Yandex Adalah: Pengertian, Produk Layanan, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menggunakannya

19 Okt 2023
Yandex Adalah: Pengertian, Produk Layanan, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menggunakannya campaign-unlimited

Pernah penasaran dengan macam-macam search engine? Meskipun Google kini sangat mendominasi pasar, bukan berarti tidak ada mesin pencari hebat lainnya lho. Yandex adalah salah satu mesin pencari dengan fungsi serupa seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Menurut data Statcounter, Yandex bahkan menjadi mesin pencari nomor tiga paling populer setelah Google dan Bing, dengan market share sebesar 1.49%. Hmm, jadi penasaran apa saja keunggulan dari Yandex. Mari ketahui lebih dalam di pembahasan berikut ini!

Apa Itu Yandex?

Yandex adalah sebuah perusahaan asal Rusia yang memiliki search engine sebagai produk paling populernya. Meskipun mungkin banyak dari kamu yang asing dengan mesin pencari ini, Yandex  cukup populer di Rusia dan beberapa negara di Asia Timur.

Perusahaan Yandex bergerak di bidang produk dan jasa terkait internet. Hingga saat ini, Yandex dikatakan sebagai perusahaan teknologi terbesar di Rusia. Terlepas dari mesin pencarinya, Yandex atau Yet Another Indexer, juga menawarkan sejumlah produk dan layanan lain.

Produk dan Layanan Yandex

Yandex menawarkan sejumlah produk dan layanan yang dapat diakses secara online. Adapun beberapa produk dan layanan Yandex adalah sebagai berikut ini:

  • Yandex Search. Ini merupakan mesin pencari layaknya Google dan Bing. Selain dapat digunakan dalam beberapa pilihan bahasa, mesin pencari ini juga dapat menampilkan hasil pencarian menurut lokasi geografis pengguna.
  • Yandex Browser. Yandex browser adalah peramban web yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Dengan browser ini, kamu tetap bisa menggunakan mesin pencari lain atau menggunakan Yandex Search.
  • Yandex Video. Ini adalah platform streaming video yang menyediakan akses ke berbagai konten video, termasuk film, acara TV, dan lainnya.
  • Yandex Images. Layaknya Google Image, Yandex Images adalah mesin pencari berbasis gambar. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin mencari referensi karya visual.
  • Yandex Translate. Yandex Translate adalah layanan penerjemahan online yang bisa mendukung banyak pilihan bahasa. Kamu dapat menerjemahkan dalam format gambar, teks, maupun suara. Hasil terjemahannya pun bisa didapatkan, baik dalam bentuk teks maupun suara.
  • Yandex Mail. Ini merupakan layanan email Yandex yang memungkinkan kamu untuk mengelola email dengan antarmuka web atau mobile app.
  • Yandex Disk. Yandex juga menyediakan layanan penyimpanan berbasis awan, yang disebut dengan Yandex Disk. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengelola file secara online.
  • Yandex Ads. Ini merupakan platform iklan untuk membuat kampanye iklan online, layaknya Google Ads. Platform ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis dan berbagai brand ternama untuk meningkatkan visibilitas online.

Kelebihan dan Kekurangan Yandex

Usai membahas berbagai produk dan layanannya, kini kami jelaskan apa saja keunggulan dan kelemahan Yandex. Mari ikuti pembahasan selengkapnya berikut!

1. Kelebihan Yandex

Sebagai mesin pencari yang cukup populer di Rusia dan berbagai negara di Asia Timur, Yandex tentu memiliki beberapa hal yang membuatnya lebih unggul. Adapun beberapa kelebihan Yandex adalah sebagai berikut:

  • Fitur yang lengkap. Yandex menawarkan banyak fitur yang dapat mendukung berbagai pekerjaan online. Misalnya seperti pencarian web, penerjemahan teks, penyimpanan awan, dan banyak lainnya.
  • Dibekali dengan teknologi location-based search. Teknologi location-based search Yandex Imemungkinkan pencarian berbasis lokasi yang sangat akurat. Dengan begitu pengguna bisa mendapatkan hasil yang lebih relevan berdasarkan lokasi geografisnya. Teknologi ini sangat berguna untuk membantu menemukan layanan restoran, toko, atau transportasi dalam area tertentu.
  • UI yang sederhana. Yandex mempunyai antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan. Ini membantu pengguna, terutama bagi awam, untuk menavigasi dan menggunakan produk dan layanan Yandex dengan mudah.
  • Kemampuan bahasa Rusia yang lebih andal. Sebab asal mula Yandex adalah di Rusia, layanan ini memiliki kemampuan bahasa Rusia yang sangat andal. Pengguna dapat melakukan pencarian atau penerjemahan dalam bahasa Rusia dengan pemahaman konteks lokal yang sangat baik.

