Kenali Fungsi RAM untuk Kinerja Perangkat yang Optimal!

8 Feb 2024
Kenali Fungsi RAM untuk Kinerja Perangkat yang Optimal! campaign-unlimited

Sebagai pengguna perangkat elektronik seperti PC, smartphone, dan laptop, kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah RAM. Ini merupakan salah satu komponen penting dalam gadget. Namun, sudahkah kamu mengenal apa saja fungsi RAM? Mengapa RAM berpengaruh pada kecepatan kerja perangkat?

Setiap perangkat memiliki RAM dengan kapasitas yang berbeda-beda. Umumnya, perangkat dengan kapasitas RAM yang besar dibanderol dengan harga yang lebih mahal di pasaran. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan performa sistemnya yang lebih baik. Apakah benar demikian?

Untuk mengetahui selengkapnya tentang RAM dan cara kerjanya, mari simak artikel ini, ya! Selamat membaca!

Apa Itu RAM?

RAM singkatan dari Random Access Memory, yang merupakan sebuah hardware dalam perangkat laptop, PC, dan smartphone. Fungsi RAM adalah sebagai lokasi penyimpanan sementara, yang diperlukan oleh sistem prosesor komputer untuk menjalankan aplikasi maupun membuka file.

RAM juga sering disebut sebagai memori jangka pendek komputer. Hal ini dikarenakan kegunaannya, yang hanya menyimpan instruksi program sementara, sebelum meneruskannya ke hard disk. Instruksi program tersebut selanjutnya diteruskan ke hard disk untuk diproses dan disimpan secara permanen.

Kapasitas RAM dapat mempengaruhi performa kerja perangkat. Dengan kapasitas yang besar, RAM dapat memproses data maupun menjalankan program dengan lebih cepat. Alhasil, perangkat dengan kapasitas RAM yang besar lebih minim gangguan dan loading yanglama.

Fungsi RAM

Jika dijelaskan dengan lebih detail, RAM memiliki banyak kegunaan dalam mendukung proses pengoperasian gadget. Adapun beberapa fungsi RAM yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Membaca Data

RAM berperan penting dalam membaca data terkait dengan aplikasi atau program yang sedang kamu akses pada perangkat. Saat sebuah program dijalankan, RAM akan membaca instruksi dan menyimpannya. Dengan demikian, saat kamu akan membukanya lagi, kamu dapat mengaksesnya dengan lebih cepat.

2. Sebagai Tempat Penyimpanan Sementara

Ini merupakan fungsi utama dari RAM. Fungsi ini memungkinkan RAM untuk menyimpan data sementara sebelum meneruskannya menuju CPU untuk diproses lebih lanjut.

Proses pengolahan data melalui RAM akan berlangsung sangat cepat apabila kapasitas RAM cukup besar. Namun, jika kapasitasnya terbatas, kinerja perangkat dapat terhambat atau bahkan mengalami error.

3. Mendukung Penggunaan Multitasking

Apakah kamu sering mengakses beberapa media sosial sambil memutar musik di aplikasi? Ketahuilah bahwa hal ini memungkinkan berkat fungsi RAM yang mendukung multitasking. RAM memungkinkan kamu untuk menjalankan lebih dari satu program pada gadget, baik komputer maupun smartphone.

Semakin besar kapasitas dari RAM, maka kamu bisa melakukan multitasking dengan lebih lancar. Namun, jika kapasitas RAM terbatas dan aktivitas perangkat banyak, perangkat kamu mungkin akan mengalami masalah berupa hang atau freeze.

Jenis-jenis RAM

Usai membahas fungsi RAM, kali ini kami akan menjelaskan jenis RAM. Berikut adalah jenis-jenis RAM yang banyak digunakan saat ini:

1. DDR RAM

Jenis yang pertama adalah DDR RAM atau Double Rate Random Access Memory. Ini adalah RAM yang mempu memproses dua instruksi dalam satu waktu yang sama. RAM ini banyak digunakan pada perangkat laptop, sebab memiliki kapasitas 184 pin yang mampu menghemat daya listrik.

2. SD RAM

SD RAM atau Synchronous Dynamic Random Access Memory adalah jenis RAM yang mampu menampung data hingga 1 GB. Jenis RAM ini mempunyai kecepatan yang cukup tinggi, yaitu mencapai 100 sampai 133 Mhz. RAM ini diletakkan pada slot DIMM/SDRAM, dengan ciri-ciri berupa dua celah pada bagian kakinya.

