Tips Mengoperasikan WordPress CMS Yang Benar

24 Nov 2022
Tips Mengoperasikan WordPress CMS Yang Benar campaign-unlimited

WordPress CMS adalah salah satu backend yang paling terkenal di dunia. Jutaan orang menggunakan CMS IDwebhostCOM ini untuk bisa menciptakan web yang bagus. Kenapa memilih WordPress CMS? Pasalnya jenis CMS ini mampu memberikan kemudahan untuk membuat sebuah konten yang lengkap. Selain itu, cara melakukan kustomisasi juga tidak suit.

Pada bagian dashboard, ada berbagai macam menu dan fitur yang bisa kamu maksimalkan fungsinya sesuai kebutuhan. Inilah penyebab banyak orang suka menggunakan WordPress tersebut. Karena semua kemudahan yang tersedia tersebut bisa kamu dapatkan. Inilah yang menyebabkan WordPress yang satu ini begitu disukai oleh banyak penggunanya.

WordPress CMS juga tak hanya simpel tapi juga memiliki tampilan yang responsif. Setiap perubahan dan modifikasi yang dilakukan akan bisa kamu lakukan dengan mudah. Hal inilah yang kemudian bisa mendatangkan banyak kepuasan bagi penggunanya.

Kamu pun juga bisa mengupdate CMS ini dengan menambahkan sejumlah plugin. Keberadaan plugin juga serta merta membantu pengguna CMS ini dalam menciptakan sebuah web yang benar-benar optimal dan sesuai dengan kebutuhan saat ini. Kamu juga akan melihat sejumlah keunggulan lainnya dalam hal pengaturan menu, SEO website, tampilan yang cepat diakses, dan lain sebagainya. Tapi bagi yang masih pemula, pasti ingin tau apa saja tahapan-tahapan dalam menggunakan CMS ini supaya bisa bekerja dengan lebih cepat. Simak tipsnya berikut ini.

Tips Pertama: Pilih Plugin WordPress CMS Yang Kamu Inginkan

Tips Mengoperasikan WordPress CMS Yang Benar
idwebhost

WordPress CMS memberikan kebebasan pada penggunanya untuk menginstal banyak plugin yang diinginkan sesuka hati. Jadi jika kamu ingin menciptakan sebuah website yang bagus, maka bisa menambahkan beberapa plugin sebagai tambahan.

Plugin tersebut akan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menciptakan web yang benar-benar bagus dan tepat digunakan. Di sini kamu  bisa melihat banyak pengembang atau web developer yang menciptakan sejumlah plugin. Tentu ada beberapa yang populer, salah satunya Yoast SEO yang memudahkanmu dalam mengatur optimasi web untuk keperluan searching engine atau peningkatan ranking. Kemudian ada juga plugin untuk mengkustomisasi website dengan sistem drag and drop yang ada di WordPress CMS .

WordPress CMS juga akan memberikan tambahan plugin yang meningkatkan keamanan dari situsmu. Misalnya ada plugin keamanan yang  hanya memperbolehkan pengguna melakukan login dengan kesalahan tertentu. Misalnya jika ada pihak lain yang masuk dengan username dan password tidak sesuai, maka secara otomatis WordPress CMS akan mengunci halaman login tersebut. Di sinilah tingkat keamanan juga sangat penting agar akun mu tidak sampai dibobol oleh hacker dan orang tak dikenal.

Tips Kedua: Atur Tampilan Menu Pada Bagian Setting

Tips Mengoperasikan WordPress CMS Yang Benar
idwebhost

WordPress CMS juga membantumu membuat menu-menu yang akan muncul di website. Pada pengaturan default, menu yang muncul biasanya hanya Home dan Sample Page saja. Home merupakan halaman utama dari situs yang kamu buka tersebut.

Kemudian Sample Page adalah halaman sampel atau contoh dari website yang kamu miliki. Jadi di sini kamu bisa membuat lebih banyak menu. Misalnya kamu bisa menambahkan menu Gallery untuk membantu pengunjung melihat gambar dan katalog produk yang kamu gunakan. Kemudian, kamu juga bisa menambahkan menu Form Contact atau Contact Us dimana pengunjung bisa berinteraksi dengan websitemu nanti.