2. Kekurangan Yandex

Layaknya produk teknologi lain, Yandex juga memiliki sejumlah kelemahan. Adapun beberapa kelemahan Yandex adalah sebagai berikut yang dimaksud:

  • Algoritma web crawler yang belum canggih. Walaupun memiliki kemampuan pencarian yang solid, algoritma web crawler-nya terbilang belum secanggih yang dimiliki oleh pesaing internasional seperti Google. Keterbatasan kemampuannya ini berdampak pada indexing dan pembaruan data yang mungkin tidak secepat yang diharapkan.
  • Waktu memuat hasil pencarian yang masih lambat. Waktu memuat hasil pencarian di Yandex bisa lebih lambat daripada mesin pencari lainnya. Ini dapat menjadi masalah terutama bagi pengguna yang menginginkan hasil pencarian yang cepat.
  • Mempunyai default bahasa Rusia. Meskipun mendukung banyak bahasa, default bahasa di beranda dan hasil pencariannya menggunakan bahasa Rusia. Hal ini bisa membingungkan atau kurang nyaman bagi beberapa pengguna.
  • Informasi hasil pencarian yang kurang lengkap. Hasil pencarian di Yandex tidak sekomprehensif di mesin pencari lain, terutama ketika mencari informasi dalam bahasa non-Rusia. Hal ini bisa mengurangi kualitas pengalaman pencarian bagi pengguna global.

Cara Menggunakan Yandex

Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba Yandex? Jika iya, maka kamu bisa mengikuti panduan yang kami jelaskan di pembahasan ini.

1. Cara Menggunakan Yandex dengan Google

Meskipun saat ini kamu menggunakan Google, kamu tetap dapat memanfaatkannya untuk membuka Yandex. Bagaimana caranya? Mari perhatikan langkah-langkahnya berikut:

  • Buka browser Google Chrome.
  • Selanjutnya, masukkan alamat Yandex: yandex.com.
  • Mulailah lakukan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan.
  • Klik salah satu opsi yang tersedia untuk menampilkan hasil pencarian yang sesuai, misalnya game, gambar, video, atau peta.
  • Tekan Enter untuk mendapatkan hasil pencarian.

2. Cara Menggunakan Yandex dengan Mozilla Firefox

Selain menggunakan Google, kamu juga dapat mengakses Yandex dengan browser Mozilla Firefox. Adapun cara menggunakan Yandex adalah sebagai berikut:

  • Buka browser Mozilla Firefox.
  • Selanjutnya, aktifkan incognito untuk masuk ke mode anonimitas.
  • Jika sudah, masukkan alamat yandex.com.
  • Berikutnya, kamu dapat mulai melakukan pencarian menggunakan search box yang tersedia di tampilan utama.

3. Cara Menggunakan Yandex dengan Aplikasi

Selain bisa diakses via web browser, Yandex juga bisa diakses menggunakan aplikasi. Gunakan Google Play Store atau App Store untuk mengunduh aplikasi ini. Namun, apabila tidak tersedia di toko online, pertimbangkan baik-baik jika ingin mengunduh dari penyedia pihak ketiga ya.

  • Unduh aplikasi Yandex dari Google Play Store atau App Store.
  • Lakukan penginstallan aplikasi Yandex.
  • Usai aplikasi terpasang, buka Yandex dan mulai telusuri pencarian yang diinginkan.

Mudah, bukan? Yandex adalah mesin pencari yang memungkinkan kamu untuk mencoba pengalaman browser yang berbeda. Namun, perhatikan bahwa ada banyak konten terlarang yang mungkin bisa dijumpai pada search engine ini. Jadi, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak ya.

Untuk memastikan kecepatan memuat konten situsmu oke, percayakan pada layanan hosting IDwebhost yang jelas murah dan berkualitas! Yuk, cek pilihan paket sesuai kebutuhanmu dan tingkatkan kecepatan website segera!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022