WordPress Update 5.0! Ini Keunggulannya!

20 Feb 2019
WordPress Update 5.0! Ini Keunggulannya! campaign-unlimited

Pada tanggal 6 Desember 2018 lalu, WordPress telah membuat sebuah pembaruan dari sistem mereka yakni WordPress 5.0. WordPress Update 5.0 ini memberikan perubahan pada bagian editor yang dulu menggunakan bentuk editor klasik, menjadi menggunakan Gutenberg. WordPress Update 5.0 adalah sebuah update masif yang dilakukan oleh penyedia CMS open source ini.

Perubahan yang terjadi pada CMS terfavorit di dunia ini bisa dibilang sangat sulit diterima. Bahkan oleh orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia per-Wordpress-an. Salah satu alasannya adalah karena penggunaan Gutenberg yang menurut banyak pengguna WordPress tidak se-user friendly versi sebelumnya.

Tapi WordPress Update 5.0 tetap dilakukan. Meskipun mereka mengambil resiko untuk kehilangan pangsa pasar. Gutenberg adalah salah satu pembaruan. Di luar itu, ada pembaruan lain yang juga merubah banyak hal dalam sistem WordPress.

Apa Itu Gutenberg?

Gutenberg adalah sistem edit baru yang memiliki lompatan besar dalam fungsinya. Sistem ini menggunakan sistem yang berdasarkan blok untuk mengedit dan membuat kamu bisa menaruh beberapa konten di posting, page, atau halamanmu.

Jika dilihat secara sekilas, Gutenberg ini mirip dengan Elementor. Tapi dalam beberapa sisi mereka berbeda. Gutenberg diklaim sangat fleksibel karena memberikanmu kesempatan untuk menaruh beberapa konten yang diinginkan sekaligus. Entah itu foto, video, atau tulisan.

 

Gutenberg

 

Dengan adanya WordPress Update 5.0 membuat banyak orang menimbang-nimbang apakah akan tetap menggunakan WordPress atau malah melakukan manuver gila yakni mengganti platform CMS lain.

Pasalnya kalau kamu sudah menginstall WordPress 5.0, maka kamu akan menemukan banyak hal yang terdampak. Mulai dari tema, hingga plugin yang kadang membuat pengguna makin jengkel. Padahal sebelumnya kamu sudah mengeset sedemikian rupa, tapi karena update-an itu plugin yang kamu pasang tidak berfungsi maksimal.

Sebelum melakukan WordPress Update 5.0

WordPress yang sudah berusia 15 tahun lebih ini memang akan terus mengupdate sistem mereka. Tidak ada cara lain selain mengikuti update yang dilakukan oleh WordPress.

Tapi sebelum kamu melakukan update, ada beberapa hal yang harus kamu pastikan agar tampilan, dan yang paling penting data dari websitemu tidak berubah drastis dan mempengaruhi tampilan dan kecepatan website. Pertama coba lakukan backup data terlebih dahulu sebelum kamu melakukan update.

Karena update memungkinkan terjadinya ketidakcocokan sistem dan yang terburuk adalah kamu kehilangan beberapa data penting di websitemu. Pasti kamu nggak mau pusing-pusing lagi kan menghadapi hal semacam itu? Jadi, backup dulu sebelum update.

Masalah Setelah Update

Ketika kamu sudah meng-update dan sudah membackup datamu, tapi ternyata masih ada masalah di websitemu, kamu tak perlu khawatir. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi eror setelah update ke 5.0.

Pertama kamu harus mengosongkan cache. Ketika kamu memakai sebuah plugin cache seperti misalnya W3 Total Cache, atau LiteSpeed Cache, kamu tinggal mengklik atau melakukan sesuai dengan instruksi yang disuruh oleh plugin tersebut. kedua ketika kamu memakai Cloudfare, maka kamu juga harus mengosongkan cachenya. Selanjutnya, ketika error masih terlihat, kamu harus segera minta bantuan pada tim support entah dari penyedia jasa websitemu atau dari WordPress langsung untuk tahu dimana errornya. Biasanya error terjadi karena ada beberapa plugin yang belum mendukung sistem Gutenberg. Segera hubungi pengembang agar mereka bisa melakukan patch untuk plugin mereka.

