WordPress.com vs WordPress.org, Pilih Mana?
Blog Tips Keren WordPress.com vs WordPress.org, Pilih Mana?

WordPress.com vs WordPress.org, Pilih Mana?

Pengetahuan tentang WordPress.com vs WordPress.org adalah sebuah hal yang sangat perlu anda pahami. Dalam hal ini, kedua platform tersebut sebetulnya memiliki masing-masing fungsinya yang signifikan. Hanya saja ada beberapa hal yang sebaiknya perlu anda ketahui. Pembagian dari perbandingan WordPress.com vs WordPress.org tersebut akan bisa ditemukan dalam 5 kriteria umum. 5 kriteria tersebut antara lain yaitu kemudahan penggunaan, fleksibilitas, performa, biaya, dan juga keamanan yang ada didalamnya. Dengan pembahasan secara umum mengenai WordPress.com vs WordPress.org tersebut, sudah pasti akan lebih banyak yang akan bisa anda capai didalamnya.

Pengantar Mengenai WordPress.com vs WordPress.org

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya jika anda belajar terlebih dahulu mengenai pengantar WordPress.com vs WordPress.org tersebut. Dari sini anda bisa melihat bahwa sebenarnya keduanya itu saja berasal dari dua platform yang berbeda. Tak perlu banyak definisi teknis untuk menggambarkan sejauh apa pilihan CMS yang satu ini digunakan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa CMS WordPress adalah yang paling terkenal dan juga populer yang ada di seluruh dunia.

Jadi tak heran jika pilihan CMS yang satu ini kerap disebut sebagai pilihan CMS untuk sejuta umat. Di sinilah kata WordPress itu sendiri menjadi sebuah opsi menarik yang layak untuk anda pertimbangkan didalamnya. Selengkapnya mengenai perbedaan dari kedua jenis WordPress.com vs WordPress.org tersebut akan bisa anda lihat dari penjelasan di bawah ini.

 

wordpress.com vs wordpress.org
idwebhost.com

Dari Segi Kemudahan Penggunaan

Terkait mengenai perbedaan WordPress.com vs WordPress.org dari segi penggunaan, anda akan melihat bahwa di sini WordPress.com akan memberikan kepada anda kemudahan membuat akun yang gratis alias tanpa dipungut oleh biaya sama sekali. Yang harus anda lakukan hanyalah tinggal membuat sebuah website berisikan berita yang menarik kemudian anda hanya tinggal menggunakannya sesuai dengan tujuan anda. Lebih detailnya lagi, akun WordPress.com juga bisa diupgrade apabila anda ingin merasakan manfaat maksimal yang lebih mantap didalamnya.

Di sini anda akan mampu melihat segi kemudahan dari kegunaan WordPress.com vs WordPress.org itu sendiri. Yang mana anda akan bisa melihat banyak sekali navigasi yang mudah dan bisa anda peroleh didalamnya. Dalam hal ini kemudahan dalam penginstallan platform akan lebih mudah anda capai dalam WordPress.com. Prosesnya akan bisa berlangsung dengan sangat mudah. Namun, meskipun demikian, tetap saja kedua platform, baik itu org dan com tersebut sama-sama unggul dan juga berkelas didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan atau khawatirkan lagi didalamnya.

Dari Sisi Fleksibilitas

Hal lain yang juga sebaiknya anda pertimbangkan dalam fungsi WordPress.com vs WordPress.org tersebut adalah bagaimana fleksibilitas yang ada didalamnya akan bisa menampilkan kepada anda sesuatu yang lebih tepat dan juga unggul. Jadi anda akan bebas bereksplorasi dan mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya. Inilah yang pastinya akan memudahkan bagi anda memperoleh dan menciptakan konten yang benar-benar mantap dan sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

Ada sejumlah plugin yang akan bisa anda install dengan mudah apabila menggunakan paket tertentu pada WordPress.com, tapi ada juga paket lainnya dari WordPress.org yang akan bisa langsung anda dapatkan dengan mudah. Sebetulnya banyak yang memilih menggunakan Self Hosted karena dengan cara ini maka akan lebih mudah dalam melakukan kustomisasi tampilan, plugin dan lain sebagainya dari website itu sendiri. Dengan kata lain opsi kustomisasi yang ditawarkan oleh WordPress.com secara tidak langsung adalah terbatas. Tidak seperti WordPress.org yang bisa lebih unggul.

