idwebhost Bikin Website Sekarang

Apa Itu Spam Score? Cara Menghitung dan Efeknya ke Website

19 Sep 2024
Apa Itu Spam Score? Cara Menghitung dan Efeknya ke Website campaign-unlimited

Apa Itu Spam Score? Bukan sekedar angka, ini adalah metrik yang digunakan untuk menentukan seberapa “spammy” atau “spam-like” sebuah website di mata mesin pencarian Google 

Semakin tinggi Spam Score sebuah website, semakin besar kemungkinan website tersebut akan mengalami penurunan peringkat organik, penurunan traffic, dan bahkan risiko diblokir oleh mesin pencari. 

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik website dan praktisi digital marketing untuk memantau Spam Score secara berkala dan melakukan upaya untuk menurunkannya jika diperlukan.

Cara Menghitung Spam Score di Website

Spam score yang dikembangkan oleh Moz memiliki parameter khusus untuk mengukur kesehatan website. Dengan parameter ini, pemilik website dapat mengidentifikasi kesehatan website dengan melihat angka atau persentase skor spam, yaitu:

  • Skor 1%-30% dianggap sebagai Skor Spam Rendah
  • Skor 31%-60% dianggap sebagai Skor Spam Sedang
  • Skor 61%-100% dianggap sebagai Skor Spam Tinggi

Untuk menentukan skor spam suatu website di mesin pencarian Google diperlukan dibutuhkan alat spam score checker. Moz menjadi  alat mendeteksi skor spam yang paling banyak digunakan saat ini. 

Alat ini berfungsi untuk melakukan analisis terhadap berbagai faktor. Mulai dari penggunaan kata kunci yang berlebihan, tautan mencurigakan, konten berkualitas rendah, dan lain sebagainya.

Berikut ini cara menggunakan Moz untuk menghitung tingkat spam website Anda:

  1. Buka URL Moz
  2. Masukkan nama domain atau halaman website Anda di dashboard utama
  3. Lalu lanjutkan dengan mengklik “Analyze Domain”
  4. Lihat hasil spam pada bagian “Spam Score”. 
Apa itu Spam Score?

Semakin rendah nilai spam score website kamu, maka semakin tinggi kualitas website. Sebagai pemilik website, kamu harus menghindari skor spam di atas 13. Karena website atau domain dengan skor tersebut rentan terkena banned. 

Tips Menurunkan Spam Score yang Tinggi

Setelah mengetahui apa itu Spam Score, menghitung spam menggunakan spam score checker,  serta mengidentifikasi penyebab dan dampaknya terhadap reputasi website, kini saatnya kita belajar cara menurunkan spam score di website:

#1 Menggunakan SSL

Tips paling utama yang harus Anda lakukan untuk menurunkan spam score adalah pastikan website Anda sudah diinstal fitur keamanan SSL. SSL (Secure Socket Layer) ini merupakan sertifikat yang berfungsi mengenkripsi data yang dikirim pengguna ke klien dan sebaliknya. 

Melalui enkripsi, informasi atau data tidak dapat dibaca atau diubah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pemasangan SSL akan mengubah protokol website dari HTTP ke HTTPS. 

Artinya, website yang sudah diinstal SSL akan lebih aman dibandingkan URL yang masih menggunakan HTTP. SSL ini menjadi faktor penting yang dipertimbangkan Google dalam menentukan peringkat di hasil pencarian Google. 

#2 Hindari Top Level Domain yang Diduga Spam

Banyak yang belum tahu bahwa tidak semua top level domain (TLD) itu bagus. Kenapa? Ada beberapa TLD yang dianggap spam oleh Google, misalnya CLIZ, .DOWNLOAD, .STUDY, .SCIENCE, .GDN, .SURF, .TOP. 

Untuk website bisnis, gunakan salah satu ekstensi domain unik yang bagus sebagai strategi digital marketing bisnis Anda. 

Selain itu, mengatasi skor spam yang tinggi adalah dengan memperhatikan pemilihan nama domain dan panjang domain. Hindari penggunaan frasa kata kunci pada nama domain dan perhatikan panjang pendeknya nama domain. 

#3 Bedah URL di Website

Menurunkan score spam juga bisa dengan cara membedah URL pada website tersebut. Biasanya, sebuah website terdiri dari beberapa halaman dengan URL tersendiri. Dengan membedahnya, Anda bisa mengetahui apakah URL setiap halaman website memiliki reputasi baik atau tidak. 

Perhatikan juga penulisan di setiap URL. Jika Anda menemukan URL yang tidak memenuhi syarat, sebaiknya cabut URL dan menggantinya dengan yang lebih relevan. 

Apa itu Spam Score?

#4 Buat Konten Berkualitas dan SEO

Bagi dunia digital marketing, konten adalah segala-galanya. Membuat konten berkualitas untuk website Anda dapat menjaga skor spam tetap rendah. 

