Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org
Blog Tips Keren

Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

Apakah Anda tahu bahwa platform WordPress.com dan WordPress.org adalah dua platform yang berbeda? Masih ada banyak orang yang menganggap bahwa kedua platform tersebut adalah sama. Padahal berbeda, loh! Di artikel ini, IDwebhost akan membahas apa saja perbedaan keduanya dan platform mana yang cocok untuk keperluan Anda. Sebelum kita membahas perbedaannya, mari kita kenali dahulu apa itu WordPress.com dan WordPress.org.

Daftar Isi :

  • WordPress.com
    – Apa Itu WordPress.com ?
    – Kelebihan Wordpress.com
    – Kekurangan Wordpress.com
  • WordPress.org
    – Apa Itu Wordpress.org ?
    – Kelebihan Wordpress.org
    – Kekurangan Wordpress.org
  • WordPress.com dan WordPress.org : Mana yang Lebih Baik ?
  • Kesimpulan

WordPress.com

 

pengertian, kelebihan, dan kekurangan wordpress.com
IDwebhost

Apa Itu WordPress.com?

WordPress.com merupakan sebuah situs jasa hosting yang dibuat oleh Matt Mullenweg dan juga yang membuat situs WordPress.org, banyak orang masih menganggap bahwa mereka adalah platform yang sama, padahal jelas berbeda.

Di WordPress.com, Anda dapat memilih di antara 5 plan :

  • Free – gratis tapi terbatas
  • Personal – $36 per tahun
  • Premium – $99 per tahun
  • Business – $299 per tahun
  • VIP – mulai dari $5000 per bulan

Kelebihan WordPress.com

Banyak orang yang baru memulai hobi bloggingnya untuk membuat situs mereka lebih memilih menggunakan paket gratis dari WordPress.com. Dengan paket gratisnya, Anda akan mendapatkan space sebanyak 3GB. Kalau nantinya Anda akan membutuhkan space yang lebih besar, Anda bisa tinggal mengupgrade plan paket Anda sesuai kebutuhan situs. Anda juga tidak perlu khawatir lagi soal update dan backup karena WordPress.com akan melakukan semuanya untuk Anda.

Kekurangan WordPress.com

Tetapi, WordPress.com juga memiliki berbagai macam batasan. Anda tidak dapat menginstal plugin dan tema Anda sendiri kecuali Anda memilih plan paket business. Padahal plugin dan tema adalah beberapa hal penting yang kemungkinan besar nantinya sangat anda perlukan untuk mengelola situs. Plugin dan theme akan mempermudah pilihan kustomisasi pada situs Anda.

Selain itu, kalau Anda memakai plan paket gratis WordPress.com, pengunjung situs Anda akan melihat ads atau iklan dan Anda tidak akan mendapatkan uang dari ads tersebut. Anda juga tidak dapat memasang ads memakai Google Ads atau software lain. WordPress mempunyai program advertising mereka sendiri yang disebut dengan WordAds. Program ini hanya dapat Anda gunakan kalau Anda menggunakan plan paket berbayar dari WordPress. Selain itu, Anda juga harus berbagi hasil dengan WordPress.

Pastikan juga bahwa situs Anda tidak menyalahi aturan WordPress. Karena kalau wordpress menganggap Anda melanggar aturan yang telah ada, mereka bisa menghapus situs Anda kapan saja.

Bagi Anda yang ingin membuat situs professional, kami tidak menyarankan anda untuk menggunakan plan paket gratis WordPress.com. Ini dikarenakan URL situs Anda akan diikuti dengan akhiran wordpress.com. Selain itu, jika Anda berencana ingin membuka situs e-commerce atau situs yang membutuhkan membership, Anda tidak dapat membangun situs jenis ini dengan menggunakan WordPress.com versi gratis.

