Hal-hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Pada WordPress
Blog Tips Keren Hal-hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Pada WordPress

Hal-hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Pada WordPress

Bagi sebagian orang menggunakan wordpress untuk pertama kalinya akan dapat menyebabkan kebingungan. Apalagi jika Anda tidak mempunyai pengalaman dalam membuat sebuah website. Selain itu juga karena kurangnya pengalaman juga bisa menyebabkan Anda mengalami beberapa kesalahan ketika mengelola sebuah wordpress. Sehingga agar Anda terhindar dari kesalahan dalam mengelola wordpress, Anda perlu tau hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada wordpress.

Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Pada WordPress, Kesalahan dalam Memilih Platform

yang sebaiknya tidak dilakukan pada wordpressMenjadi salah satu kesalahan yang sering dialami oleh para pemula dalam mengelola wordpress adalah tidak bisa membedakan mana yang wordPress.com dan juga WordPress.org. Seperti yang diketahui, kedua platform tersebut merupakan platform website gratis yang berasal dari wordpress. Tetapi yang membedakan adalah fitur yang ditawarkan dari masing-masing platfrom, perbedaannya juga bisa dikatakan jauh.

Untuk lebih jelasnya, pada platform WordPress.com Anda tidak akan dibebaskan dalam memilih ekstensi domain. Sehingga pada nama domain Anda nantinya akan diikuti dengan embel-embel seperti berikut ini: www.namadomainmu.wordpress.com. Penjelasan kedua, Anda tidak akan bisa jika ingin memasang iklan pada wordpress.com. Penjelasan selanjutnya, Anda tidak akan bisa memasang plugin apa saja pada wordpress.com.

Dari ketiga poin diatas, kesimpulannya adalah jika Anda menggunakan wordpress.com bukan merupakan pilihan yang tepat, apalagi jika Anda ingin mendapatkan uang dari website yang Anda miliki. Karenanya memang banyak aturan yang akan membatasi kreativitas Anda. Anda dapat memilih wordpress.org merupakan pilihan terbaik jika ingin membuat sebuah website yang bebas. Karena akan jauh lebih bisa berkreasi dan bisa dengan bebas memilih ekstensi domain sampai Anda bisa memasang iklan.

Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Pada WordPress, Tidak Memperhitungkan biaya yang dikeluarkan

Seperti yang kita tahu bahwa wordpress.org merupakan salah satu platform yang tersedia gratis. Tetapi, Anda juga akan memerlukan biaya, untuk kebutuhan dalam menyewa hosting dan juga membeli domain. Meskipun demikian, Anda juga tidak bisa asal-asalan jika akan membeli baik domain maupun hosting. Sehingga Anda juga harus mempertimbangkan seberapa banyak biaya yang akan Anda keluarkan sehingga tidak akan membebani Anda.

Hal pertama yang dapat membantu Anda dalam menghemat biaya dalam membuat sebuah website adalah dengan memilih hosting dengan harga yang terjangkau dan juga berkualitas. Anda juga bisa membandingkan layanan hosting yang diberikan, harga dan juga fasilitas yang ditawarkan. Kembali lagi, apakah fasilitas yang diberikan sudah sesuai dengan budget yang Anda keluarkan.

Contohnya, di IDWebhost, Anda dapat membeli wordpress hosting yang nantinya akan mendapatkan domain gratis. Tidak hanya itu, Anda juga nantinya akan mendapatkan SSL gratis dalam jangka waktu yang lama dan juga bandwith yang unlimited.

Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Pada WordPress, Kesalahan Dalam Memilih Tema

yang sebaiknya tidak dilakukan pada wordpress

Kegiatan dalam memilih tema bisa jadi hal yang paling melelahkan untuk Anda. Hal ini dikarenakan Anda akan dihadapkan oleh ribuan tema yang hanya dapat memilih salah satu tema dari daftar yang ada. Sebenernya untuk tema wordpress yang cocok akan berbeda dengan pilihan semua orang. Karena selera orang tidak ada yang sama. Tetapi ada setidaknya empat hal yang harus Anda ketahui ketika sedang memilih tema wordpress:

  • Pilihlah tema yang kompatibel bagi semua perangkat yang digunakan. Mulai dari desktop, tablet dan juga mobile.
  • Pilihlah tema yang mudah dikustomisasi
  • Carilah tema yang sifatnya kompatibel dengan sejumlah plugin yang penting.
  • Pilihlah tema yang tidak menjadikan loading pada website Anda menjadi lambat.

