Website Tools Riset Kata Kunci Gratis
Blog Tips Keren Website Tools Riset Kata Kunci Gratis

Website Tools Riset Kata Kunci Gratis

Mengelola website tidak lepas dari melakukan riset kata kunci. Hal ini menjadi penting agar dalam perjalanan  website Anda, telah terpetakan dengan baik di mana dan akan ke mana arah dari website Anda. Maka, penting untuk Anda mengetahui website tools riset kata kunci gratis.

Kini persaingan website semakin ketat, setiap detik terjadi perubahan posisi dari setiap postingan yang kita miliki dan telah muncul dalam mesin pencari. Hal ini, karena algoritma terus diperbaharui, dan semakin banyak website yang berkembang.

Karenanya, agar website Anda tidak tenggelam atau bahkan tidak muncul dalam mesin pencari seperti halnya Google. Penting bagi Anda untuk melakukan riset kata kunci sejak awal pembuatan website dan ketika Anda akan membuat postingan website.

Dengan Anda melakukan riset kata kunci, maka Anda akan mudah  memetakan postingan Anda, mudah dalam mengetahui pesaing, dan jumlah pencarian. Selain itu juga kata kunci yang paling tepat untuk Anda sematkan dalam postingan dan optimasi SEO yang akan Anda kerjakan.

Nah, untuk menyusun atau mengetahui apa saja kata kunci yang paling tepat dengan website Anda, paling sesuai untuk tema atau judul postingan yang Anda akan buat. Maka Anda perlu untuk menggunakan berbagai tools yang sudah ada. Berikut adalah website tools riset kata kunci gratis yang bisa Anda gunakan secara maksimal:

1. Website Tools Riset Kata Kunci Ubersuggest

Website Tools Riset Kata Kunci Ubersuggest

Ubersuggest menjadi salah satu tools riset kata kunci yang wajib Anda gunakan. Walau tools ini tidak gratis secara penuh, namun versi gratis yang tersedia sudah cukup membantu Anda dalam melakukan riset kata kunci.

Menggunakan Ubersugges, Anda tidak hanya mendapatkan fitur pencarian kata kunci saja,  namun juga akan mendapatkan beberapa fitur lainnya yang menarik dari tool satu ini. Misalnya; laporan efektivitas SEO dari per halaman, overview performa dari domain, rekomendasi keyword lainnya, dan juga ide-ide konten untuk Anda buat, serta berbagai tools lainnya.

Selain itu tampilan atau user interface Ubersuggest ini juga terbilang sangat ramah dan sangat intuitif, sehingga Anda hanya memerlukan waktu yang sangat singkat untuk bisa memahaminya dengan baik apa yang ditampilkan dari tools riset kata kunci ini.

2. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah alat bantu riset keyword yang dirilis oleh Google dan menjadi salah satu yang paling sering  digunakan oleh pengelola website di dunia. Karena memang memiliki hasil yang sangat membantu dalam menargetkan kata kunci.

Tool dari Google ini dapat memberikan kemudahan seseorang bahkan yang belum paham kata kunci sekali pun, ketika baru pertama kali akan melakukan riset kata kunci. Terlebih bagi mereka yang akan beriklan di Google AdWords.

Selain itu tools riset kata kunci gratis dari Google ini juga menawarkan berbagai keunggulan, yaitu tak hanya bisa digunakan untuk keperluan AdWords saja, Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan riset keyword yang lainnya.

Keyword Planner juga banyak dipilih karena hubungannya dengan Google sangat erat, alias produk dari Google, sehingga Kemungkinan mendapatkan keyword yang tepat pun semakin besar karena data langsung dari mesin pencari Google.

3. Riset Kata Kunci Dengan Keywordtool.io

Riset Kata Kunci Dengan Keywordtool.io

Alat bantu riset kata kunci selanjutnya adalah Keywordtool.io. Tools yang satu ini sepertinya paling banyak digunakan, tidak hanya untuk kebutuhan website namun juga Youtube dan berbagai platform lain.

Ketwordtool.io ini sangat bermanfaat dalam memudahkan penentuan target kata kunci, terutama ketika Anda sedang mencari long tail keyword atau kata kunci panjang untuk keperluan SEO. Long tail keyword ini sangat dibutuhkan karena mempunyai tingkat persaingan yang cukup rendah.

Dengan Anda memaksimalkan kata kunci panjang, maka akan sangat mungkin membuat web Anda berada pada ranking tertinggi mesin pencari. Maka, Anda bisa menggunakan tools yang satu ini untuk menentukan kata kunci yang paling tepat dan rendah persaingan.

