Wordpress Hosting vs Web Hosting dan Keuntungannya
Blog Tips Keren

WordPress Hosting vs Web Hosting dan Keuntungannya

WordPress hosting menjadi salah satu produk yang banyak ditawarkan oleh para penyedia hosting. Dengan memanfaatkan jasa yang satu ini maka seseorang akan bisa mengakses sebuah situs dengan lebih mudahnya. Hal ini sesuai dengan animo jumlah pemilik situs WordPress yang makin lama semakin banyak di jasa hosting domain. Hal ini dikarenakan WordPress mampu memberikan tampilan situs yang responsif dan juga mudah digunakan. Tak heran kalau banyak orang berbondong-bondong memakai WordPress karena kemudahan yang diberikannya tersebut.

Dalam hal ini, sejumlah jasa hosting domain bahkan menawarkan sejumlah fitur dan kemudahan yang ada di dalamnya, antara lain auto install, update WordPress, auto backup, keamanan tambahan, dan lain sebagainya. Semua itu akan bisa menjadi fasilitas tambahan yang akan bisa anda gunakan untuk memaksimalkan semua fitur yang ada di dalammnya. Tapi WordPress hosting bukanlah satu-satunya pilihan, karena ada juga alternatif lainnya yang bisa dipilih, yakni Web Hosting. Lalu apakah perbedaan antara keduanya? Berikut adalah beberapa perbedaan signifikan antara WordPress hosting dan Web hosting.

Pengertian WordPress Hosting dan Keuntungannya

Wordpress Hosting Vs Web Hosting
idwebhost

Pengertian WordPress hosting serupa dengan namanya, yakni sebuah hosting service yang menyediakan kemudahan menciptakan website bagi semua orang tanpa harus mengurus sejumlah masalah teknis rumit. Dengan kata lain WordPress hosting menjadi sebuah solusi instan bagi anda yang tak mau ribet pada saat menciptakan sebuah website. Disini anda akan bisa memaksimalkan performa situs tersebut semaksimal mungkin. Beberapa keuntungan yang nantinya bisa didapatkan antara lain sebagai berikut:

Punya Resource Limit Besar: WordPress hosting memberikaan kemudahan dalam hal penyediaan resource limit yang lebih besar. Tak heran jika WordPress itu sendiri begitu kaya akan fitur. Jadi anda akan bisa memaksimalkan kecepatan dari situs yang anda gunakan dengan efektif.

Kontrol Panel WordPress Yang Mudah: WordPress hosting menyediakan kemudahan dalam hal mengkonfigurasi Control Panel yang ada didalamnya. Pasalnya, disini ada setup tools khusus yang bisa anda gunakan. Jadi penerapan penggunaan dari control panel WordPress hosting benar-benar tidak sesulit yang anda bayangkan.

Menyediakan Fitur Otomatis Yang Berguna: WordPress juga akan menyediakanbanyak fasilitas yang bersifat otomatis dan punya kegunaan signifikan, antara lain fasilitas berupa auto update, auto backup, auto theme, auto plugin, dan lain sebagainya. Semua itu pasti akan membuat anda lebih mudah membangun pondasi awal situs yang efektif. Serta anda juga akan bisa tau apa saja plugin yang anda butuhkan dalam menciptakan situs yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

Bisa Memilih Tema Premium atau Gratis: WordPress juga akan menyediakan kepada anda tema dengan beragam jenis, mulai dari tema yang free atau premium. Semuanya akan mendatangkan kepada anda keuntungan karena kini anda bisa membuat sebuah tampilan website yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Tips Memakai WordPress Hosting

Wordpress Hosting Vs Web Hosting
idwebhost

Beberapa tips yang bisa anda terapkan saat menggunakan WordPress hosting antara lain sebagai berikut. Jika anda memakai layanan ini melalui jasa hosting domain, pastikan anda mengecek apakah server mereka normal atau tidak. Server yang sering down tentu akan merugikan anda dalam hal mengoptimalkan fungsi web tersebut. Jumlah storage juga harus dipertimbangkan pula karena nominal yang terlampau kecil akan membuat anda tidak bisa membangun website dengan baik. Apabila website anda tersebut memiliki kapasitas yang memakan banyak space, pertimbangkan untuk menggunakan paket WordPress hosting dengan spesifikasi tertentu.

