Website Sekolah Gratis Atau Pribadi, Mana Yang Terbaik?
Blog Tips Keren

Website Sekolah Gratis Atau Pribadi, Mana Yang Terbaik?

Ada banyak berbagai jenis website yang kita ketahui selama ini. Namun secara umum, ada dua jenis website, yaitu website pribadi dan website kelompok. Website pribadi yaitu dimiliki dan dikelola oleh satu orang itu sendiri sedangkan Website kelompok yaitu website atas nama kelompok tertentu, seperti perusahaan, sekolah, atau instansi yang lain. Seperti halnya dengan website sekolah gratis yang termasuk website kelompok.

Website sekolah tersebut dikelola oleh tim administrasi sekolah. Namun website tersebut atas nama sekolah. Website menjadi wajah dari sekolah itu sendiri di dunia maya. Semua aktivitas sekolah biasanya terekam di dalamnya. Berbeda dengan website pribadi yang hanya dikhususkan untuk aktivitas pribadi.

Membuat Website Sekolah Gratis Atau Mandiri?

Website pribadi atau mandiri dengan website sekolah gratis sama-sama penting kok. Semuanya mempunyai fungsi masing-masing sehingga mempunyai ruang lingkup sendiri-sendiri. Jangkauannya pun sama-sama luasnya, namun website sekolah lebih dapat mengcover banyak pengunjung yang berkepentingan untuk dapat mengakses segala informasi tentang sekolah.

Website mandiri di sini lebih difokuskan kepada website untuk kepentingan sekolah namun hanya dikelola secara mandiri. Server hosting yang digunakan pun server hosting perorangan. Lebih efektif Jika sekalian membuat website sekolah.

Baca Juga :Pengertian Web Hosting dan Fiturnya

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa website sekolah gratis lebih efektif dibandingkan dengan website mandiri :

 

Membuat Website Sekolah Gratis Atau Mandiri
IDwebhost

1. Website sekolah lebih praktis

Website sekolah lebih praktis dan simpel dikarenakan semua hal atau kegiatan dapat terangkum di sini. Jika di website mandiri tidak mesti semuanya ada. Kaitannya yaitu tentang ruang penyimpanan pada website mandiri yang terbatas atau tidak sebesar ruang penyimpanan yang ada pada website sekolah.

2. Website sekolah gratis lebih kaya fiturnya

Tentu website tersebut mempunyai banyak fitur. Fitur ini menjadi tempat penyimpanan data dari semua kegiatan di sekolah. Semakin banyak fiturnya, maka akan semakin banyak juga memori yang ditampung. Website sekolah pun jadi semakin lengkap. Bisa dikatakan sebagian dari sekolah online.

3. Website sekolah gratis mempunyai minat pengunjung lebih banyak

Minat pengunjung yang berkaitan dengan lalu lintas pada website mandiri cenderung lebih sedikit daripada website sekolah gratis. Hal ini jelas disebabkan karena akan mendapatkan banyak informasi yang dapat diakses di website sekolah. Jika hanya di website mandiri, kita hanya akan mendapatkan informasi beberapa saja. Keterbatasan fitur itulah yang menyebabkan ruang memori menjadi terbatas.

4. Ruang penyimpanan pada website mandiri terbatas

Ini menjadi alasan yang paling banyak dikatakan. Di mana ruang penyimpanan yang terbatas dengan berbagai aktivitas yang banyak justru akan mengganggu performa website itu sendiri. Jika di website sekolah, kita dapat dengan bebas melakukan banyak aktivitas karena ruang penyimpanan yang tidak terbatas atau unlimited.

5. Faktor pengelolaan website yang sama-sama rumitnya

Entah anda mengelola website mandiri ataupun website sekolah, kita akan menghadapi situasi sistem yang sama saja. Prosesnya sama dan hasil atau tujuan utama yang akan kita dapatkan pun juga sama. Jadi lebih baik untuk memiliki website sekolah gratis. Rumitnya dalam proses pengelolaan website akan lebih maksimal jika kita memiliki website sekolah secara langsung.