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa Keywordtool.io juga tidak hanya digunakan untuk riset kata kunci Google! Kamu juga bisa memakainya untuk riset kata kunci: Youtube, Blog, eBay, Play Store, Amazon, Twitter, dan lainnya termasuk website toko online.

Selain itu, tools ini juga sudah memiliki opsi bahasa dan juga lokasi yang akan memudahkan Anda  dalam melakukan riset kata kunci. Dalam versi gratis pun Anda akan merasa terbantu dan cukup mendapatkan data untuk kebutuhan kata kunci website Anda.

4. Riset Keyword Dengan Wordtracker

Wordtracker adalah keyword tool  yang tidak hanya menjadi SEO tools saja, akan tetapi juga memiliki fungsi untuk melakukan market research.

Jika Anda menggunakan tools kata kunci yang satu ini, kamu akan mendapatkan keyword untuk SEO,  dan juga keyword untuk iklan yang berbasis PPC (Pay Per Click).

Selain itu Wordtracker juga memiliki berbagai kelebihan lain seperti pencarian keyword sekunder atau related keyword, pencarian keyword dengan konotasi negatif, akses keyword asli, dan sebagainya.

Wordtracker ini bisa dibilang melebihi Google Keyword Planner dalam hal pemberian tools dan data kata kunci. Anda akan mendapatkan lebih dari 10.000 rekomendasi kata kunci untuk setiap entry yang Anda masukkan. Jumlah yang sangat cukup.

Wordtracker juga tidak Sekedar menjadi alat bantu untuk riset kata kunci website saja, akan tetapi juga bisa menjadi alat mencari kata kunci untuk Youtube, eBay, dan juga Amazon.

Lebih menariknya, di dalam tools yang satu ini terdapat kolom khusus yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan keyword atau kata kunci yang telah diriset, sehingga Anda bisa menyimpan dan menggunakannya kemudian.

5. Mesin Pencari Google Sebagai Website Tools Riset Kata Kunci

Mesin Pencari Google

Mesin pencari seperti halnya Google adalah alat untuk mencari kata kunci yang tidak kalah efektif. Mesin pencari Google cukup mudah digunakan karena memang sudah menjadi bagian tidak terpisahkan bagi pengguna internet sehari-hari dalam mencari berbagai informasi.

Ketika menggunakan Google untuk mencari kata kunci, akan lebih mudah dan hemat serta tentu saja gratis. Anda juga tidak perlu melakukan registrasi, Anda bisa menggunakannya dengan cukup masuk pada mode incognito atau guest window.

Ketika Anda melakukan pencarian dengan mode guest window, maka Google akan membantu dalam menemukan long tail keyword yang tepat dan juga akurat. Ini akan berbeda dengan hasil kata kunci yang muncul jika Anda memakai mode biasa. Kata kunci yang tampil justru akan terpengaruh dengan riwayat pencarian yang mana membuat hasilnya jadi tidak akurat.

Kesimpulan

Nah dari lima website untuk kebutuhan riset kata kunci yang ada maka yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda? Pada prinsipnya Anda bisa menggunakan lebih dari satu tools dalam membuat atau melakukan riset kata kunci untuk website Anda.

Namun, jangan lupa bahwa keberhasilan sebuah website untuk tampil dalam halaman pertama Google tidak hanya melalui ketepatan riset kata kunci, namun juga infrastruktur website yang mendukung.

Salah satu yang akan membuat website Anda menjadi rekomendasi mesin pencari misalnya adalah pengalaman pengguna. Salah satu pengalaman pengguna adalah kebermanfaatan konten, dan bagaimana mereka nyaman berada di website Anda.

Website yang cepat dan ringan untuk diakses menjadi pilihan pengguna. Mereka akan senang mengunjungi website yang mudah diakses. Nah jangan sampai website Anda lambat padahal Anda sudah melakukan optimasi SEO secara optimal.

Karenanya penting bagi Anda untuk memilih layanan hosting terpercaya. Untuk mendapatkan layanan hosting murah terpercaya Anda bisa menggunakan paket hosting dari IDwebhost.

Selain hosting murah, IDwebhost juga memiliki layanan domain murah dengan berbagai diskon menarik setiap harinya. Ayo tunggu apa lagi, segera upgrade website Anda.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Website Tools Riset Kata Kunci Gratis semoga pembahasan ini memberikan manfaat dan menjadi jawaban untuk Anda melakukan riset kata kunci. Terima kasih telah membaca. Salam. Ari IDwebhost.