Berkenalan dengan Wix Website Builder Praktis Tanpa Coding

13 Jul 2023
Berkenalan dengan Wix Website Builder Praktis Tanpa Coding campaign-unlimited

Ingin membangun website tapi tidak bisa coding? Selain menggunakan layanan jasa bikin website, kamu juga bisa menggunakan website builder sebagai alternatifnya. Salah satunya adalah Wixsite. Sudah pernah dengar sebelumnya? Wix website builder adalah salah satu platform andalan untuk bikin website tanpa kemampuan coding.

Wix menyediakan dukungan teknologi canggih yang memungkinkan penggunanya untuk bebas berkreasi menciptakan website yang professional dan personalized. Fitur-fiturnya disebut cukup mudah digunakan bahkan untuk pengguna awam sekalipun. Ingin tahu lebih lengkap lagi tentang Wix? Mari ikuti pembahasan di bawah ini sampai tuntas!

Apa Itu Wixsite?

Wixsite adalah sebuah platform berbasis cloud dengan fitur dan tool untuk membangun website. Bisa dibilang, Wix website builder merupakan platform pembuat website secara instan. Hal ini dikarenakan Wix menyediakan drag and drop, yakni cara modifikasi website yang bisa dioperasikan dengan mudah oleh siapa saja.

Untuk menggunakan Wixsite, kamu hanya perlu berbekal konsep website yang ingin dibangun saja. Selanjutnya kamu hanya perlu memilih template website yang tepat. Misalnya seperti template untuk web portofolio, web restoran, toko online, bisnis akomodasi, dan sebagainya.

Wixsite pertama kali dirilis pada tahun 2006. Berangkat dengan konsep The Leader in Web Creation, Wix berhasil mendapatkan 1 juta pengguna pada tahun ketiganya. Ini tidak lain disebabkan oleh implementasi konsepnya yang berhasil menciptakan platform ramah pengguna, simple, dan mudah digunakan.

Rupanya kemudahan penggunaan ini semula muncul dari keresahan founders Wix website builder. Ketiga founder mengalami kesulitan saat membuat web untuk mendirikan sebuah startup. Dari situlah, para founder ini menyadari perlunya platform yang dapat membantu membuat website dengan mudah.

Hingga saat ini Wix terus mendapatkan berbagai pengembangan dan pembaruan interface. Tercatat hingga tahun 2021 pengguna Wixsite sudah mencapai angka 200 juta pengguna di seluruh dunia.

Kelebihan dan Kekurangan Wixsite

Untuk membangun website yang berkualitas tentu kamu ingin membuat pertimbangan sebelum menggunakan Wix. Agar memudahkanmu mengenali Wix website builder dengan baik, poin pembahasan ini akan menjelaskan apa saja kelebihan dan kelemahan Wix.

1. Kelebihan Wix

apa itu wix

Popularitas Wix tidak bisa dilepaskan dari berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Wixsite yang sebaiknya kamu ketahui:

  • Menyediakan Fitur Drag and Drop

Antarmuka ini merupakan keunggulan utama dari Wixsite. Selain memudahkan modifikasi website, fitur ini pun sangat ramah bagi pengguna awam. Tidak sampai di situ saja, fitur ini juga dilengkapi dengan bantuan editor lainnya seperti editor seluler untuk mengedit website dengan pratinjau persis seperti di hp.

  • Memiliki Koleksi Template yang Beragam

Dengan Wix website builder kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan template. Ada banyak pilihan template website yang bisa kamu sesuaikan dengan konsep dan ide utama situsmu. Kurang lebih terdapat 500 pilihan template dengan tema yang berbeda-beda.

  • Mendukung Performa Website yang Cepat

Kamu dapat membuat website dengan kecepatan yang tinggi menggunakan Wixsite. Menurut hasil pengujian Bitcatcha, Wix terbukti memiliki performa yang sangat baik. Hasil pengujian ini bahkan juga mengindikasikan bahwa tidak akan ada kendala untuk menghosting website dengan Wix.

