Tutorial IDwebhost

Cara Akses SSH Di cPanel Hosting

SSH adalah salah satu cara agar kamu bisa mengontrol dan mengakses server secara remote. SSH atau Secure Shell adalah aplikasi pengganti remote login ke server melalui koneksi secara terenkripsi. Dengan SSH, kamu dapat melihat aktifitas server, melihat direktory file website, dan menginstall suatu aplikasi.

Persiapan Akses SSH

Sebelum melakukan akses ssh di cPanel hosting ada beberapa hal yang perlu di persiapkan yaitu :

Cara Akses SSH Di cPanel Hosting

Pada panduan kali ini akan di jelaskan cara akses SSH dengan menggunakan sistem windows. Dengan menggunakan sistem operasi windows, untuk akses SSH bisa menggunakan beberapa software di antaranya adalah putty atau Cmder. Kami sarankan untuk menggunakan software putty karena lebih mudah untuk penggunaannya bagi pemula. Silakan dapat di ikuti untuk panduannya step by stepnya.

Software Putty dapat di download di website resminya yaitu https://www.putty.org/ selanjutnya klik here untuk mendownload putty dengan update terbaru.

Setelah di download selanjutnya putty dapat di install di perangkat komputer atau laptop. Kemudian bisa di klik atau open untuk aplikasi putty tersebut.

Keterangan :

  1. Host Name ( or IP Address ) silakan ketik nama server atau ip server, contoh ( pringwulung.idweb.host atau 202.52.147.119 ) ini bisa di cek di info login cPanel yang di kirimkan ke email terdaftar pada saat order layanan hosting.
  2. Port silakan ketik untuk portnya 4422.
  3. Connection type silakan pilih SSH.
  4. Silakan klik Open.

kemudian akan muncul notifikasi PUTTY Securty Alert, silakan klik yes

Selanjutnya memasukan login SSH, untuk login yang di pergunakan sama dengan login ke cpanel.

Demikian panduan cara akses ssh di cPanel hosting semoga bermanfaat.

Masih bingung? Kamu bisa hubungi tim customer service terbaik kami melalui :