Pengertian Web Hosting dan Keuntungannya

Wordpress Hosting Vs Web Hosting
idwebhost

Web hosting menjadi sebuah layanan yang populer untuk para pembuat web di internet. Pada dasarnya, layanan ini menyediakan pinjaman space di server untuk membuat sebuah website yang mampu bekerja sepenuhnya. Server ini akan bekerja mengoptimalkan sebuah website dan menjaganya tetap aktif tanpa interupsi apapun. Dengan kata lain web hosting adalah sebuah fasilitas yang penting untuk menjaga server yang anda miliki tetap aman dari berbagai serangan cyber yang berbahaya.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Blogger Harus Memakai Jasa Hosting Domain

Dalam tahap awal pembuatan website, biasanya anda akan mencari terlebih dahulu perusahaan hosting yang menyediakan space server yang diinginkan. Web host akan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menyimpan aset dan juga database di servernya. Jadi jika ada orang yang mengetik website anda di mesin pencari, maka web host akan melakukan transfer terhadap semua file yang dibutuhkan. Request pun akhirnya bisa terselesaikan pada saat web anda terbuka. Sama seperti halnya menyewa rumah, dalam hal menggunakan web hosting, anda juga harus membayar sewa bulanan terhadap space dari server tersebut. Tentu saja web hosting memiliki sejumlah keuntungan yang bisa anda gunakan antara lain sebagai berikut.

Keuntungan Memakai Web Hosting

Support Dengan SSL Certificate: web hosting akan memberikan kepada anda kemudahan mengamankan situs yang memiliki protocol https://. Anda pun akan bisa mengkonfigurasi situs anda dengan mudah tanpa perlu khawatir adanya serngan malware, virus, maupun hacker.

Tersedia Fitur Hosting Email: fitur yang satu ini juga sangat penting untuk memudahkan anda dalam menciptakan email yang memiliki ekstensi khusus berupa nama domain atau nama perusahaan anda. Jadi contoh email yang nantinya akan anda dapatkan adalah sebagai berikut. Jika nama anda adalah Jony dan perusahaan web anda bernama global, maka email anda akan menjadi jony@global.com. Cukup menarik, bukan? Padahal email normal biasanya memiliki ekstensi akhiran @gmail.com, @yahoo.co.id, dan lain sebagainya.

Menyediakan Page Builder dan Tool Developer Yang Responsif: pembangunan situs akan bisa anda lakukan dengan mudah berkat tersedianya tool developer dan page builder yang cepat dan instan. Dalam hitungan detik, situs anda akan bisa jadi dengan sempurna. Tampilannya pun juga akan bisa anda maksimalkan dengan nyata sesuai kebutuhan.

Backup Otomatis: anda bisa melakukan backup terhadap website tersebut secara otomatis. Dengan hal ini maka anda akan bisa menjaga data anda pada saat nanti terjadi masalah yang tidak diinginkan. Selain itu, backup juga sangat penting pada saat nanti anda ingin migrasi ke website lainnya.

Tips Menggunakan Web Hosting

Beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam membuuat web hosting ini adalah menghitung kebutuhan space yang anda butuhkan didalamnya. Dengan mengetahui berapa kebutuhan space yang anda butuhkan, sudah pasti anda akan bisa membangun website yang terbaik dengan cepat. Jika perlu anda mungkin perlu melakukan beberapa upgrade terhadap paket hosting yang tersedia. Kenapa? Karena hal inilah yang nantinya akan memudahkan kepada anda untuk bisa membangun sebuah website dengan kapasitas storage yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-jenis web hosting yang bisa anda gunakan juga bisa banyak. Anda tinggal memilih saja mana yang sekiranya sesuai dengan yang anda butuhkan saat ini, misalnya adalah Shared Hosting, VPN hosting, Cloud Hosting, WordPress hosting, Dedicated Server Hosting, dan lain sebagainya. Salah satu jenis web hosting yang paling banyak digunakan adalah WordPress hosting mengingat segala jenis kemudahan yang akan bisa anda dapatkan didalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.