Weebly vs WordPress, Anda Pilih yang Mana?
Blog Tips Keren Weebly vs WordPress, Anda Pilih yang Mana?

Weebly vs WordPress, Anda Pilih yang Mana?

Membicarakan cara membuat website, banyak orang merasa hal ini adalah sesuatu yang sulit. Ya, memang, untuk bisa paham mengenai cara membuat website paling tidak seseorang sudah familiar dengan yang Namanya website dan hosting. Selain membayangkan kesulitan menmbuat website, umumnya orang juga merasa mereka tidak paham apa itu hosting. Namun itu dulu. Karena semakin banyak orang yang ingin kemudahan saat membangun website mereka sendiri, bermunculan aplikasi atau software yang menawarkan kemudahan dalam membuat website. Beberapa diantaranya adalah WordPress dan Weebly. Keduanya merupakan dua jenis platform yang banyak digunakan oleh blogger maupun pemilik website. Karena banyak digunakan inilah, sangat menarik untuk mengulik perbedaan WordPress dan Weebly web builder. Artikel ini akan mengulas secara mendalam weebly vs WordPress dan perbedaan yang harus Anda tahu.

Sahabat IDwebhost, simak artikel berikut ini.

Weebly Website Builder

Weebly vs WordPress

Secara umum selain dikenal sebagai salah satu website builder terbaik, Weebly juga termasuk web hosting papan atas dunia. Namun reputasinya lebih dikenal sebagai site builder. Faktanya, sangat banyak fungsi lain yang bisa dilakukan oleh Weebly. Salah satunya, site builder ini sangat ramah digunakan sebagai tulang punggung website ecommerce.

Untuk Anda yang belum tahu, Weebly menawarkan kepada penggunanya seperangkat tools seperti blok yang dapat digunakan membuat website secara visual. Apa yang ditawarkan Weebly ini adalah jawaban bagi mereka yang menginginkan memiliki website yang mudah, dan tentunya ramah di kantong, dengan beberapa pembatasan tentu saja.

Kelebihan dan Kekurangan Weebly

Sebagaiman meskipun termasuk salah satu website builder terbaik, Weebly tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihannya mungkin tak dimiliki oleh webste builder lain. Dan kekurangannya adalah kelebihan utama dari kompetitornya. Berikut ini adalah adalah kelebihan dan kekurangan Weebly yang harus Anda ketahui:

Kelebihan Weebly

Kecepatan Stabil

Kelebihan Weebly yang pertama adalah kecepatannya yang stabil. Untuk menjawab tantangan sebagai salah satu website builder ecommerce, kecepatan yang ditawarkan Weebly sungguh mengagumkan. Site loadnya berhasil menyentuh angka 3,9 detik.

Kaya template responsive

Template yang ditawarkan Weebly memberikan pengguna spektrum yang luas untuk memudahkannya merancang situs website yang diinginkan. Tanpa tahu banyak mengenai teknikal skill, Anda sudah bisa membuat website dengan tampilan yang bagus tanpa harus memiliki pengalaman mendesain website sebelumnya.

Editor yang Simple dan Mudah Digunakan

Weebly vs WordPress

Setelah memilih template Anda akan segera dihadapkan dengan drag dan drop. Dan ini adalah salah satu keunggulan dari Weebly. Untuk membangun sebuah halaman website yang diinginkan, Anda bisa melakukannya dengan menarik objek dari bilah tool di sebelah kiri layar dan menempatkannya pada lokasi yang diinginkan. Ada banyak hal yang bisa ditambahkan. Mulai dari kotak teks biasa hingga daftar produk yang yang rumit. Dan ini adalah pilihan yang bagus untuk pemula yang ingin membangun sebuah website.

Bonus Extra

Disamping fitur utamanya sebagai site builder gratis, Weebly datang dengan beberapa fitur kunci:

  • Free Domain
  • Free SEO Support
  • Kemudahan Untuk Upgrade

Kekurangan Weebly

Jika tadi kita sudah membahas kelebihan Weebly, sekarang saatnya membahas kekurangan yang dimiliki oleh Weebly. Berikut kekurangan Weebly yang harus Anda ketahui:

Freeloader yang Stuck

Jika Anda adalah pengguna paket gratis Weebly, pada dasarnya Anda terjebak dengan subdomain dari Weebly. Terlepas jika Anda bahkan memiliki domain sendiri. Weebly hanya mengizinkan domain khusus jika Anda adalah pengguna paket berbayar.

Blogging Tools yang Terbatas

Saat mencoba mencari platform atau content management system tentu sebagai pengguna, Anda mencari sesuatu yang tidak akan membatasi Anda. Dan sayangnya, Anda akan mendapati hal ini di Weebly. Bagi Anda yang terbisa mengunakan CMS lain, semisal WordPress akan terasa aneh saat mendapati hal ini.

Ada Batasan saat Anda akan membuat setiap konten blog. Sulit membayangkan jika Anda harus mendapat keterbatasan saat akan menuangkan ide dan gagasan Anda.

Harus Membayar Lebih Untuk Lebih Banyak Bantuan

Tentu dapat dipahami, bahwa untuk mendukung pelanggan dibutuhkan biaya, hanya saja Weebly banyak dirasa berlebihan terkait hal ini. Level dukungan yang Anda terima sangat bergantun pada paket yang Anda pilih. Dukungan dasar yang Anda dapatkan antara lain live chat,knowledge base, dan beberapa video tutorial.

Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan dukungan, katakanlah via telepon, Anda harus menguprade paket.

CMS WordPress

WordPress selama ini dikenal sebagai salah satu pilihan untuk membuat website. Terlebih bisa dikatakan, WordPress masih menjadi CMS terpopuler di dunia. Mengapa WordPress bisa menjadi CMS terpopuler di dunia adalah karena adanya ribuan tema yang menarik. Namun untuk masalah layout, WordPress kurang user friendly. Jadi, sebagai pengguna Anda harus tahu mengedit kode untuk, katakanlah memodifikasi tema WordPress.

Sedangkan yang membedakannya dengan site builder, pengguna tak harus memilki keterampilan teknis memadai karena hanya tinggal drag and drop. Dan inilah kabar baik bagi Anda. WordPress menjawab keresahan orang-orang yang merasa membuat website adalah sesuatu yang sulit dengan menghadirkan page builder WordPress.

Sebenarnya, WordPress memiliki kemudahan yang sama. Yaitu bisa drag and drop. Hanya saja untuk melakukannya Anda terlebih dahulu harus menginstal plugin bage builder WordPress. Lalu bagaimana cara melakukannya? Anda bisa membuka direktori plugin WordPress dan disana Anda akan mendapati sejumlah plugin page builder yang bisa dipiliih.

Keuntungan Menggunakan Plugin Page Builder WordPress

Salah satu parameter dalam Weebly vs WordPress adalah perbandingan website buildernya. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan page builder besutan WordPress. Anda bisa bebas menempatkan teks, widget, atau tools lainnya. Tak hanya itu, WordPress page builder juga memiliki kelebihan lain sebagai berikut:

Tampilan Lebih Profesional

Weebly VS WordPress, Anda Pilih yang Mana?

Dengan WordPress site builder, Anda mendapatkan kebebasan lebih untuk mendesain website. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk menuangkan ide dalam membangun website Anda.

Preview Perubahan

Saat mendesain website WordPress, umumnya pengguna tak bisa melihat perubahan yang terjadi. Dengan menggunakan plugin page builder, Anda dapat melihat preview perubahan website WordPress Anda secara realtime.

Web Builder WordPress Terbaik

Membicarakan web builder terbaik, berkat inovasi yang dilakukannya WordPress, banyak bermunculan web builder yang seketika menjadi popular karena kehandalannya. Berikut Web builder WordPress terbaik:

Elementor

Sangat sulit untuk tidak memasukkan Elementor di daftar pertama web builder terbaik dari WordPress. Sejak diluncurkan pada tahun 2016, Elementor telah diintal hingga jutaan kali oleh pengguna WordPress. Ada dua versi Elementor. Yaitu versi gratis dan versi berbayar.

Untuk versi gratis, Anda tidak akan mendapatkan banyak fitur seperti pada yang versi berbayar. Versi gratis Elementor menyediakan 40 template dan 30 widget dasar. Widgetnya pun telah dilengkapi fitur yang menarik, seperti carousel gambar dan custom elemen HTML.

Beaver Builder

Web builder WordPress terbaik selanjutnya adalah Beaver Builder. Meskipun tidak memiliki pengguna aktif sebanyak Elementor, Beaver Builder bukanlah anak baru sebagai page builder. Dan seperti web builder pada umumnya, Beaver memiliki dua versi yaitu versi lite dan berbayar. Di versi lite atau gratis, Anda akan mendapatkan beberapa fitur keren namun hanya akan mendapat widget yang sedikit. Seperti teks editor, foto, video, sidebar dan elemen HTML.

Sedangkan pada versi berbayar, Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin website di pada web builder ini. Dan pada versi berbayar termahalnya, terdapat fitur multi site dan white labelling.

Divi

Satu lagi web builder popular yang ada di WordPress. Divi adalah web builder yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan lebih dari 20 layout untuk berbagai jenis website. Untuk menjalakannya, Anda hanya perlu mengklik halaman dan mulai mengedit dengan preview yang nyata. Anda tak perlu menyimpan dan mengklik preview untuk melihat desain terbaru Anda.

Dengan Divi Anda dapat membuat segala jenis tata letak halaman hanya dalam beberapa menit. Dan jika suatu saat ingin menggunakannya lagi, Anda bisa menyimpannya di website Anda. Anda juga bisa mengekspor layout untuk dipasangkan di Divi yang lain.

Kesimpulan

Meskipun terasa sama, namun sejatinya terdapat perbedaan signifikan antara Weebly vs WordPress. Baik dari sisi fitur, harga, dan kemudahan penggunaannya. Membandingkan Weebly vs WordPress adalah hal yang tak ada habisnya. Sebagai bagian dari industri teknologi, keduanya dituntut untuk terus berinovasi.

Begitu juga IDwebhost. Sebagai penyedia web hosting murah nomor satu di Indonesia selalu dituntut untuk selau memberikan pelayanan terbaik bagi Anda, para pengguna layanan IDwebhost. Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau saran agar kami semakin baik kedepannya, jangan ragu menuliskannya di kolom komentar, ya. Semoga artikel ini bermanfat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis