Inilah Daftar Website Penyedia Font Keren Gratis

2 Feb 2021
Inilah Daftar Website Penyedia Font Keren Gratis campaign-unlimited

Apakah Anda sedang mendesain website? Atau sedang membuat desain poster yang membutuhkan tipografi keren agar semakin mudah diingat dan enak dilihat? Kebutuhan Anda akan font keren yang bisa bikin orang tertarik dan betah terhadap karya Anda bisa Anda dapatkan melalui website penyedia font keren gratis yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Font menjadi salah satu elemen yang sangat penting dalam pembuatan desain atau karya digital. Kebutuhan akan font ini misalnya ketika Anda akan membuat background, desain kaos, desain cover, membuat presentasi PowerPoint, dan ketika Anda akan membuat desain website.

Ketika Anda berhasil menambahkan font yang keren, maka akan mampu menjadikan karya yang Anda buat akan terlihat menarik dan enak dilihat. Itu mengapa menjadi penting kemampuan memilih sebuah font dalam pembuatan karya digital.

Namun kebutuhan akan font ini sering kali merogoh biaya yang tidak sedikit. Karena banyak font terbaik yang memerlukan hak cipta dalam penggunaannya. Walau demikian tidak sedikit penyedia font yang berbaik hati memberikan font gratis untuk Anda gunakan.

Bagi Anda yang masih kesulitan dalam mencari font terbaik dan gratis, Anda sudah berada dalam artikel yang tepat, karena kita akan membahas website penyedia font keren terbaik yang bisa didownload secara gratis melalui website atau situs penyedia layanan mereka.

Di internet terdapat banyak sekali situs yang secara khusus menyediakan font gratis maupun font berbayar dengan koleksi ribuan font. Anda bisa memanfaatkan situs web ini untuk kebutuhan font dalam pembuatan karya digital Anda.

Perhatikan Lisensi Penggunaan Font

Perlu Anda ingat bahwa font atau tipografi merupakan hasil karya seseorang yang mana hal ini dilindungi oleh hak kekayaan intelektual (HKI). Oleh sebab itu, Anda perlu membaca lisensi atau persetujuan yang muncul dan harus menyetujui aturan yang ada ketika Anda akan mengunduh font dari situs penyedia font keren gratis.

Sebagai contoh, ada beberapa font keren yang mungkin bisa Anda pakai untuk kebutuhan proyek komersial. Akan tetapi, tidak sedikit juga font yang mungkin hanya bisa digunakan untuk proyek personal saja alias tidak untuk tujuan komersial.

Apa yang dimaksud penggunaan komersial? Contohnya: Ketika Anda menggunakan font untuk keperluan website bisnis baik itu pribadi atau perusahaan, yang pada intinya menghasilkan uang atau keuntungan finansial. Sedangkan kebutuhan penggunaan font untuk proyek personal, biasanya tidak berhubungan dengan bisnis.

Oleh sebab itu ada baiknya untuk selalu mengecek lisensi font sebelum Anda memutuskan untuk mengunduh dan menggunakan sebuah font. Hal ini menjadi penting, agar Anda tidak mengalami masalah atau kasus persoalan hak cipta dikemudian hari.

Nah berikut ini adalah daftar website penyedia font keren gratis yang bisa Anda jadikan rujukan atau tempat memenuhi kebutuhan font Anda. Ingat walau dalam hal ini penyedia memberikan font untuk diunduh secara gratis, Anda perlu untuk membaca aturan atau lisensi yang melekat pada setiap font yang akan Anda gunakan, apa lagi jika Anda untuk kebutuhan komersial.

  1. Website Penyedia Font Keren Gratis; 1001 Free Fonts1001 Free Fonts

Sesuai dengan namanya, 1001 Free Font menjadi website yang memiliki koleksi font gratis sangat lengkap dan banyak untuk berbagai kebutuhan font.

Jika Anda mengunjungi website 1001 Free Font, Anda akan mendapati lebih dari seribu font yang disediakan secara gratis untuk  Anda download. Website ini telah menjadi salah satu yang paling populer dalam mendapatkan font terbaik secara gratis.

Selain itu, 1001 Free Font ini memiliki tampilan website yang sederhana dan mudah dalam penggunaan. Anda hanya perlu mencari nama atau memilih daftar font berdasarkan kategori nama yang sudah tersedia, lalu dengan mudah tinggal  klik unduh untuk mendapatkan font gratis.