Pengaturan menu WordPress CMS juga bisa diatur sedemikian rupa agar rapi dan menarik. Kamu bisa juga menambahkan sub menu yang bisa muncul pada saat kursor mouse digerakan ke arah menu utamanya. Ini sangat penting dan biasanya banyak dilakukan bagi website yang membagi menunya dalam beberapa kategori, biasanya tentang website kuliner, website toko online, website informasi, dan lain sebagainya.

Tips Ketiga: Tambahkan Konten Berkualitas Melalui Post New / Add Post

Pada bagian Post New atau Add Post, kamu bisa membuat sebuah konten berkualitas tentang apapun. kamu akan melihat sebuah kolom yang cukup besar untuk membuat konten dari dalam backend WordPress CMS. Kamu bisa mengatur judul, kategori, featured image, dan lain sebagainya.

Semua bisa kamu tambahkan sesuai kebutuhan. Misalnya kamu ingin menyematkan gambar pada bagian dalam konten yang dibuat, maka yang harus dilakukan adalah memilih opsi Add Media yang terdapat pada bagian bawah Title yang dibuat. Kamu bisa melakukan konfigurasi apapun terhadap konten yang dibuat.

Pasalnya, ada juga banyak plugin di WordPress CMS yang menyediakan kemudahan pengguna untuk membuat konten berkualitas. Misalnya dengan memakai All in One Pack SEO serta plugin untuk mengoptimalkan pembuatan konten yang lainnya.

Kamu hanya tinggal memasukan meta description, menambahkan alt image dan lain sebagainya. Disitu sudah ada panduan yang tertulis didalamnya. Tugasmu hanya mengikutinya sesuai dengan panduan yang ada. Kemudian, kamu pun akan bisa membuat sebuah konten yang berkualitas dan membuat traffic yang ada didalam situs meningkat dengan mudahnya.

Tips Keempat: Edit Tampilan Situs Dengan Memilih Customisize

WordPress CMS memberikan kemudahan padamu untuk melakukan editing terhadap tampilan situs. Kamu hanya tinggal memilih opsi customisize aja yang ada pada menu tersebut. Dari sini kamu bisa mengedit dimana arah menu akan muncul. Widget apa saja yang akan ditambahkan.

Bahkan kamu bisa juga menambahkan code html sendiri jika ingin membuat tampilan situs menjadi kian bagus. Anda juga bebas untuk melakukan perubahan terhadap warna dan juga settingan lainnya yang anda butuhkan didalamnya. Hal ini tentu saja akan memudahkan anda untuk membuat sebuah web terbaik yang anda inginkan.

Baca Juga: WordPress, CMS SEO Terbaik

Selain itu, WordPress CMS juga menyediakan kemudahan bagimu untuk memberikan nama pada bagian header dan title situsmu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai fitur seperti header image atau gambar yang bisa ditampilkan pada bagian atas situs terkait.

Dengan cara inilah maka kamu bisa menciptakan sebuah website terbaik yang benar-benar sesuai kebutuhan. Ditambah lagi, keuntungan yang dapat kamu peroleh pun juga bisa semakin banyak ada didalamnya. Sudah pasti tampilan website yang bagus bisa memberikan dampak signifikan yang mana pengunjung akan bisa betah berlama-lama berada di situsmu tersebut.

Kesimpulannya

Tips Mengoperasikan WordPress CMS Yang Benar
idwebhost

Mengatur tampilan dan opstimasi pada WordPress CMS terbaik bisa kamu lakukan dengan mudah. Yang terpenting adalah kamu memahami cara melakukannya dengan baik. Pada bagian inilah, kamu akan bisa menciptakan sebuah situs terbaik yang benar-benar sesuai kebutuhan. Untuk bisa membuat sebuah situs menjadi lebih optimal, sudah pasti cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menerapkan pengaturan yang tepat. Kamu bisa melakukan perubahan pada tampilan saat ini jika merasa sudah saatnya ingin mengganti dengan yang baru. Pada saat kamu melihat tampilan tersebut berubah menjadi bagus, maka kamu pun juga akan senang melihatnya.