Perbedaan WHM dan cPanel Sebagai Alat Pengelola Web Hosting

8 Des 2018
Perbedaan WHM dan cPanel Sebagai Alat Pengelola Web Hosting campaign-unlimited

Alat pengelola web hosting terbagi menjadi beberapa pilihan, yang paling populer adalah cPanel. Kemudian ada juga WHM. Keduanya sangat penting usai anda membeli paket web hosting atau VPS yang tersedia sesuai pilihan. Dengan memilih alat pengelola web hosting yang tepat, maka proses membangun website akan bisa anda lakukan dengan mudah. Kedua tool tersebut memiliki perbedaan yang mendasar. Secara garis besar, tool cPanel sudah cukup terkenal dipakai oleh para user hosting. Sementara untuk WHM banyak dipakai oleh pengguna VPS. Peran WHM juga cukup signifikan dalam membuat akun-akun cPanel.

Dari sini Sahabat IDwebhost bisa melihat bahwa WHM punya level lebih tinggi. Tool yang satu ini sudah setingkat server admin karena bisa dipakai untuk mengelola akun cPanel yang dimiliki user. Sedangkan cPanel selevel dibawahnya karena ini adalah tool yang dipakai oleh pengguna untuk memudahkan proses pengelolaan hosting. Berikut adalah penjelasan yang lebih detail tentang pengertian dan fungsi dari tool tersebut.

Pengertian Alat Pengelola Web Hosting cPanel

Alat pengelola web hosting
idwebhost

cPanel merupakan panel untuk mengontrol pengelolaan web yang ada di internet. Sistem hosting yang digunakan berbasis Linux ini membantu mengontrol tugas administratif dari hosting itu sendiri, yakni mengatur kata sandi, mengelola domain, sub domain, email, dan lain sebagainya. Dengan adanya kontrol panel ini, maka anda akan bisa melakukan tugas pengelolaan domain dengan lebih baik.

Manfaat Menggunakan cPanel Bagi Pemilik Domain

Banyak manfaat yang akan bisa anda rasakan setelah memakai cPanel ini, antara lain mengatur file lebih mudah. Selain itu, tampilan GUI atau Graphic User Interface yang lebih simpel juga akan membantu admin untuk menglola sistem yang ada pada server. Anda pun tak perlu lagi memakai website builder untuk membangun sebuah website. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa cPanel adalah perangkat yang sangar user friendly. Artinya perangkat ini mudah digunakan dan dipahami oleh penggunanya. Kemudahan yang bisa anda dapatkan antara lain sebagai berikut:

Menambah Domain Dengan Mudah: cPanel bisa membantu anda menambahkan domain, serta melakukan konfigurasi terhadap email yang anda inginkan dengan mudah. cPanel ini bisa memberikan fungsi tertentu yang spesifik sesuai jenis paket hosting yang anda beli didalamnya.

Memudahkan Kontrol Akun FTP: cPanel juga memudahkan anda untuk melakukan sejumlah hal spesifik, antara lain memindahkan file, menghapus, atau mengupload file yang anda inginkan kedalam server.

Menyediakan Data Analytic Yang Akurat: Hal yang tak kalah pentingnya adalah alat pengelola web hosting ini bisa membantu anda mengetahui jumlah pengunjung per bulannya. Data yang disediakan oleh alat pengelola web hosting tersebut bisa memberikan statistik akurat. Semua itu bisa tersedia dengan mudah berkat fitur statistic AWS yang ada didalamnya.

Memudahkan Update CMS: Apakah anda pengguna setia WordPress, Joomla atau Drupal? Jika iya, maka disini ada banyak add-ons dan API yang tersedia untuk anda gunakan. Add-ons dari alat pengelola web hosting tersebut juga sudah terintegrasi dengan Softaculous.

Menjaga Keamanan Data: Selain faktor lebih ekonomis, alat pengelola web hosting ini juga memberikan sejumlah pilihan backup supaya data anda tetap berada di tempat aman. Selain itu, tersedia juga fitur restore atau pemulihan yang bisa anda gunakan didalamnya.

