idwebhost Bikin Website Sekarang

Membangun Topical Authority Lewat Konten: Simak 5 Strategi Ini untuk Kuasai Niche Website

11 Sep 2024
Membangun Topical Authority Lewat Konten: Simak 5 Strategi Ini untuk Kuasai Niche Website campaign-unlimited

Pada artikel ini kita akan membahas berbagai strategi konten yang dapat Anda gunakan untuk membangun topical authority dan menjadi pakar andalan di niche topik website Anda. 

Apa Itu Topical Authority?

Topical Authority adalah tingkat pengakuan website atau content creator sebagai pakar dalam bidang atau topik atau niche tertentu. Niche adalah dalam konteks SEO adalah spesialisasi atau fokus utama dari sebuah website. 

Topical Authority itu seperti gelar “master” yang diberikan kepada sebuah ruangan. Sebuah ruangan (niche) dikatakan memiliki Topical Authority yang tinggi semua buku di dalamnya sangat lengkap, detail, dan ditulis oleh ahli di bidangnya. 

Sebuah website pasti memiliki topical authority dalam niche topik tertentu. Misalnya, website yang membahas tentang “hosting dan domain” bisa dikatakan memiliki Topical Authority yang tinggi dalam niche “hosting dan domain”. 

Niche yang spesifik akan lebih mudah dalam membangun Topical Authority. Agar suatu website memiliki topical authority harus mengaplikasikan strategi konten yang fokus pada niche topik website tersebut. 

Jadi ketika website menghasilkan konten yang mendalam dan berkualitas tinggi tentang niche tertentu, website tersebut mengukuhkan dirinya sebagai otoritas atau master pada topik tersebut. 

Cara Kerja dan Manfaat Topical Authority

Strategi Konten untuk Membangun Topical Authoroty

Topical Authority adalah faktor penting dalam strategi pembuatan konten karena membantu membangun kepercayaan dan keahlian website di mata Google. 

Mengutip pedoman penilai kualitas pencarian Google, tinggi atau rendahnya kualitas konten website dinilai berdasarkan tingkat “Experience, Expertise, Authority, Trustworthiness (EEAT)” yang sangat tinggi dan “reputasi website” yang sangat positif. 

Membangun otoritas yang ahli dalam suatu topik tertentu akan memberi sinyal keapda mesin pencari dan Google bahwa website Anda dapat dipercaya. Hal ini nantinya akan mengarah pada peningkatan peringkat website di Google, lebih banyak visibilitas, dan pengenalan brand website tersebut. 

Membangun Topical Authority juga dapat menghasilkan backlink yang lebih alami dan relevan, karena website lain mungkin ingin menautkan ke website Anda sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan, dan selanjutnya meningkatkan peringkat website di mesin pencari. 

Secara keseluruhan, memiliki  topical authority dapat membantu website membangun kehadiran online yang kuat, membangun kredibilitas, dan meningkatkan kinerja SEO-nya.

5 Strategi Konten untuk Membangun Topical Authority

Membangun topical authority adalah langkah strategis untuk memastikan upaya SEO Anda bukan sekedar omong kosong. Proses ini melibatkan beberapa langkah strategi konten yang bisa Anda terapkan seperti berikut ini:

1. Riset kata kunci

Melakukan riset kata kunci berdasarkan niche website Anda sangat penting. Hal ini bertujuan untuk memahami memahami kebutuhan dan minat audiens target Anda serta merencanakan konten efektif yang dapat membangun topical authority website Anda. 

Riset kata kunci bukanlah tugas satu kali. Ini adalah proses berkelanjutan yang perlu ditinjau secara berkala untuk mengikuti tren pencarian dan perilaku pengguna yang terus berkembang, serta perkembangan dalam bidang Anda sendiri.

Untuk itu, ada beberapa cara melakukan riset kata kunci untuk membangun membangun topical authority:

  • Tentukan segmen pasar Anda: pendekatan ini untuk memastikan bahwa riset kata kunci anda selaras dengan merek dan audiens Anda. 
  • Pikirkan target kata kunci: pertimbangkan topik utama yang ingin ditonjolkan pada konten Anda. Misalnya kata atau frase yang akan digunakan seseorang untuk menemukan informasi tentang topik ini. 
  • Gunakan Keyword Research Tools: Manfaatkan tool riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang relevan, misalnya Wordtracker, Semrush, Ahrefs, dan Google Keywords Planner. 
  • Analisis pesaing: Lihat halaman dengan peringkat teratas untuk kata kunci target Anda. Topik apa yang mereka bahas? Seberapa mendalam konten mereka? Cari gap kata kunci yang bisa Anda kulik pada konten Anda. 
  • Buat Kelompok Kata Kunci: Kelompokkan kata kunci Anda ke dalam kelompok berdasarkan topik terkait. Setiap kelompok akan menjadi dasar untuk konten.
  • Prioritaskan kata kunci Anda: Berdasarkan volume pencarian dan persaingan, prioritaskan kata kunci mana yang akan ditargetkan terlebih dahulu. Idealnya, Anda mencari kata kunci dengan popularitas tinggi tetapi persaingan rendah, yang dapat memberi Anda peringkat.
  • Buat rencana konten: Berdasarkan kelompok kata kunci Anda, buat rencana konten yang mencakup setiap topik secara mendalam.