  • Dilengkapi dengan Fitur Pengelolaan SEO

Wix dapat membantumu untuk lebih mudah terindeks oleh mesin pencarian, terutama Google. Kamu hanya perlu memberikan sedikit informasi mengenai detail website, tema, dan sebagainya pada header, foto, atau elemen lain pada halaman website

2. Kekurangan Wix

Tidak ada yang sempurna termasuk dengan teknologi canggih yang dihadirkan oleh Wix. Adapun beberapa kelemahan dari Wixsite adalah sebagai berikut:

  • Akses fitur lengkap dibanderol dengan harga mahal. Kamu perlu mendaftar paket premium untuk menikmati beberapa fitur. Contohnya seperti fitur pelacakan dan analisis.
  • Kapasitas penyimpanan yang terbatas untuk versi gratis. Untuk menggunakan kapasitas penyimpanan yang besar, kamu perlu beralih ke versi premium. Wix versi berbayar termurah dengan harga 4 USD per bulan saja hanya menyediakan penyimpanan sebesar 500 MB.
  • Tidak dapat transfer website. Kamu tidak bisa mentransfer website dengan Wix. Namun, jika kamu ingin migrasi dari Wix web builder ke WordPress, cek caranya di sini.
  • Paket premium terbatas untuk 1 website. Layanan Wixsite premium hanya menyediakan akses terbatas untuk satu website saja. Fitur dari layanan premium tidak dapat ditransfer dari satu website ke website lainnya.

Cara Menggunakan Wixsite

Jadi, masih tertarik untuk pakai Wix website builder? Jika kamu ingin membangun website dengan mudah atau melakukan kustomisasi untuk tampilan mobile dengan ringkas, tidak ada salahnya untuk mencoba Wixsite. Lalu, bagaimana cara membuat website menggunakan Wixsite? Tenang, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini!

1. Buat Akun di Wixsite

Pertama-tama kamu perlu membuat akun di Wixsite terlebih dahulu. Kunjungi situs resmi Wix dan masukkan alamat email serta password untuk membuat akun baru. Pilihan lainnya, kamu juga bisa mendaftarkan diri dengan akun Facebook atau Google. Pengguna yang sudah memiliki akun bisa langsung login Wixsite.

2. Tentukan Jenis Website

apa itu wix

Berikutnya, kamu akan diminta untuk memberitahukan Wix jenis website yang ingin kamu buat. Kamu bisa memilih jenis website seperti Online Store, Portofolio, Restautants & Food, Designer, dan sebagainya. Jika kamu ingin membuat website blog pribadi, pilihlah opsi Blog.

3. Atur dan Kustomisasi Websitemu

Setelah menentukan jenis website yang akan dibuat, Wixsite akan memberikanmu pilihan. Kamu bisa memilih untuk mengatur websitemu sendiri atau membiarkan Wixsite membuatkannya untuk kamu. Untuk mengatur website sendiri, klik tombol Edit a Template.

Kamu akan diarahkan ke halaman untuk memilih template. Pilihan template yang ditampilkan ini sudah disesuaikan dengan jenis website yang sebelumnya kamu pilih. Jika sudah memilih salah satu template maka kamu akan masuk ke halaman dashboard editing.

4. Tambahkan Fitur Sesuai Kebutuhan

Pada halaman dashboard editing, kamu bebas menambahkan fitur atau elemen baru sesuai dengan kebutuhan website. Caranya cukup mudah, hanya mengimplementasikan fitur drag and drop saja. Tekan dan arahkan elemen yang ingin dipindahkan, kemudian lepaskan pada tempat yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa mengedit elemen di setiap halaman. Untuk melakukan pengaturan ini, klik menu Page di bagian kiri atas. Selanjutnya, pilihlah halaman yang ingin kamu edit. Pada halaman edit ini, kamu akan disediakan pilihan elemen di bagian kiri.

5. Buat Postingan

apa itu wix

Setelah mengedit halaman website, kamu bisa mulai membuat postingan. Caranya, klik menu My Blog dan lanjutkan dengan klik Create a post. Selanjutnya kamu bisa langsung menuliskan postingan. Pastikan untuk mengaktifkan tools SEO. Masukkan SEO title, deskripsi, serta URL Slug untuk memudahkan websitemu terindeks.

Mudah, bukan? Wix website builder adalah solusi platform bikin website tanpa repot secara instan. Selain mudah digunakan untuk pengguna awam, Wix juga memungkinkanmu untuk membuat website mobile-friendly tanpa perlu belajar coding dulu!

Agar website buatanmu anti lemot dan mudah diakses oleh pengunjung, pastikan untuk menggunakan layanan hosting IDwebhost, ya! Kamu juga bisa beli domain dan bikin websitemu semakin keren. Yuk, cek pilihan paketnya sekarang!sjbuat website emuetnya sekarang yang sesuai dengan website agar semakin keren.  menggunakan layanan hosting tidak ada salahnya

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022