 

wordpress.com vs wordpress.org
idwebhost.com

Biaya Yang Harus Dikeluarkan

Terkait mengenai biaya itu sendiri sebetulnya fleksibel. Dari sini bisa diamati dengan baik apakah sejumlah website memiliki nilai ratusan ribu rupiah, atau jutaan rupiah, atau bahkan ada yang free alias gratis sama sekali dari awal sampai akhir. Untuk bisa mendapatkan itu semua tentu anda tinggal mengkalkulasi saja mana dari opsi WordPress.com vs WordPress.org yang sekiranya akan bisa memberikan dampak yang signifikan. Dari sini anda bisa melihat bahwa tampilan yang ada didalamnya bisa lebih unggul atau bisa saja biasa saja.

Tapi jika anda ingin mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli plugin khusus atau untuk membeli template tertentu dari sebuah website, tentu saja itu juga bukan hal yang masalah alias terserah anda jika memang ingin melakukannya. Yang sebaiknya wajib anda tekankan adlam hal ini adalah bagaimana nantinya ini akan bisa memberikan sebuah dampak yang tepat dan terbaik.

Performa Di Antara Keduanya

Ada hal penting lainnya dari WordPress.com vs WordPress.org yang juga perlu anda ketahui yaitu seberapa besar dan baik performa dari keduanya bekerja untuk anda. Dalam hal ini performa juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Faktor yang akan mempengaruhinya tersebut adalah bagaimana apabila nantinya website yang anda miliki tersebut memiliki tampilan yang spesifik. Namun, dalam beberapa kasus, anda juga harus mampu melihat dari segi yang lainnya. Apakah perlu bagi anda untuk melakukan pengetesan atau tidak.

Baca Juga: Tips Menciptakan Konten Marketing Bisnis B2B

Jika anda bertanya, bagaimana cara menentukan perbandingan performa antara WordPress.com vs WordPress.org tersebut, sudah pasti yang harus dilakukan adalah dengan memilih jasa hosting domain yang tepat dan terbaik. Dengan memilih jasa hosting domain yang tepat dan terbaik, sudah pasti akan lebih banyak lagi manfaat yang akan bisa anda capai dan terapkan didalamnya. Ini juga menjadi suatu hal yang sebaiknya perlu anda pahami. Kenapa? Karena sejak awal pemilihan jasa hosting domain yang tepat juga akan membawa anda pada banyak manfaat itu sendiri.

 

wordpress.com vs wordpress.org
idwebhost.com

Mana Yang Bagus Antara WordPress.com vs WordPress.org?

Apabila ditanya kembali tentang mana yang bagus antara WordPress.com vs WordPress.org, tentu saja jawabannya kembali lagi kepada diri anda sendiri. Apabila menurut anda yang bagus adalah WordPress.com sudah pasti anda bisa mencoba memilihnya, tapi jika yang bagus adalah WordPress.org, anda bisa juga memilih pilihan tersebut. Sebetulnya untuk memilih mana yang bagus di antara keduanya itu optional. Sudah pasti anda akan menemukan satu yang terbaik pada saat memahami mana yang benar-benar tepat dan terbaik dari keduanya tersebut. Jika anda sudah memahami hal ini tentunya bukan hal yang susah dalam menentukan mana diantara pilihan tersebut yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

Utamakanlah memilih jasa hosting domain yang tepat dan berkualitas daripada anda sibuk membandingkan WordPress.com vs WordPress.org. Karena pada saat anda menggunakan jasa domain hosting tersebut, sebetulnya semua yang anda dapatkan sudah termasuk dengan paket WordPress itu sendirinya. Dengan kata lain, jasa hosting domain sudah akan memberikan semuanya termasuk dengan WordPress itu sendiri.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.