8 Cara Mudah Mengatasi WordPress 401 Authorization Required
Blog Tips Keren 8 Cara Mudah Mengatasi WordPress 401 Authorization Required

8 Cara Mudah Mengatasi WordPress 401 Authorization Required

Cara mengatasi wordpress 401 authorization required  atau unauthorized memang harus diketahui khususnya bagi Anda yang mengelola website. Tanpa disadari kapan datangnya, Anda tentunya pernah mangalami hal tersebut dan bingung bagaimana mengatasinya. Pesan eror 401 unauthorized sering ditemui pada beberapa jenis website, khususnya bagi website yang sudah cukup besar. Jika Anda memiliki website yang cukup besar, maka jangan heran kalau mengalami hal tersebut.

Mencari tahu cara mengatasi wordpress 401 authorization required memang sangat penting untuk mengantasipasi jika terjadi lagi. Kalau Anda sudah mempelajari bagaimana mengatasinya, maka akan lebih mudah bertindak ketikan website mengalami eror yang seperti itu. Beberapa tampilan eror mungkin akan muncul seperti berikut ini;

  • 401 unauthorized
  • Authorization required
  • HTTPS Error 401 – Unauthorized

Apa Arti Pesan Eror 401 Authorization Required?

Eror 401 adalah pesan yang muncul karena terjadi karena halaman yang Anda coba akses tidak dapat dimuat karena ada beberapa kesalahan dalam memasukkan ID pengguna dan kata sandi. Hal tersebut juga membuat kredensial menjadi tidak valid karena alasan tertentu.

Kesalahan pada wordpress 401 authirization required tersebut biasanya ditampilkan di jendela browser web seperti halnya pada halaman web. Untuk masalah ini Anda bisa menemukannya di semua browser yang berjalan di sistem operasi manapun.

Wordpress 401

Bagaimana Cara Mengatasi WordPress 401 Authorization Required?

Jika Anda memiliki website yang cukup populer tentu akan mengalami yang namanya kesalahan eror 401 authorization, maka tidak perlu khawatir karena berikut ada beberapa cara untuk mengatasinya.

1.Lakukan Pemeriksaan Pada URL

Jika terjadi kesalahan eror yang berupa 401 authorization required, mungkin Anda salah dalam mengetikkan alamat URL atau tautan yang Anda pilih justru menuju ke URL yang salah. Jika kesalahan pada hal ini, mungkin saja Anda tidak diberi kewenangan dalam mengakses URL atau bisa dibilang URL bersifat sangat rahasia sehingga tidak boleh sembarangan orang mengaksesnya.

2.Cari Tautan Yang Bertuliskan Login Via Akses Lebih Aman

Biasanya Anda akan menemukan tautan login akses lebih aman jika laman yang Anda ketik muncul 401 authorization eror. Ketika Anda mengalami hal tersebut maka langsung masukkan kredensial Anda. Jika kebetulan lupa password, maka Anda bisa menguki instruksi yang telah disediakan untuk mereset ualng kata sandi. Pastikan Anda bisa menginat kata sandi yang sudah Anda buat sendiri.

3.Memuat Ulang Halaman

Sekilas memang terdengar sangat sederhana. Dengan hanya menutup halaman dan membukanya kembali lalu kesalahan 401 selesai. Akan tetapi hal ini ternyata tidak sesederhana itu. Cara mengatasi hal itu hanya untuk eror authorization required yang disebabkan oleh halaman yang salah dimuat.

4.Menghapus Browser Cache

Pada sebuah browser tentu akan ada informasi yang tidak valid yang kemudian  disimpan di browser. Ini juga bisa menyebabkan terjadinya kesalahan 401 authorization required. Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan di sini adalah dengan menghapus browser cache. Dengan mengosongkan cache berarti telah menghapus file-file dan memberikan kesempatan untuk mengunduh file baru langsung dari server.

