Pengertian dan Cara Membuat Website Single Page
Blog Tips Keren Pengertian dan Cara Membuat Website Single Page

Pengertian dan Cara Membuat Website Single Page

Ada satu tren desain website yang sedang populer akhir-akhir ini yaitu desain website single page atau satu halaman. Semakin banyak bisnis serta organisasi di luar sana yang memilih untuk membuat website dengan model satu halaman. Di artikel ini, kami akan membahas semua tentang website satu halaman. Mulai dari pengertian website satu halaman, kenapa desain website ini semakin popular dan tentu saja bagaimana caranya untuk membuat website satu halaman dengan CMS WordPress.

Apa Itu Website Single Page??

Website single page merupakan website satu halaman yang dibuat hanya dengan satu halaman HTML saja. Pada website satu halaman, Anda hanya men-scroll ke bawah untuk mendapatkan semua informasi yang tersedia di website tersebut. Jika webmaster menyediakan link navigasi, misalnya pada menu di bagian atas dan Anda klik link tersebut, Anda akan menuju section website yang berisi konten tersebut. Website-nya sendiri bisa saja menggunakan JavaScript, JQuery, CSS3, atau Ajax untuk membuat website ini. Salah satu contoh website satu halaman yang dapat Anda lihat adalah website resmi Dewatalks. Hanya dengan anda scroll ke bawah, Anda bisa mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan.

Apa Manfaat Menggunakan Website Single Page ?

 

apa manfaat menggunakan website single page
IDwebhost

 

Dengan semakin banyaknya orang yang memakai website satu halaman, lalu apa keuntungan memakai website satu halaman?

Meningkatkan user engagement

Mungkin Anda telah menyadari bahwa sekarang orang-orang di Internet mempunyai rentang perhatian yang semakin kecil. Tidak semua orang mau membuka website kompleks yang mempunyai beberapa halaman untuk mencari informasi serta produk yang mereka inginkan. Menurut sebuah studi, biasanya seorang pengguna web hanya akan diam di sebuah website selama 15 detik. Oleh karena itu, Anda harus dapat menyampaikan pesan Anda secepat mungkin.

Dengan memakai single page website, Anda dapat memasukkan semua informasi penting mengenai bisnis Anda di satu halaman. Biasanya dengan layout website tersebut, pengunjung website mungkin bertahan lebih lama di website Anda. Tetapi, Anda juga perlu memperhatikan desain website Anda supaya pengunjung website mau bertahan lebih di website Anda. IDwebhost akan membahas lebih jauh mengenai desain website pada bagian selanjutnya pada artikel ini.

Lebih mudah untuk menyampaikan cerita Anda

Dengan single page website yang terstruktur dengan rapih, Anda dapat mengatur informasi apa saja yang akan dilihat oleh pengunjung website anda dengan lebih mudah daripada Anda memakai layout multi page atau banyak halaman.

Jika Anda memakai layout multi page, ada kemungkinan pengunjung Anda akan melewatkan beberapa konten penting. Dengan single page website, Anda dapat mengatur konten Anda supaya terstruktur dengan baik dan semua pesan serta cerita yang ingin Anda bagikan ke pengunjung website akan dilihat oleh pengunjung website Anda. Sehingga anda tidak kehilanggan pengunjung baru anda.

Desain website yang lebih fokus

Tentunya pengembangan dan desain single page website dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan multi page. Selain itu, single page website juga memberi kesempatan kepada desainer untuk memastikan bahwa desainnya sudah terancang dengan baik. Ingatlah bahwa tujuan utama dari single page website adalah memberikan user experience yang bagus untuk meningkatkan engagement serta conversion rate.

Cocok untuk perangkat mobile

Dengan semakin bertambah banyaknya orang yang mengakses internet melalui ponsel atau perangkat tablet, desain yang responsive menjadi satu syarat penting untuk sebuah website. Single page website dapat membantu Anda supaya website Anda berjalan optimal untuk smartphone dan perangkat mobile lainnya. Seperti yang sudah disebutkan diatas, single page website mudah dinavigasikan karena user hanya perlu men-scroll ke bawah untuk mendapatkan semua informasi penting yang mereka butuhkan.

Tetapi Apakah Single Page Website Cocok Untuk Semua?

 

website single page cocok untuk siapa
IDwebhost

 

Mungkin Anda masih ragu, apakah single page website memang sesuai untuk semua jenis bisnis? Mungkin juga masih banyak dari Anda yang merasakan bahwa website multi page lebih fleksibel serta akan memberikan Anda lebih banyak ruang untuk memasukkan informasi penting yang Anda butuhkan. Tetapi seperti yang sudah disebutkan di atas, single page website dapat mempermudah user untuk mendapatkan informasi yang mereka perlukan.

Kalau Anda bingung, berikut ini beberapa jenis website yang bisa dibilang lebih sesuai untuk memakai layout single page:

  • Portfolio. Anda yang ingin membuat website portfolio, single page website biasa sudah cukup untuk memuat informasi yang anda perlukan. Anda juga bahkan dapat memasukkan contact form simple supaya pengunjung yang tertarik bekerja dengan Anda dan bisa menghubungi Anda.
  • Landing pages. Landing page juga akan terlihat lebih bagus jika dibuat dengan layout single page. Potensi untuk meningkatkan conversion rate juga dapat lebih tinggi dengan memakai layout single page.Lalu bagi Anda pemilik website, Anda juga dapat menjalankan A/B testing dengan lebih mudah.
  • Website Company Profile. Jika Anda memerlukan website untuk keperluan bisnis dan Anda hanya ingin memasukkan profil misal untuk perusahaan anda. Anda dapat membuatnya dengan single page website.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk membuat single page website pribadi ataupun untuk bisnis, buatlah daftar apa saja yang Anda perlukan yang akan ditempatkan di website Anda. Buatlah sketch website sesuai keinginan anda serta elemen apa saja yang diperlukan. Dengan begitu, Anda dapat melihat apakah website satu halaman merupakan pilihan yang tepat untuk website baru Anda.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Dalam Memulai Membuat Website Untuk Bisnis Anda

Cara Membuat Single Page Website Dengan CMS WordPress dan Divi

Di internet memang ada banyak website builders yang dapat Anda gunakan untuk membuat single page website. Di artikel kali ini, kami ingin membahas bagaimana caranya membuat single page website dengan menggunakan CMS WordPress dan tema Divi. Apa itu tema Divi?

 

cara membuat website single page dengan divi
IDwebhost

 

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, Divi merupakan salah satu template WordPress yang paling populer. Divi dapat dibilang sangat fleksibel karena Anda dapat menggunakannya untuk template website jenis apapun, mulai dari website jenis bisnis sampai blog jenis lifestyle. Selain itu, Divi juga mempunyai graphic yang bagus serta page builder yang bisa membuat proses untuk membuat website Anda lebih mudah. Selain itu, Anda juga tidak perlu untuk memiliki pengetahuan teknis agar bisa menggunakan Divi.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.