Kumpulan 21 Widget Terbaik untuk Blog WordPress Anda
Blog Tips Keren

Kumpulan 21 Widget Terbaik untuk Blog WordPress Anda

Anda binggung dalam menentukan widget blog wordpress yang mana yang akan dipasang di web anda ? Tenang saja, karena kami akan memberikan dan sudah merangkum widget penting terbaik apa saja yang perlu Anda pasang di blog. Menambahkan sebuah widget untuk blog di WordPress merupakan langkah yang paling mudah untuk bisa menambahkan berbagai fitur di website. Bagi anda yang belum mengetahui cara untuk menambahkan widget di blog, Anda bisa mengetahuinya dengan membaca artikel ini terlebih dahulu. Baik, lalu Apa saja sih widget blog terbaik untuk WordPress kesayangan Anda? Berikut ini daftar rekomendasi 21 widget blog terbaik yang kami ringkas :

21 Rekomendasi Widget Blog Terbaik untuk WordPress Anda

Widget-widget blog terbaik di bawah ini merupakan widget yang sering digunakan oleh para pengguna WordPress. Kami telah merangkum 21 widget blog yang dapat menunjang kinerja blog atau website Anda. Dari widget yang berfungsi untuk post, kalender, video, maps, hingga slider. Terdapat juga widget blog gratis dan berbayar.

1. Recent Posts Widget with Thumbnail

Secara default, untuk menampilkan postingan yang terbaru dengan tampilan standar, Anda bisa memanfaatkan widget recent post WordPress. Namun jika Anda bosan dengan tampilan widget biasa atau standar, anda bisa mencoba menggunakan widget satu ini. Dengan Recent Posts Widget with Thumbnail ini, Anda bisa memodifikasi atau mengedit widget untuk postingan terbaru. Widget ini memungkinkan Anda untuk menambahkan thumbnail di recent post sehingga akan terlihat lebih bagus. Thumbnail tersebut bisa diambil dari featured image atau gambar pertama di artikel.

Recent Posts Widget with Thumbnail
IDwebhost

2. WordPress Popular Post

Seperti namanya, widget wordpress popular post ini dapat memungkinkan Anda untuk menampilkan postingan paling populer di blog WordPress Anda. Anda dapat mengatur tampilannya berdasarkan pada jumlah view atau jumlah komentar yang didapatkan dengan menggunakan widget ini.

3. Simple Social Icons

Ini merupakan sebuah widget yang berisi kumpulan app sosial media untuk WordPress yang paling banyak dipilih. Widget ini dapat memungkinkan Anda untuk menambahkan ikon profile sosial media di sidebar. Anda bisa memilih profile sosial media apa saja yang ingin Anda tambahkan. Kemudian, Anda juga bisa memodifikasi ikon dengan cara mengubah warna ikon dan background.

4. Google Maps Widget

Cara paling mudah untuk menambahkan peta di sidebar blog Anda adalah dengan menggunakan Google Maps Widget. Google Maps Widget dapat memungkinkan Anda untuk menampilkan fitur Google Maps dalam bentuk widget. Anda bisa mengikuti panduannya di artikel ini untuk menambahkan Google Maps di WordPress.

5. Social Count Plus

Mungkin Anda sudah sering melihat widget ini di web atau blog yang populer. Widget ini dapat memungkinkan Anda untuk menampilkan jumlah follower atau pengikut pada media sosial Anda di sidebar WordPress dengan mudah. Jumlah follower di media sosial bisa meningkatkan kepercayaan pembaca kepada Anda.

6. Image Widget

Untuk menambahkan gambar di sidebar biasanya caranya adalah dengan menulis kode HTML. Namun, cara tersebut terbilang tidak mudah untuk kebanyakan orang, terutama bagi orang pemula. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan Image Widget ini untuk menambahkan gambar di sidebar. Widget ini juga menyediakan sebuah fitur untuk menambahkan caption, alt text, dan ukuran gambar.

7. Custom Taxonomies Menu Widget

Custom Taxonomies Menu Widget
IDwebhost

Sebenarnya dari WordPress sudah menyediakan widget untuk dapat menampilkan kategori. Namun, widget yang disediakan oleh WordPress tidak menyediakan fitur untuk membuat kategori secara kustom atau sesuai keinginan kita. Agar bisa membuat kategori secara kustom tersebut, Anda bisa menggunakan Custom Taxonomies Widget ini.

8. Compact Archives

Widget archives dari WordPress secara default untuk menampilkan archives postingan website dalam daftar per bulan. Sayangnya tampilan tersebut kurang praktis dan kerap menyusahkan para pembaca. Dengan menggunakan widget Compact Archives, Anda bisa membuat tampilan widget archives menjadi lebih praktis. Widget ini memungkinkan Anda untuk menampilkan archive postingan per bulan secara horizontal sehingga akan memudahkan para pembaca untuk mengklik masing-masing bulan.

