YouTube Down, Pengguna Tidak Bisa Mengaksesnya
Blog Tips Keren

YouTube Down, Pengguna Tidak Bisa Mengaksesnya

YouTube Down pernah terjadi beberapa waktu silam, tepatnya pada tangga 17/10/2018. Dimana pada saat itu, masalah YouTube Down ini begitu banyak menggemparkan orang-orang di seluruh dunia. Pasalnya, semua orang tahu bahwa YouTube adalah sebuah media yang tepat untuk mengakses video dan juga informasi lainnya yang ada didalamnya. Pada dasarnya, untuk bisa mendapatkan informasi secara visual dan audio, tentu saja ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan didalamnya.

Di sinilah anda akan bisa membayangkan sendiri apa jadinya jika YouTube Down ini sampai terjadi. Tentu yang akan gempar tidak hanya di wilayah anda saja, tapi juga di berbagai wilayah yang ada di seluruh dunia pun juga akan turut serta dalam merasakan kegemparannya. Hal tersebut seiring dengan berhentinya layanan streaming video selama beberapa saat yang tentunya akan mengganggu user experience dari pengguna itu sendiri.

Selain itu, hal ini juga akan menjadi pekerjaan rumah yang utama bagi perusahaan tersebut supaya masalah YouTube Down tidak sampai terjadi lagi di kemudian hari. Masalah error ini terjadi pada saat membuka situs tersebut, baik itu melalui PC ataupun melalui media lainnya. Kemudian, beberapa saat kemudian, problematika ini pun juga semakin menjalar dimana video terkait ternyata tidak bisa ditayangkan pula di berbagai tempat, mulai dari di Smartphone, Tablet dan juga berbagai perangkat lainnya.

Skala Data Mengenai Masalah YouTube Down

 

YouTube Down, Pengguna Tidak Bisa Mengaksesnya
idwebhost.com

 

Jika dipersentasekan ada begitu banyak yang melaporkan telah mengalami masalah dalam hal ini. Sejumlah orang mulai melaporkan user experience yang dialaminya pada saat mengakses video itu sendiri. Di sini ada sebanyak 51 persen orang yang merasakan kesulitan dan tidak bisa menonton video tersebut. Kemudian ada sebanyak 32 persen orang yang tidak bisa masuk ke halaman YouTube itu sendiri. Dan sisanya sebanyak 16 persen mengakui tidak bisa melakukan Login saat membuka halaman terkait. Ada sebuah notifikasi berupa 500 Internal Server Error yang muncul dan ini menjadi pertanda YouTube Down itu sendiri. Tentu masalah yang satu ini seharusnya tidak boleh sampai terjadi. Pasalnya, hal ini jelas akan mengancam kenyamanan pengguna yang ada didalamnya. Pengguna pada dasarnya ingin supaya bisa menonton video dengan nyaman. Tapi akibat peristiwa ini, semuanya pun menjadi terganggu.

Sejumlah negara pun juga merasakan laporan dan dampak yang sama. Berbagai social media pun turut serta dalam melaporkan adanya problem pada layanan ini, khususnya di Twitter yang mana melaporkan adanya kerusakan dan permasalahan YouTube Down tersebut. Meski pada akhirnya secara resmi tim YouTube mengkonfirmasi bahwa memang ada sejumlah issues yang terjadi sehingga error itu bisa terjadi. Pihak terkait juga mengutarakan terima kasih kepada orang-orang yang telah melaporkan mengenai hal ini sehingga problem lebih lanjut bisa diatasi sejak dini. Hal tersebut tentu akan memberikan dampak signifikan yang ada didalamnya.

Berbagai negara yang ada di dunia pun juga melaporkan problematika yang sama didalamnya. Dimana mereka melaporkan tidak bisa menonton video terkait yang ada didalamnya. Sejumlah negara yang melaporkan permasalahan satu ini antara lain adalah Singapura, Thailand, Filiphina dan juga Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa beberapa negara tersebut menyumbang traffic cukup banyak dalam membuka halaman YouTube ini.

Hingga Saat Ini Pihak YouTube Masih Belum Tahu Penyebab Situs Down Tersebut

 

YouTube Down, Pengguna Tidak Bisa Mengaksesnya
idwebhost.com

 

Sampai sekarang pihak YouTube sendiri masih belum mengetahui apa penyebab utama dari situs yang mengalami down tersebut. Sudah pasti hal ini memang adalah sesuatu yang sigifikan. Jika tahu penyebabnya maka masalah serupa kemungkinan akan bisa dihindari di kemudian hari. Sudah pasti permasalahan situs yang bermasalah tersebut akan bisa terjadi kapan saja. Jika semua itu bisa diatasi dengan mudah dan tepat, tentu hal serupa akan bisa terhindarkan didalamnya.

Meski demikian, dampak dari YouTube Down ini masih saja menjadi sesuatu yang layak diperhatikan. Kenapa? Karena pada dasarnya ada banyak sekali hal-hal yang perlu diketahui didalamnya. Intinya adalah semua orang pun mendapatkan masalah user experience. Di sisi lain, ada juga kemungkinan ini disebabkan oleh hacker atau bug yang tak terdeteksi didalamnya. Ini juga bahkan membuat sejumlah pengguna social media ramai-ramai menggunakan tagar #YouTubeDown yang mana menggambarkan bagaimana kondisi situs tersebut saat ini.

Dengan kata lain, adanya problem YouTube Down ini juga pastinya memberikan dampak signifikan didalamnya. Bisa dilihat bagaimana masalah YouTube tersebut begitu dirasakan efeknya oleh orang-orang. Pasalnya, mereka pun juga merasa bahwa kemudahan akses yang didapatkan di website video streaming ini hilang begitu saja dalam sekejap. Permasalahan tersebut tentu menjadikan hal ini sebagai sesuatu yang pastinya diharapkan tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Situs Dengan Traffic Tinggi Rentan Mengalami Masalah

Pada dasarnya, masalah YouTube Down ini juga bukan hanya kali ini saja. Pasalnya, juga ada sejumlah website social media lain seperti Instagram yang juga merasakan masalah serupa. Dari sini Instagram pun juga pernah mengalami masalah Down. Begitu juga dengan WhatsApp yang juga merasakan hal yang sama didalamnya. Tentu saja ini akan menjadikan masalah tersebut terus berlalu dan pada akhirnya harus segera dilakukan antisipasi yang memadai didalamnya. Ada sejumlah selebgram yang juga telah melaporkan hal ini dan sudah pasti diperlukan penerapan yang tepat agar masalah serupa tidak sampai terjadi lagi di kemudian hari.

 

YouTube Down, Pengguna Tidak Bisa Mengaksesnya
idwebhost.com

 

Sebetulnya, dari problematika YouTube Down tersebut juga bisa disimpulkan bahwa tidak ada satupun website dan layanan yang sempurna. Tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal tersebut juga yang menjadikan layanan tersebut memang layak disebut sebagai sesuatu yang baik atau butuh peningkatan. Tapi secara overall memang dalam sebuah layanan yang ramai akan traffic, tentu ada beberapa kendala yang sebetulnya tidak bisa dihindarkan.

Baca Juga: Panduan Lengkap: Belajar Coding Untuk Pemula

Dengan kata lain, YouTube Down juga akan bisa memberikan dampak signifikan pada pengguna. Yang mana awalnya mereka bisa mengakses semuanya dengan mudah dan tepat, tapi pada akhirnya mereka pun juga mendapatkan masalah didalamnya. Intinya adalah bagaimana caranya supaya problematika tersebut bisa segera diatasi dengan mudah didalamnya.

Kesimpulan

Maintenance dan peningkatan pelayanan secara konsisten memang harus dilakukan agar bisa mendeteksi berbagai masalah yang berpotensi timbul didalamnya. Hal tersebut juga akan menyediakan sesuatu yang lebih tepat dan signifikan lagi. Intinya adalah bagaimana caranya agar anda bisa mendapatkan sesuatu yang amat sangat bisa diandalkan didalamnya. Ketika hal ini terjadi YouTube Down misalnya, maka pihak terkait harus sudah siap dan siaga. Tapi untungnya kini masalah tersebut sudah ditemukan solusinya dan hingga detik ini pengguna masih bisa menggunakan layanan yang terdapat pada YouTube. Anda juga sudah bisa mengakses semua layanan dan mencari video streaming yang diinginkan, serta mendapatkan update-nya tepat waktu.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.