3. RD RAM

RD RAM atau Rambus Dynamic Random Access Memory adalah jenis RAM yang umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal, dibandingkan dengan SD RAM. Jenis RAM ini memiliki performa yang lebih cepat dengan slot memori mencapai 184 pin.

4. EDO RAM

EDO RAM atau Extended Data Out Random Access Memory merupakan jenis RAM yang memiliki kemampuan membaca dan transfer data lebih cepat dibandingkan kebanyakan RAM lainnya. Kecepatan EDO RAM mampu mencapai lebih dari 66 Mhz, dengan slot memori 72 pin.

5. D RAM

Dynamic Random Access Memory adalah jenis RAM yang disegarkan oleh CPU secara berkala. RAM ini memiliki kecepatan di atas EDO RAM namun tidak lebih cepat daripada SRAM.

6. S RAM

SRAM atau Static Random Access Memory adalah jenis RAM yang memiliki kecepatan di atas D RAM dan SD RAM. Jenis RAM ini mampu menyimpan data dan memproses program tanpa harus mendapatkan penyegaran dari CPU.

Bagaimana Cara Kerja RAM?

Dari fungsi RAM yang sudah dibahas di atas, sebenarnya sudah bisa dilihat gambaran besar dari kerja RAM. Singkatnya, RAM bekerja sebagai memori jangka pendek yang membantu prosesor untuk memproses data.

Katakanlah kamu sedang berada di sebuah pusat perbelanjaan. Kamu mungkin membutuhkan daftar belanja yang dapat membantumu untuk mengetahui apa saja barang yang perlu kamu beli. Tanpa adanya daftar belanja, kamu akan kesulitan untuk berbelanja.

Kurang lebih, seperti itulah kerja RAM. Sebagai memori jangka pendek, RAM menyediakan penyimpanan data dan instruksi program sementara, sebelum dilanjutkan menuju CPU. Sebagai contoh, kamu ingin streaming film dengan internet. Saat itu juga, CPU akan memerlukan data-data untuk menjalankan aplikasi.

RAM akan bertindak sebagai penyimpanan sementara untuk memuat data yang diperlukan CPU. Berikutnya, CPU akan menggunakan RAM untuk melakukan tugas kompleks, sesuai dengan instruksi yang kamu berikan.

Kecepatan RAM akan menentukan kecepatan pengolahan data pada CPU. Bahkan, akan lebih baik jika kapasitas RAM lebih besar daripada kapasitas penyimpanan disk drive komputer. Dengan RAM yang cepat, aliran data ke CPU akan lebih lancar sehingga waktu loading semakin singkat.

Akan tetapi tidak semua perangkat membutuhkan kapasitas RAM yang besar. Kapasitas RAM dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan perangkat. Untuk kebutuhan tugas sederhana, seperti berkirim email dan menonton video, kapasitas RAM ideal yang dibutuhkan adalah 4 GB.

Berbeda lagi dengan kebutuhan mengedit foto atau bermain game online. Untuk dapat melakukan tugas demikian, RAM yang harus dimiliki perangkatmu setidaknya memerlukan besar kapasitas 12 GB dengan upgrade secara bertahap.

Sementara, bagi pengguna profesional, seperti editor dengan aplikasi yang berat seperti Photoshop, kapasitas RAM yang diperlukan setidaknya 32 GB. Kapasitas ini bahkan juga memungkinkan kamu untuk memainkan berbagai game online dengan kualitas fps yang baik.

Sekian dulu penjelasan kami tentang fungsi RAM, jenis-jenis, dan cara kerjanya. Setelah membaca artikel kami ini, pastikan untuk mulai menyesuaikan kapasitas RAM sesuai dengan kebutuhanmu, untuk performa perangkat yang maksimal.

Tingkatkan juga kecepatan websitemu dengan layanan hosting IDwebhost, yuk! Mulai dari Rp 120 ribuan per bulan, kamu bisa mendapatkan SSD Disk hingga 30 GB. Layanan Virtual Private Server hosting kami bahkan mendukung kecepatan website yang maksimal dengan unmetered bandwidth. Tunggu apalagi? Cek promonya sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022