 

Website sekolah gratis lebih kaya fiturnya
IDwebhost

6. Website Sekolah Gratis memiliki harga yang berkualitas

Harga ini tentu berkaitan dengan harga sewa hostingnya. Memang dari segi harga pada paketnya, untuk paket hosting perseorangan cenderung lebih murah daripada paket hosting sekolah. Namun harga yang lebih tinggi tersebut sudah sebanding dengan kualitas layanan yang akan kita dapatkan. Inilah yang menjadikan harga yang berkualitas.

7. Website sekolah gratis juga lebih hemat

Perpanjangan bulannya yang kita bayarkan secara rutin harus sudah sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Dengan membuat website mandiri juga kita harus membeli kuota hostingnya rutin setiap bulannya. Selisih biayanya dari 2 jenis website tersebut jika kita perhitungkan dengan limited activity di website sekolah tentu tidak akan sebanding. Kita pun akan merasakan bisa lebih hemat.

8. Diskon pada paket website sekolah gratis lebih banyak

Kita pun akan bisa lebih hemat lagi, karena dengan kita mendapatkan potongan ini, kita merasa akan dilayani dengan berbagai hal yang ekstra, seperti ekstra penyimpanannya, ekstra updatenya, dan ekstra fiturnya, serta juga ekstra pelayanannya.

9. Server pada website sekolah gratis lebih kuat

Hal ini jelas jika servernya lebih kuat dibandingkan dengan server pada website mandiri, karena server ini menjadikan kita lebih bebas dalam melakukan berbagai aktivitas di website. Berbeda dengan website mandiri yang mempunyai keterbatasan kuota pada servernya, sehingga tidak bisa dipakai bersama.

10. Website sekolah gratis bisa dipakai untuk banyak user

Di mana anda bisa mengakses dengan memakai ID yang kita miliki setelah melalui proses pendaftaran, berbeda dengan website pribadi yang hanya bisa anda masuki sendiri.

11. Penggunaan website sekolah gratis menjadi lebih maksimal

Di mana kita akan melakukan berbagai macam aktivitas di website sekolah dengan fasilitas yang telah disediakan. Bukan hanya itu saja, kita pun dapat mengelola website sekolah dengan lebih mudah demi performa dan keefektifan website.

12. Website sekolah gratis mudah untuk dibuat

Yakni dengan anda membuat sendiri atau dengan memakai jasa developer pembuat website. Namun akan lebih bagus hasilnya serta maksimal fungsinya jika menggunakan jasa developer pembuat website. Kita tinggal menjalankannya saja dan itu sama dengan website mandiri yang juga mudah untuk dibuat.

 

Server pada website sekolah gratis lebih kuat
IDwebhost

13. Mengelola website sekolah gratis lebih bersifat universal

Bukan hanya bersifat pribadi saja. Atas nama sekolah yang bersangkutan, juga website akan membawa nama baik sekolah. Mempromosikan sekolah tersebut melalui online dan akan memberikan citra bagus untuk sekolah tersebut.

Kesimpulan

Banyak kelebihan yang akan kita dapatkan dari pemakaian website sekolah gratis daripada dengan website mandiri. Kita akan lebih mudah memakai website sekolah. Hasilnya pun juga akan lebih menyeluruh atas nama sekolah dan bukan atas nama pribadi.

Keberadaan website sekolah gratis yang priotitas dan didukung oleh hosting yang berkualitas akan memberikan fitur terbaik dan lengkap. Setiap fitur memiliki fungsi masing-masing yang dapat membuat tampilan website tersebut menjadi lebih bagus dan maksimal. Semakin bagus pengelolaannya maka akan semakin berkualitas juga websitenya.

IDwebhost juga menyediakan berbagai jenis hosting berkualitas lho, selain itu kami akan secara berkala membagikan artikel menarik lainnya untuk pengembangan bisnis anda supaya bisa sukses.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.