Selain itu Anda juga bisa secara langsung mengaplikasikan dengan tulisan atau text yang Anda inginkan. Sebagai contoh Anda ingin menggunakan nama website Anda untuk melihat tipografi yang paling cocok, maka akan ada preview yang membantu Anda memilih font yang paling sesuai keinginan Anda.

Anda bisa mengunjungi website penyedia font gratis ini melalui tautan berikut ini: 1001 Free Fonts

  1. Awwwards.com website font keren web desainer!Awwwards.com website font keren web desainer

Awwward menjadi salah satu website yang sudah cukup populer di kalangan desainer web. Website penyedia font keren yang satu ini menyediakan berbagai koleksi font gratis terbaik dari berbagai desainer di seluruh dunia.

Awwwards sebagai penyedia font tidak hanya memberi Anda font keren terbaik dan pilihan. Akan tetapi Awwwards juga memfasilitasi bagi desainer untuk berbagai font karya mereka kepada pengguna lain.

Dengan memanfaatkan keberadaan situs font seperti Awwwards, Anda bisa secara mudah untuk memperoleh font yang paling unik dan tidak biasa yang pernah Anda lihat sebelumnya.

Namun perlu Anda ingat bahwa kebanyakan font yang ada di Awwwards ini  untuk kebutuhan personal. Jadi ketika Anda mencari font untuk proyek komersial, situs ini bukan situs tepat untuk kebutuhan Anda.

Anda bisa mengunjungi website penyedia font gratis ini melalui tautan berikut ini: Awwwards.com

  1. Google FontsGoogle Fonts

Salah satu penyedia font keren yang tentu patut Anda jadikan rujukan adalah Google Fonts. Website ini sudah sangat populer dalam pencarian font, dan dibekali library lebih dari 800 font families yang begitu kaya untuk berbagai kebutuhan Anda.

Berbagai jenis font, dari Sans Serif, font tulisan tangan, font monospace, dan masih banyak lagi bisa Anda dapatkan melalui website Google Fonst ini.

Selain itu, yang tentu saja Anda inginkan, semua font yang tersedia di Google Font ini bisa Anda download secara gratis! Dan bisa Anda gunakan untuk berbagai  kebutuhan baik personal atau pun bisnis.

Website penyedia font keren Google Font ini memiliki tampilan yang bersih, minimalis, dan cepat dalam akses. Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengakses font-fontnya, tinggal mencari kemudian download secara cepat.

Selain itu untuk kebutuhan desain website, para web desainer bahkan tidak perlu mendownload terlebih dahulu. Mereka bisa secara langsung menyalin dan menempel kode font di website mereka dan siap untuk digunakan.

Keunggulan ini yang kemudian menjadi alasan mengapa banyak web desainer lebih mengandalkan Google Fonts ketimbang situs lainnya. Mudah, ringan dan tentu saja banyak pilihan.

Anda bisa mengunjungi website penyedia font gratis ini melalui tautan berikut ini: Google Font

Kesimpulan Website Penyedia Font Keren Gratis

Terdapat banyak website penyedia font gratis untuk berbagai kebutuhan. Perlu Anda ingat kebutuhan Anda akan font ini juga perlu untuk menyesuaikan dengan tujuan Anda yang lain. Misalnya, ketika Anda akan menggunakan font untuk website Anda, jangan sampai font yang Anda pilih justru bermasalah atau menimbulkan gangguan.

Sebagai contoh, kesalahan dalam memilih font website bisa berdampak pada menjadi tidak maksimalnya performa website. Akses terhadap website menjadi lebih lambat dan lain sebagainya. Tentu ini akan merugikan Anda, setelah tampilan Anda baik dan keren, ternyata kemampuan kecepatan menjadi menurun.

Karenanya, penting juga untuk memperhatikan layanan hosting yang Anda gunakan. Pemilihan layanan hosting dengan paket terbaik menjadi solusi website yang berjalan lamban. Anda bisa mendapatkan layanan hosting murah hanya di IDwebhost. Selain hosting Anda juga bisa membeli domain murah terbaik di IDwebhost.

Nah, demikian pembasahan kita kali ini mengenai website penyedia font keren gratis. Semoga pembahasan ini memberi manfaat dan menjadi referensi bagi Anda. Terima kasih telah membaca. Salam. Ari IDwebhost.

Penulis
Member since 2 Jul 2013