2. Membuat konten berkualitas dan relevan

Konten berkualitas tinggi sangat penting untuk mendapatkan topical authority. Konten tidak hanya harus dioptimalkan untuk mesin pencari tetapi juga memberikan informasi berharga kepada pembaca. 

Anda harus menulis konten berkualitas yang relevan dengan topik Anda dan apa yang sebenarnya ingin dibaca oleh audiens Anda. Pertimbangkan juga EEAT saat membuat konten. Selain itu, pastikan untuk mencocokkan search intent pengguna saat merencanakan konten Anda.

Strategi Konten untuk Membangun Topical Authoroty

Backlink merupakan aspek penting strategi konten karena memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa konten Anda berharga dan dapat dipercaya. Backlink adalah cara terbaik sebuah website dalam membangun topical authority. 

Jika Anda ingin meningkatkan topical authority Anda melalui pembuatan tautan, penting untuk memastikan bahwa situs web yang menautkan ke Anda relevan. Relevansi adalah kuncinya.

Salah satu cara untuk membangun backlink adalah dengan metode skyscraper. Teknik yang dikembangkan oleh Brian Dean dari Backlinko ini adalah taktik membangun backlink SEO yang melibatkan pencarian konten kompetitif yang ditautkan ke situs lain. Hasilnya, backlink ini akan mendorong situs lain menautkan ke situs Anda. 

Dengan meningkatkan konten populer di niche Anda, Anda dapat “mencuri” backlink-nya (tautan dari situs lain). Dan mendapatkan lebih banyak tautan di masa mendatang.

4. Mengupdate Konten Lama Secara Konsisten

Mempertahankan relevansi dan topical authority bukanlah proses sekali jalan. Proses ini juga memerlukan pembaruan konten secara teratur dan konsisten mengikuti perkembangan di niche Anda. 

Jika konten Anda tetap diam, tidak ada pembaruan, maka website Anda berisiko kehilangan relevansi dan akibatnya nilai topical authority jadi menurun. 

Selain membuat konten baru, Anda harus meninjau ulang konten yang sudah ada dan menyegarkannya dengan informasi terkini. Lakukan riset kata kunci secara berkala untuk mempertahankan topical authority dan konten yang relevan. 

Pembaruan konten yang konsisten juga menjadi cara menaikkan traffic website, peningkatan peringkat website di mesin pencari, meningkatkan pengalaman pengguna, dan peluang backlink jadi lebih banyak. 

5. Media sosial

Tak bisa dipungkiri, media sosial adalah alat yang ampuh dalam lingkungan SEO dan strategi membangun topical authority dan domain authority. Meskipun link media sosial tidak secara langsung mempengaruhi peringkat mesin pencari, namun link tersebut dapat menaikkan traffic website, keterlibatan dan visibilitas merek. 

Untuk membangun topical authority dengan cara media sosial, Anda perlu membagikan konten Anda setiap kali menerbitkan konten baru atau optimasi konten lama, berinteraksi dengan audiens, menggunakan taggar yang relevan, mempromosikan konten yang dibuat pengguna, berkolaborasi dengan influencer, dan mengoptimalkan profil website Anda. 

Penutup

Topical Authority adalah ukuran otoritas dan keahlian website dalam niche atau topik tertentu. Topical authority membantu mesin pencari memahami konten tersebut dan memberi peringkat yang lebih baik untuk kata kunci yang terkait dengan topik.

Membangun topical authority yang efisien diperlukan strategi konten yang efektif. Ini bertujuan untuk meningkatkan traffic dan peringkat website di mesin pencari serta meningkatkan pengalaman audiens. 

Anda hanya perlu membuat konten berkualitas tinggi seputar bidang yang Anda kuasai, lalu tautkan konten-konten tersebut untuk meningkatkan topical authority. 

Praktik membangun topical authority harus Anda mulai dengan membeli web hosting. IDwebhost bisa menjadi jawaban jika Anda ingin membeli hosting murah unlimited dengan jaminan kecepatan, keamanan dan dukungan teknis 24/7. 

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024