9. Authors Widget

Jika blog Anda dikelola oleh beberapa orang/penulis, widget ini bisa membantu Anda untuk menampilkan profil masing-masing penulis. Widget ini dapat memungkinkan Anda untuk menampilkan profil penulis blog beserta dengan avatarnya dan mengarahkannya ke page/halaman yang berisi kumpulan artikel yang ditulis oleh masing-masing penulis.

10. YouTube Channel Gallery

Widget ini bisa memungkinkan Anda untuk menampilkan video yang terbaru dari channel YouTube di website WordPress Anda. YouTube Channel Gallery bisa menampilkan video dalam bentuk layout grid yang menghemat banyak tempat dan terlihat lebih menarik.

11. OptinMonster

OptinMonster merupakan plugin lead generation di WordPress. Plugin ini sangat bermanfaat untuk mengumpulkan subscriber di blog Anda. Selain itu juga menyediakan dua widget, yaitu Sidebar dan Afterpost. Dua widget tersebut dapat memungkinkan Anda untuk mengumpulkan subscriber di blog Anda.

12. Tabbed Login Widget

Cara lain untuk dapat menambahkan form login di sidebar WordPress yaitu dengan menggunakan Tabbed Login Widget. Seperti namanya, widget tersebut memungkinkan Anda untuk menambahkan widget login dengan tiga tab yang berbeda, yaitu tab login, registrasi, dan lupa password.

13. Simple Contact Info

Simple Contact Info memungkinkan Anda untuk dapat menambahkan informasi kontak, ikon sosial media, dan informasi lokasi yang mudah hanya dengan mengisi sebuah form. Setelah itu, Anda bisa menampilkan sebuah informasi di sidebar WordPress Anda.

14. Quick Chat

Quick Chat merupakan widget yang terlihat sepele, akan tetapi sangat bermanfaat untuk membuat sistem chat di WordPress menjadi lebih baik. Anda dapat menambahkan widget chat di mana pun pada website Anda menggunakan Quick Chat. Dengan begitu, para pengunjung website dapat dengan mudah untuk menghubungi Anda.

15. Testimonials Widget

Testimonials Widget
IDwebhost

Menampilkan testimonial merupakan cara yang bagus untuk membuktikan bahwa klien atau pelanggan anda puas dengan layanan Anda kepada para pembaca. Dengan Testimonial Widget ini, Anda bisa dengan mudah untuk membuat widget untuk testimoni klien/pelanggan anda.

16. Google Calendar Events

Plugin ini menyediakan cara termudah untuk bisa menampilkan kalender di web WordPress Anda. Anda bisa membuat sebuah event menggunakan Google Calendar dan menampilkannya memakai widget ini.

17. Neat Skype Status

Ingin menampilkan status Skype Anda di blog WordPress? Skype digunakan oleh ribuan blogger profesional untuk tetap terhubung dengan klien dan pelanggannya. Neat Skype Status memungkinkan Anda untuk dapat menampilkan status Skype Anda dengan mudah di blog WordPress.

18. Random Post Widget

Plugin ini bisa memungkinkan Anda untuk menampilkan random post/postingan acak di sidebar WordPress Anda. Random Post Widget juga dapat mengatur untuk menampilkan random post berdasarkan pada kategori tertentu.

19. Soliloquy WordPress Slider Widget

Soliloquy merupakan plugin slider responsif yang memudahkan Anda dalam membuat slider di WordPress. Dengan plugin tersebut, Anda bisa menambahkan slider di mana saja sesuai kebutuhan anda menggunakan widget yang disediakan. Jadi Anda bisa menampilkan seperti recent post, video, gambar Pinterest, Instagram, dan lain sebagainya dalam bentuk slide.

20. Feature a Page Widget

Feature a Page Widget
IDwebhost

Widget ini memungkinkan Anda untuk dapat menambahkan sebuah laman sebagai featured page di sidebar WordPress Anda. Featured page merupakan halaman pilihan yang ingin Anda tampilkan pada sidebar WordPress. Dengan widget ini Anda dapat menampilkan featured page beserta judul, gambar, dan lain sebagainya.

21. Envira Gallery

Envira Gallery merupakan plugin galeri di WordPress. Jika Anda adalah seorang fotografer profesional atau seorang designer, plugin ini merupakan plugin terbaik untuk menampilkan karya fotografi atau desain Anda melalui widget tersebut.

Kesimpulan

Demikian kumpulan widget terbaik untuk blog WordPress yang kami rekomendasikan untuk di instal/pasang di WordPress Anda. Widget blog untuk WordPress diatas berfungsi untuk menampilkan fitur-fitur tambahan di blog tanpa perlu melakukan coding. Jadi siapapun dapat dengan mudah menambahkan berbagai fitur di blog, termasuk Anda.

IDwebhost merupakan penyedia layanan hosting dan domain yang murah dan berkualitas serta sudah dipercaya oleh 100 ribu lebih pelanggan. Selain itu, juga menyediakan jasa pembuatan website termasuk toko online dan lain sebagainya. Tentu layanan kami bergaransi penuh selama 30 hari. Salam IDwebhost!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.