Untuk memulainya, buatkan konten yang orisinal sebelum dibagikan kepada audiens. Gunakan backlink berkualitas sebagai referensi. Dua cara ini dianggap langkah termudah untuk meningkatkan kualitas website. 

Selain itu, tinjau website anda untuk mencari konten yang kurang berbobot atau berkualitas rendah. Anda bisa menghapusnya atau mengoptimasinya dengan konten yang lebih bernilai dan informatif. 

Pastikan, konten yang Anda buat mematuhi praktik terbaik SEO, termasuk:

  • Menggunakan tag judul dan deskripsi meta yang tepat
  • Penggunaan header yang tepat (H1, H2, dll.)
  • Mengoptimalkan gambar dengan teks alt
  • Memastikan situs Anda ramah seluler

#5 Hindari Kata Kunci Berlebihan

Penggunaan kata kunci yang berlebihan dapat membuat konten Anda tampak manipulatif dan mengakibatkan skor spam yang lebih tinggi. Fokus pada integrasi kata kunci alami, gunakan sinonim dan istilah terkait jika sesuai.

Jadi, pastikan tidak ada terlalu banyak kata kunci yang dapat menimbulkan kesan spam dan buat judul meta dan deskripsi meta yang tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.

#6 Perhatikan Dofollow dan Nofollow

Anda juga perlu memperhatikan rasio penggunaan link dofollow dan nofollow. Beberapa sumber menyatakan bahwa akan lebih baik jika tautan dofollow lebih banyak daripada tautan nofollow. Hal ini memungkinkan Anda memiliki website yang sehat

Akan tetapi, Anda tidak dapat menggunakan ini sebagai patokan khususnya untuk afiliasi yang harus memasukkan tautan nofollow ke website lain.

Ciri-Ciri Website yang Dianggap Spam

Menurut Moz, nilai spam yang tinggi pada website bukan berarti website tersebut berisi spam. Namun Anda tetap harus melakukan penelitian lebih lanjut terhadap kualitas dan relevansi website tersebut. 

Selain memastikan nilai spam website  tersebut rendah dengan menghitungnya memakai spam score checker, Anda juga harus memahami apa saja ciri-ciri website yang dianggap spam.

  • Nama domain hanya memiliki beberapa halaman web
  • Panjang nama domain dan subdomain seperti nama di website  spam
  • Tidak ada pengelola tag Google
  • Tidak ada iklan double-click yang tersedia
  • Website tidak memposting informasi kontak seperti nomor telepon
  • Tidak ada alamat pengelola atau pemilik website
  • Website tersebut tidak aman, dibuktikan dengan tidak ada awalan HTTPS pada URL
  • Nama domain menggunakan lebih dari satu tanda hubung
  • Vokal dan konsonan berurutan dalam nama domain
  • URL website sangat panjang
  • Deskripsi meta terlalu panjang atau terlalu pendek
  • Judul halaman sangat pendek atau sangat panjang
  • Tidak menggunakan favicon
  • Tidak ada piksel pelacakan Facebook
  • Jumlah tautan eksternal dianggap tidak masuk akal
  • Rasio yang tidak masuk akal antara jumlah tautan dengan jumlah teks dalam konten

Dampak Spam Score Tinggi pada Website

Spam score yang tinggi berpotensi merusak peringkat website Anda. Saat audiens mencari informasi dan website bisnis Anda, kemungkinan besar website tersebut tidak akan muncul di halaman pertama SERP. 

Bukan tidak mungkin, Google bakal memberikan sanksi kepada website Anda karena melanggar Pedoman Dasar Penelusuran dan spam. Akibatnya, website hanya mendapatkan lalu lintas organik yang rendah. 

Dalam konteks digital marketing, Anda membutuhkan lalu lintas organik ini untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke website Anda dalam jangka panjang. Lalu lintas organik yang tinggi juga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis anda secara online. 

Oleh karena itu, menurunkan spam score website Anda sangat penting untuk mendongkrak traffic organik website Anda dan meraih kesuksesan jangka panjang. 

Penutup

Memahami apa itu score spam dan mengelola nilai spam pada website Anda adalah aspek krusial dalam dunia digital marketing. Pasalnya, ini menjadi salah strategi dalam menjaga kesehatan website yang berperforma baik dalam peringkat mesin pencarian Google. 

Spam score website  Anda merupakan metrik penting untuk dilacak. Skor spam yang tinggi dapat mengakibatkan penalti dari mesin pencari, yang menyebabkan lalu lintas organik yang lebih rendah dan lebih sedikit prospek yang mengetahui tentang bisnis Anda.

Praktik spam score terbaik adalah dengan Anda memiliki website sendiri. Dengan web hosting IDwebhost, Anda bisa membangun website berkualitas tinggi yang aman dari spam dan mudah dikelola.

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024