Wordpress 401

5.Lakukan Restart Pada Komputer Anda

Beberapa orang mungkin terlalu sibuk mengelola website sehingga jarang melakukan restart pada komputer maupun laptop. Hal tersebut ternyata juga memperngaruhi kinerja wordpress sehingga muncul pesan eror seperti 401 authorization required.  Untuk mengatasinya silakan Anda restart komputer Anda.

6.Lakukan Reset Pada Koneksi Internet

Jika Anda memakai modem, maka cara mudah yang harus Anda lakukan untuk reset koneksi internet adalah dengan mematikan koneksi modem. Kemudian tunggu hingga maksimal 1 menit dan koneksikan lagi. Di sini Anda bisa melihat perbedaannya, apakah masih muncul pesan eror atau tidak.

7.Gunakan Tema Default

Untuk membuat tampilan tema lebih menarik, beberapa orang  memanfaatkan tema gratisan. Namun kadang justru dari tema gratisan dapat memicu kesalahan 401 pada situs website. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa beralih sementara ke tema default.

Biasanya tema default sudah ada pada wordpress maupun blog sehingga jika terjadi kendala seperti eror 401 bisa langsung beralih ke tema default. Bagi Anda yang menggunakan jasa pembuatan website, maka sudah dilengkapi dengan  instalasi wordpress default. Anda tinggal beralih sementara saja untuk mengatasi hal tersebut.

8.Melaporkan Ke Penyedia Hosting

Apabila keempat cara tersebut tidak ada perubahan atau masih mengalami, berarti langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan menghubungi penyedia hosting yang Anda pilih. Dengan begitu mereka akan membantu mencari tahu apa yang menyebabkan wordpres 401 authorization required.

Biasanya webmaster dari beberapa webiste bisa dihubungi melalui alamat email yang sudah disediakan. Itulah mengapa banyak jasa pembuatan website yang menyertakan alamat email dan kontak lainnya untuk memudahkan orang-orang yang menghubunginya.

Memilih penyedia layanan hosting haruslah tepat. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kendala seperti wordpres 401 authorization required. Untuk nemilih hosting yang aman dan tanpa kendala, maka Anda bisa memilih IDwebhost yang lebih terpercaya.

Penyebab WordPress  401 Authorization Required

Pemilih website tentunya sudah paham dengan berbagai kendala yang dihadapi seperti halnya 401 authorized required. Lalu apa yang menyebabkan 401 authorization required?

Berikut beberapa penyebabnya;

1. Adanya kesalahan pada pengaksesan situs web

Kesalahan pada pengaksesan tersebut ternyata bisa menyebabkan situs web menjadi eror. Seringkali Anda terburu-buru dan salah ketik dalam mengakses.

Wordpress 401

2. Adanya bug pada situs yang sedang diakses

Setelah ditelusuri ternyata penyebab eror 401 adalah karena  adanya bug pada situs yang sedang diakses.

3. Adanya kesalahan login

Kesalahan login seringkali memunculkan beberapa pesan eror, salah satunya adalah 401 authorization required. Hal tersebut ternyata juga menyebabkan kredensial menjadi tidak valid.

4. Adanya kesalahan yang dari penyedia layanan hosting

Dengan adanya kesalahan dari penyedia layanan hosting yang Anda pilih, sebenarnya ini hanya untuk melindungi situs web Anda. Namun ternya akan berdampak eror pada website jika perlindungan tersebut terlalu berlebihan.

Namun pada beberapa kasus mungkin akan melihat kesalahan ini karena tidak adanya penambahan perlindungan kata sandi khusus ke situs web Anda. Sebagian memang kesalahan 401 tersebut muncul di admin wordpress dan halaman login. Akan tetapi juga memungkinkan untuk muncul di semua halaman situs web Anda.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi wordpress 401 authorization required.  Memilih layanan hosting memang tidak mudah sehingga Anda harus memilih yang sudah terpercaya dan berkualitas. Jangan lupa jika Anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.