WordPress.org

 

pengertian, kelebihan, dan kekurangan wordpress.org
IDwebhost

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org merupakan sebuah platform website populer yang sudah pasti anda mengenalnya. Content Management System (CMS) yang satu ini bersifat open source (100% gratis untuk dipakai). Untuk membangun website dengan WordPress.org, Anda akan membutuhkan domain sebagai nama situs anda dan hosting sebagai penyimpanan data situs anda. Oleh karena itulah WordPress.org sering disebut juga sebagai self-hosted WordPress.

Kelebihan WordPress.org

Kalau Anda memakai WordPress.org, Anda telah memiliki kontrol penuh atas website Anda. Anda bebas untuk mengelola dan mengatur tampilan website, mulai dari tema sampai plugin. Selain itu, data yang ada pada situs Anda juga benar-benar menjadi milik Anda. Pihak WordPress tidak bisa menghapus situs Anda begitu saja.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari blog, Anda dapat memasang iklan sesuka Anda di situs Anda tanpa harus membagi hasil dengan WordPress. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tools seperti Google Analytics untuk membantu melihat perkembangan situs Anda.

Kalau Anda ingin membuat situs e-commerce, Anda dapat memanfaatkan WordPress untuk membuat toko online untuk keperluan menjual produk anda. Selain itu, Anda juga bebas untuk memasang payment gateway yang ingin anda gunakan. Anda tentunya bisa juga membuat situs yang bersifat membership dan membangun komunitas online melalui situs Anda.

Kekurangan WordPress.org

Karena Anda memiliki kontrol penuh atas situs ini, Anda juga memiliki tanggung jawab untuk mengurus backup situs anda. Anda tidak perlu pusing atau binggung untuk melakukan backup pada situs anda, ada banyak plugin WordPress yang bisa anda gunakan untuk membantu anda.

Seperti pada semua website, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hosting. Ada banyak pilihan hosting yang dapat Anda temukan di banyak provider. Tetapi, biaya hosting juga akan lebih mahal sejalan dengan semakin berkembangnya situs Anda. Nah, Anda tidak perlu khawatir karena Anda menggunakan hosting murah di Indonesia seperti IDwebhost. Kami menawarkan paket-paket hosting dengan harga terjangkau untuk kebutuhan hosting situs Anda. Selain itu, pada paket hosting tahunan, Anda juga bisa mendapatkan domain gratis loh!

Sebenarnya, untuk biaya membangun sebuah situs dengan WordPress.org, semuanya tergantung pada jenis situs apa yang ingin Anda buat. Selain itu, ada beberapa faktor lain seperti misalnya apakah Anda menggunakan tema gratis atau premium, plugin free atau premium, dan sebagainya.

WordPress.com dan WordPress.org : Mana Yang Terbaik?

 

perbedaan wordpress.com dan wordpress.org
IDwebhost

 

Banyak orang yang suka bertanya, mana yang paling baik antara WordPress.com dan WordPress.org ? Jawabannya adalah tergantung pada kebutuhan Anda.

Kalau Anda ingin membuat situs blog pribadi dan bukan untuk keperluan bisnis, anda bisa  menggunakan WordPress.com. Tetapi, jika Anda seorang pebisnis atau blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog, kami sarankan Anda untuk menggunakan WordPress.org. Dengan WordPress.org, Anda akan memiliki lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas untuk mengembangkan website Anda. Apalagi jika Anda adalah seorang pemilik bisnis atau blogger professional. Bahkan brand animasi terbesar di dunia seperti Disney saja percaya dengan WordPress.org. Jadi sudah pasti bagus kan?

Jika Anda sudah memutuskan untuk memilih WordPress.org, anda bisa membaca artikel kami tentang cara membuat website dengan domain sendiri. Semoga dengan itu, anda bisa terbantu untuk membuat situs sesuai dengan keinginan anda.

Bagaimana kalau Anda sudah memiliki website WordPress.com dan ingin pindah ke WordPress.org? Anda bisa melakukan migrasi website. Kalau Anda membeli paket hosting murah dari IDwebhost, kami juga menawarkan jasa promosi online loh! Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa lihat di halaman promosi online IDwebhost.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.