Baca Juga: SSL Murah Bisa Meningkatkan Ranking Website

Pengertian Alat Pengelola Web Hosting WHM

Alat pengelola web hosting
idwebhost

WHM adalah kepanjangan dari Web Host Manager. Dengan alat yang satu ini, anda akan berperan sebagai user admin cPanel itu sendiri. Dengan kata lain cPanel adalah bawahan dari WHM. Jadi jelas kalau penggunaan alat pengelola web hosting ini akan memudahkan siapa saja mengelola lebih banyak file yanga ada didalamnyaa. Bahkan jika penggunanya cukup cerdas, maka WHM ini bisa dikelola sedemikian rupa untuk menciptakan banyak cPanel yang telah dimodifikasi. Pengguna WHM akan bisa melakukan penambahan (upgrade) ataupun pengurangan (downgrade) terhadap akun dengan mudah. User WHM juga akan dengan mudah memantau penggunaan bandwidth agar selalu berada pada batas yang wajar atau normal.

Manfaat Menggunakan Web Host Manager

Alat pengelola web hosting ini bisa memudahkan para pengguna untuk mengakses semua domain yang menggunakan DNS Zone. Dengan kata lain, WHM memegang kendali penuh atas akun cPanel yang ada pada domain. Mereka memiliki otoritas untuk melakukan suspend (penangguhan), penghapusan, atau menciptakan cPanel yang terbaru. Tidak hanya kemampuan tersebut, WHM juga bisa memberikan izin kepada pengguna cPanel untuk mengubah nama domain, username, dan lain sebagainya. Artinya, WHM sangat berperan penting untuk pengguna yang memakai Dedicated Server ataupun Virtual Private Server. Berikut adalah kemudahan yang akan bisa anda dapatkan dengan memakai WHM ini.

Mengelola Sertifikat SSL Kapan Saja: Kemudahan yang bisa anda dapatkan dari alat pengelola web hosting ini adalah melakukan penginstalan dan pengelolaan terhadap sertifikat SSL dengan lebih mudah. Hal ini tentu sangat berperan signifikan sebagai proses pembangunan web atau domain itu sendiri.

Mendapatkan Akses Ke Semua Akun: Adanya izin untuk mengakses ke semua akun membuat WHM sangat krusial fungsinya. Anda bisa mengubah kepemilikan akun tersebut apabila ingin dijual atau ingin dihapus kapan saja. Hal ini juga akan membantu pengguna untuk melakukan penugasan atau whitelisting terhadap alamat IP yang tersedia.

Memantau Server Kapan Saja: Selain berguna untuk memantau, WHM juga penting untuk menganalisa sumber daya yang ada di server. Dengan adanya perangkat ini, anda akan bisa melakukan perencanaan yang lebih matang terhadap web-web atau domain yang tersebar dalam cPanel. Selain itu, anda juga bisa memberikan update, upgrade, dan newslatter kepada para klien sesuai kesepakatan yang dibuat melalui WHM.

Lebih Hemat Waktu: WHM bisa menjadi alat pengelola web hosting yang fleksibel dengan sifat user admin yang dimilikinya. Anda akan bisa menghemat waktu ketika ingin melakukan pembenahan terkait administrative server.

Kesimpulan Perbedaan WHM dan cPanel

Alat pengelola web hosting
idwebhost

Alat pengelola web hosting WHM dan cPanel memiliki perannya masing-masing. Keduanya bisa menjadi kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya WHM sendiri bisa mengelola banyak cPanel. Sementara cPanel tidak bisa berdiri sendiri dan harus dikontrol oleh WHM yang ada diatasnya. Dengan kata lain WHM adalah sebuah panel kontrol yang penting bagi reseller. Merekalah yang akan menggerakannya untuk mengelola semua anggota yang terdaftar dalam akun hosting yang dimiliki. Dalam hal akses, alat pengelola web hosting WHM menyediakan root level access.

Inilah yang nantinya bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pengguna. Perbedaan mencolok juga bisa dilihat dari port WHM dan cPanel. Jika cPanel memakai port 2083, maka WHM memakai port dengan nomor 2087. Keduanya sama-sama merupakan port dengan nomor yang aman. Terkait penggantian password, WHM bisa mengubah password yang ada di cPanel. Sementara, cPanel tidak bisa mengganti password yang ada di WHM. Tapi cPanel bisa mengganti passwordnya sendiri sesuai keinginan pengguna.