga berbagai promo menarik, mulai dari paket hosting, domain, dan VPS.

Web hosting, ya, IDwebhost!

Novredha
Member since 23 Mar 2020