Keempat kriteria diatas akan dapat membantu Anda menentukan tema yang sudah pasti akan mendukung performa dari website Anda. Sehingga, apapun yang menjadi selera Anda dalam menentukan tema wordpress, maka pilihlah sesuai dengan keempat kriteria yang sudah disebutkan.

  1. Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Pada WordPress, Melakukan Instalasi Plugin Sembarangan

Dengan adanya plugin memang akan memudahkan Anda dalam membantu menambahkan berbagai fitur yang ada di website. Tetapi bukan berarti Anda bisa bebas memasang plugin yang ada di wordpress. Karena dengan sembarangan memasang plugin akan berakibat fatal yang berdampak langsung pada website yang sedang Anda kembangkan. Berikut ini adalah hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih plugin:

  • Lakukan instalasi plugin yang berasal dari direktori resmi wordpress.org. Jika Anda ingin memasang plugin yang berasal dari pihak ketiga, Anda harus memastikan bahwa penyedia plugin mempunyai reputasi yang bagus.
  • Lihatlah review plugin yang berada dikolom review WordPress.org yang berada di berbagai forum. Maka Anda juga akan dapat mengetahui bagus dan tidaknya plugin yang nantinya akan Anda pakai.
  • Hindari untuk menggunakan plugin nulls. Seperti yang Anda tahu bahwa plugin nulled memang menggiurkan. Anda juga bisa mendapatkan fitur yang premium dengan harga yang murah atau gratis. Tetapi, plugin nulled membawa resiko yang dapat membahayakan website Anda.

Mengubah Domain Secara Bebas

yang sebaiknya tidak dilakukan pada wordpress

Jika Anda pertama kali dalam membuat website, Anda memungkinkan belum terlalu serius dan sembarangan dalam memilih domain. Sehingga dikemudian hari, Anda berkeinginan untuk mengubah nama domain yang sudah Anda gunakan ke nama domain yang jauh lebih layak. Sebenarnya Anda bisa dan sah-sah saja untuk mengganti nama domain yang Anda gunakan, dengan mengikuti metode yang tepat. Karena jika Anda secara sembarangan mengganti nama domain akan dapat merugikan Anda. Hal fatal lainnya adalah bisa menyebabkan kehilangan traffic yang sudah didapatkan pada domain sebelumnya.

Cara agar Anda dapat mengganti domain tanpa harus kehilangan traffic adalah dengan menggunakan Redirect 301.

Asal Memasukan Kode Snippet pada File Tema

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada wordpress adalah dengan menambahkan kode snippet pada file functions.php tema WordPress yang akan Anda gunakan. Perlu diketahui bahwa file functions.php bukan merupakan tempat ideal yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan berbagai macam kode snippet.

Hal ini dapat mengakibatkan modifikasi yang Anda lakukan sebelumnya akan hilang ketika Anda mengganti tema tersebut dengan tema yang lain. Sehingga sebaiknya yang Anda lakukan adalah dengan menambahkan kode yang ada pada functions file hanya pada saat Anda akan mengganti hal khusus yang ada pada tema tersebut  bukan menambahkan kode snippet.

Melakukan Edit Function File pada Admin Area

yang sebaiknya tidak dilakukan pada wordpress

Seperti yang kita tahu bahwa wordpress memang menyediakan berupa fitur editor tema atau plugin. Fitur tersebut akan memudahkan Anda dalam melakukan edit kode pada plugin atau teman yang sedang Anda gunakan. Tetapi fitur tersebut tidak direkomendasikan, apalagi untuk pemula.

Jika Anda mengalami error ketika sedang mengedit kode plugin atau tema, akibat fatal yang terjadi adalah Anda bisa saja terkunci dari dashboard WordPress. Namun, kesalahan tersebut bisa Anda hindari dengan cara menonaktifkan fitur editor yang ada pada tema maupun plugin.

Demikian merupakan hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada wordpress Anda. Sehingga dengan menghindari hal tersebut, Anda akan dapat meningkatkan kinerja blog atau pun website yang Anda miliki. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.