 

welcome to wordpress

 

Cara selanjutnya adalah dengan roolback ke backup yang sudah kamu lakukan. Cara ini kamu lakukan ketika semua cara yang disebutkan di atas tidak bisa menyelesaikan masalahmu. Tapi ketika hendak melakukan opsi ini pastikan kamu sudah melakukan backup file. Kalau sekiranya semua cara tadi masih gagal, segera kirimkan tiket bantuan ke WordPress Core Track agar masalahmu segera bisa mereka atasi.

Langkah-Langkah WordPress Update 5.0

Setelah kamu yakin untuk melakukan update wordpress, maka kamu harus melakukan beberapa langkah ini. Sebenarnya langkahnya cukup mudah. Ketika kamu belum update ke wordpress 5.0, maka secara otomatis akan muncul notifikasi kalau kamu harus segera update.

Nah, kamu tinggal klik saja update tersebut. dengan mengkliknya, lalu secara otomatis menggunakan Gutenberg, dan mendapatkan update yang lain dari WordPress 5.0. Tapi bagaimana kalau ternyata kamu sudah update tapi  tidak ingin menggunakan Gutenberg, apakah bisa dihilangkan plugin itu?

Jawabannya adalah tidak bisa! Tapi kamu tetap bisa menggunakan cara membuat post dengan editor yang lama. Caranya juga cukup mudah, anda tinggal menginstall plugin classic editor. Dengan begitu kamu tidak akan mengedit postingan menggunakan editor Gutenberg. Tapi tetap seperti cara yang lama.

Sekali lagi kami ingatkan untuk membackup data yang ada di websitemu sebelum kamu mengupdate WordPRess 5.0. Itu penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah melakukan update, pastikan semua plugin di websitemu berfungsi dengan baik.

Jika ada plugin yang tidak berfungsi dengan baik, segera ganti dengan plugin lain atau setting ulang plugin tersebut. Salah satu plugin yang mungkin akan segera terlihat bermasalah adalah AMP yang dibuat oleh Google. AMP biasanya secara otomatis akan tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan plugin AMP yang lain. Atau jika kamu  memahami bahasa pemrograman, kamu bisa mengutak-atik codingnya.

BACA JUGA: CARA MENGAKTIFKAN TELNET DI WINDOWS 7

Selain plugin, kamu juga harus mengecek tema. Ada beberapa tema yang tidak compatible dengan versi WordPress yang baru ini. Biasanya ada beberapa fungsi atau tampilan yang berubah. Nah, untuk mengecek hal itu, kamu harus mengunjungi websitemu, mengecek semu tampilan dan fungsi.

Jika dirasa aman, maka kamu tak perlu merubah tema. Kalau tidak, pilihannya ada 2, merubah tema atau mengedit tema itu. Jika paham coding kamu bisa melakukannya dengan mudah. Jangan lupa juga untuk selalu mengupdate semua tema dan plugin. Pastikan semua tema dan plugin itu compatible dengan versi WordPress terbaru.

 

gutenberg editor

 

Keunggulan WordPress 5.0

Dari tadi kita berbicara soal kesulitan, kekurangan, dan bagaimana ribetnya kalau mau update WordPress 5.0. Pertanyaan berikutnya adalah, apa keunggulan dari versi terbaru WordPress kali ini? Sekedar informasi, WordPress 5.0 sekarang sudah melakukan 3 kali update minor dari WordPress 5.0.

Berdasarkan pengalaman menggunakan versi WordPress terbaru, ada beberapa hal yang menjadi keunggulan. Pertama adalah soal keamanan. Ketika kamu mengupdate WordPress 5.0, kamu akan mendapatkan keamanan yang lebih kokoh. Dengan keamanan yang lebih kokoh, kamu akan lebih tenang dalam mengoperasikan websitemu. Selain itu beberapa bugs juga sudah dihilangkan. Sehingga celah keamanan bisa dibilang hampir tidak ada.

Kalau masalahnya hanya terletak pada Gutenberg saja, maka kamu bisa menggunakan plugin classic editor untuk tetap bisa menggarap semua kontenmu menggunakan editor yang lawas. Jika seandainya kamu lebih nyaman menggunakan editor yang lawas. Jadi, apa kekurangannya? Bisa dibilang semua tercover dengan baik. Lalu apa keunggulannya? Yang jelas sistem jadi lebih kokoh, dari mulai keamanan, hingga bagian yang paling kecil.

Kesimpulan

Itu tadi hal-hal mengenai WordPress 5.0. semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 

Hosting WordPress bikin website 40x kali lebih cepat dari hosting biasa. Tak percaya? 

Penulis
Member since 2 Jul 2013